Cara Membuat Daftar Isi di Word, Manual dan Otomatis

Mulai dari buku pelajaran, makalah, skripsi, peta, majalah, dan masih banyak lagi, pasti memiliki daftar isi. Daftar isi memudahkan pembaca untuk mengintip apa saja pokok-pokok bahasan dalam suatu buku. Bisa dibilang, daftar isi seperti kompas penunjuk arah.

Buat kamu yang juga sedang membuat karya tulis dan harus membuat daftar isi, cara membuat daftar isi di Word sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa melakukannya secara manual maupun secara otomatis. Dalam pembahasan kali ini, Microsoftword.id akan menjelaskan pengertian dan fungsi daftar isi, serta cara membuat daftar isi di Word dengan mudah dan rapi.

Pengertian Daftar Isi di Word

Cara Membuat Daftar Isi di Word
Sumber: support.microsoft.com

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, daftar isi diartikan sebagai lembar halaman yang menjadi petunjuk pokok isi buku beserta nomor halaman. Jadi, daftar isi memuat bab-bab yang dijelaskan dalam buku, beserta di halaman nomor berapakah pembaca dapat menemukan bab tersebut.

Daftar isi yang baik dan benar haruslah mencantumkan semua materi di awal pembahasan, konten utama, dan materi penutup, termasuk di dalamnya judul dan nomor halaman dari semua bab dan daftar pustaka.

Daftar isi yang baik dan benar juga harus memudahkan pembaca. Sederhana, tapi informatif. Daftar isi harus seratus persen akurat, mencantumkan semua hal yang ada di buku atau makalah mulai dari kata pengantar sampai penutup.

Dalam makalah dan karya ilmiah, daftar isi dituntut harus benar dan rapi. Beberapa institusi pendidikan bahkan memiliki pakem format daftar isi sendiri. Hal ini untuk memastikan semua karya ilmiah mereka menggunakan struktur daftar isi yang sama.

Pada skripsi atau tulisan ilmiah, daftar isi bukan sekedar formalitas akademik. Daftar isi membantu penguji atau pembaca memahami topik kamu dan bagaimana kamu menyajikannya. Dari daftar isi tersebut, kesalahan kecil dapat secara cepat terdeteksi.

Fungsi Daftar Isi di Word

Cara Membuat Daftar Isi di Word
Sumber: free-power-point-templates.com

Daftar isi sangatlah penting. Fungsi yang pertama adalah memudahkan pembaca menemukan topik tertentu dalam karya tulis kamu yang diperinci dalam bentuk bab atau sub-bab. Fungsi kedua adalah membantu penulis itu sendiri.

Daftar isi dapat membantu penulis mengatur apa yang sedang mereka tulis dan memilah pembahasan-pembahasan tertentu sehingga topik paling penting tidak terabaikan. Daftar isi juga mampu membantu mengelola ekspektasi pembaca terhadap karya tulis atau makalah dari awal.

Dalam menulis daftar isi, kamu harus terlebih dahulu menulis judul dan nama bab dari makalah penelitian atau karya tulis lain dalam urutan kronologis. Setelah menulis bab dan sub bab dalam makalah, kamu selanjutnya menulis nomor halaman yang sesuai dengan bab dan sub bab yang sudah urut tadi.

Baca Juga:  3 Trik Ringkas Cara Membuat Gambar Transparan di Word

Daftar isi umumnya diletakkan tepat di halaman depan makalah atau karya ilmiah. Setelah halaman judul dan ucapan terima kasih, barulah daftar isi. Daftar isi harus berada di halaman sebelum kata pengantar tulisan. Kamu dapat dengan mudah mengatur daftar isi di Microsoft Word. 

