Cara Mengurutkan Daftar Sesuai Abjad di Word Dari 3 Source Ini

Mengapa banyak yang memilih mengurutkan daftar sesuai abjad, terutama di Microsoft Word? Alasannya tentu saja demi kemudahan para pencari. Dengan banyaknya data yang terkumpul di suatu tempat, pengurutan daftar sesuai abjad sangat membantu. Kamu tak perlu berjuang sampai pusing untuk mencari data yang diinginkan.

Lalu, bagaimana cara mengurutkan abjad di Word? Begini caranya.

Cara Mengurutkan Abjad di Microsoft Word Secara Umum

Cara Mengurutkan Abjad di Word
Sumber : Youtube

Tidak hanya di Microsoft Word, kamu pun bisa melakukan hal serupa di Microsoft Excel. Selain itu, ternyata metode pengurutan abjad di Word bisa berbeda, tergantung source yang ada. Namun, sebelum membahas source, mari kita lihat dulu metode pengurutan abjad di Microsoft Word secara umum:

  1. Tulis data pada lembar kerja Microsoft Word.
  2. Blok data yang ingin diurutkan.
  3. Pergi ke menu Home. Pilihlah menu Sort yang terletak di grup Paragraph. Di sini kamu dapat melihat jendela untuk Sort text.
  4. Ada dua (2) pilihan yang dapat kita lihat, yaitu Ascending (untuk pengurutan data dari huruf paling awal ke akhir) dan Descending (untuk pengurutan data dari huruf paling akhir ke awal). Tinggal pilih salah satu sesuai kebutuhan.
  5. Tekan tombol OK bila sudah memilih. Semoga pilihan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Nah, sekarang mari membahas cara mengurutkan abjad di Word berdasarkan source yang ada. Semoga perangkat gawai digital kamu dapat mendukung pekerjaan kamu, terutama saat harus mengurutkan daftar atau data sesuai dengan abjad di Microsoft Word.

3 Cara Mengurutkan Daftar Sesuai Abjad di Word Dari 3 Source Ini:

Cara Mengurutkan Abjad di Word
Sumber : Komerce

Lalu, apa saja yang dimaksud dengan tiga source di sini? Perbedaan perangkat gawai atau komputer berarti perbedaan cara mengurutkan abjad di Word. Mari kita simak satu-persatu di bawah ini:

Baca Juga:  4 Cara Membuat Bingkai di Word Agar Halaman Tampak Rapi

– Lewat Windows

Mungkin banyak yang sepakat bahwa Windows adalah software “sejuta umat”. Selain mudah ditemukan, pemakaiannya juga tak kalah mudah. Begini caranya bila ingin mengurutkan data sesuai dengan abjad pada Microsoft Word:

  1. Pilihlah daftar yang ingin kamu urutkan sesuai abjad.
  2. Masuk ke fitur Beranda > Urutkan.
  3. Gunakan fitur Atur Urutkan Menurut ke Paragraf serta Teks.
  4. Ada dua (2) pilihan untuk mengurutkan data sesuai abjad. Untuk Ascending atau Naik, pilihlah yang dari A ke Z. Untuk yang sebaliknya atau Descending / Turun, pilihlah yang dari Z ke A.
  5. Tekan OK dan cek hasilnya. Sudah sesuai keinginan?

– Lewat MacOS

Bagi para pemilik laptop MacOS, begini cara mengurutkan abjad di Word:

  1. Pilihlah data atau daftar yang ingin kamu urutkan.
  2. Klik fitur Beranda, lalu tekan tombol Urutkan.
  3. Pilihlah kotak dialog bertuliskan Urutkan teks. Sampai sini, inilah yang bisa dilakukan:
  • Pilih fitur Paragraf. Letaknya ada di bawah fitur Urutkan menurut.
  • Pilihlah fitur Teks yang ada di samping fitur Tipe.
  • Sesuai kebutuhan, kamu bisa memilih Urutan naik atau Urutan menurun.
  1. Tekan OK, lalu cek kembali untuk melihat hasilnya. Bila sudah sesuai keinginan, berarti kamu berhasil mengurutkan daftar sesuai abjad di Microsoft Word lewat MacOS.

– Lewat Web

Sayangnya, tidak banyak pilihan bila mengakses Microsoft Word dari Web. Justru, lebih baik bila kamu langsung membuka Windows dan mengaksesnya dari sana. Setelah itu, cukup ikuti semua instruksi yang ada di Windows.

Apa yang Ada di Dalam Kotak Dialog Urutkan?

Secara umum, kotak dialog Urutkan dapat digunakan untuk mengurutkan daftar atau tabel sampai tiga tingkat teks. Selain itu, kotak ini juga dapat digunakan untuk mengurutkan angka atau tanggal. Naik atau turun pun tidak masalah.

Baca Juga:  2 Cara Membuat Cover Buku di Word Secara Manual & Template

Inilah beberapa cara mengurutkan abjad di Word berdasarkan Kotak Dialog Urutkan seperti ini:

– Pilih kategori yang ingin diurutkan

Kamu bisa memilih paragraf, judul, maupun bidang untuk diurutkan. Jika ingin mengurutkan tabel, pilihlah berdasarkan nama header. Bila tidak punya header, kamu bisa memilih berdasarkan kolom.

– Pilih salah satu dari tipe ini

Mau memilih teks, angka, atau tanggal?

– Gunakan pilih paragraf

Kamu juga bisa memilih berdasarkan paragraf.

– Pilih metode untuk mengurutkan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa memilih metode Naik (atau Ascending) maupun Turun (atau Descending).

– Pilih yang mau ditambahkan header

Cek daftar atau tabel yang ingin diurutkan sesuai abjad. Apakah masing-masing punya header? Apakah kamu ingin menambahkan header? Seperti biasa, semua keputusan sesuai dengan kebutuhan.

– Pilih kategori pengurutan

Jangan lupa, ini juga beberapa kategori pengurutan yang harus kamu perhatikan:

  • Tempat pemisahan bidang. Misalnya: koma, tab, atau yang lainnya.
  • Pilihan pengurutan sesuai kolom. Biasanya, software lebih peka dengan bedanya huruf besar dan huruf kecil.
  • Pilih bahasa pengurutan sesuai kadar kenyamanan. Misalnya: kamu bisa memilih Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris bila tidak masalah. Bahkan, bahasa asing lainnya pun bisa. Cek dulu, siapa tahu setiap source mempunyai daftar pilihan bahasa pengurutan yang tidak sama.

Kesimpulan:

Jadi, yang mana yang paling bagus? Ini perkara cocok atau tidak cocoknya kita dengan pilihan gawai atau source yang ada. Yang terasa nyaman bagi si A belum tentu terasa menyenangkan bagi kamu. Pastikan gawai sesuai dengan kebutuhan.

Ternyata, ada lebih dari satu cara mengurutkan abjad di Word. Pertama, pastikan dulu kamu mengetahui cara paling umum. Kedua, mungkin ada sedikit perbedaan cara tergantung source yang digunakan. Khusus untuk di Web, kamu hanya bisa membuat daftar dengan urutan nomor dan poin. Sebaiknya, tidak membuang-buang waktu dengan mencoba mengurutkan abjad di sana.

Baca Juga:  Lengkap! Intip Cara Menggunakan Microsoft Word di sini

Leave a Comment