Ingin Model Halaman yang Bervariasi? Inilah 5 Cara Membuat Halaman di Word

Ketika memperhatikan berbagai media cetak di sekelilingmu, kamu akan menyadari bahwa sebagian besar media tersebut memiliki nomor halaman—baik itu buku, majalah, koran, jurnal, ataupun makalah. Namun, pernahkah kamu memikirkan manfaat penomoran halaman? 

Sebagai aplikasi pengolah kata terpopuler, Microsoft Word bahkan memfasilitasi keperluan pemberian nomor halaman. Artikel ini akan mengulas berbagai cara membuat halaman di Word. Tulisan ini akan membantumu memahami lebih dalam tentang nomor halaman dan teknis pembuatannya di aplikasi pengolah kata besutan Microsoft Inc. tersebut.

Bukan Sekadar Angka, Ini Pentingnya Nomor Halaman

Cara Membuat Halaman di Word
Sumber: howtogeek.com

Sebelum mulai membocorkan cara membuat halaman di Word, ada baiknya untuk menapak tilas terlebih dahulu asal muasal penomoran halaman. Pasalnya, penomoran halaman memiliki akar sejarah yang sangat panjang dan memiliki fungsi penting.

Pada zaman dahulu, ketika budaya menulis dilakukan di atas perkamen yang berharga, tulisan dijejalkan seefisien mungkin untuk menghemat penggunaan perkamen. Demikian pula ketika orang-orang menulis di atas tulang, kulit hewan, pelepah kurma, batu, hingga dedaunan kering. Oleh karena itu, karya tulis pada kala itu tidaklah memiliki cover, apalagi nomor halaman. Namun, seiring dengan perkembangan penemuan media tulis, tren ini berubah secara perlahan.

Ketika kertas mulai ditemukan dan makin ekonomis, tulisan pun bisa ditorehkan di atas lembaran kertas yang banyak. Tidak perlu ada lagi kekhawatiran seperti halnya yang muncul di era perkamen dan media lain sebelumnya. Selain itu, data-data pengarang dan penerbit juga mulai dicantumkan.

Walaupun kemudahan makin dirasakan, masalah baru pun turut datang. Pertama, halaman terluar dari suatu naskah biasanya lebih cepat kotor dan usang. Kedua, keberadaan lembaran-lembaran yang banyak memperbesar risiko naskah tercecer dan kemudian hilang.

Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan di atas, dicetuskanlah ide pencantuman nomor halaman sebagai solusi. Nomor halaman akan memandu produsen buku dalam mengurutkan naskah dan mengecek kelengkapannya. Selain itu, agar halaman pertama suatu naskah tidak mudah kotor, dibuatlah pula halaman judul dan sampul (cover). Dengan demikian, naskah buku biasanya dimulai dari halaman 3.

Seiring dengan kemajuan teknologi, ditemukanlah komputer dan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word. Aplikasi tersebut juga memfasilitasi kebutuhan penomoran halaman dengan menawarkan cara membuat halaman di Word beserta fitur-fitur lain yang mendukung.

Demikianlah pada mulanya, nomor halaman bukan ditujukan untuk kepentingan pembaca, melainkan membantu produsen untuk menyusun urutan buku. Pada perkembangan selanjutnya, nomor halaman juga membantu pembaca untuk menemukan informasi di dalam buku. Produsen, yakni penerbit, lantas menambahkan daftar isi dan indeks untuk memfasilitasi kebutuhan pembaca.

Sebagian penerbit tetap menggunakan format halaman 3 sebagai halaman pertama dari bab pertama. Sebagian lainnya, mengikuti Chicago Manual Assosiation (CMA) dengan memulai bab pertama sebagai halaman 1. Adapun, halaman-halaman tambahan sebelum bab pertama dihitung menggunakan angka romawi.

Baca Juga:  5 Cara Membuat Per di Word, Mudah dan Cepat

Pada era modern, pembaca mungkin bisa melakukan pencarian informasi di dalam naskah digital menggunakan tools pencarian (search). Walaupun demikian, pembaca tetaplah memerlukan informasi nomor halaman ketika mengutip atau mengambil referensi untuk penyusunan karya ilmiah. Standar etika pendidikan secara umum pun mensyaratkan penyebutan nomor halaman untuk keperluan tersebut. Selain ketika mengutip, aturan penomoran halaman juga diberikan untuk menuliskan karya. Dengan demikian, menerapkan cara membuat halaman di Word pun masih relevan di era digital seperti sekarang.

