Cara Mudah Memisahkan Halaman di Microsoft Word

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi yang paling lumrah digunakan untuk kebutuhan membuat dokumen teks. Namun, walaupun sebagian besar pengguna komputer sudah memahami cara mengoperasikannya, ternyata masih banyak pengaturan di Microsoft Word yang tidak banyak orang pahami. 

Salah satunya, cara memisahkan halaman di Word. Langkah ini biasanya dibutuhkan ketika kita sedang membuat laporan, jurnal, atau skripsi. Teknik memisahkan halaman ini juga berkaitan erat dengan pengaturan format, yang juga bermanfaat membantu kita mengorganisasi dokumen yang kita buat.

Pertanyaannya, bagaimana sebenarnya cara mudah memisahkan halaman di Microsoft Word? Terdapat beberapa cara memisahkan dokumen di Word sesuai kebutuhan yang bisa kamu coba. Berikut ini penjelasan selengkapnya yang dapat kamu terapkan dengan mudah.  

Cara Memisahkan Halaman Word

Cara Mudah Memisahkan Halaman di Microsoft Word
Sumber: solveyourtech.com

Cara ini berguna untuk memisahkan bagian dan memformat dokumen. Misalnya saja, saat kamu ingin memecah dokumen menjadi beberapa bab dan menambahkan bentuk format, seperti kolom, header dan footer, serta batas halaman untuk masing-masing bab.

Untuk memisahkan halaman di Word dengan kebutuhan tersebut, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan. Cara ini berlaku untuk Microsoft Word tipe Windows, Office 2007-2010, macOS, maupun Web.   

  1. Pilih bagian dokumen tempat kamu ingin memulai bagian baru.
  2. Masuk ke dalam opsi Tata Letak (Layout) dan pilih opsi Hentian Halaman (Breaks). 
  3. Pilih bagian Hentian Bagian (Section Break), sesuai kebutuhan. 
  • Opsi Halaman Berikutnya (Next Page) untuk memulai bagian baru pada halaman berikutnya dokumen Word kamu. 
  • Opsi Berkelanjutan (Continuous) untuk memulai bagian baru pada halaman yang sama, misalnya untuk mengubah jumlah kolom tanpa memulai halaman baru. 
  • Opsi Halaman Genap (Even Page) untuk memisahkan dan memulai bagian baru di halaman bernomor genap selanjutnya.
  • Opsi Halaman Ganjil (Odd Page) untuk memulai halaman baru di halaman bernomor ganjil selanjutnya.

Perlu diingat, langkah memisahkan halaman menggunakan fitur “Breaks” ini berlaku setiap kamu ingin membedakan format satu halaman dengan halaman lainnya.  Meskipun sepintas tak terlihat, opsi ini berguna untuk membedakan pengaturan setiap halaman dokumenmu sehingga memudahkanmu dalam melakukan perubahan tanpa memengaruhi halaman lainnya. 

Cara Memisahkan Nomor Halaman Word 

Cara Mudah Memisahkan Halaman di Microsoft Word
Sumber: solveyourtech.com

Saat membuat dokumen untuk karya tulis ilmiah atau skripsi, terkadang kita harus membuat nomor halaman yang berbeda. Seperti misalnya, beberapa halaman mungkin perlu ditulis menggunakan huruf romawi, sedangkan halaman lainnya menggunakan angka. 

Nah, bagaimana cara memisahkan halaman word berdasarkan nomor halamannya? Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. 

Membuat Nomor Halaman Berbeda 

Pada dasarnya, berikut ini cara untuk memberikan nomor berbeda di setiap halaman. 

  1. Pilih halaman yang ingin kamu nomori. 
  2. Klik opsi Sisipkan (Insert).
  3. Pilih opsi Nomor Halaman (Page Number). 
  4. Atur peletakan nomor halaman sesuai kebutuhan, lalu klik Ok. 
  5. Nomor halaman otomatis muncul di halaman yang kamu buat secara berurutan.
  6. Untuk melakukan format nomor halaman agar berbeda di setiap halaman, gerakkan kursor ke bagian halaman yang ingin kamu buat berbeda. 
  7. Klik tab Sisipkan (Insert).
  8. Pilih opsi Nomor Halaman (Page Number), lalu pilih Format Nomor Halaman (Format Page Number). 
  9. Pada bagian Penomoran Halaman (Page Numbering), pilih opsi opsi Mulai dari (Start at) lalu masukan nomor halaman berbeda sesuai kebutuhan dan klik “Ok”.
Baca Juga:  Nggak Sulit, Ini Cara Menghilangkan Header di Word

Menghapus Nomor Halaman Judul 

Hal yang juga sering jadi pertanyaan soal penomoran halaman adalah bagaimana cara menghapus nomor halaman pada halaman judul Word. Namun, sebelumnya kamu perlu terlebih dahulu memisahkan halaman pertama dan kedua menggunakan fitur Page Breaks dan pilih opsi Next Page.

