3 Cara Menghilangkan Garis Biru di Word, Praktis dan Cepat!

Sering kali saat menulis teks di Word, ataupun membuat tabel di word, kamu mungkin menemukan garis yang muncul di bawah tulisan yang kamu ketik. Jika ada garis yang muncul, biasanya ada kesalahan pada dokumen kita. Salah satunya adalah garis bawah berwarna biru di dokumen tertentu semisal tugas kuliah, laporan pengamatan, skripsi, atau dokumen lainnya. 

Garis bergelombang yang muncul di bawah teks dalam dokumen Word menunjukkan Format Consistency Checker diaktifkan dan bekerja di latar belakang saat kamu mengetik. Namun, hal ini cukup mengganggu bagi sebagian orang. 

Jika kamu salah satunya, ikuti langkah-langkah di artikel ini tentang cara menghilangkan garis biru di Word. 

Cara Menghilangkan Garis Biru di Word Secara Otomatis

Cara Menghilangkan Garis Biru di Word
Sumber : Youtube

Garis biru yang muncul di bawah tulisan menunjukkan bahwa Format Consistency Checker telah mendeteksi ketidakkonsistenan pada dokumen kamu. Fungsi ini tentunya dapat bermanfaat bagi kita yang membutuhkan dokumen yang sesuai untuk mengantisipasi jika ada kesalahan penulisan.

Pemeriksa konsistensi format memungkinkan kamu untuk memeriksa dan memperbaiki masalah format yang paling umum. Namun, ada aturan yang digunakan dalam Format Consistency Checker untuk mengidentifikasi format yang mungkin digunakan secara tidak sengaja. Di antaranya:

  1. Ukuran font harus 10% atau kurang.
  2. Font warna merah, hijau, dan biru harus sama, kecuali satu digit warna custom.
  3. Pemeriksa Konsistensi Format akan memeriksa perbedaan spasi font antar karakter.
  4. Paragraf harus kurang dari atau sama dengan 0,249 inci.
  5. Spasi paragraf (sebelum atau sesudah) harus kurang dari atau sama dengan 2,95 point.

Jika kamu ingin menulis dokumen yang memang secara sengaja menggunakan pemformatan berbeda dalam paragraf yang sama atau praktik pemformatan tidak biasa kamu dapat terlebih dahulu mempelajari bagaimana cara membuat paragraf di Word dengan baik dan benar.

Baca Juga:  Berbagai Cara Mudah Membuat Watermark di Word

Namun, bagaimana kalau kamu menulis dokumen yang memang secara sengaja menggunakan pemformatan berbeda dalam paragraf yang sama atau praktik pemformatan tidak biasa lainnya? Kamu mungkin garis bawah biru di seluruh dokumen. 

Dan kalau dilihat sudah pasti bikin tidak nyaman, bukan? Untungnya, kamu bisa menonaktifkan fitur ini dengan mudah. Untuk melakukan ini, yang harus kamu lakukan adalah mengeklik tab “File“. Untuk langkah selanjutnya, ikuti cara-cara di bawah ini!

1. Klik Fitur Word Options

Untuk menemukan fitur Word Options, pertama kamu harus membuka dokumen di Microsoft Word. Lalu di layar bagian latar belakang, klik ‘Opsi‘ di daftar item di sebelah kiri. Kemudian, klik kotak dialog ‘Word Options’. Melalui opsi ini, kamu bisa mengatur berbagai fitur Microsoft Word, seperti menghilangkan garis biru, hijau, atau merah yang biasa muncul saat membuat dokumen di Word. 

2. Pilih Opsi Advanced atau Lanjutan

Langkah selanjutnya, pilih opsi ‘Advanced’ atau ‘Lanjutan’ pada daftar di sebelah kiri. Di bagian ‘Editing Options’ di sebelah kanan, temukan opsi ‘Keep track of formatting’. Fitur inilah yang dimaksud sebagai pemeriksa konsistensi format yang dipasang Microsoft pada aplikasi Word.

