Ketahui Cara Mengatur Margin di Word agar Tulisanmu Lebih Rapi

Microsoft Word merupakan aplikasi pengolahan kata yang menawarkan banyak kelebihan sehingga digunakan secara luas dan terus dikembangkan hingga kini. Salah satu kelebihannya ialah user friendly sehingga dapat dioperasikan dengan mudah sekalipun oleh pemula. 

Pengguna dapat berkreasi mengolah teks dengan berbagai pengaturan dalam Microsoft Word. Salah satu pengaturan yang penting untuk diperhatikan ketika kita sedang membuat tulisan margin. Bagaimana cara mengatur margin di Word?

Sejarah Singkat Perkembangan Aplikasi Pengolahan Kata

Cara Mengatur Margin di Word
Sumber: id.wikipedia.org

Untuk keperluan tulis-menulis terkait urusan administrasi, pada masa lalu orang mengandalkan tulisan tangan. Sulit untuk menghasilkan tulisan tangan yang konsisten dan tentu saja rawan kesalahan. Kemudian, hadir mesin tik yang memberikan kelebihan tulisan yang konsisten dan dapat diatur spasi maupun jarak tepinya. Namun, kekurangannya ialah pengoperasiannya butuh skill khusus dan jika terdapat kesalahan tidak bisa diulang.

Setelah itu, muncul teknologi komputer yang salah satu terobosan besarnya ialah perubahan sistem kerja di kantor. Hadir aplikasi pengolahan kata yang dapat diatur dengan berbagai variasi. Pada tahun 1943, hadir WordStar yang dapat dijalankan dengan sistem operasi DOS. Kemudian, sistem operasi komputer beralih ke Xenix dan Windows yang disusul hadirnya Microsoft Word pada tahun 1983. Awalnya Microsoft Word bernama Multi-Tool Word. Generasi terkini Word saat ini ialah Word  2019 yang diluncurkan pada tahun 2018. 

Apa Itu Margin?

Cara Mengatur Margin di Word
Sumber: support.microsoft.com

Dalam Kamus Merriam-Webster, kata margin diartikan sebagai bagian dari halaman atau lembar kerja yang terletak di luar tulisan. Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahas Indonesia, margin diartikan sebagai tepi atau batas. Panjang margin diukur dari tepi kertas ke tulisan. Dalam Microsoft Word, panjang margin dinyatakan dalam inch, cm, atau mm, tergantung pengaturan yang digunakan. Ada empat margin dalam sebuah halaman, yakni margin atas (top), margin bawah (bottom), margin kiri (left), dan margin kanan (right). 

Pada masa lampau, jika ingin membuat margin dalam tulisan tangan, biasanya seseorang akan membuat “garis bantu” dengan penggaris ke dalam kertas menggunakan pensil. Garis ini akan dihapus setelah tulisan selesai. Sementara itu, pengaturan margin dengan mesin tik lebih rumit karena harus mengatur tuas margin dan melakukan kalibrasi. Hasilnya tentu tidak selalu presisi.

Sementara itu, margin dalam Word bisa dilihat secara langsung ketika kita membuka dokumen. Lain halnya menulis secara manual dan mesin tik yang margin-nya harus diatur sebelum menulis, margin dalam Word dapat diatur kapan pun kita mau. Mengatur margin sebelum atau sesudah menulis bukanlah masalah. Cara mengatur margin di Word pun lebih mudah.

Pentingnya Margin untuk Tulisan

Ketahui Cara Mengatur Margin di Word agar Tulisanmu Lebih Rapi
Sumber: tutorialspoint.com

Dalam berbagai kesempatan, kita diharuskan menulis. Misalnya, mengerjakan tugas, membuat laporan kerja, mengirim tulisan ke media, menyusun skripsi, dan menulis naskah buku. Dalam ketentuan penulisan, biasanya disebutkan ukuran kertas, jenis font, spasi, dan margin.

Agar tulisan bisa lolos, sebaiknya kita mengikuti ketentuan dalam penulisan tersebut. Penetapan margin dalam tulisan sesungguhnya bukan tanpa tujuan. Ada beberapa manfaat margin yang mendasari ketetapan tersebut.

Baca Juga:  7 Cara Membuat Garis Lurus di Word Anti Gagal

Agar Tulisan Lebih Rapi dan Proporsional

Manfaat pertama dari pengaturan margin ialah agar tulisan lebih rapi dan proporsional. Mata manusia memiliki keterbatasan, yakni mudah lelah ketika melihat objek yang terlalu ramai atau terlalu sepi. Oleh karena itu, buatlah tulisan yang tampilannya proporsional sehingga pembaca akan tertarik membaca tulisanmu.