Cara Membuat Daftar Isi di Word

Cara Membuat Daftar Isi di Word, Mudah dan Rapi
Sumber: it.nmu.edu

Setelah tahu pengertian daftar isi serta fungsinya, berikut ini Microsoftword.id akan memberikan langkah-langkah mudah cara membuat daftar isi di Word. Ada dua cara yang bisa kamu gunakan sebagai berikut:

Cara Membuat Daftar Isi Secara Manual

Cara membuat daftar isi di Word yang pertama adalah dengan cara manual. Kelebihan menggunakan cara manual adalah pengerjaannya cukup mudah. Sebaiknya hanya gunakan cara ini apabila bab atau halaman dalam makalah kamu tidak terlalu banyak. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka halaman baru di Word pada komputer atau laptop kamu. Pastikan pada halaman Word yang terbuka, terdapat garisan atau ruler di bagian atas.
  2. Apabila belum ada, maka masuk ke menu View di bagian menu bar paling atas dan pilih Ruler. Centang kotak di samping tulisan Ruler dengan meng-klik satu kali.
  3. Selanjutnya, masukkan daftar isi mulai dari halaman judul, kata pengantar, daftar isi, bab pendahuluan, pembahasan, hingga bab akhir yaitu penutup. 
  4. Setelah selesai, klik ikon Paragraph.
  5. Selanjutnya, akan muncul dialogue box Paragraph. Klik Tabs di bagian kiri bawah.
  6. Langkah selanjutnya adalah mengatur jendela tabs. Pada dialogue box Tabs yang muncul, Tab Stop Position harus sesuai dengan baris judul yang ada di daftar isi. Untuk Alignment, klik Left dan Leader klik angka 2. 
  7. Setelah itu, OK.
  8. Kemudian, kamu tinggal menekan tombol Tab pada keyboard dan secara otomatis akan muncul garis titik-titik dengan jarak yang sudah di-setting tadi.
  9. Setelah garis titik-titik selesai, kamu tinggal memberikan nomor halaman di bagian akhir titik-titik tadi. Selesai.

Kamu bisa menyelesaikan membuat garis putus-putus terlebih dahulu, baru menambahkan nomor halaman. Atau, kamu juga bisa membuat garis titik-titik pada satu bagian dan langsung mengetikkan nomor halaman di belakangnya.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Cara membuat daftar isi di Word secara otomatis bisa membuat daftar isi kamu terlihat lebih rapi dan membuatnya pun lebih mudah dan cepat. Dengan membuat secara otomatis, kamu tidak perlu membuat garis titik-titik per baris dan tidak pula harus menulis nomor halaman satu per satu.

Baca Juga:  2 Cara Membuat Kartu Nama di Word dengan Template & Manual

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka halaman kosong di Microsoft Word, tempat untuk daftar isi yang akan kamu buat.
  2. Pada halaman tersebut, ketik judul dan sub judul yang ada di dalam makalah.
  3. Selanjutnya, sorot judul atau sub judul dengan cara klik tiga kali atau gunakan Select.
  4. Pilih Heading untuk membedakan antara judul dan sub judul. Pilih Heading 1 untuk judul, Heading 2 untuk sub judul, Heading 3 untuk sub sub judul, dan seterusnya.
  5. Ada cukup banyak pilihan style yang tersedia. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan.
  6. Lakukan hal yang sama untuk judul dan sub judul di bab-bab yang lain. Lakukan dengan meng-klik pilihan Heading di menu bar atas dan hindari untuk mengaturnya secara manual. Hal ini agar nantinya Word dapat mendeteksi secara otomatis judul-judul pada tiap-tiap bab kamu.
  7. Setelah semua judul dan sub judul diatur sesuai pengaturan Heading pada Word, selanjutnya adalah masuk ke halaman kosong yang telah kamu siapkan untuk daftar isi tadi.
  8. Seperti telah disebutkan di atas, daftar isi diletakkan setelah halaman judul dan kata pengantar. Apabila kamu belum membuat halaman kosong sebelum pembahasan makalahmu, pilih menu Insert di menu bar bagian atas.
  9. Selanjutnya, klik Blank Page. Halaman baru yang kosong akan muncul.
  10. Untuk membuat daftar isi, masuk ke menu References di menu bar paling atas, di sebelah Insert.
  11. Kemudian, klik Table of Contents
  12. Akan muncul beberapa opsi format daftar isi yang bisa kamu pilih. Ada Manual Table, Automatic Table 1, dan Automatic Table 2.
  13. Saat kamu memilih satu dari format tadi, maka secara otomatis Word akan menampilkan daftar isi pada halaman aktif.

