Mudah dan Rapi, Begini Cara Menambah Kolom di Word

Microsoft Word, kamu pasti sudah sangat familier dengan aplikasi pendukung untuk membuat dokumen yang satu ini. Lebih dari sekadar perangkat lunak untuk membuat, mengedit, serta menyimpan dan mencetak dokumen, Ms. Word juga menawarkan fitur-fitur untuk memudahkan proses pengeditan.

Fitur kolom (columns), misalnya, menambahkan kolom di Ms. Word adalah salah satu cara mudah untuk mempercantik dokumen yang kamu buat. Selain membuat dokumen terlihat lebih rapi dan terstruktur, kolom juga bisa membantu kamu memformat dokumen sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Bagaimana cara menambah kolom di Word? Yuk simak informasi berikut ini.

Fungsi Kolom pada Ms. Word

Cara Menambah Kolom di Word
Sumber: computerhope.com

Di Microsoft Word, fitur kolom dapat dipakai untuk membagi teks menjadi beberapa bagian secara horizontal. Di bawah ini beberapa kegunaan kolom untuk dokumen kamu:

  • Dokumen menjadi lebih rapi: Fitur kolom bisa membantu kamu memisahkan informasi berbeda sehingga teks lebih mudah dibaca dan tidak membuat mata pembaca lelah.
  • Mempermudah pemformatan dokumen: Kamu bisa memformat setiap bagian dokumen secara terpisah. Misalnya, membuat bagian kiri dokumen dengan font yang berbeda dari bagian kanan. Begitu pun sebaliknya.
  • Memudahkan penyajian informasi: Informasi yang kamu coba sajikan di dalam tulisan menjadi lebih jelas dan terstruktur, terutama bila kamu harus menyajikan banyak informasi dalam satu halaman.
  • Membuat tampilan dokumen dinamis dan interaktif: Kamu bisa mencoba membuat kolom dengan ukuran yang berbeda-beda.

Cara Menambah Kolom di Word

Cara Menambah Kolom di Word
Sumber: pdfconverter.com

Fitur kolom biasanya dipakai untuk mengatur teks menjadi tampilan seperti pada jurnal penelitian atau koran. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu ikuti untuk membuat kolom di aplikasi Ms. Word dengan mudah:

  1. Buka dokumen Ms. Word yang akan kamu tambahkan kolom.
  2. Pilih dan blok teks yang akan dibuat kolom.
  3. Klik tab “Layout” di ribbon
  4. Klik ikon “Columns” di bagian “Page Setup” yang terdapat di ribbon.
  5. Pilih jumlah kolom yang ingin kamu buat. Jika ingin membuat kolom dengan ukuran yang berbeda-beda, pilih opsi “More Columns” dan atur ukuran kolom sesuai dengan keinginan.
  6. Klik “OK” untuk menambahkan kolom.
  7. Saat menambahkan teks ke dalam kolom, gunakan tab “Enter” untuk memindahkan kursor ke kolom berikutnya.

Kamu dapat melakukan pengaturan ukuran kolom sesuai kebutuhan serta memformat setiap bagian kolom dengan font, warna, atau style yang berbeda-beda. Selain itu, kamu juga bisa mengatur terlebih dahulu, apakah akan menggunakan tampilan portrait (memanjang ke bawah) atau landscape (memanjang ke samping). Begini caranya:

  1. Klik tab “Layout” di ribbon
  1. Klik ikon “Orientation” di bagian “Page Setup”.
  2. Pilih  “Portrait” atau “Landscape”.
Baca Juga:  3 Cara Mencari Kata di Word, Cepat dan Mudah!

Sebagai informasi, ribbon merupakan fitur menu berbentuk pita di aplikasi Ms. Word yang berisi kumpulan tools berdasarkan fungsinya, mencakup Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.

