5 Cara Mengubah Tampilan Word Menjadi Normal dari versi Beda

Tampilan aplikasi Microsoft Word atau lebih dikenal dengan Word seringkali berubah menjadi bentuk yang tidak biasa, sehingga membuat kamu menjadi bingung dengan tampilan tersebut. Oleh karena itu, ikuti cara mengubah tampilan Word menjadi normal berikut ini untuk memulihkannya kembali.

Jika tampilan Word atau MS Word berubah dan menjadi asing, pastinya kamu akan kesulitan dan terganggu dalam menyelesaikan dokumen yang kamu kerjakan. Dengan demikian, pekerjaan menjadi tertunda dan sulit untuk diselesaikan.

Bagi pengguna Microsoft Word yang sudah profesional, hal tersebut pastinya sudah biasa dan mudah untuk diatasi. Namun bagi kamu yang masih belum hafal dengan tools dan aturan dalam Microsoft Wordt pastinya akan kesulitan dalam mengatasinya. Untuk itu, ikuti beberapa langkah dan cara di bawah ini, ya!

Cara Mengubah Tampilan Word Menjadi Normal dari Versi Berbeda

Seperti yang diketahui bahwa aplikasi Word mempunyai versi tertentu sesuai dengan perkembangannya. Mulai dari versi 2003 hingga versi 2019 yang sekarang ini sedang trend. Masing – masing versi mempunyai cara dan pengaturan yang sedikit berbeda.

1. Cara Mengubah Tampilan Word Menjadi Normal Secara Umum

Secara umum, cara mengubah tampilan Word menjadi bentuk normal ada dalam uraian berikut.

  • Tutup aplikasi Microsoft Word yang sebelumnya sudah dibuka.
  • Tekan tombol Windows Start melalui keyboard, lalu pilih menu Accessories dan tekan tombol menu Run.
  • Cara kedua adalah dengan menekan tombol Windows+R di keyboard secara bersamaan kemudian akan muncul kotak dialog berisi beberapa pilihan dan keterangan.
  • Pada bagian pencarian atau search di dalam kotak dialog, kamu bisa menekan tombol Run dan ketik kata regedit, setelah itu tekan tombol OK.
Pada bagian pencarian atau search di dalam kotak dialog, kamu bisa menekan tombol Run dan ketik kata regedit, setelah itu tekan tombol OK.
  • Setelah proses berjalana, akan tampil daftar pilihan folder yang wajib untuk dipilih. Atau kamu bisa memilih langsung folder bernama “HKEY_SURRENT_USER”.
  • Lalu pilih dan tekan tombol folder software.
  • Nantinya akan ditampilkan folder berisi angka 14.0, 15.0, dan 16.0. Nama folder – folder tersebut menunjukkan versi Word yang kamu gunakan. Folder 14.0 adalah versi MS Word 2010, 15.0 adalah versi MS Word 2014 dan folder 16.0 adalah versi MS Word 2016.
  • Setelah itu, kamu bisa menekan tombol Delete untuk menghapus semua folder dan file MS Word terdahulu yang ada dalam perangkat kamu.
Baca Juga:  4 Cara Menengahkan Tulisan di Tabel Word dan Solusi Jika Eror

2. Cara Mengubah Tampilan Word Menjadi Normal Versi 2010 dan 2016

Berikutnya adalah cara mengubah tampilan Word menjadi bentuk normal untuk versi MS Word 2010 dan 2016. Kedua versi ini mempunyai cara dan tools yang hampir sama sehingga cara untuk mengembalikan tampilan Word adalah sama.

  • Buka aplikasi Word yang ada dalam komputer atau laptop kamu.
  • Kemudian pilih tab View yang ada di Ribbon Tab.
Kemudian pilih tab View yang ada di Ribbon Tab.
  • Setelah itu akan muncul tab baru dan kamu bisa menekan menu Views pada bagian pojok sebelah kiri atas.
  • Pilih menu print layout sehingga tampilan Word yang normal akan kembali.
  • Selanjutnya tekan tombol selesai atau done. Maka tampilan MS Word kamu yang mulanya berubah akan menjadi normal kembali dan bisa kamu gunakan seperti biasa.

Dalam hal ini, kamu perlu memahami secara mendalam istilah yang ada dalam MS Word seperti Draft, Web Layout, Print Layout, Outline dan Full Screen Reading. Hal ini akan membantu kamu dalam mengatur tampilan MS Word dan berbagai macam masalah lainnya yang mungkin saja muncul di MS Word.

3. Cara Mengubah Tampilan Word Menjadi Normal Versi 2003

Untuk tampilan MS Word pada versi 2003, ada beberapa hal perlu diperhatikan saat mengubah tampilan Word menjadi normal. Berikut ini adalah langkah mengubahnya yang harus kamu ketahui.

