Simpel tapi Pasti: Ini Dia 5 Cara Mengubah Word ke PDF

Tahukah kamu? Meskipun terdapat beberapa aplikasi pengolahan kata saat ini, Microsoft Word tetaplah yang terpopuler. Pasalnya, perangkat lunak ini termasuk yang pertama hadir seiring kemunculan Windows di awal tahun 80-an. Namun, kini ternyata sebagian orang lebih memilih file PDF. Untuk itu, artikel ini akan membahas cara mengubah Word ke PDF.

Baik dokumen Word maupun PDF sejatinya merupakan dua format yang paling umum digunakan sebagian besar orang. Itulah alasan akses untuk memproses keduanya dipermudah. Hal itu juga demi terdukungnya banyak keperluan, seperti penyampaian informasi atau pembubuhan e-Meterai maupun tanda tangan elektronik. 

Dikenal juga dengan sebutan MS Word, aplikasi ini mampu membuat dan menyunting dokumen tulisan dalam bentuk file ‘doc.’ Hanya saja, seperti disebutkan di atas, kini banyak pengguna Word yang beralih ke PDF, singkatan dari portable document format. Bagaimana cara mengonversi file Word ke PDF? Simak terus hingga akhir artikel ini, ya, guys!

Perbedaan antara File Word dan PDF

Cara Mengubah Word ke PDF
Sumber: getlua.com

Lalu, apa itu sebenarnya PDF? Format file ini pada awalnya didesain oleh Adobe Systems (atau Adobe Inc.) agar proses pertukaran data menjadi lebih sederhana. Bila dibandingkan dengan file extension lainnya, PDF memang dilengkapi dengan beberapa keunggulan. Namun, Word pun punya kelebihan tersendiri. 

Dokumen yang disebut juga dengan portable document format ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1993 lalu oleh Adobe Systems. Sifatnya yang “portable” inilah yang membuat file PDF dapat kamu gunakan dengan mudah pada beragam perangkat, aplikasi, sistem operasi, maupun situs konversi. 

Sementara itu, dokumen Word pada MS Word terdiri atas dua format, yakni format ‘doc’ dan ‘docx.’ Format ‘doc’ merupakan format yang sudah lama, biasanya digunakan pada MS Word versi tahun 2003 ke bawah. Untuk MS Word tahun 2007 ke atas, ‘docx’ merupakan format yang digunakan. 

Sebelum membahas tentang cara mengubah Word ke PDF, ketahui dulu perbedaan antara kedua format file tersebut. Format PDF dapat dibuka di aplikasi PDF apa pun, berbeda dengan Word yang hanya dapat dibuka di MS Office (untuk versi ‘doc’) dan di aplikasi pengolah kata lainnya untuk versi ‘docx.’ Namun, dokumen Word dapat diedit di mana saja dan kapan saja, tidak seperti PDF yang hanya dapat dibaca. 

Mengapa Perlu Mengubah File Word ke PDF? 

Cara Mengubah Word ke PDF
Sumber: imnoss.com

Masih bingung soal pentingnya cara mengubah Word ke PDF? Tenang saja, kamu akan mengetahui info selengkapnya di artikel ini. Seperti kita ketahui, baik format Word dan PDF memiliki kelebihannya masing-masing. Namun, kamu akan memerlukan file PDF ketika hendak mengirimkan dokumen penting yang tidak boleh sampai dijiplak atau diubah oleh pihak lain yang menerima file-nya. 

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Watermark di Word yang 100% Works!

Beberapa keunggulan dari PDF di antaranya adalah memastikan bahwa dokumenmu akan tetap dalam tampilan yang sama saat dibuka oleh si penerima. Hal ini juga termasuk layout (tata letak) dokumen yang tidak berubah sama sekali meski dibuka pada aplikasi atau perangkat lunak berbeda. 

Selain itu, keunggulan lainnya ialah file PDF mudah diakses via berbagai perangkat, di antaranya smartphone, tablet, maupun PC (personal computer). Bahkan, kamu juga bisa membuka PDF pada browser terkemuka, seperti Chrome, Firefox, dan Microsoft Edge. Jadi, tidak mengherankan jika format ini telah menjadi salah satu pilihan utama bagi para pengguna. 