Trik Cara Membuat Kolom di Word Menjadi Lebih Rapi

Cara Membuat Kolom di Word
Sumber: youtube.com/@howtechoffice

Langkah-langkah yang disebutkan sebelumnya adalah patokan atau cara dasar untuk menambahkan kolom ke dokumen Ms. Word. Lebih lanjut, ada beberapa trik yang dapat kamu coba untuk membuat kolom menjadi lebih menarik dan rapi, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa di antaranya adalah:

Cara Mengatur Jarak dan Lebar Kolom

Bagi beberapa orang, lebar dan jarak antarkolom yang sudah secara otomatis terbentuk itu sudah cukup. Namun, kamu mungkin perlu melakukan pengaturan jarak serta lebar kolom untuk tujuan tertentu.

Nah, untuk mengatur jarak dan lebar kolom pada dokumen Microsoft Word, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka dokumen Word yang sudah memiliki kolom.
  2. Klik tab “Layout” di ribbon.
  3. Klik ikon “Columns” di bagian “Page Setup” yang terdapat di ribbon.
  4. Pilih opsi “More Columns” untuk mengatur jarak dan lebar kolom secara manual.
  5. Kotak dialog Columns kemudian akan muncul di layar kamu.
  6. Atur lebar kolom dengan mengubah angka pada “Width”.
  7. Atur jarak atau spasi antar kolom dengan mengubah angka pada “Spacing”.
  8. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Centang pada kotak kecil di samping Equal column width bila kamu ingin jarak dan lebar antara kolom yang satu dan lainnya sama.

Cara Mengganti Jumlah Kolom

Apakah kamu harus melakukan penyesuaian dan mengubah jumlah kolom yang sebelumnya sudah dibuat, baik menambahi maupun menguranginya? Tenang, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka dokumen Word yang sudah memiliki kolom.
  2. Klik tab “Layout” di ribbon.
  3. Klik ikon “Columns” di bagian “Page Setup” yang terdapat di ribbon.
  4. Pilih jumlah kolom yang ingin kamu buat:
  • 1 kolom, pilih One
  • 2 kolom, pilih Two
  • 3 kolom, pilih Three
  • Pilih Left bila ingin membuat kolom kiri menjadi lebih sempit (untuk 2 kolom),
  • Pilih Right bila ingin membuat kolom sebelah kanan jadi lebih sempit (untuk 2 kolom).
  1. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Apakah bisa membuat lebih dari 3 kolom? Tentu saja, berikut ini langkah-langkah cara menambah kolom di Word untuk 4 kolom ataupun lebih:

  1. Buka dokumen Word yang sudah memiliki kolom atau buat teks baru.
  2. Klik tab “Layout” di ribbon.
  3. Klik ikon “Columns” di bagian “Page Setup” yang terdapat di ribbon.
  4. Pilih opsi “More Columns” dan kotak dialog Columns akan muncul.
  5. Masukkan berapa jumlah kolom yang kamu ingin buat pada “Number of columns”.
  6. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan.
Baca Juga:  Cara Membuat Titik Dua Sejajar di Word Biar Rapi, Gampang Kok!

Cara Memberi Garis Pemisah di Kolom

Umumnya, spasi antar kolom di aplikasi Microsoft Word telah memiliki jarak tertentu yang membuat tampilannya rapi secara otomatis. Namun, kamu bisa menyisipkan garis pemisah di antara kolom bila diperlukan.

Bagi sebagian pemula, cara manual seperti menggunakan menu Shape kelihatan lebih mudah dilakukan untuk membuat garis di antara kolom. Padahal, kamu bisa dengan mudah melakukannya melalui fitur yang tersedia di pengaturan kolom. Agar tidak bingung, ini langkah detailnya:

  1. Buka dokumen Word yang sudah memiliki kolom.
  2. Klik tab “Layout” di ribbon.
  3. Klik ikon “Columns” di bagian “Page Setup” yang terdapat di ribbon.
  4. Pilih opsi “More Columns” hingga kotak dialog Columns muncul.
  5. Centang kotak kecil di samping “Line between”.
  6. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Bila ingin mengubah kembali dan menghilangkan garis pemisah yang sebelumnya dibuat, kamu tinggal menghilangkan centang pada “Line between”. 

