3 Cara Membuat 1.1 Di Word Secara Otomatis & Rapi

Bagaimana cara membuat 1.1 di Word? Hal pertama yang wajib kamu ketahui adalah nama resmi dari 1.1, yaitu multilevel list. Multilevel list sendiri merupakan suatu daftar yang terdiri dari numbering bertingkat atau banyak level. List ini bisa dibuat dengan mudah di aplikasi Microsoft Word.

Multilevel list sendiri bisa dibuat dengan menggunakan angka, huruf, bullet, maupun kombinasi ketiganya. Microsoft Word menyediakan fitur multilevel list yang seringkali digunakan untuk membuat pertanyaan pilihan ganda maupun kuis.

Atau, kamu juga bisa memanfaatkan fitur multilevel list saat akan membuat outline dokumen jika dokumen tersebut terdiri dari beberapa tingkatan atau level. Outline atau kerangka bisa dikembangkan lagi menjadi bab serta sub bab untuk buku atau skripsi. Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Cara Membuat 1.1 di Word dan Menggunakannya

Cara memakai fitur multilevel list di Microsoft Word sangat mudah. Fitur ini sudah disiapkan di tab Ribbon saat dokumen baru dibuka. Tapi meskipun sudah dipersiapkan, masih belum banyak pengguna Word yang memahami cara menggunakannya. Pelajari cara lengkap memakai multilevel list disini.

1. Membuat multilevel list

Agar bisa menggunakan fitur ini dengan benar, pastikan untuk memahami bagaimana cara membuat multilevel list terlebih dahulu. Sebelumnya, kamu perlu membuat dokumen baru di Microsoft Word atau membuka dokumen yang akan diedit kemudian ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Klik di bagian dokumen yang akan dibuat multilevel atau daftar lalu cari menu Paragraph di tab Home.
  • Selanjutnya klik menu drop-down atau tanda panah di samping multilevel list, akan muncul berbagai pilihan list atau daftar yang bisa digunakan.
  • Pilih list yang menunjukkan angka 1.1 untuk membuat bagian dokumen berubah menjadi sub bab.
Pilih list yang menunjukkan angka 1.1 untuk membuat bagian dokumen berubah menjadi sub bab.
  • Untuk membuat list selanjutnya secara otomatis, tinggal tekan tombol Enter saja di keyboard lalu bagian berikutnya akan mengikuti bagian atas.
Baca Juga:  4 Cara Membuat Tanda Tangan di Word, Mudah Banget!

Tapi dengan mengikuti cara di atas, jika sebelumnya angka yang muncul adalah angka 1, maka setelah menekan Enter angka yang muncul adalah angka 2 dan bukan 1.1. Ada langkah lain yang perlu digunakan agar bisa membuat sub bab atau memunculkan angka 1.1. Bagaimana caranya?

2. Mengubah tingkat penomoran

Dalam pembuatan multilevel list, ada beberapa tingkat penomoran yang bisa digunakan. Jumlah tingkatan ini tidak terbatas sehingga bisa terus berlanjut. Tapi beberapa contoh tingkat penomoran yang sering digunakan adalah:

Numbering levelContoh penggunaan
Tingkat penomoran 11, 2, 3, dan seterusnya
Tingkat penomoran 21.1, 2.1, 3.1, dan seterusnya
Tingkat penomoran 31.1.1, 2.1.1, 3.1.1, dan seterusnya
Tingkat penomoran 41.1.1.1, 2.1.1.1, 3.1.1.1, dan seterusnya

Lalu bagaimana cara membuat 1.1 di Word atau tingkat penomoran yang kedua dan seterusnya? Kuncinya adalah dengan menggunakan tombol Tab dan Shift yang ada di keyboard. Perhatikan caranya di bawah ini.

  • Buat list utama terlebih dahulu, misalnya dengan menambahkan angka 1 pada bagian awal suatu paragraf. Kemudian tekan Enter di bagian akhir paragraf untuk membuat paragraf baru.
  • Jika yang muncul adalah angka 2, maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menekan tombol Tab di keyboard sebanyak satu kali. Berikutnya, angka 2 akan berubah menjadi 1.1 dengan posisi lebih menjorok ke dalam dan menjadi sub bab.
  • Untuk membuat sub bab lagi, misalnya angka 1.1.1, maka tekan tombol Enter di akhir paragraf kedua sampai muncul 1.2, lalu tekan Tab sekali lagi hingga format berubah menjadi 1.1.1.
Untuk membuat sub bab lagi, misalnya angka 1.1.1, maka tekan tombol Enter di akhir paragraf kedua sampai muncul 1.2, lalu tekan Tab sekali lagi hingga format berubah menjadi 1.1.1.