3. Matikan Fitur Pengecek Format Tulisan

Jika sudah menemukan opsi keep track of formatting, temukan opsi ‘Mark formatting inconsistencies’. Lalu, kamu bisa menonaktifkan fitur tersebut. Caranya sangat mudah, yaitu menghilangkan tanda centang pada opsi tersebut dengan mengeklik kotak centang pada opsi tersebut supaya tidak tanda checklist.

Jika kotak centang ‘Mark formatting inconsistencies’ masih berwarna abu-abu, klik kotak centang ‘Keep track of formatting’, sehingga ada tanda centang di kotak tersebut. Selanjutnya, kamu bisa dapat menghapus centang pada kotak centang ‘Mark formatting inconsistencies’ hanya dengan mengekliknya saja.

Baca Juga:  4 Cara Menghapus Comment Di Word

Setelah itu, klik ‘OK‘ untuk menerima perubahan dan tutup ‘Opsi Word‘ di kotak dialog. Kemudian, kamu akan lihat bahwa garis biru di bawah teks sudah menghilang. 

Nah, cara menghilangkan garis biru di Word ternyata cukup simpel, bukan? Kalau kamu ingin mengaktifkannya kembali tinggal centang lagi saja kotak ‘Mark formatting inconsistencies’ dengan langkah-langkah di atas. 

Cara Manual Menghilangkan Garis Biru di Word

Cara Menghilangkan Garis Biru di Word
Sumber : Blog Koplo

Ada banyak penyebab munculnya garis biru di bawah teks dokumen Microsoft Word yang menandakan kesalahan dalam penulisan. Selain karena tidak memenuhi aturan pengecek konsistensi format di atas, ada masalah lain yang dapat menyebabkan munculnya garis biru di bawah teks.

Mulai dari penggunaan area yang berlebihan, dua durasi, dan penyimpangan penulisan lainnya. Jika kamu tetap berniat membuat dokumen yang sesuai aturan, ada cara alami yang bisa kamu lakukan selain menggunakan trik di atas. 

Terlebih lagi jika dokumen kamu menggunakan Bahasa Indonesia, sebagai penulis kamu juga wajib menyesuaikan kata atau tulisan secara manual agar sesuai dengan standar yang diharapkan. Untungnya, cara melakukannya juga cukup mudah dan tidak memakan waktu lama. Untuk lebih jelasnya, ikuti step by step di bawah ini!

  1. Buka dokumen yang ingin kamu hilangkan garis birunya.
  2. Tempatkan kursor pada frasa atau teks yang memiliki garis biru.
  3. Klik kanan pada frasa tersebut, maka akan muncul saran ejaan dari frase yang akan dipilih. 
  4. Pilih frase yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  5. Klik ejaan kalimat tersebut, maka garis biru pada kata atau frasa tersebut akan otomatis hilang.
  6. Lanjutkan untuk menghilangkan jejak biru pada frasa yang berbeda di dokumen dengan mengeklik kanan, lalu tentukan ejaan yang ditentukan dari frasa tersebut.
Baca Juga:  Mudah dan Cepat! Ini 6 Cara Mencoret Tulisan di Word

Saat menggunakan metode manual, perlu kamu ingat bahwa saran ejaan kata yang muncul setelah kamu mengeklik kanan tidak selalu sesuai dengan keinginan. Alternatifnya, kamu bisa mengakses pilihan tingkat lanjut dengan mengeklik kanan, memilih Grammar lalu pilih kata yang ditentukan di jendela pemeriksaan untuk menghilangkan garis biru pada kata tersebut.

Nah, itulah cara menghilangkan garis biru di Word, baik itu dengan cara manual atau otomatis. Tinggal pilih saja metode yang sesuai dengan kebutuhan penulisan dokumen kamu.

Leave a Comment