Jika kedua halaman telah terpisah, kamu bisa menghapus nomor halaman di bagian judul dengan melakukan langkah-langkah berikut ini.  

  1. Klik dua kali pada bagian header atau footer halaman pertama, kemudian akan muncul tab “Header & Footer”. 
  2. Klik kolom opsi “different first page” untuk menghapus nomor halaman. 
  3. Setelahnya, kamu bisa menyesuaikan penomoran halaman selanjutnya dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya di atas. 

Memisahkan Nomor Halaman Romawi dan Angka

Dalam penulisan beberapa jenis dokumen, terkadang halaman awal, seperti kata pengantar, halaman editorial, atau daftar isi, menggunakan angka romawi. Sementara itu, halaman utama atau isi menggunakan angka latin. Bagaimana cara memisahkan keduanya? 

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk memisahkan halaman word bernomor halaman angka romawi dan latin. 

  1. Pisahkan halaman yang ingin kamu nomori dengan angka romawi dan latin, dengan menggunakan fitur Page Break. 
  2. Pada halaman yang ingin kamu nomori dengan angka romawi, kemudian klik pada bagian Footer hingga muncul jendela opsi Header & Footer. 
  3. Klik opsi Page Number. 
  4. Klik opsi Format Page Numbers. 
  5. Ubah nomor halaman pada bagian Number Format menjadi angka romawi. 
  6. Ulangi langkah tersebut pada halaman yang ingin kamu nomori dengan angka latin biasa. 
  7. Jangan lupa sesuaikan kebutuhan halaman melalui kolom Start at. 

Cara Memisahkan Halaman Word Per Bab

Cara Mudah Memisahkan Halaman di Microsoft Word
Sumber: groovypost.com

Tahukah kamu bahwa saat menyusun dokumen di Microsoft Word, kamu bisa memisahkan halaman word per bab secara otomatis? Langkah ini tentunya akan memudahkanmu dalam menyusun halaman dengan rapi. 

Baca Juga:  4 Cara Print di Word Bolak-balik, Halaman Tertentu, Otomatis, dll

Bagaimana cara memisahkan halaman word berdasarkan bab yang telah kamu buat? Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan secara bertahap. 

Cara Membuat Bab

Untuk memisahkan halaman word dan membuat bab secara otomatis, pertama-tama kamu bisa memanfaatkan fitur Page Break seperti yang telah dijelaskan sebelumnya di atas. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi repot-repot menyesuaikan lagi halaman di bawah jika ternyata di kemudian hari kamu harus melakukan perubahan di halaman sebelumnya. 

Kamu bisa terlebih dahulu menyisipkan Page Break dan memilih opsi Next Page sebelum memulai bab baru. Kemudian, untuk memudahkan organisasi file, kamu bisa membuat bab menggunakan fitur Heading. Berikut ini langkah-langkahnya. 

  1. Blok teks yang hendak kamu jadikan sebagai judul atau nama bab. 
  2. Klik menu Home, lalu temukan opsi Heading sesuai style huruf yang kamu inginkan. 
  3. Jika kamu menggunakan Microsoft Word 2019 ke atas, terdapat fitur Quick Styles yang bisa langsung kamu gunakan.
  4. Pilih Heading 1 untuk judul bab yang sebelumnya sudah kamu blok.
  5. Gunakan fitur Modify untuk mengatur format sesuai kebutuhan.

Cara Membuat Subbab 

Selain membagi dokumen menjadi beberapa bab, kamu juga bisa membuat subbab otomatis sehingga dokumen Word-mu lebih terorganisasi dengan baik. Berikut ini langkah mudah membuat subbab pada file Microsoft Word. 

  1. Blok bagian tulisan yang ingin kamu jadikan sebagai judul subbab.
  2. Klik menu Home.
  3. Pilih opsi Heading 2 yang ada di Toolbar Style.
  4. Atur format sesuai kebutuhan melalui opsi Modify. 