Jika kamu ingin mengembalikan level atau menaikkan level, misalnya mengembalikan dari format 1.1 menjadi format 1, tinggal gunakan saja kombinasi tombol Shift dan Tab pada keyboard. Selain menggunakan tombol pada keyboard, kamu juga bisa memakai decrease indent dan increase indent.

Baca Juga:  Bikin Dokumen Rapi dan Gampang dibaca, Ini Dia Cara Mengatur Spasi di Word

Kedua fitur tersebut juga ada di bagian Paragraph pada tab Home. Posisinya ada di samping fitur multilevel list. Fitur tersebut bisa dipakai kalau tombol Tab di keyboard sedang error dan tidak bisa digunakan.

3. Menyisipkan paragraf tanpa penomoran

Menyisipkan paragraf tanpa penomoran

Setelah memahami cara membuat 1.1 di Word, ada hal lain yang bisa jadi ingin kamu ketahui. Yaitu bagaimana caranya membuat paragraf baru tanpa memunculkan list penomoran. Saat fitur multilevel list aktif, menekan tombol Enter di keyboard akan menghasilkan list baru mengikuti list sebelumnya.

Jika ingin membuat paragraf baru di salah satu level tanpa menambahkan list penomoran, maka cara yang sederhana ini bisa digunakan:

  • Letakkan insertion point atau kursor di bagian akhir paragraf untuk membuat paragraf baru. Tapi jangan dulu menekan tombol Enter.
  • Agar paragraf yang baru tidak memunculkan list nomor, tekan bersamaan tombol Shift dan tombol Enter.

Dengan menekan kombinasi tombol tersebut, paragraf baru yang dihasilkan akan sejajar dengan paragraf sebelumnya dan tidak menampilkan list penomoran. Kalau ingin melanjutkan membuat list nomor, tinggal tekan tombol Enter lagi maka list nomor pada Word sebelumnya akan dilanjutkan.

Multilevel List vs. Numbering di Microsoft Word

Multilevel List vs. Numbering di Microsoft Word

Multilevel list mempunyai tampilan yang sekilas menyerupai numbering maupun bulleting biasa. Tapi ada perbedaan yang cukup mencolok saat menggunakan multilevel list. Tampilan yang dihasilkan akan lebih rapi dan proses pembuatannya juga lebih otomatis dan tidak memakan banyak waktu.

Tapi cara membuat 1.1 di Word harus diawali dengan mengaktifkan fitur multilevel list yang ada di bagian Paragraph. Beda dengan numbering yang bisa diawali dengan mengetik angka 1 dan titik kemudian menekan tombol spasi.

Baca Juga:  Cara Membuat Titik-Titik Panjang di Word yang Rapi dan Mudah

Jika kamu membuat numbering biasa kemudian di paragraf selanjutnya menekan tombol Tab di keyboard, yang muncul secara default bukan multilevel list melainkan bulleting. Pastikan untuk memakai fitur multilevel list sebelum membuat sub menu.

Berbagai Fungsi Multilevel List

Berbagai Fungsi Multilevel List

Multilevel list mempunyai berbagai fungsi. Dilihat dari galeri list yang ada di menu drop down multilevel list, terdapat beberapa pilihan multilevel list yang berbeda. Fungsi dari setiap pilihan list tersebut juga berbeda-beda.

1. Membuat list biasa

Beberapa pilihan multilevel list cocok untuk digunakan dalam membuat daftar biasa. contohnya adalah saat membuat daftar isi. Pilihan list tanpa keterangan memungkinkan proses pembuatan daftar isi yang lebih rapi dan lengkap.

2. Membuat list judul

Jika daftar isi menggunakan pilihan multilevel list versi biasa, versi Heading memungkinkan kamu untuk menggunakan multilevel list saat menyoroti bagian-bagian yang penting. Misalnya gunakan angka 1 untuk membuat sub judul utama dan 1.1, 1.2, dan seterusnya untuk membuat sub judul tambahan.

Kombinasi keduanya membuat skripsi, buku, atau dokumen apapun yang kamu buat tampak lebih rapi dan kompak. Tapi pastikan untuk menggunakan list penomoran dengan benar, melalui beberapa langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Ada beberapa rangkaian cara membuat 1.1 di Word yang wajib dipahami dan diikuti bagi yang ingin membuat dokumen menggunakan multilevel list di Microsoft Word. Beberapa langkah yang ada di halaman ini sangat mudah untuk diikuti dalam membuat dokumen yang lebih rapi.

Leave a Comment