  • Buka aplikasi MS Word kemudian klik menu menu Views.
  • Cara normal, kamu harus mengubah mode ini jika ingin menggulung atau menggulir halaman dengan cara yang lebih cepat.
  • Pada pilihan Web Layout, kamu perlu menampilkannya dalam mode website.
Pada pilihan Web Layout, kamu perlu menampilkannya dalam mode website.
  • Lalu pada menu Print Layout, kamu harus mengubah tampilan naskah yang sebenarnya menjadi bentuk kertas.
  • Pada menu Outine atau struktur dokumen, ubah mode ini untuk mengetahui dan mengedit susunan naskah dengan cepat, mudah dan praktis.
Baca Juga:  6 Cara Membuat Paragraf Menjorok di Word Otomatis & Manual

Catatan untuk langkah – langkah di atas adalah jika kamu melakukan perubahan dengan cara yang ekstensif pada bagian tampilan, maka kamu sebaiknya mencadangkan file dan data penting yang ada dalam laptop atau komputer sehingga data tidak hilang saat perubahan dilakukan.

4. Mengatasi Masalah Tampilan Word Tidak Full

Dalam menulis dokumen, pastinya memerlukan tampilan dokumen secara menyeluruh atau full. Jika tampilan tidak full maka akan susah dalam melihat progress dokumen yang sedang dikerjakan. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa ikuti langkah mudahnya di bawah ini.

  • Klik menu Ribbon View pada aplikasi MS Word kamu.
  • Lalu tekan tombol pilihan Full Screen Reading.
Lalu tekan tombol pilihan Full Screen Reading.
  • Cara kedua bisa kamu lakukan dengan menekan tombol Ribbon yang di bagian pojok kanan sebelah atas.
  • Tekan tombol Shows Tabs and Command dan tampilan word kamu sudah full screen sehingga kamu bisa lihat semua kata-kata dan progress dokumen yang dibuat.

5. Mengatasi Masalah Tampilan Word yang Terpotong

Jika tampilan MS Word menjadi terpotong kamu akan susah untuk melihat dokumen sebelumnya yang sudah dibuat. Hal ini akan sangat mengganggu dan harus mengetahui cara mengubah tampilan Word menjadi normal kembali.

  • Buka aplikasi MS Word, kemudian pada halaman kerja tekan 2 kali pada bagian Ruler sehingga bagian yang terpotong akan muncul.
  • Apabila aplikasi Word yang digunakan tidak menampilkan Ruler, maka pilih pada bagian Ribbon View dan klik centang pada kolom Ruler pada bagian gruoup Show.
  • Cara kedua bisa kamu lakukan dengan menekan tombol menu File kemudian pilih Options.
  • Lalu klik pilihan atau opsi Display dan gulir ke bawah hingga menemukan pilihan Snow White Spcae Between Pages in Print Layout.
Lalu klik pilihan atau opsi Display dan gulir ke bawah hingga menemukan pilihan Snow White Spcae Between Pages in Print Layout.
  • Setelah itu kamu bisa klik tombol OK dan aplikasi MS Word akan mengubah tampilan kerja kamu menjadi normal dan bisa digunakan seperti semula.
Baca Juga:  Cara Membuat Buku di Word dengan Layout yang Rapi

Masalah Tampilan Word yang Seringkali Muncul

Masalah Tampilan Word yang Seringkali Muncul

Dalam menggunakan aplikasi Word, tampilan dokumen seringkali berubah dengan sendirinya dan perlu dilakukan proses untuk memulihkannya kembali. Masalah tersebut pada umumnya berupa perubahan tampilan halaman menjadi lebih besar atau lebih kecil.

Pastinya hal tersebut sangat mengganggu pekerjaan dan membuat pekerjaan menjadi tertunda dan selesai lebih lama. Oleh karena itu dibutuhkan cara mengubah tampilan Word menjadi normal di atas untuk mengatasi masalah tersebut.

Apabila halaman MS Word terlalu besar, kamu bisa mengubahnya kembali normal melalui Web Layout. Penyebab berubahnya tampilan MS Word ini adalah kesalahan pada saat melakukan pengaturan atau salah tekan sehingga tampilan menjadi berubah dengan sendirinya.

Saat terjadi hal seperti, kamu tidak perlu khawatir karena sudah tersedia cara mengubahnya menjadi norma kembali. Ikuti cara dan langkah tersebut dengan baik dan benar maka semua masalah tampilan MS Word tersebut bisa diatasi dengan mudah.

Masalah seperti ini memang sering muncul sehingga banyak sekali pengguna yang kaget dan mengeluh pada saat tampilan MS Word berubah dengan sendirinya. Setting atau pengaturan aplikasi merupakan hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan aplikasi tersebut.

Dengan memahami cara mengubah tampilan Word menjadi normal di atas, kamu tidak perlu cemas lagi jika terjadi masalah seperti ini. Cara dan langkahnya yang mudah tentu saja bisa langsung diaplikasikan saat tampilan MS Word tiba – tiba saja berubah.

Kemudian kamu juga perlu berhati – hati agar tidak terjadi salah tekan atau hal lainnya yang bisa mengubah tampilan MS Word. Selain itu, tampilan dokumen sebelumnya juga bisa mempengaruhi tampilan dokumen pada saat dibuka di MS Word yang kamu miliki.

Leave a Comment