Jika mata telah lelah melihat tulisan secara sepintas, sebuah tulisan bisa langsung disisihkan tanpa dilihat kontennya. Sayang sekali bukan jika kamu telah susah-payah membuat tulisan, tetapi gagal hanya karena masalah tampilan? Dengan demikian, selain memperhatikan kualitas tulisan, perhatikan pula formatnya.

Agar Tulisan Tidak Terpotong Ketika Dicetak

Sebuah tulisan barangkali tak hanya akan dibaca dalam format digital, tetapi juga dicetak. Misalnya, tugas yang harus diserahkan dalam bentuk print out, majalah, dan naskah buku. Agar dapat berbentuk “utuh”, halaman-halaman tersebut harus disatukan dengan cara dijilid. Supaya tulisan tidak terpotong, halaman naskah harus menyisakan margin sebagai ruang untuk jilidan. 

Menyesuaikan Ukuran Kertas dan Orientasi Halaman

Selain mengatur jarak tepi halaman, pengaturan margin berfungsi untuk menentukan ukuran kertas dan orientasi halaman. Bagaimanapun juga, tulisan memiliki berbagai peruntukan, seperti karya tulis, booklet, buku menu, novel, poster, dsb. 

Ukuran kertas yang digunaka untuk setiap tulisan berbeda. Ada A4, B5, A3, bahkan custom. Orientasinya pun berbeda. Ada yang portrait atau tegak, ada yang landscape atau mendatar.

Jenis-Jenis Margin

Cara Mengatur Margin di Word
Sumber: youtube.com/@Sagarclips

Sebelum mengetahui cara mengatur margin di Word, terlebih dahulu kita harus mengenali jenis-jenis margin dalam Word. Jenis-jenis margin ini akan kita sesuaikan dengan peruntukan tulisan. Dalam Word edisi 2010, 2013, hingga yang terbaru Word 2019, jenis-jenis margin dapat kita lihat dengan memilih menu Page Layout, kemudian klik Margins. Akan tampak tujuh pilihan pengaturan. 

Last Custom Setting

Last Custom Setting menyimpan pengaturan margin yang terakhir kita buat dalam sebuah dokumen. Apabila akan membuat tulisan dalam format yang sama, kita tinggal mengeklik pilihan ini. Dengan menghemat waktu, kita bisa mendapatkan pengaturan halaman yang sama persis. 

Normal

Pada pilihan Normal, margin yang ditampilan berukuran sama, baik untuk margin atas, bawah, kiri maupun sama. Ukurannya 1 inch atau setara dengan 2,54 cm. 

Narrow

Margin pada pilihan Narrow berukuran sama untuk margin atas, bawah, kiri, dan kanan. Ukurannya lebih sempit daripada Narrow, yakni hanya 1,27 cm.

Baca Juga:  Cara Mengatur Ukuran Foto di Word Secara Bersamaan

Moderate

Pilihan Moderate menyajikan margin yang sama untuk atas dan bawah, yakni 2,54 cm. Sementara itu, margin kiri dan kanan berukuran 1,91 cm

Wide

Pada pilihan Wide, margin yang ditampilkan lebih lebar, yakni 2,54 cm untuk atas dan bawah. Margin kiri dan kanan lebih lebar lagi, yaitu 5,08 cm.

Mirrored

Pilihan Mirrored diperuntukkan bagi halaman yang akan dicetak kiri-kanan atau bolak-balik, misalnya untuk buku dan majalah. Halaman ditampilkan dalam dua sisi yang bergantian. Halaman kanan bernomor ganjil, sementara halaman kiri bernomor ganjil. 

Selain margin kiri dan kanan yang berukuran 2,54 cm, ada pengaturan batas kiri dan kanan yang dinyatakan dengan Outsite, sementara bagian pertemuan dua halaman dinyatakan sebagai Inside. Outside berukuran 2,54 cm, sedangkan Inside berukuran 3,18 cm.

Office Default

Pada pilihan Office Default, terdapat empat margin. Margin atas dan bawah berukuran 2,54 cm. Sementara itu, margin kiri dan kanan berukuran 3,18 cm.

Custom Margins

Jika semua jenis margin tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan, kita bisa mengaturnya dengan memilih Custom Margins. Pada pilihan tersebut, kita bisa menentukan batas atas, bawah, kiri, dan kanan. Tersedia pula pilihan Gutter, yakni ruang untuk menjilid beberapa lembaran dokumen menjadi satu. Kita bisa menempatkan posisi ruang jilidan di atas, bawah, kiri, atau kanan pada pilihan Gutter position. 