Berkat keunggulan PDF, kini sudah tak terhitung lagi jumlah lembaga yang menggunakan format dokumen digital. Di antaranya, ada sekolah, universitas, departemen dalam pemerintahan, maupun perusahaan swasta. Hanya saja, semua file PDF harus dibuat dahulu awalnya pada MS Word. Nah, jadi bagaimana cara mengubah Word ke PDF? Temukan jawabannya di bawah ini.

5 Cara Mengubah Word ke PDF dengan Mudah dan Pasti

Cara Mengubah Word ke PDF
Sumber: streettalklive.com

Salah satu guna file PDF adalah untuk pendistribusian dokumen agar setiap pihak penerima dapat membuka dan melihatnya dalam kondisi sama persis seperti saat dikirimkan. Meskipun dapat dibuat langsung di salah satu aplikasi Adobe seperti Adobe InDesign, sebuah dokumen PDF biasanya merupakan hasil konversi dari file Word yang dibuat di MS Word. 

Berikut ini akan dijabarkan lima cara mengonversi dokumen Word menjadi format PDF dengan mudah:

1. Cara Mengubah Word ke PDF dengan Microsoft Office 

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengonversi file Word ke format PDF ialah dengan menggunakan MS Word. Aplikasi ini tak hanya mampu mengolah kata tetapi juga mengubah dokumen ‘doc’ atau ‘docx’ secara langsung ke PDF. Berikut ini Langkah-langkahnya:

  • Bukalah dokumen yang kamu ingin ubah sebelum kemudian mengeklik tab File
  • Pilih Save As atau Simpan Sebagai pada daftar menu di bagian kiri layar. 
  • Lalu, pada menu Save As, pilihlah lokasi yang diinginkan untuk menyimpan dokumen tersebut (misalnya, di OneDrive, This PC, atau di folder tertentu). 
  • Kemudian, kotak popup pun seketika akan muncul. Pada kotak tersebut, klik panah dropdown pada bagian sudut kanan kolom Save As Type (di bawah File Name) dan pilihlah PDF (*.pdf) pada menu dropdown yang muncul.
  • Terakhir, pilih Save dan tunggulah beberapa saat hingga file itu pun tersimpan dalam format PDF.

Cara di atas merupakan yang paling umum dilakukan banyak pengguna. Namun, tidak semua orang dapat mengakses aplikasi MS Office atau MS Word. Jika demikian kondisinya, tenang saja. Berikutnya, kami akan menjabarkan empat cara lainnya dalam mengonversi ‘doc’ maupun ‘docx’ menjadi format PDF. 

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Garis Hijau di Word

2. Cara Mengubah Word ke PDF dengan Office di Android

Selain di PC, kamu juga bisa menggunakan MS Office atau MS Word di gadget Android, loh! Seiring dengan kemajuan teknologi, bekerja bisa dilakukan dengan perangkat apa pun, tak terkecuali ponsel pintar. Untuk itu, kamu juga bisa mengunduh MS Word app versi mobile di Google Play Store secara gratis. Di bawah ini adalah tahapan mengubah Word ke PDF dengan aplikasi di Android:

  • Unduh dan pasang aplikasi MS Word di ponselmu. 
  • Buka dokumen yang kamu hendak konversi formatnya. 
  • Agar file tersimpan dalam format PDF, pilihlah opsi Share As PDF atau Bagikan Sebagai PDF. 
  • Setelah itu, akan muncul popup beberapa pilihan lokasi, di antaranya Whatsapp dan surel (email). Kamu bisa memilih salah satunya untuk mengirimkan dokumen dalam bentuk PDF.
  • Tunggulah sesaat, maka dokumen tersebut pun akan secara otomatis tersimpan dalam format PDF. 

3. Cara Mengubah Word ke PDF melalui Google Drive 

Bila kamu belum mempunyai atau tidak memilih MS Word sebagai media pengolah kata, kamu bisa juga menggunakan Google Drive untuk mengubah dokumen Word ke PDF. Hanya saja, metode ini cuma dapat dilakukan di browser PC. Di bawah ini langkah-langkahnya:

  • Pastikan kamu sudah melakukan login ke akun Google-mu pada browser
  • Bukalah tautan URL drive.google.com.
  • Pilihlah opsi New > File Upload.
  • Lalu, klik dan unggah file Word yang hendak diubah ke PDF.
  • Nantinya, kamu akan diarahkan ke laman Google Docs yang berisikan file PDF tersebut. 
  • Akhirnya, klik tab File > Download > PDF Document (*.pdf).

