Cara Mengatur Tab di Word Biar Tulisanmu Rapi

Ingin membuat paragraf tulisan kamu terlihat rapi? Kamu harus tahu cara mengatur tab di Word. Dengan tab, kamu bisa mengatur agar tulisanmu terlihat sejajar atau rapi, tergantung desain layout dokumen yang sedang kamu buat. Yuk, pelajari cara-cara mengatur tab untuk merapikan tulisanmu.

Apa Sih Fungsi Tab di Word? 

Cara Mengatur Tab di Word
Sumber: wikihow.com

Tab adalah fitur untuk mengatur titik awal dan akhir kalimat yang kamu tulis. Perhatikan fitur penggaris (ruler) di bagian atas dokumen. Ketika kamu mengatur titik awal dan akhir perhentian kalimatmu, kamu akan melihat simbol garis hitam bersudut; itulah simbol tab.

Sebagai contoh, jika kamu mengatur tab perhentian kalimat di tengah-tengah penggaris Word, kalimatmu akan berhenti di situ. Ketika kamu memencet Enter, kursor kamu akan loncat ke baris baru di bawah walau kalimatmu baru tiba di tengah-tengah.

Mengetahui cara mengatur tab di Word membantumu mengatur layout dokumen sesuai keinginan. Kamu juga bisa merapikan dokumen dan membuat paragraf dengan kalimat-kalimat sejajar.

Bedanya Margin, Indent, dan Tab 

Cara Mengatur Tab di Word
Sumber: techyard.net

Ketika kamu belajar mengatur tab, kamu mungkin akan menemukan dua istilah ini: margin dan indent. Walau ketiganya sama-sama digunakan untuk mengatur posisi kalimat dan paragraf, mereka berbeda, lho!

Tab adalah alat pengatur posisi bagian awal dan akhir kalimat, dan ditandai dengan garis hitam kecil menyiku di penggaris Word.

Margin adalah istilah untuk jarak dari tepi kertas ke paragraf. Ini adalah bagian kosong di kertas yang mengelilingi tulisanmu. Ukuran standar untuk margin di bagian atas, tengah, dan sisi kertas adalah sekitar 1 inci (25, cm).

Indent adalah posisi saat kamu mulai menulis kalimat pertama di paragraf baru. Jika kamu perhatikan, buku dan dokumen formal biasanya memiliki baris pertama yang agak menjorok ke dalam di setiap paragraf. Ketika kamu mengatur jarak titik awal baris pertama tersebut, itu berarti kamu sedang mengatur indent.

Setelah mengetahui perbedaan ketiganya, saatnya kamu belajar cara mengatur tab di Word agar tidak keliru saat hendak mengatur posisi peletakan kalimat.

Baca Juga:  Cara Mudah dan Cepat Membuat Garis Kop Surat di Word

Cara Mengubah Tab Standar di Word 

Cara Mengatur Tab di Word
Sumber: superuser.com

Mengatur tab dengan metode standar di Word cukup mudah. Kamu bisa menggunakan fitur tab di menu untuk menempatkan awal dan akhir kalimat sesukamu, sesuai kebutuhan. Inilah langkah-langkahnya:

1. Buka Menu Paragraph

Perhatian deretan menu di bagian atas dokumen Word. Temukan menu Paragraph (ditandai dengan teks kecil) dan tekan tanda panah kecil di sudut. Anak panah tersebut akan membuka menu pengaturan paragraf.

2. Pilih Tab Stop

Klik menu Tabs. Kamu akan melihat pilihan untuk mengatur tab stop serta angka di sebelah kanan yang menunjukkan posisi default dari tab stop. Pilih angka tab stop untuk menandai posisi akhir kalimat sesuai kebutuhanmu.

3. Pilih Alignment

Alignment menunjukkan posisi kalimat utuh di dokumen seperti kiri, tengah, dan kanan. Klik di lingkaran sesuai pilihanmu.

4. Pilih Leader

Leader adalah deretan simbol seperti titik-titik atau garis bawah (underscore) yang menghubungkan dua kata terpisah. Leader digunakan untuk membuat dua kolom kata-kata atau kalimat tanpa menggunakan tabel dan bullet.

Kamu akan melihat beberapa pilihan leader di kotak pengaturan tabs yang sama. Pilih yang sesuai kebutuhanmu.

5. Pilih Set dan OK

Setelah memilih semua pengaturan, klik Set, lalu OK. Kamu akan melihat perubahan pada tab di dokumen yang sedang kamu kerjakan.

