Page Break vs Section Break: Fungsi, Cara Membuat dan Cara Menghapus Page Break di Word

Apakah kamu tahu apa itu page break dan section break? Tahukah kamu cara menyisipkan maupun cara menghapus page break di Word? Jika jawabannya belum, jangan khawatir! Artikel ini akan menunjukkan caranya secara detail.

Sekarang ini, hampir setiap orang sudah pernah menggunakan program Microsoft Word untuk membuat tulisan. Meski demikian, ternyata banyak orang yang belum menggunakannya secara maksimal. Hal ini termasuk dengan penggunaan section break dan page break  yang ternyata bisa membuat dokumen kamu terlihat profesional. 

Page Break

Cara Menghapus Page Break di Word
Sumber: javatpoint.com

Bagian ini akan membahas tentang page break, cara memasukkan, serta cara menghapus page break di Word. Mengetahui apa itu page break dan cara mengaplikasikannya dalam dokumen akan membantu kamu menggunakan Microsoft Word dengan lebih efektif. Selain itu, dokumen juga akan terlihat lebih profesional dan rapi.

Mengenal Page Break dan Fungsinya

Page break atau yang juga sering disebut dengan hard page break adalah kode yang dimasukkan oleh program perangkat lunak seperti pemroses kata (misalnya Microsoft Word) untuk memberi tahu printer di mana suatu halaman berakhir dan dari mana halaman baru dimulai. 

Microsoft Word secara otomatis akan memasukkan page break ketika kamu sudah mencapai akhir halaman. Akan tetapi, kamu juga bisa mengubah tempatnya dengan menggunakan manual page break.

Sesuai dengan namanya, page break berfungsi untuk memisahkan satu halaman dengan halaman berikutnya. 

Cara Memasukkan Page Break Secara Manual

Sebelum membahas cara menghapus page break di Word, mari kita membahas cara memasukkan page break secara manual. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama, letakkan kursor di tempat kmu ingin memulai halaman baru.
  2. Kemudian, klik tab menu Insert
  3. Selanjutnya klik tombol Page Break
  4. Satu page break baru secara otomatis akan ditambahkan. Jadi, setiap teks setelah titik tersebut akan dipindahkan ke halaman baru.
  5. Untuk bisa memasukkan page break dengan cepat, kamu juga bisa langsung menekan tombol Ctrl+Enter.

Mengatur di mana Word Menempatkan Page Break Otomatis

Jika kamu memasukkan page break secara manual di dokumen yang panjangnya lebih dari beberapa halaman, bisa jadi kamu nanti harus mengubah lagi page break tersebut saat mengedit dokumen.

Agar tidak kerepotan harus mengubah page break secara manual setiap saat, kamu bisa mengatur letak page break otomatis. Simak caranya berikut ini!

1. Mencegah page break muncul di tengah paragraf

Pertama, pilih paragraf yang tidak ingin terpisah oleh page break. Selanjutnya, pada tab menu Page Layout, klik panah kecil pada kelompok Paragraph dan sebuah kotak dialog akan muncul. 

Baca Juga:  3 Cara Membuat Denah Lokasi di Word dan Excel (Sederhana)

Di kotak dialog ini, kamu bisa memilih tab Line and Page Breaks. Kemudian beri tanda centang pada opsi Keep lines together agar paragraf kamu tidak terpisah,

2. Mencegah page break muncul di antara paragraph

Cara ini bisa dilakukan jika kamu ingin menjaga agar dua atau lebih paragraf tetap ada di satu halaman yang sama. 

Langkah pertamanya sama dengan metode pertama di atas, hanya saja, kali ini kamu bisa memberi centang pada kotak Keep with the next.

