2 Cara Membuat Kwitansi di Word Ukuran A6 & Otomatis

Cara membuat kwitansi di Word adalah topik yang sering dicari oleh banyak orang. Kwitansi adalah bukti transaksi yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli sebagai tanda pembayaran telah dilakukan.

Kwitansi ini sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman atau sengketa di kemudian hari. Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang sering digunakan untuk membuat dokumen, termasuk kwitansi.

Namun, bagi kamu yang belum terbiasa menggunakan Word, mungkin akan sedikit kesulitan dalam membuat kwitansi yang baik dan benar. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat kwitansi di Ms Word dengan mudah dan cepat.

Cara Membuat Kwitansi di Word

Kwitansi adalah salah satu bukti transaksi sah yang sudah dilakukan dengan beberapa pihak. Biasanya beberapa orang menggunakan yang sudah jadi. Namun, jika kamu ingin membuat yang lebih spesifik, berikut cara membuat kwitansi di Word.

1. Cara Membuat Kwitansi di Word ukuran A6

Membuat kwitansi di Word ukuran A6 cukup mudah dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Kamu hanya perlu mengikuti panduan cara membuat kwitansi di Word berikut ini:

Buka program Microsoft Word dan buat dokumen baru dengan ukuran kertas A6.
  • Buat header dengan memasukkan informasi perusahaan atau organisasi yang menerbitkan kwitansi, seperti nama, alamat, dan nomor telepon.
  • Buat kolom di bawah header dengan informasi pelanggan, seperti nama, alamat, dan nomor telepon. Gunakan bullet point untuk memudahkan pembacaan.

Selanjutnya, kamu dapat memasukkan informasi mengenai transaksi yang terjadi, seperti barang atau jasa yang dibeli, jumlah yang harus dibayar, dan tanggal pembelian. Jangan lupa untuk memberikan nomor kwitansi yang unik dan mencatat metode pembayaran yang digunakan.

Saat membuat kwitansi di Word, pastikan untuk mengecek kembali informasi yang telah dimasukkan agar tidak terjadi kesalahan. Setelah selesai, kamu dapat mencetak kwitansi tersebut atau menyimpannya dalam format digital untuk referensi di masa depan.

Baca Juga:  6 Cara Spasi 1.5 di Word Berbagai Versi 2003, 2016, dll

2. Cara Membuat Kwitansi dengan Template

Kwitansi adalah salah satu dokumen penting yang sering digunakan dalam kegiatan bisnis. Dokumen ini berisi informasi tentang transaksi yang dilakukan, termasuk jumlah uang yang dibayarkan dan produk atau jasa yang dibeli.

Jika kamu ingin tahu cara membuat kwitansi di Word dengan cepat dan mudah, kamu bisa menggunakan template yang sudah tersedia di Word.

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi Microsoft Word. Setelah itu, pilih “File” dan “New” untuk membuat dokumen baru.
  • Di bagian “Search Online Templates“, ketikkan “receipt/invoice” dan tekan “Enter“.
Di bagian Search Online Templates, ketikkan receipt:invoice dan tekan Enter.
  • Word akan menampilkan beberapa template kwitansi yang bisa kamu gunakan.
  • Pilih salah satu template yang sesuai dengan kebutuhanmu. Setelah itu, kamu bisa mengeditnya sesuai dengan informasi transaksi yang ingin kamu sertakan.
  • Kamu bisa menambahkan logo bisnismu, nama pembeli dan penjual, tanggal transaksi, produk atau jasa yang dibeli, jumlah uang yang dibayarkan, dan lain sebagainya.
  • Setelah semua informasi sudah terisi dengan benar, jangan lupa untuk menyimpan dokumen dengan format yang sesuai seperti .doc atau .docx.

Itulah cara membuat kwitansi otomatis dengan template di Word. Dengan menggunakan template ini, kamu tidak perlu repot-repot membuat desain kwitansi dari awal. Selain itu, template yang sudah tersedia juga sudah memiliki format dan struktur yang sesuai dengan standar bisnis.

Tips Membuat Kwitansi di Word

Tips Membuat Kwitandi di Word

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat kwitansi di Word agar hasilnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu bisa menggunakan semua tips di bawah ini agar cara membuat kwitansi di Word yang dilakukan lebih sempurna.