Dengan demikian, file Word tersebut dapat diunduh dalam bentuk PDF. Namun, jika dokumen Word telah tersimpan di Google Drive, tidak perlu ada proses upload (pengunggahan) lagi. Kamu dapat membuka dokumen secara langsung sebelum mengunduhnya dalam bentuk PDF. 

4. Cara Mengubah Word ke PDF melalui Google Docs

Punya Google Docs app di ponsel atau tablet? Ya, kamu pun dapat langsung mengubah file Word-mu ke format PDF. Ikuti prosedurnya di bawah ini:

  • Pastikan Google Docs sudah terpasang di gawaimu dan kamu pun sudah masuk ke akun Google.
  • Berikutnya, kamu hanya perlu membuka Google Docs di ponselmu. 
  • Unduh file yang ingin diubah dengan mengeklik ikon ‘+’ atau kamu bisa juga langsung membuka file yang sudah tersimpan di Google Docs.
  • Kemudian, tekan simbol titik tiga vertikal pada pojok kanan layar.
  • Pilihlah menu Share & Export > Save As > PDF Document (*.pdf) > OK 
  • Pada akhirnya, dokumen berformat PDF tersebut akan langsung tersimpan di ponselmu. 
Baca Juga:  Mudah Banget! Ini Dia Cara Membuat Halaman Berbeda di Word

5. Cara Mengubah Word ke PDF tanpa Aplikasi (Situs Konversi) 

Jika kamu tak memiliki perangkat lunak Microsoft Word atau Office, atau menghadapi kesulitan dalam mengakses Google Drive maupun Google Docs, tenang saja. Dunia belum berakhir. Masih terdapat cara lain yang justru jauh lebih praktis. Kunjungi saja situs web konversi daring seperti ilovepdf.com, freepdfconvert.com, pdf2go.com, smallpdf.com, dan masih banyak lagi. 

Di sana, kamu dapat mengonversi file Word ke format PDF secara simpel dan gratis. Kamu juga tidak perlu mengkhawatirkan soal keamanan website konversi tersebut karena dijamin cukup aman dan tanpa virus membandel. Prosedurnya pun mudah dan cepat, seperti diuraikan berikut ini:

  • Pertama, bukalah peramban atau browser di komputer atau ponselmu. Salah satu browser yang paling umum digunakan adalah Google Chrome. 
  • Lalu, ketik tautan dari salah satu situs konversi di atas, misalnya freepdfconvert.com. 
  • Saat situs web terbuka, pada laman utamanya, kamu dapat memilih opsi Choose File. 
  • Kemudian, klik file atau dokumen yang hendak diubah ke dalam format PDF. 
  • Setelah itu, file itu pun akan terkonversi ke dalam bentuk PDF dengan sendirinya.
  • Tunggulah sebentar, dokumen PDF pun siap di-download secara cuma-cuma alias secara gratis!

Itulah lima cara mengonversi Word ke format PDF. Kamu hanya perlu memilih cara paling mudah, cepat, dan nyaman bagimu. Namun, sebelum memproses pengubahan format file, menurutmu, mana yang lebih baik? Dokumen Word atau PDF? Untuk menyimpulkan keseluruhan artikel, jawabannya adalah semua tergantung pada kebutuhan tiap orang. 

Jika kamu harus membuat sebuah dokumen yang ditujukan ke pihak penerima hanya untuk dibaca, pilihlah format PDF. Pasalnya, format ini tak mungkin dapat diedit kembali dan hadir dengan tampilan yang dapat dibaca secara praktis.

Demikian pula jika kamu harus membagikan dokumen ke banyak pihak, PDF memang pilihan yang tepat. Namun, bila kamu atau pihak penerima masih akan menyuntingnya, lebih baik memilih format Word. Namun jika telah terlanjut melakukan pemformatan, jangan khawatir kamu juga dapat mengubah PDF ke word dengan mudah.

Nah, bagaimana, sudah jelas kan artikel mengenai cara mengubah Word ke PDF ini? Untuk informasi lebih lanjut tentang Microsoft Word, kunjungi situs web microsoftword.id, ya, guys! Temukan banyak informasi berguna seputar pengolahan kata dan komputer di sana.

Leave a Comment