Selain margin, kita juga bisa mengatur ukuran kertas lewat menu Custom Margins. Ada A4, B5, Letter, Envelope, dsb. Ada pula pilihan Custom jika ukuran kertas yang kita butuhkan tidak sesuai standar. Atur pula orientasi halaman, ingin landscape atau portrait.

Cara Mengatur Margin di Word

Sebelum menulis, tentukan dahulu jenis tulisan yang akan dibuat dan cermati bagaimana formatnya. Ketika sampai pada ketentuan jenis kertas dan margin, segera lakukan pengaturan. Cara mengatur margin di Word ada dua, yakni menggunakan menu Page Layout dan memanfaatkan ruler.

Cara Mengatur Margin dengan Page Layout

  1. Buka aplikasi Microsoft Word.
  2. Kamu bisa memilih menulis terlebih dahulu, mengatur margin terlebih dahulu, atau membuka file yang telah ada.
  3. Jika mengatur margin di awal, langsung saja klik menu Page Layout yang terletak di bar atas.
  4. Pilih jenis pengaturan margin yang kamu butuhkan.
  5. Jika memilih Custom Margins, aturlah pengaturan margins atas, bawah, kiri, dan kanan beserta pengaturan lain yang dibutuhkan.
  6. Klik OK jika sudah sesuai. Margin sudah ter-setting sesuai keinginanmu.

Cara Mengatur Margin dengan Ruler

Selain menggunakan menu Page Layout, ada cara yang lebih praktis untuk mengatur margin, yakni memanfaatkan ruler atau penggaris. Cara mengatur ruler sangatalah mudah, kamu perlu menampilkan ruler terlebih dahulu. Letak ruler ialah di atas halaman naskah dan di tepi kiri tampilan Word.

  1. Untuk mengatur margin atas, geser kursor sampai ke ruler yang ada di tepi kiri atas. Geser kursor ke pertemuan bagian berwarna putih dan biru sampai muncul tanda anak panah dua arah. Klik dan tahan tanda panah, kemudian geser ke atas atau ke bawah sampai ukuran margin sesuai kebutuhan. Untuk margin bawah, caranya hampir sama, tetapi bagian ruler yang digeser ialah kiri bawah. 
  2. Untuk mengatur margin kiri, geser kursor sampai ke ruler atas bagian kiri. Setelah muncul tanda anak panah dua arah pada pertemuan bagian biru dan putih, geser ke kiri atau ke kanan sampai ukuran margin sesuai kebutuhan. Untuk margin kanan, caranya hampir sama, tetapi bagian ruler yang digeser ialah kanan atas.  
Baca Juga:  4 Cara Membuat Garis Vertikal di Word Tanpa Aplikasi Tambahan

Contoh Implementasi Pengaturan Margin

Sebagai contoh, kita akan mencoba mengatur margin untuk tulisan berupa skripsi.

Cara Mengatur Margin di Word untuk Skripsi

  1. Misalkan naskah skripsi sudah selesai ditulis. Klik File, kemudian pilih Open dan buka file skripsi.
  2. Pilih Menu Page Layout.
  3. Karena ketentuan penulisan skripsi dari kampus tidak sesuai dengan pilihan standar dari Word, pilih Custom Margins.
  4. Margin untuk skripsi yang jamak digunakan ialah 4433 yang artinya 4 cm untuk batas atas dan kiri, 3 cm untuk batas kanan dan bawah. Atur secara cepat dengan mengetiknya pada kotak Top untuk atas, Left untuk kiri, Right untuk kanan, dan Bottom untuk bawah. Kamu dapat pula mengaturnya dengan tombol segitiga ke atas atau bawah.
  5. Atur batas untuk tempat menjilid, misalnya 0,5 cm pada Gutter. Pilih Left untuk pilihan Gutter position.
  6. Pilih ukuran kertas. Untuk skripsi, ukuran yang standar ialah A4.
  7. Pada pilihan Orientation pilih Landscape.
  8. Karena skripsi tidak akan dicetak secara bolak-balik, pada bagian Multiple pages, pilih Normal.
  9. Setelah itu klik OK.

Selain mengatur margin, atur pula semua pengaturan yang sesuai dengan panduan penyusunan skripsi. Skripsimu pun telah terformat secara rapi dan siap di-print. Semoga dosen pembimbing menyetujui isinya sehingga kamu bisa segera sidang. 

Setelah menyimak penjelasan tentang cara mengatur margin di Word, tentunya kita tidak lagi merasa kesulitan. Bahasa yang digunakan dalam Microsoft Word memang mudah dipahami sehingga dapat digunakan siapa pun, termasuk pemakai komputer pemula. Semoga kamu bisa lebih produktif dalam menulis dan menghasilkan karya yang tidak hanya berkualitas secara konten, tetapi juga rapi secara tampilan.

Leave a Comment