1. Gunakan template kwitansi yang sudah tersedia

Dalam membuat sebuah kwitansi, kamu dapat menggunakan template yang sudah tersedia di aplikasi Microsoft Word. Dengan menggunakan template, kamu dapat membuat kwitansi dengan mudah dan cepat.

Baca Juga:  Cara Membuat Garis Tepi di Word Biar Rapi, Mudah Loh!

Untuk membuat kwitansi di Word, kamu dapat mengikuti beberapa langkah mudah. Pertama, buka aplikasi Microsoft Word dan pilih tab “File”. Kemudian, pilih “New” dan cari template kwitansi yang ingin kamu gunakan.

Setelah itu, kamu dapat mengedit template tersebut sesuai dengan kebutuhan transaksi yang sedang dilakukan. Jangan lupa untuk mencantumkan informasi yang penting seperti nama dan alamat pembeli, jumlah transaksi, dan tanda tangan.

2. Pastikan untuk mencantumkan informasi bisnis

Ketika membuat sebuah kwitansi di Word, pastikan untuk mencantumkan informasi bisnis yang relevan. Informasi tersebut antara lain nama perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon, dan nomor identitas pajak.

Hal ini akan membuat kwitansi terlihat lebih profesional dan dapat membantu pembeli dalam memverifikasi transaksi tersebut. Selain itu, pastikan juga untuk mencantumkan informasi pembeli dengan jelas.

Nama lengkap dan alamat pembeli harus tertera dengan benar dan jelas. Jangan lupa untuk mencantumkan jumlah transaksi, tanggal transaksi, dan jenis barang atau jasa yang dibeli. Hal ini akan memudahkan pembeli dalam melakukan perhitungan dan juga memudahkan bisnis dalam melakukan pencatatan transaksi.

3. Gunakan font yang mudah dibaca

Membuat kwitansi di Word dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Pertama, pastikan kamu menggunakan font yang mudah dibaca seperti Arial atau Times New Roman. Setelah itu, buatlah tabel dengan dua kolom yang terdiri dari nama barang atau jasa dan harga yang harus dibayar.

Kedua, masukkan informasi detail seperti nama perusahaan atau individu yang menerima kwitansi, alamat, nomor telepon, tanggal, nomor kwitansi, dan jumlah yang harus dibayar. Selain itu, pastikan kamu menambahkan keterangan tentang barang atau jasa yang diberikan serta jumlah uang.

4. Buat nomor seri unik untuk setiap kwitansi

Membuat kwitansi dengan nomor seri unik adalah salah satu cara untuk memastikan keaslian dan keamanan dokumen tersebut.

Baca Juga:  Begini Cara Hapus Section Break di Word

Kamu bisa membuat nomor seri unik dengan menggunakan formula atau fungsi yang tersedia di Word. Selain itu, kamu juga bisa mengatur tata letak dan desain kwitansi agar terlihat lebih profesional.

Untuk membuat nomor seri unik, kamu bisa menggunakan formula CONCATENATE di Word. Formula ini akan menggabungkan beberapa teks atau angka menjadi satu. Kamu bisa menggabungkan teks “KW” dengan angka urut yang terus bertambah.

Misalnya, jika nomor seri pertama adalah KW001, maka nomor seri berikutnya adalah KW002, KW003, dan seterusnya. Kamu bisa mengatur agar nomor seri otomatis berubah setiap kali kamu membuat kwitansi baru.

5. Sertakan informasi terkait pembayaran

Jika kamu ingin membuat kwitansi yang sah, pastikan kamu menyertakan informasi terkait pembayaran dengan jelas dan akurat. Hal ini akan memudahkan pelanggan dan pihak terkait dalam memeriksa dan memverifikasi dokumen tersebut.

Beberapa informasi yang perlu disertakan antara lain nama pelanggan, tanggal pembayaran, jumlah pembayaran, dan deskripsi singkat tentang pembayaran tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan informasi tambahan yang dianggap perlu. Misalnya, nomor faktur atau pesanan, metode pembayaran yang digunakan, dan nama orang yang menangani pembayaran.

Demikianlah cara membuat kwitansi di Word dengan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu bisa membuat kwitansi yang rapi dan profesional untuk keperluan bisnis atau pribadi.

Ingatlah untuk selalu memperhatikan detail seperti format, font, dan ukuran kertas agar kwitansi yang dihasilkan terlihat lebih baik dan mudah dibaca. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan logo atau informasi perusahaan pada kwitansi untuk memberikan kesan lebih profesional.

Leave a Comment