Cara Modifikasi Tab Menggunakan Ruler 

Cara Menampilkan Ruler di Word
Sumber: howtogeek.com

Cara mengatur tab di Word tidak hanya menggunakan kotak pengaturan paragraf, lho! Kamu bisa langsung mengaturnya di penggaris (ruler) dokumen Word.

Begini langkah-langkahnya.

1. Nyalakan Fungsi Ruler

Cek dulu, apakah dokumen Word kamu sudah menunjukkan garis ruler? Jika belum, pilih View di menu bagian atas, lalu klik Ruler.

2. Pilih Simbol Left Tab

Klik simbol left tab di ujung sebelah kiri halaman Word. Simbol tersebut berbentuk garis menyiku hitam tebal seperti ini: Tab image

Baca Juga:  Begini Cara Cek Typo di Word, Gampang!

3. Pilih Jenis Tab

Kamu akan melihat beberapa jenis tab. Pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu, misalnya:

: ketika mengetik, kalimatmu bergerak ke kanan.

: ketika mengetik, kalimatmu bergerak ke kiri.

: ketika mengetik, kalimatmu tetap berada di posisi tengah.

Tab image: ketika mengetik angka desimal, urutan angka-angkanya dari atas ke bawah akan terlihat sejajar.

Cara Menghapus Tab di Dokumen Word 

Kamu sudah selesai menerapkan cara mengatur tab di Word. Sekarang, kamu ingin menghapusnya. Gimana caranya?

Inilah langkah-langkah menghapus tab menggunakan menu Paragraph.

1. Buka Menu Paragraph

Kunjungi menu Paragraph di bagian atas dokumen Word. Klik tanda panah kecil di sebelahnya untuk membuka menu pengaturan.

2. Pilih Tabs

Klik menu Tabs. Pilih tab yang ingin kamu hapus, lalu pilih Clear.

3. Pilih OK

Jika sudah yakin dengan pilihanmu, klik OK. Tab yang kamu pilih akan otomatis terhapus.

Bagaimana jika kamu ingin menghapus semua tab yang ada di dokumenmu? Mudah sekali: cukup klik Clear All, lalu OK.

Jika kamu ingin menggunakan fungsi ruler, cukup letakkan kursor di atas simbol tab mana saja yang ingin kamu singkirkan. Tekan simbol tersebut sambil ditarik ke bawah, keluar dari ruler.

Tambahan: Cara Mengatur Tab di Google Docs

Bagaimana cara mengatur tab di Word jika kamu menggunakan Google Docs? Urutannya sedikit berbeda, tetapi prinsip kerja dan perintahnya mirip. Inilah langkah-langkahnya:

1. Munculkan Ruler

Sama seperti di dokumen Word, kamu harus memunculkan ruler di Google Docs sebelum mengatur tab. Caranya, klik menu View di bagian atas, lalu pilih Show Ruler sampai muncul tanda centang.

2. Klik Ruler untuk Memilih Tab

Bawa kursormu ke posisi mana saja di ruler untuk menerapkan tab. Klik di ruler pada posisi tersebut. Kamu akan melihat menu yang terdiri dari nama-nama tab: Add left tab-stop, Add center tab-stop, Add right tab-stop. Klik posisi pilihanmu sampai muncul tanda centang.

Baca Juga:  Page Break vs Section Break: Fungsi, Cara Membuat dan Cara Menghapus Page Break di Word

Setelah memilih tab, kamu akan melihat tanda biru di ruler yang menunjukkan posisi tab barumu.

3. Atur Posisi Tab 

Bagaimana jika kamu masih kurang puas dan ingin memodifikasi posisi tab? Cara mengatur tab di Word lewat Google Docs ini cukup mudah. Gunakan kursor untuk menekan tanda biru pada ruler yang menunjukkan posisi tab. 

Geser sambil tetap ditekan untuk memodifikasi posisi mereka. Kamu akan melihat garis vertikal yang menunjukkan posisi tab selama kamu menggesernya.

4. Hapus Tab

Jika sudah tidak memerlukan tab, klik simbol biru pada ruler. Geser ke bawah dan keluar dari ruler sambil tetap ditekan. Tab yang sudah kamu pasang akan hilang.

Mengetahui cara memodifikasi dan menghapus tab membuatmu lebih jago dalam mengatur layout dan kerapian dokumen. Kamu pun bisa menulis kalimat di posisi mana saja sambil menjaga dokumen agar terlihat apik dan mudah dibaca. Pelajari cara mengatur tab di Word ini dan mulailah menerapkannya ke dokumenmu sendiri agar terlihat profesional.

Leave a Comment