Nah, proses membuat daftar isi sudah selesai. Bagaimana jika kamu hendak melakukan perubahan atau kamu perlu mengoreksi daftar isi yang sudah ada? Kamu pun bisa secara cepat dan otomatis melakukan perubahan.

Pada daftar isi kamu, klik opsi Update Table yang muncul. Ada dua pilihan yang bisa kamu pilih, yakni Update page numbers only dan Update entire table. Apabila kamu harus mengoreksi nomor halaman saja, maka klik di bagian Update page numbers only.

Namun, untuk memperbaiki seluruh daftar isi, mulai dari nomor halaman dan judul maupun sub judul, maka pilih Update entire table.

Setelah selesai memperbaiki isi daftar isi, selanjutnya adalah menyesuaikan daftar isi dengan format tulisan. Hal ini tentu agar antara daftar isi dan keseluruhan makalah kamu konsisten. Untuk mengubahnya, blok atau sorot semua tulisan yang ada di dalam daftar isi.

Baca Juga:  6 Cara Membuat Paragraf Menjorok di Word Otomatis & Manual

Selanjutnya, pada menu Home, sesuaikan jenis dan ukuran font. Cek kembali apakah daftar isi sudah sesuai dengan isi makalah kamu. Pastikan juga semua format sudah rapi dan sesuai. Apabila sudah benar, simpan dokumen yang sudah kamu kerjakan dengan memilih ikon Save atau langsung tekan Ctrl+S.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di macOS

Buat kamu yang menggunakan macOS, membuat daftar isi secara otomatis juga cukup cepat dan mudah. Berikut ini caranya:

  1. Letakkan kursor pada halaman yang akan menjadi tempat untuk daftar isi.
  2. Klik menu References, kemudian Table of Contents.
  3. Pilih Automatic Table of Contents dari pilihan.
  4. Walaupun memilih Automatic Table of Contents, kamu masih bisa mengganti font, jumlah sub judul, atau ukuran font pada daftar isi.
  5. Pastikan setiap judul pada dokumen kamu di-setting menggunakan Heading 1 dan sub judul dengan Heading 2.
  6. Untuk memilih Heading, pilih Home di menu bar bagian atas.
  7. Selanjutnya, pilih Heading 1.

Dibandingkan membuat daftar isi secara manual, membuatnya daftar isi secara otomatis memiliki banyak kelebihan. Kelebihan membuat daftar isi secara otomatis adalah:

  1. Daftar isi hasilnya lebih rapi dan jelas. Dengan begini, pembaca akan lebih mudah membaca tulisan kamu.
  2. Dibandingkan membuat secara manual, cara otomatis jauh lebih cepat. Hal ini karena kamu tidak perlu mengecek setiap halaman satu per satu, untuk kemudian dimasukkan ke dalam daftar isi.
  3. Microsoft Word telah memberikan kemudahan dengan beberapa template atau format daftar isi yang bisa kamu pilih. Sayang sekali kalau kamu tidak menggunakan fitur yang tersedia ini.
  4. Keuntungan lain dari cara membuat daftar isi di Word secara otomatis adalah daftar isi akan secara otomatis berubah dan mengikuti nomor halaman judul atau sub judul yang baru.

Cukup mudah dan sederhana, bukan? Itu tadi dua cara membuat daftar isi di Word yang bisa kamu aplikasikan. Apabila cara manual membuatmu lebih nyaman, maka kamu dapat memilih cara tersebut.

Namun, cara membuat daftar isi secara otomatis tentu lebih cepat dan akurat. Untuk tahu lebih banyak info mengenai Microsoft Word, kunjungi Microsoftword.id. Di sini, kamu bisa mempelajari cara membuat table di Word, cara menghitung kata di Word, cara memiringkan tulisan di Word, dan masih banyak lagi.

Leave a Comment