5 Cara Save Word ke PDF Per Halaman/FULL, Nggak Berantakan!

Pada umumnya dokumen disimpan dalam bentuk atau format Portable Document Format (PDF). Tampilan dokumen yang sudah dijadikan PDF akan lebih mudah dibaca karena tidak bisa diubah atau diedit. Dengan begitu makin banyak pengguna Microsoft Word yang mencari cara save Word ke PDF.

Penyimpanan dokumen Word ke bentuk PDF akan terlihat sama jika dibuka oleh pengguna lainnya melalui device yang berbeda. Selain itu, bentuk dan tata letak dokumen tidak akan berubah karena dala mode PDF tidak bisa diubah dan diedit seperti mode Word.

Hal inilah yang menjadikan PDF selalu menjadi alternatif penyimpanan dokumen sebelum dibagikan atau dikirim kepada pengguna lain. Untuk memudahkan dalam mengubah format file Word menjadi PDF, kamu bisa ikuti beberapa cara simple berikut ini.

Cara Save Word ke PDF dengan Cepat dan Mudah

Mengubah file Word dan menyimpannya dalam bentuk PDF bisa dilakukan dengan banyak cara. Cara termudah untuk mengubah bentuk file tersebut sudah dirangkum dalam penjelasan di bawah ini.

1. Cara Save Word ke PDF dari Aplikasi Microsoft Word

Cara pertama ini merupakan cara paling umum yang bisa dilakukan yaitu melalui aplikasi MS Word secara langsung. Langkah yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan Word menjadi PDF adalah:

  • Buka dokumen Word yang akan diubah menjadi file PDF.
  • Ketuk tab File yang ada disudut kiri atas layar.
  • Kemudian pilih menu Save As.
  • Lalu kamu bisa menuliskan nama file atau dokumen sesuai dengan keinginan dan atur lokasi penyimpanan file tersebut.
  • Setelah itu, kamu bisa pilih bentuk penyimpanan file dari tipe Word Document atau .docx menjadi PDF atau .pdf.
Setelah itu, kamu bisa pilih bentuk penyimpanan file dari tipe Word Document atau .docx menjadi PDF atau .pdf.
  • Tekan sombol Save dan file Word kamu berhasil disimpan dalam bentuk PDF.

Langkah tersebut bisa kamu lakukan setelah pembuatan dokumen Word selesai. Jadi, file dokumen kamu bisa langsung disimpan dalam bentuk PDF tanpa memerlukan aplikasi tambahan.

Baca Juga:  Ketahui Cara Mengatur Margin di Word agar Tulisanmu Lebih Rapi

2. Cara Save Word ke PDF Menggunakan Aplikasi WPS

Aplikasi atau software dokumen Word tidak hanya MS Word, tapi juga bisa digunakan WPS Office. WPS Office mempunyai fitur yang bisa membantu dalam mengubah file Word menjadi PDF dengan mudah melalui laptop atau komputer kamu.

Cara yang bisa kamu ikuti untuk mengubah file Word menjadi PDF melalui WPS adalah sebagai berikut.

  • Buka dokumen Word yang akan diubah menjadi PDF melalui aplikasi WPS.
  • Pilih Menu dan ketuk opsi Export to PDF.
Pilih Menu dan ketuk opsi Export to PDF.
  • Setelah itu beri tanda centang pada file yang dipilih dan tentukan halaman Word yang ingin kamu jadikan PDF.
  • Di halaman tersebut kamu bisa mengubah nama file menjadi nama yang baru.
  • Lalu tekan tombol ikon Export to PDF.
  • Tunggu sampai proses selesai dan file PDF siap kamu gunakan untuk keperluanmu.

Meskipun aplikasi ini kompatibel dengan dokumen yang dibuat dari MS Word, namun font yang kamu gunakan di aplikasi Word belum tentu ada dalam aplikasi WPS. Untuk itu, jika terjadi perubahan font secara drstis dan berbeda kamu jangan kaget dan panik.

Apabila hal tersebut terjadi, maka kamu harus meluangkan waktu untuk mengeditnya menjadi lebih rapi sebelum disimpan dalam bentuk file PDF.

Meskipun kemungkinan terjadi masalah pada font, aplikasi WPS ternyata mempunyai kelebihan tertentu. Kelebihan ini adalah jika dokumen Word hilang atau terhapus maka kamu bisa mengkonversi file PDF yang sudah dikonversi menjadi Word kembali dan kamu bisa mengubah dan menyunting isinya.

3. Cara Save Word ke PDF Melalui Google Docs

Selain menggunakan MS Word secara langsung, kamu juga bisa mengandalkan Google Docs yang saat ini sedang trend digunakan sebagai pembuat dokumen secara virtual. Hal ini dikarenakan dokumen yang dibuat melalui Google Docs bisa diedit dan dibuat secara online oleh beberapa orang.