3. Menentukan page break sebelum suatu paragraf

Jika kamu ingin suatu paragraf mengikuti page break, kamu bisa mengikuti langkah ini. Caranya, klik paragraf yang perlu mengikuti page break. Kemudian, klik menu tab Page Layout dan klik panah kecil pada kelompok Paragraph

Di kotak dialog yang muncul, pilih tab Line and Page Breaks, kemudian beri tanda centang pada kotak Page break before

4. Menempatkan dua baris dari suatu paragraf di bagian atas atau bawah halaman.

Dokumen profesional tidak akan pernah diakhiri dengan satu baris pertama dari suatu paragraf, maupun diawali dengan satu baris terakhir dari suatu paragraf. 

Jika suatu paragraf terpaksa terpotong di awal atau akhir halaman, maka setidaknya potongan paragraf tersebut harus terdiri dari dua baris. Nah, kamu bisa mengatur hal ini agar tidak pusing mengaturnya secara manual.

Pertama, pilih paragraf yang dimaksud, lalu klik menu tab Page Layout dan klik panah kecil pada kelompok Paragraph. Selanjutnya, pilih tab Line and Page Breaks dan beri centang pada kotak Window/Orphan control.

5. Mencegah page break muncul pada baris tabel

Tabel yang terpotong di sebuah halaman juga tidak terlihat profesional. Agar tidak terpotong, klik baris tabel yang tidak ingin terpotong. Jika ingin seluruh bagian tabel tetap utuh, maka pilih keseluruhan tabel.

Kemudian, pada tab menu Table Tools, pilih tab Layout. Selanjutnya, pilih kelompok menu Table dan klik Properties. Pilih tab Row, kemudian hapus centang pada kotak dialog Allow row to break across pages.

Cara Menghapus Page Break di Word

Dokumen Word secara otomatis menambahkan page break untuk memisahkan satu halaman dengan halaman lainnya. Namun, kamu tidak akan bisa menghapusnya karena ini merupakan pengaturan bawaan yang menandai pergantian halaman. 

Meski demikian, kamu bisa menghapus page break yang dibuat secara manual. Karena fitur ini dimasukkan sebagai tanda format tersembunyi, maka kamu perlu memunculkan tanda ini agar mudah menghapusnya.

  1. Pertama, klik menu tab Home.
  2. Selanjutnya, pilih tombol yang menunjukkan simbol . Tombol ini berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan karakter tanda baca khusus di dalam dokumen seperti spasi, penanda paragraf, serta page break dan section break.
  3. Kemudian, klik dua kali pada page break yang ingin kamu hapus.
  4. Lalu tekan tombol Delete.

Hanya dengan empat langkah mudah di atas, page break yang kamu masukkan secara manual akan terhapus. 

Baca Juga:  2 Cara Membuat A4 di Word Paling Sederhana

Section Break

Cara Menghapus Page Break di Word
Sumber: wikigain.com

Sekarang kamu sudah tahu tentang page break dan cara menghapus page break di Word. Selanjutnya, artikel ini akan membahas tentang section break. Di bagian ini, kamu bisa mempelajari tentang apa itu section break, cara memasukkan dan menghapusnya di dokumen Word.

Mengenal Section Break dan Fungsinya

Kamu bisa menggunakan section break untuk mengubah tampilan atau format suatu halaman di dokumen Word. Misalnya, kamu bisa membuat tampilan halaman menjadi campuran antara 1 kolom dan 2 kolom yang umum digunakan untuk format makalah riset. 

Kamu juga bisa memisahkan bab dalam dokumen agar setiap bab dimulai dari halaman 1. Fungsi lainnya adalah membuat header dan footer yang berbeda di setiap bagian dokumen kamu.

Cara Memasukkan Section Break

Memasukkan section break ke dalam sebuah halaman dokumen sangatlah sederhana. Sama sederhananya dengan  cara menghapus page break di Word. Pertama klik tab menu Page Layout dan klik Breaks pada kelompok menu Page Setup.