Membuat Tampilan Kolom seperti di Jurnal

Cara membuat format kolom dengan tampilan seperti pada jurnal memang kelihatan sedikit rumit, tetapi sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengandalkan tiga komponen, yakni Breaks, Section Break, dan Column Break. Nah, bagaimana cara menambah kolom di Word menjadi tampilan seperti jurnal penelitian? Ini dia:

Bagian 1 – Judul

  1. Ketik teks kamu, lalu tekan Enter di akhir teks.
  2. Klik tab “Layout” di ribbon.
  3. Klik ikon “Breaks” di bagian “Page Setup”.
  4. Lihat bagian “Section Breaks”, kemudian pilih “Continuous”.

Bagian 2 – Tuliskan nama dan email kamu

Bagian 3 – Kumpulan teks dua kolom:

  1. Buat dua kolom, caranya: klik tab “Layout”, klik ikon “Columns” di bagian “Page Setup”, lalu pilih “Two”.
  2. Ketik teks atau isi jurnal, pastikan tekan ENTER bila telah selesai.
  3. Selanjutnya, buat Section Breaks, caranya: 
  • Klik “Layout”, pilih “Breaks”.
  • Lihat bagian “Section Breaks”, kemudian pilih “Continuous”.

Bagian 4 – Daftar

  1. Buatlah satu kolom, caranya: klik tab “Layout”, klik ikon “Columns” di bagian “Page Setup”, lalu pilih “One”.
  2. Ketik konten atau teks yang ingin dibuat.
Baca Juga:  Page Break vs Section Break: Fungsi, Cara Membuat dan Cara Menghapus Page Break di Word

Langkah terakhir, tekan CTRL + SHIFT + * agar kamu bisa melihat garis hasil pengaturan Column Breaks juga Section Breaks. Nah, jurnal kamu kini sudah jadi.

Membuat Kolom Koran dengan Number of Columns

Kamu tentu pernah melihat teks di Word yang telah diformat seperti tampilan konten pada majalah, koran, maupun brosur produk. Serupa dengan jurnal, format demikian biasa ditampilkan dalam kolom-kolom yang mengalir dari bagian bawah kolom satu ke bagian atas kolom berikutnya.

Ini cara menambah kolom di Word menjadi tampilan koran menggunakan fitur Number of Columns:

  1. Buka aplikasi Word.
  2. Klik dokumen baru atau Blank Document.
  3. Ketik judul atau headline beserta nama koran.
  4. Mulai menulis konten di baris baru. Saat masuk ke baris baru berikutnya, tekan ENTER.
  5. Klik tab “Layout” di ribbon.
  6. Klik ikon “Columns” di bagian “Page Setup”.
  7. Pilih opsi “More Columns” hingga kotak dialog Columns muncul.
  8. Masukkan berapa jumlah kolom yang kamu ingin buat pada “Number of columns”.
  9. Lihat kotak drop-down, kemudian klik “Apply to”.
  10. Pilih “This point forward”. Ini akan menghasilkan kolom pada seluruh dokumen kecuali di bagian judul. 
  11. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Selanjutnya, tambahkan isi teks/konten kamu. Kamu juga bisa menambahkan foto bila diperlukan. Berikut caranya:

  • Klik pada tempat yang akan disisipi foto,
  • Klik tab “Insert” pada ribbon
  • Klik ikon “Pictures”, pilih gambar, kemudian klik “Insert” pada sudut kanan bawah.
  • Untuk mengubah ukuran foto, cukup klik dan tarik-sesuaikan tombol pada sudut bawah kanan, bisa ke dalam maupun ke luar.
  • Bila ingin membuat teks mengelilingi gambar/foto, cukup klik pada gambar, klik “Wrap Text”, lalu klik format yang diinginkan.

Demikian langkah-langkah cara menambah kolom di Word yang bisa kamu terapkan sesuai kebutuhan, mulai dari yang sederhana dengan pengaturan dasar hingga tampilan resmi untuk keperluan jurnal penelitian.

Nah, sekarang tidak perlu bingung lagi untuk membuat tampilan dokumen kamu menjadi lebih rapi, hemat halaman, lebih mudah dibaca, serta bisa diandalkan untuk membuat tampilan dokumen menarik dan lebih profesional. Jika masih membutuhkan informasi terperinci lain seputar Microsoft Word, kamu dapat mencarinya di internet. Salah satu recommended website yang bisa kamu kunjungi adalah microsoftword.id.

Leave a Comment