Semua kerangka bab dan subbab yang telah kamu buat nantinya akan muncul dalam fitur Navigation Panel yang dapat dimunculkan dengan memencet CTRL + F. Selain itu, dengan memanfaatkan fitur ini, kamu juga bisa membuat daftar isi otomatis beserta nomor halamannya. 

Cara Menyusun Ulang Bab dan Subbab 

Setelah membagi halaman Word sesuai kebutuhan, mungkin akan ada situasi yang membuatmu harus menyusun ulang bab dan subbab yang telah kamu buat. Jika kamu sudah menggunakan fitur Heading, proses pengaturan ulang ini dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. 

Kamu bisa langsung memindahkannya lewat Navigation Panel dengan cara berikut ini. 

  1. Tekan CTRL + F pada keyboard. 
  2. Fitur Navigation Panel akan muncul di sebelah kiri jendela. 
  3. Klik tab Headings.
  4. Klik judul bab atau subbab yang ingin kamu pindahkan. 
  5. Seret bagian tersebut ke lokasi baru yang kamu inginkan.
  6. Begitu pula jika kamu ingin mengubah bab atau subbab atau menambahkan judul, cukup klik kanan pada judul dan pilih opsi perubahan yang ingin kamu lakukan.
Baca Juga:  Cara Membuat Titik Dua Sejajar di Word Biar Rapi, Gampang Kok!

Cara Memisahkan Halaman Word ke Dua Jendela

Cara Mudah Memisahkan Halaman di Microsoft Word
Sumber: business.tutsplus.com

Ketika mengedit dokumen, ada kalanya kamu mungkin perlu berpindah dari satu halaman ke halaman lain berulang kali. Hal ini akan menyulitkan bila dokumen yang sedang kamu kerjakan punya halaman yang sangat banyak dan jarak antara satu bagian teks dan yang lainnya sangat berjauhan. 

Untuk memudahkan dan menghemat waktu, kamu bisa memisahkan halaman word ke jendela berbeda. Langkah ini bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan fitur Split Windows yang ada di Microsoft Word.

Bagaimana cara menggunakan fitur ini? Agar lebih mudah memahaminya, berikut cara memisahkan halaman di word menjadi dua jendela yang bisa kamu coba. 

  1. Buka dokumen yang ingin kamu pisahkan. 
  2. Klik opsi View. 
  3. Pilih opsi Split.
  4. Dalam jendela dokumen, akan muncul garis berwarna abu-abu.
  5. Klik bagian yang ingin kamu bagi menjadi dua jendela. 
  6. Segala perubahan yang kamu lakukan akan tersimpan dalam satu file. 
  7. Untuk menghilangkannya, kamu bisa klik opsi Remove Split. 

Cara Memisahkan Halaman Word Portrait dan Landscape

Saat mengolah data, tidak jarang kamu akan menemukan situasi harus menyatukan dokumen berformat potrait dan landscape. Utamanya, jika data yang dimasukkan berbentuk gambar, diagram, atau tabel yang lebar. 

Apakah kamu kesulitan untuk mengatur dua halaman berbeda format ini? Jangan khawatir. Microsoft Word juga punya fitur yang memungkinkan kamu memasukkan halaman portrait dan landscape dalam satu dokumen. Berikut ini cara melakukannya. 

  1. Buka dokumen yang kamu inginkan. 
  2. Scroll dan letakkan kursor pada perbatasan halaman yang ingin kamu ubah formatnya. 
  3. Klik opsi Page Layout. 
  4. Pilih opsi Breaks.
  5. Pilih opsi Next Break untuk memisahkan kedua halaman yang ingin kamu bedakan formatnya.
  6. Arahkan kursor dan klik halaman yang ingin kamu ubah formatnya. 
  7. Klik Page Layout lagi. 
  8. Pilih opsi Orientation untuk mengubah format halaman, baik portrait maupun landscape.

Jangan lupa untuk mengulangi langkah menyisipkan “Breaks” jika kamu menghendaki mengubah lagi format halaman selanjutnya. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, walaupun tak terlihat secara kasat mata, langkah memisahkan halaman word tersebut berguna untuk membedakan pengaturan masing-masing halaman. 

Demikian cara-cara memisahkan halaman di Word sesuai kebutuhan yang bisa kamu coba. Cukup mudah, bukan? Dengan memahami langkah-langkah di atas, tentunya mengorganisasi file dokumen Microsoft Word buatanmu akan menjadi lebih mudah dan efisien.

Leave a Comment