4 Cara Membuat Bingkai di Word Agar Halaman Tampak Rapi

Menambahkan bingkai di dokumen adalah salah satu cara membuat dokumen lebih mudah menarik. Kalau kamu tidak tahu cara membuat bingkai di Word, jangan khawatir! Artikel ini akan membagikan tips dan metode menambahkan bingkai agar halaman dokumen kamu terlihat lebih rapi dan menarik.

Yuk, simak caranya berikut ini!

Menggunakan Bingkai untuk Teks

Cara Membuat Bingkai di Word
Sumber : Youtube

Cara membuat bingkai di Word yang pertama adalah untuk membingkai teks. Membingkai teks menggunakan fungsi border akan lebih mudah daripada memasukkan text box atau membuat tabel satu sel. Pasalnya, kamu tidak perlu lagi mengatur ukuran atau posisi bingkai pada teks tersebut.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat bingkai teks pada dokumen Microsoft Word.

  1. Pertama, sorot kata, teks atau paragraph yang ingin kamu bingkai. 
  2. Selanjutnya, pilih tab menu Home, kemudian pilih menu pilihan Outside Border pada kelompok menu Paragraph
  3. Klik panah kecil pada menu pilihan Outside Border dan menu drop down akan turun menunjukkan beberapa pilihan border

Kamu juga bisa mengatur agar bingkai teks ini terlihat lebih menarik. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Setelah kamu membuat bingkai pada teks yang kamu pilih, maka selanjutnya adalah mengatur tampilan bingkai teksmu.
  2. Buka menu Border lagi dan pilih opsi Borders and Shading. Selanjutnya, suatu kotak dialog akan muncul dengan berbagai pilihan gaya, warna, dan lebar garis. 
  3. Kamu tinggal memilih gaya yang sesuai, dan lihat tampilannya di bagian Preview di sebelah kanan kotak dialog. 
  4. Kalau menurutmu tampilannya sudah sesuai dengan yang kamu mau, klik OK. 

Menggunakan Bingkai untuk Gambar

Cara Membuat Bingkai di Word
Sumber : Youtube

Selain teks, gambar juga sering ditambahkan pada dokumen Word sebagai ilustrasi atau untuk memperjelas isi dokumen. Agar gambar di dokumen Word kamu terlihat lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan bingkai pada gambar tersebut. 

Baca Juga:  Cara Membuat Daftar Isi di Word, Manual dan Otomatis

Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana berikut ini untuk menambahkan bingkai pada gambar:

  1. Pertama, kamu perlu memasukkan gambar yang kamu inginkan ke dalam dokumen. Caranya, pilih tab menu Insert, lalu pilih Picture pada kelompok menu Illustration. Sebuah jendela dokumen akan terbuka dan kamu bisa memilih gambar di file dokumen yang kamu mau.
  2. Setelah gambar berhasil masuk ke dalam dokumen Word, selanjutnya klik gambar tersebut.
  3. Tab menu Picture Tools Format akan muncul di deretan tab menu paling kanan. Klik menu tersebut, kemudian pilih Picture Border di kelompok menu Picture Styles.
  4. Di menu drop down tersebut akan muncul berbagai pilihan untuk menghias bingkai gambar. Kamu bisa memilih bingkai garis tipis, garis putus-putus, titik-titik, garis, tebal, dan lain-lain. Kamu juga bisa mengubah warna bingkai sesuai dengan kebutuhan

Menggunakan Bingkai untuk Halaman

Cara Membuat Bingkai di Word
Sumber : Glints

Setelah kita membahas bingkai untuk teks dan gambar, selanjutnya adalah cara membuat bingkai di Word untuk halaman dokumen. Membuat bingkai untuk halaman juga sama mudahnya dengan metode lain yang sudah dibahas di atas. 

Berikut ini langkah-langkah mudah membuat bingkai untuk halaman di dokumen Word:

  1. Pertama, klik tab menu Page Layout, kemudian pilih menu Page Borders yang ada di kelompok menu Page Background.
  2. Selanjutnya, sebuah teks dialog akan muncul dengan berbagai pilihan gaya bingkai. Pada opsi Style, kamu bisa memilih gaya bingkai, misalnya garis putus-putus, titik-titik, garis lurus, dan lain-lain.

Pada opsi Color, kamu bisa memilih warna bingkai, sedangkan Width adalah untuk memilih ketebalan bingkai. Opsi art memberikan pilihan untuk membuat bingkai berupa gambar pada halaman. 

Pada opsi Apply to, kamu bisa memilih di mana bingkai tersebut akan diterapkan. Apakah di keseluruhan dokumen, atau di halaman tertentu saja. 

  1. Jangan lupa untuk mengaktifkan sisi-sisi bingkai. Kamu bisa memilih bingkai di keempat sisinya sehingga membentuk kotak sempurna, atau hanya di sebagian sisi saja.
  2. Jika kamu sudah menentukan semua pilihan yang diinginkan, maka klik tombol OK dan bingkai pada halaman akan otomatis muncul. 
Baca Juga:  5 Cara Mengecek Plagiarisme di Word dengan Akurasi Tinggi

Menambahkan Bingkai di Word menggunakan Template

Pilihan gaya dan warna yang tersedia di Ms Word memang terbatas. Akan tetapi, kamu bisa menggunakan template desain yang sudah banyak tersedia hanya dengan sedikit melakukan pencarian di Google. Kamu akan menemukan beberapa pilihan yang gratis maupun berbayar.

Kamu memang akan perlu mengunduh template tersebut terlebih dahulu agar bisa digunakan di dokumen Word. Akan tetapi, cara membuat bingkai di Word menggunakan template sebenarnya sama sederhananya dengan metode-metode lain di atas. 

  1. Pertama, di dokumen Word kamu, klik tab menu Insert, lalu pilih Pictures, dan pilih menu Picture from file
  2. Sebuah kotak dialog akan muncul dan kamu bisa memilih file bingkai yang sudah kamu unduh sebelumnya, kemudian klik Insert.
  3. Jika kamu ingin mengubah warna, saturasi, atau fitur lainnya, kamu hanya perlu klik gambar bingkai tersebut, kemudian pilih tab menu Picture Tools Format. Selanjutnya, kamu bisa memilih mengubah warna dan saturasi gambar bingkai tersebut
  4. Untuk menambahkan teks di dalam bingkai, klik gambar bingkai tersebut, kemudian pilih Picture Format, pilih opsi Arrange, kemudian klik Wrap Text dan pilih opsi Behind Text. Dengan cara ini, setiap teks yang kamu tambahkan akan muncul di atas gambar bingkai dan tidak akan tertutup oleh bingkai tersebut. 

Jangan lupa untuk hapus tanda centang pada opsi Move with Text dan sebaliknya pilih Fix Position on Page. Hal ini penting agar bingkai tersebut tepat berada di tempanya dan tidak ikut bergeser ketika kamu menambahkan teks pada halaman tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa cara membuat bingkai di Word yang bisa membantu kamu mempercantik dokumen yang dibuat. Jadi, tidak ada lagi alasan membuat dokumen yang polos dan terlihat membosankan, ya!

Baca Juga:  Cara Mudah dan Cepat Membuat Garis Kop Surat di Word

Leave a Comment