Begini Cara Cek Typo di Word, Gampang!

Saat membuat sebuah tulisan, typo adalah hal yang wajar terjadi. Namun berita baiknya, Microsoft Word mempunyai fitur khusus yang dapat memudahkanmu menemukan kesalahan tersebut. Cara cek typo di Word dan memperbaikinya pun mudah, bahkan hanya dalam hitungan detik.

Cara ini akan sangat membantumu menghasilkan tulisan yang nyaman dibaca. Pasalnya, typo kerap mengganggu sebagian pembaca, apalagi jika sampai dipublikasikan ke masyarakat luas.

Selain itu, beberapa typo juga berpotensi menimbulkan kebingungan hingga kesalahpahaman. Kalau sudah begitu, pembaca jadi sulit untuk menerima maksud dan pesan yang ingin kamu sampaikan lewat tulisan tersebut, bukan?

Cara Cek Typo di MS Word 

Cara Cek Typo di Word
Sumber : Leskompi

Word adalah aplikasi pengolah kata andalan Microsoft. Fitur-fitur di dalamnya pun cukup lengkap dan mutakhir untuk mempermudah penggunanya membuat dokumen tulisan, termasuk untuk menemukan dan memperbaiki typo.

Penggunaan fitur ini pun sangat mudah dan bisa kamu lakukan dalam waktu sangat singkat. Simak cara cek typo di Word berikut untuk membuat tulisanmu bebas salah ketik dan nyaman untuk dinikmati.

1. Unduh Kamus Bahasa yang Diinginkan 

Langkah pertama untuk menemukan kata-kata yang salah adalah dengan menentukan bahasa yang kamu gunakan dalam tulisan tersebut. Nantinya, Word akan secara otomatis mengecek apakah kata yang kamu tulis sesuai dengan ejaan sesuai kamus bahasa yang berlaku.

Lalu, bagaimana cara untuk mengunduh kamus bahasa yang diinginkan?

Pilih Menu Language

  • Buka Microsoft Word yang kamu gunakan baik versi 2010, 2013, 2016, atau 2019.
  • Pilih menu File yang terletak di sisi atas lembar kerja (di bagian panel Ribbon, sisi paling atas).
  • Pilih submenu Options di sisi bawah.
  • Pilih opsi Language.

Tambahkan Bahasa yang Diinginkan

  • Cek detail bagian ‘Office Authoring’ languages and proofing.
  • Jika belum ada bahasa yang diinginkan pada kolom tersebut, maka tambahkan dengan mengklik tombol ‘Add a Language’.
  • Misal kamu akan menggunakan bahasa Indonesia, maka cari opsi Indonesian, lalu klik Add.
Baca Juga:  Cara Mengetik di Word PC dan HP, Bisa dengan Suara!

Unduh Bahasa yang Diinginkan

  • Klik perintah ‘Proofing Available’ yang berada di samping opsi Indonesian.
  • Sistem akan mengarahkanmu ke halaman resmi situs Microsoft.
  • Unduh kamus bahasa Indonesia dengan mengklik “Download”.

Biarkan Proses Instalasi

Biarkan proses pengunduhan selesai, lalu instal sesuai petunjuk yang diberikan.

2. Sesuaikan Pengaturan 

Kalau kamus bahasa yang kamu perlukan sudah terinstal, kini saatnya menyesuaikan pengaturan agar proses dan cara cek typo di Word bisa berjalan. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pilih menu Options, lanjutkan dengan klik Language.
  2. Pilih Indonesia (atau bahasa lain yang kamu perlukan).
  3. Klik tombol Set as Preferred.
  4. Klik Proofing dan centang seluruh opsi yang tersedia kecuali “Show readability statistics” di bagian When correcting spelling and grammar in word.
  5. Klik OK.
  6. Ciri Kata yang Salah

Kini setelah kamus terinstal dan pengaturan sudah disesuaikan, kamu bisa langsung mengecek jika ada kata yang salah dan segera memperbaikinya. 

Jika Word memindai ada kata yang ejaannya salah, maka secara otomatis akan muncul garis bergelombang warna merah di bawah kata tersebut. Untuk memperbaikinya, kamu bisa langsung menghapus dan menggantinya dengan kata yang tepat.

Kalau ragu kata yang tepat, jangan khawatir sebab Microsoft Word sudah memberikan rekomendasi pilihan kata yang mirip dan mungkin sesuai dengan maksudmu. Cukup klik kanan pada kata bergaris bawah tersebut, lalu klik kata yang tepat sesuai maksudmu.

Cara Mengatasi Garis Merah di Seluruh Tulisan

Cara Cek Typo di Word
Sumber : Satu Titik Nol

Terkadang, beberapa orang mengalami masalah ini: seluruh tulisan memiliki garis merah di bawahnya walaupun ejaan kata yang ditulis telah sesuai. Dalam kasus ini, artinya kamus bahasa yang digunakan belum  terinstal di Microsoft Word.

