3 Cara Membuat Undangan di Word Manual & Template Otomatis

Untuk membuat undangan, kamu memang bisa menyerahkannya pada usaha yang membuka jasa pembuatan undangan. Cara ini memang lebih simpel dan praktis, tapi tidakkah kamu ingin membuat undangan sendiri dengan desain sendiri pula? Kan cara membuat undangan di Word sangatlah mudah

Apalagi untuk membuat undangan tidak memerlukan keterampilan layout yang tinggi. Cukup dengan kamu memiliki selera bagus, undangan yang eye catching pun akan tercipta. Microsoft Word sendiri memang merupakan aplikasi pengolah kata yang sering digunakan untuk membuat dokumen formal.

Namun, di dalam Microsoft Word tersebut terdapat sejumlah fitur dan menu yang bisa dimanfaatkan untuk membuat undangan. Tertarik untuk mencoba membuat undangan di Microsoft Word saat ini juga? Simak langkah-langkahnya berikut ini yuk.

Ragam Cara Membuat Undangan di Word

1. Dengan Memanfaatkan Template

Sebenarnya, di Microsoft Word sudah terdapat template khusus yang bisa digunakan untuk membuat surat undangan. Pilihan ini bisa kamu ambil agar surat undangan bisa segera jadi tanpa perlu repot-repot memikirkan layoutnya.

Adapun cara membuat undangan di Word dengan template langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka halaman baru Microsoft Word, kemudian klik File dan pilih New
  • Setelahnya akan muncul berbagai kategori template yang bisa digunakan untuk bekerja, di sini silahkan pilih Invitations. Sekedar informasi, template-template di Microsoft Word ini tersusun secara alfabetis sehingga kamu bisa lebih mudah menemukan kategori Invitations tersebut
Setelahnya akan muncul berbagai kategori template yang bisa digunakan untuk bekerja, di sini silahkan pilih Invitations
  • Klik ganda pada template yang diinginkan dan template tersebut akan langsung terbuka sebagai dokumen Microsoft Word yang baru. Kebanyakan template yang ada sudah menyediakan grafik serta gambar. Namun ini masih bisa disesuaikan ukurannya dengan cara mengklik dan menariknya. Atau kalau kamu tidak suka, bisa menggantinya dengan gambar lain yang disukai dengan cara klik Insert kemudian pilih Picture
  • Masukkan informasi acara seperti nama acara, tanggal dan waktu dilangsungkannya acara, tempat dan lain sebagainya
Masukkan informasi acara seperti nama acara, tanggal dan waktu dilangsungkannya acara, tempat dan lain sebagainya
  • Kalau semuanya sudah sesuai, bisa langsung simpan file undangan tersebut dengan cara klik File kemudian pilih Save. Atau bisa juga dengan klik kombinasi tombol ctrl + S secara bersamaan
  • Pilih lokasi penyimpanan seperti biasanya dan beri nama pada file tersebut agar nanti mudah mencarinya dan klik Save. Selesai, dan kalau ingin print, bisa klik File lalu pilih Print atau bisa juga dengan klik tombol Ctrl + P
Baca Juga:  Pemula Juga Bisa! Cara Membuat Stempel Hanya Pakai Word

2. Membuat Undangan di Word Secara Manual

Kalau cara membuat undangan di Word menggunakan template di atas membuat kamu kurang leluasa berkreasi, bisa loh membuatnya secara manual saja. Untuk membuat undangan secara manual di Word seperti ini tidak sulit, ikuti saja langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Microsoft Word dan buka Blank Page atau halaman kosongnya
  • Selanjutnya, tinggal masukkan gambar yang ingin kamu tampilkan dengan cara klik Insert kemudian pilih Picture. Untuk penambahan gambar ini sifatnya opsional ya, kalau memang butuh silahkan dimasukkan. Tetapi kalau tidak butuh, langkah kedua ini bisa diabaikan.
  • Agar informasi dalam undangan menjadi lebih menarik, kamu bisa klik Insert kemudian pilih Text Box kemudian masukkan berbagai keterangan dan tujuan dikirimkannya undangan kepada penerima, sekaligus dengan informasi hari, tanggal, acara serta lokasi acara yang akan dilangsungkan. Ini juga sifatnya opsional ya
Agar informasi dalam undangan menjadi lebih menarik, kamu bisa klik Insert kemudian pilih Text Box
  • Atur jenis serta ukuran font yang digunakan sekaligus dengan spasinya supaya surat undangan menjadi lebih rapi serta lebih mudah dibaca
  • Kalau semuanya sudah sesuai dengan keinginan, selanjutnya tinggal simpan file surat undangan ini. Caranya klik File kemudian pilih Save. Atau bisa juga menggunakan kombinasi tombol Ctrl + S yang ditekan secara bersamaan
  • Tentukan tempat untuk menyimpan dokumen surat undangan ini, beri nama pada file tersebut kemudian klik Save dan selesai. Atau kalau ingin langsung print surat tersebut, kamu bisa klik File lalu pilih Print, atau bisa juga dengan langsung tekan tombol Ctrl + P secara bersamaan

3. Cara Membuat Undangan Resmi di Word

Sebenarnya untuk membuat surat undangan resmi di Microsoft Word, caranya tidak jauh berbeda dari cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya. Hanya saja, undangan resmi ini perlu dilengkapi dengan kop atau kepala surat di bagian atasnya.