Sebuah menu drop down akan muncul dan menampilkan beberapa pilihan break. Kamu tinggal pilih section break mana yang ingin kamu gunakan. Berikut ini pilihannya:

  1. Next Page, berfungsi untuk menyisipkan section break dan memulai bagian baru di halaman selanjutnya. Section break ini berguna untuk memulai bab baru dalam sebuah dokumen.
  2. Continuous, berfungsi untuk memasukkan section break dan memulai bagian baru pada halaman yang sama. Cara ini berfungsi untuk membuat perubahan format dalam halaman yang sama. Misalnya mengubah jumlah kolom suatu halaman.
  3. Even Page atau Odd Page, berfungsi untuk memasukkan section break dan memulai bagian baru pada halaman genap atau ganjil berikutnya. Jika kamu ingin bab baru dokumenmu selalu dimulai di halaman genap atau ganjil, kamu bisa menggunakan pilihan ini.

Mengubah Layout atau Format Dokumen Menggunakan Section Break

Karena section break berfungsi untuk membuat perubahan layout dan format pada suatu dokumen, kamu bisa mengubah beberapa hal terkait format halaman tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, pilih halaman yang ingin kamu ubah formatnya. Kamu bisa memilih suatu bagian yang ingin ditambahkan section breaks.
  2. Selanjutnya, pilih tab menu Page Layout dan klik Breaks pada kelompok menu Page Setup
  3. Pada kelompok Section Break, pilih satu jenis yang formatnya paling sesuai. 
  4. Ketika Section Break sudah terbentuk, kamu bisa mengubah format pada bagian baru yang muncul tersebut agar memiliki format yang berbeda dengan bagian halaman sebelumnya. Kamu bisa mengubah header dan footer, margin, ukuran dan orientasi halaman, kolom, penomoran halaman, penomoran footnote dan endnote, dan lain-lain. 
Baca Juga:  Gimana Cara Menghapus Halaman Kosong di Word? Cus, Simak!

Ketika kamu menambahkan section break, program Microsoft Word akan secara otomatis terus menggunakan header dan footer yang sama dari bagian sebelumnya. Jadi jika kamu ingin header dan footer tersebut berbeda, kamu perlu menghentikan tautan antara kedua bagian tersebut.

  1. Pertama, pilih tab menu Insert dan klik Header atau Footer pada kelompok menu Header & Footer
  2. Selanjutnya, klik Edit Header atau Edit Footer
  3. Kemudian, pilih tab menu Design yang ada di bawah Header & Footer Tools pada kelompok menu Navigation. Terakhir, klik opsi Link to Previous untuk mematikan tautan ke halaman sebelumnya. 
  4. Setelah tautan dimatikan, kamu bisa mengubah Header atau Footer tersebut dengan format yang kamu inginkan. 

Menghapus Section Break

Setelah mempelajari cara menghapus page break di Word, maka bagian ini akan membahas cara menghapus section break di Word. Jangan khawatir! Caranya sama mudahnya dengan menghapus page break.

Section break menentukan di mana format suatu dokumen berubah. Ketika kamu menghapus suatu section break, kamu juga menghapus format bagian teks sebelum section break tersebut. Maka, teks tersebut akan menjadi bagian dari section selanjutnya dan langsung mengikuti format section baru tersebut.

Untuk menghapusnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, klik tampilan Draft agar kamu bisa melihat garis yang menunjukkan section break
  2. Selanjutnya, sorot section break yang ingin kamu hapus.
  3. Terakhir, tekan tombol Delete.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang page break dan section break. Pada dasarnya, page break hanya memisahkan badan teks suatu dokumen, sedangkan section break memisahkan badan teks sekaligus format lainnya seperti margin halaman, header dan footer, nomor halaman, dan lain-lain.

Sekarang kamu sudah tahu perbedaan section break dan page break serta cara mengaplikasikannya. Mulai dari memasukkan, mengedit, hingga cara menghapus page break di Word serta section break di Word. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan fitur-fitur ini agar dokumenmu lebih rapi, ya!

Leave a Comment