Kalau kamu mengalami hal ini, jangan khawatir dan pusing. Berikut langkah-langkah untuk mengatasinya.

  1. Blok semua tulisan. Kamu bisa menggunakan mouse dan scrolling hingga ke akhir tulisan atau cukup menggunakan shortcut pada keyboard.
  2. Klik menu Review di toolbar atas.
  3. Pilih submenu Language.
  4. Klik opsi Set Proofing Language.
  5. Pilih bahasa yang kamu butuhkan.
  6. Selesai, Word akan menyesuaikan (hanya menggarisbawahi kata yang typo).
Baca Juga:  Ini Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Word dengan Rapi

Cara Mengganti Kata Sekaligus 

Cara Cek Typo di Word
Sumber : GCF Global

Ada kalanya kamu baru menyadari ada banyak kata yang salah setelah menulis panjang. Mau memperbaiki satu-satu pun akan membuat mata jadi capai dan memerlukan lebih banyak waktu. 

Namun tenang saja, Word juga punya solusi praktis. Daripada satu per satu, kamu bisa langsung mengecek typo di Word dan mengganti sekaligus kata yang salah dengan langkah-langkah berikut ini.

  1. Misal, kamu salah mengetikkan kata “ynag”, padahal yang dimaksud adalah “yang”. Total, ada 18 kata “ynag” yang harus diperbaiki.
  2. Pilih menu Find, klik opsi Replace.
  3. Masukkan kata “ynang” pada kolom Find
  4. Masukkan kata “yang” pada kolom Replace, lalu klik kata Replace All.
  5. Word secara otomatis akan mengganti seluruh kata “ynag” dengan kata “yang”.

Selain menggunakan cara manual di atas, ada cara cek typo di Word dan menggantinya sekaligus dengan lebih mudah lewat shortcut menggunakan tombol keyboard seperti berikut.

  1. Tekan tombol CTRL + H bersamaan untuk Windows atau Alt (cmd) + H untuk Mac.
  2. Masukkan kata “ynag” pada kolom Find.
  3. Masukkan kata “yang” pada kolom Replace.
  4. Klik Replace All.

Cara Menghilangkan Autocorrect 

Cara Cek Typo di Word
Sumber : Yannech

Beberapa pengguna kadang tidak menyadari adanya pengaturan koreksi otomatis alias autocorrect. Seperti namanya, fitur ini akan secara otomatis mengganti kata yang salah bahkan tanpa kamu menyadarinya. 

Namun, beberapa orang merasa terganggu dengan fitur ini. Seperti contoh, sesuai ejaan KBBI, penulisan yang benar adalah ‘apotek’. Namun karena beberapa alasan, kamu perlu menulis ‘apotik’. Jika fitur autocorrect aktif, maka setiap kamu mengetikkan ‘apotik’, Microsoft Word secara otomatis akan menggantinya dengan ‘apotek’. 

Kamu tentu bisa mencari kata yang telah berganti menjadi “apotek” menggunakan fitur Find (tekan CTRL + F atau ALT (cmd) + F), lalu mengubah satu per satu menjadi “apotik”. Pun kalau ingin lebih praktis, kamu bisa mengganti semua dengan menggunakan fitur Find + Replace All yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Baca Juga:  Page Break vs Section Break: Fungsi, Cara Membuat dan Cara Menghapus Page Break di Word

Hanya saja, kamu akan merasa terganggu jika harus terus menerus bekerja dengan cara seperti ini, bukan? Maka dari itu, solusi untuk mengatasi situasi ini adalah dengan menonaktifkan fitur autocorrect di Word.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih Customize Quick Acces Toolbar di toolbar atas halaman kerja.
  2. Klik opsi More Commands.
  3. Klik menu Proofing di sisi kiri.
  4. Klik opsi AutoCorrect Options.
  5. Hilangkan ceklis pada bagian “Replace text as you type”.
  6. Klik OK.

Nah, itulah cara cek typo di Word dan bagaimana untuk mengganti serta menyesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan. Tidak sulit, kan?

Cara ini akan sangat membantumu untuk menghasilkan laporan yang bersih dari kesalahan ketik dengan lebih cepat dan mudah. Hanya dalam hitungan menit bahkan detik, dokumen jadi lebih nyaman untuk dibaca.

Microsoft Word adalah software yang sangat powerful untuk membantu produktivitas sehari-harimu dalam membuat tulisan maupun dokumen.

Yuk, pelajari lebih banyak tentang tips dan trik mengoptimalkan Microsoft Word di sini!

Leave a Comment