Baca Juga:  3 Trik Ringkas Cara Membuat Gambar Transparan di Word

Bagi kamu yang ingin membuat dokumen Word menjadi PDF melalui Google Docs, kamu bisa ikuti langkah sederhananya berikut ini.

  • Pastikan bahwa kamu sudah selesai meng-install Google Docs di dalam ponsel dan sudah masuk ke dalam akun Google.
  • Kemudian buka aplikasi Google Docs melalui ponsel kamu dan ketuk Upload File atau tanda + dan pilih dokumen Word yang ingin diubah menjadi format PDF.
  • Kemudian ketuk titik tiga vertikal yang ada di sudut kanan layar.
  • Setelah itu, pilih menu Share & Export, diikuti dengan Save as dan terakhir PDF Document (.pdf) lalu tekan tombol OK.
Setelah itu, pilih menu Share & Export, diikuti dengan Save as dan terakhir PDF Document (.pdf) lalu tekan tombol OK. cara save word ke pdf
  • Maka dokumen Word kamu yang ada di ponsel sudah diubah dalam format dokumen PDF.

Cara save Word ke PDF yang kedua ini bisa kamu gunakan untuk mengubah atau mengkonversi file Word ke PDF dalam keadaan darurat melalui ponsel. Cukup dengan satu aplikasi saja, dokumen Word kamu bisa diubah menjadi PDF dengan cepat dan mudah.

4. Cara Save Word ke PDF Melalui Google Drive

Jika kamu tidak mempunyai software atau aplikasi MS Word, kamu bisa gunakan Google Drive sebagai alternatif dalam membuat dokumen Word menjadi PDF. Akan tetapi proses ini hanya bisa kamu lakukan melalui browser komputer atau laptop.

Langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengubah dokumen Word menjadi PDF menggunakan Google Drive adalah:

  • Masuk ke dalam akun Google yang kamu miliki melalui browser yang ada di komputer atau laptop.
  • Buka website Google Drive melalui drive.google.com.
  • Kemudian pilih menu New atau tanda tambah dan ketuk Upload File.
Kemudian pilih menu New atau tanda tambah dan ketuk Upload File.
  • Pilih dokumen Word yang akan kamu jadikan ke dalam format PDF.
  • Jika proses upload atau unggah sudah berhasil maka kamu klik/buka dokumen tadi dan akan dialihkan menuju halaman Googel Docs.
  • Nantinya file Word tersebut akan terbuka, dan kamu tinggal menekan tombol File.
  • Setelah itu ketuk menu Download dan pilih format PDF Document (.pdf).
Setelah itu ketuk menu Download dan pilih format PDF Document (.pdf)

Apabila file sudah berhasil di download, maka dokumen Word kamu yang tadi sudah berubah menjadi dokumen dalam format PDF dan kamu bisa dengan aman membagikannya kepada rekanmu.

Baca Juga:  Cara Membuat Garis Tepi di Word Biar Rapi, Mudah Loh!

5. Cara Save Word ke PDF Menggunakan Website Tertentu

Selanjutnya adalah mengubah dan menyimpan dokumen Word menjadi PDF menggunakan website atau secara online. Hal ini bisa kamu lakukan dengan langkah yang lebih cepat tanpa memakan waktu lama. Berikut ini langkah dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubahnya.

  • Buka salah satu situs konversi dokumen online melalui browser seperti smallpdf.com, ilovepdf.com, pdf2go.com dan situs lainnya yang muncul saat kamu mencari “konversi file Word ke PDF”.
  • Setelah membuka salah satu situs di atas, kamu akan diarahkan untuk meng-upload dokumen Word yang akan dijadikan dokumen PDF.
  • Tekan tombol Upload File atau Select Word Files.
Tekan tombol Upload File atau Select Word Files. cara save word ke pdf
  • Lalu pilih opsi Convert to PDF dan tunggu hingga proses selesai.
  • Kemudian kamu tinggal klik Download PDF yang menandakan bahwa file PDF sudah siap untuk digunakan.

Kelima cara save Word ke PDF tersebut adalah alternatif terbaik saat kamu ingin mengubah dan menyimpan file Word dalam format PDF. Adanya format PDF yang mampu membuat dokumen menjadi lebih permanen saat disimpan menjadikannya populer di kalangan pengguna MS Word.

Format file atau dokumen PDF sangat memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen. Jika dibuka dalam bentuk Word maka akan kesulitan dalam melihat isi dokumen karena ada kemungkinan file menjadi berantakan dan terubah dengan cara tidak sengaja.

Leave a Comment