Baca Juga:  Ini Cara Membuat Logo di Word, Tanpa Aplikasi Lain!

Selain kop surat, juga perlu disertai dengan nomor surat serta tanggal dibuatnya surat tersebut. Di bagian bawah surat juga biasanya bukan hanya sekedar nama penyelenggara acara, namun juga ada tanda tangannya sekaligus dengan stempel. 

Kalau masih bingung, bisa langsung ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Microsoft Word kemudian tulis nama serta alamat lengkap instansi yang akan dijadikan KOP surat
  • Selanjutnya, blok semua teks nama dan alamat lengkap instansi tersenut kemudian pilih Align Center agar posisinya berada di tengah-tengah dokumen. Untuk nama instansi, sebaiknya diblok lalu diperbesar ukuran hurufnya kemudian dipertebal dengan cara ctrl + B
  • Masukkan logo instansi di samping kiri KOP surat dan sesuaikan ukurannya. Cara memasukkan logo instansi ini bisa dengan klik Insert kemudian pilih Image dan pilih file logo kemudian pilih Insert kembali
  • Agar foto logo ini bisa disesuaikan, kamu bisa klik gambar logo kemudian klik Text Wrapping yang bergambar kucing kemudian pilih Through atau In Front of Text
Agar foto logo ini bisa disesuaikan, kamu bisa klik gambar logo kemudian klik Text Wrapping yang bergambar kucing kemudian pilih Through atau In Front of Text
  • Kalau sudah, tambahkan pembatas di bawahnya KOP surat ini dengan cara klik Insert lalu pilih Shapes dan pilih garis yang diinginkan. Karena ini merupakan surat resmi, garis yang dipilih sebaiknya garis lurus saja
  • Kalau sudah, klik dan tarik garis dari kiri ke kanan di bawah KOP surat tersebut dan lepaskan.
  • Pastikan garis yang baru saja dibuat dalam kondisi aktif, kemudian klik menu Format yang ada di toolbar
  • Pada Shapes Styles kemudian pilih Shape Outline
Pada Shapes Styles kemudian pilih Shape Outline
  • Pilih jenis garis pembatas yang diinginkan di bagian Weight
  • Selanjutnya tinggal masukkan isi surat mulai dari Hal, Lampiran, tanggal dan lain sebagainya. Selesai

Kalau sudah, kamu bisa simpan file undangan resmi ini atau langsung print dengan cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya. Kalau ingin menyimpan bisa dengan klik Ctrl + S dan kalau ingin print bisa dengan klik Ctrl + P.

Baca Juga:  6 Cara Menggambar di Word PC Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Membuat Undangan Di Word 1 Lembar Jadi 2

Kalau ingin menghemat kertas, kamu bisa loh membuat dua undangan sekaligus dalam satu lembar. Caranya sebagai berikut:

  • Pada menu Page Layout, pilih Orientation kemudian pilih Landscape
Pada menu Page Layout, pilih Orientation kemudian pilih Landscape
  • Kalau sudah, pilih Column dan klik Two sehingga dokumen akan terbagi menjadi dua bagian
  • Masukkan teks undangan yang sudah dibuat tadi. Atur ukuran huruf dan sebagainya supaya tidak sampai melebihi satu kolom tetapi pastikan agar huruf tidak terlalu kecil supaya isi undangan tetap bisa dibaca
  • Kalau undangan di kolom pertama sudah fix, kamu bisa blok semua undangan tersebut kemudian klik Ctrl + C lalu tempatkan kursor di kolom satunya dan klik Ctrl + V
  • Pastikan semuanya sudah sesuai dan file undangan tinggal kamu simpan dan cetak

Cara membuat undangan di Word sudah terbukti sangat mudah bukan? Jangan lupa, sebelum mulai membuatnya, kamu pastikan dulu kapan acara akan dilakukan, pada tanggal berapa, jam berapa serta lokasinya. Jangan sampai undangan sudah dibuat tetapi hal-hal krusial tersebut masih belum terpikirkan.

Leave a Comment