Jadi, nomor halaman bukanlah sekadar angka untuk menghitung jumlah halaman, ya! Terdapat beberapa manfaat penting yang bisa diperoleh dari pemberian nomor halaman. Secara ringkas, berikut inilah di antara manfaat penomoran halaman:

  • Mempermudah pengecekan kesesuaian jumlah halaman.
  • Menandai urutan halaman agar tulisan terbaca dengan runtut.
  • Ketika halaman tercecer, halaman bisa diurutkan dengan mudah.
  • Memudahkan pembaca untuk mencari pembahasan tertentu.
  • Mempermudah pembaca untuk mengingat dan menandai halaman-halaman penting, misalnya halaman terakhir yang sudah dibaca.

5 Cara Membuat Halaman di Word

Setelah memahami pentingnya penomoran halaman, kamu akan mempelajari lima cara membuatnya di aplikasi pengolah kata. Mulai dari penomoran halaman standar, menghilangkan nomor halaman pada cover, membuat berbagai model halaman dalam satu naskah, membuat halaman berbeda di halaman ganjil dan genap, hingga mencantumkan total halaman pada setiap nomor halaman.

Berbagai teknik penomoran di bawah ini dapat dimanfaatkan dalam berbagai jenis karya tulis yang berbeda. Kamu pun bisa menggunakannya sesuai kebutuhan dan keinginan. Teknik penomoran halaman yang baik juga akan sangat membantumu jika ingin menyusun indeks ataupun daftar isi.

1. Membuat Halaman Standar

Teknik ini merupakan teknik paling standar dalam membuat nomor halaman. Model penomoran ini biasa digunakan untuk tugas harian, jurnal, surat pribadi, dan sebagainya. Berikut inilah langkah-langkahnya.

  • Klik Insert, lalu pilih Page Number.
  • Pilih peletakan dan style penomoran yang diinginkan. Halaman standar pun telah berhasil dibuat.
  • Untuk kembali mengetik pada teks utama, klik tanda silang bertuliskan Close Header and Footer.

Selain memunculkan nomor halaman, kamu juga memilih jenis penomoran. Misalnya, akankah kamu menampilkan angka biasa, huruf, atau angka romawi sebagai nomor halaman. Untuk mengaturnya, klik Insert dan pilih Page Number. Pada kolom Number Format, pilihlah jenis penomoran yang diinginkan dan klik OK.

2. Menghilangkan Halaman pada Cover

Ketika membuat makalah atau karya ilmiah, sering kali kamu ingin menghilangkan nomor pada halaman sampul tanpa membuat file baru. Bisakah hal tersebut dilakukan? Tentu saja bisa. Beginilah cara membuat halaman di Word tanpa memunculkannya pada halaman cover.

  • Klik area penomoran halaman sehingga ribbon atau pita pengaturan header and footer menjadi aktif.
  • Pada pita pengaturan, beri tanda centang pada Different First Page. Dengan demikian, nomor halaman baru akan terlihat pada halaman kedua.
Baca Juga:  Cara Mengubah PDF ke Word Menggunakan PC Desktop dan Smartphone

Dengan pengaturan di atas, biasanya halaman kedua akan tetap tertera sebagai halaman 2. Jika kamu ingin menampilkannya sebagai halaman 1, berikut langkah yang perlu dilakukan.

  • Klik lagi Insert dan pilih Page Number.
  • Pilih Format Page Numbers.
  • Pada bagian Page Numbering, isi kolom Start at dengan angka 0. Dengan begitu halaman keduamu akan ditampilkan sebagai halaman 1.
  • Jika pengaturan sudah sesuai, klik Close Header and Footer atau pencet tombol Esc.

3. Satu File tetapi Beda-Beda Model Halaman? Tak Masalah!

Dalam buku atau beberapa jenis karya ilmiah, ketentuan format penomoran halaman biasanya memiliki beberapa model yang disatukan. Misalnya, dari halaman cover sampai sebelum bab pertama, kamu ingin membuatnya menggunakan angka Romawi. Adapun, pada bab pertama sampai terakhir, angka Arab akan digunakan. Sementara itu, halaman-halaman lampiran akan dinomori menggunakan huruf.

Tentu saja kamu bisa membuatnya dalam beberapa file berbeda untuk format penomoran yang berbeda. Namun, cara membuat halaman di Word seperti itu bisa agak merepotkan, terutama nanti saat akan membuat daftar isi. Untuk itulah, Microsoft Word sudah memberikan solusinya.

  • Buatlah break pada halaman terakhir sebelum section baru. Caranya, tempatkan kursor pada halaman tersebut, lalu klik Layout.
  • Pilih perintah Break dan klik Next Page. Begitu perintah ini terlaksana, kamu akan otomatis dibawa ke halaman selanjutnya. Halaman ini merupakan awal dari section baru.
  • Klik header pada section baru, lalu matikan perintah Link to Previous. Lakukan hal yang sama pada bagian footer. Jika kamu mengganti pengaturan halaman di section ini, pengaturan pada section sebelumnya tidak akan berubah.
  • Untuk memilih model penomoran halaman, klik Insert. Pilih Page Number dan tentukan posisi serta model yang diinginkan.

Setelah mengikuti cara membuat halaman di Word ini, mungkin kamu mendapati bahwa halaman section barumu tetap melanjutkan urutan dari section sebelumnya. Jangan panik dulu! Hal tersebut dapat terjadi karena format penomoran, memang secara otomatis, masih melanjutkan section sebelumnya. Berikut inilah cara mengatasinya.

  • Klik Insert. Pada bagian Page Number, pilih Format Page Numbers.
  • Pilih jenis penomoran pada kolom Number Format.
  • Pada bagian Page Numbering, pilih Start at dan tuliskan halaman awal yang ingin ditampilkan untuk section tersebut.
  • Klik OK.
Baca Juga:  Simpel, Ini Beberapa Cara Membuat Ceklis di Word

Voila! Section barumu sudah mulai dari halaman awal lagi, kan?

4. Membedakan Model Halaman Ganjil dan Genap

Ketika membuat majalah, buku, atau karya-karya dengan format sejenisnya, kamu mungkin ingin membedakan cara penulisan halaman di sebelah kiri dan sebelah kanan. Aplikasi Word pun memfasilitasi kebutuhan tersebut, lho

Mula-mula, buatlah penomoran halaman sebagaimana berbagai cara membuat halaman di Word yang telah disebutkan. Buatlah format yang sesuai keperluan atau keinginan. Jika sudah, kamu bisa membedakan pengaturan halaman kiri dan kanan dengan cara berikut.

  • Halaman kiri atau kanan bisa dibedakan dari genap/ganjil halaman tersebut. Pastikanlah posisi yang akan ditempati oleh genap/ganjil dari naskahmu.
  • Selanjutnya, klik area header and footer untuk mengaktifkan ribbon pengaturan.
  • Beri tanda centang pada Different Odd & Even Pages.
  • Pilih salah satu halaman ganjil, lalu ubah header atau footer untuk halaman ganjil. Untuk penomoran halaman, klik Page Number. Pilih Current Position dan tentukan model penomoran yang diinginkan.
  • Lanjutkan pengaturan untuk halaman genap dengan memilih salah satu halaman genap. Terapkan langkah pengaturan penomoran halaman sebagaimana cara mengatur halaman ganjil.

Mudah sekali, ya! Microsoft Word membuat pengaturan layout bisa dilakukan oleh siapa pun.

5. Memunculkan Total Halaman di Nomor Halaman

Pada beberapa naskah, lebih disukai untuk menampilkan total halaman pada setiap halaman. Dokumen-dokumen hukum adalah salah satu contohnya. Kamu pun bisa membuatnya dengan mudah menggunakan aplikasi Word dari Microsoft. Cukup lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Klik Insert, lalu pilih Page Number.
  • Jika kamu sudah pernah melakukan pengaturan nomor halaman, pilih Current Position. Jika belum, pilih posisi yang kamu inginkan.
  • Temukan format penomoran Page X of Y dan tentukan pilihanmu.
  • Apabila pengaturan sudah sesuai, klik Close Header and Footer.

Akhir kata, pembubuhan nomor halaman dapat membantu pihak penerbit (sebagai produsen buku) maupun pihak pembaca (sebagai pengguna buku). Sebagian media digital berupa berita mungkin tidak  lagi mencantumkan nomor halaman pada publikasinya. Namun, sebagian besar media cetak dan beberapa jenis karya tulis digital tetap memerlukan penomoran halaman untuk beragam kepentingan. Dengan demikian, fasilitas pengatur nomor halaman di aplikasi pengolah kata dapat membantu keperluan berbagai pihak.

Sekarang, kamu telah memahami berbagai cara membuat halaman di Word. Dengan berbagai metode penomoran halaman di atas, hasil ketikanmu akan terlihat lebih profesional. Selamat mencoba!

Leave a Comment