Jangan Panik, Begini Cara Mengembalikan Word yang Belum Tersimpan

Pernah nggak mengerjakan tulisan penting di Word, tetapi file-nya terhapus sebelum sempat disimpan? Jangan panik dulu; ada beberapa cara mengembalikan Word yang belum tersimpan. Coba dulu langkah-langkah berikut, siapa tahu kamu beruntung mendapatkan file yang sudah susah-payah kamu kerjakan!

Restart Word untuk Mendapat AutoRecover File

Cara Mengembalikan Word
Sumber: easeus.com

Tahukah kamu kalau Word secara otomatis mencari file terakhir yang kamu kerjakan setelah di-restart? File ini disebut AutoRecover, dan fungsinya adalah melacak perubahan terakhir yang kamu lakukan ketika dokumen mendadak tertutup.

Ketika Word atau komputer kamu tertutup/mati karena suatu hal, coba buka atau nyalakan lagi. Kamu akan melihat status file terakhir yang kamu kerjakan di samping kiri. Biasanya, file yang asli berlabel Original, sedangkan file hasil modifikasi terakhir berlabel Recovered

Jika kamu melihat file terakhir yang kamu kerjakan dengan label Recovered, klik nama dokumen tersebut untuk memunculkannya. Jangan lupa menyimpan ulang dokumen tersebut lewat fungsi File > Save As.

Lacak File di Cloud 

Cara Mengembalikan Word
Sumber: onedrive.live.com

Cara mengembalikan Word yang belum tersimpan semakin gampang jika kamu menggunakan cloud. Jika kamu sudah menghubungkan dokumen Word ke cloud seperti OneDrive di PC, kamu tinggal membuka foldernya untuk menemukan file terakhir yang kamu garap.

Lacak File di Recycle Bin

Cara Mengembalikan Word
Sumber: handyrecovery.com

Cara mengembalikan Word yang belum tersimpan akibat kecerobohan adalah melacak isi Recycle Bin

Caranya mudah: klik dua kali pada ikon Recycle Bin untuk menemukan file kamu. Jika memang ada di sana, klik kanan, lalu Restore. File akan kembali ke tempatnya semula sebelum kamu tidak sengaja menghapusnya.

Lacak File Backup 

Tahukah kamu kalau Word juga menyimpan file cadangan alias backup?

Dengan mengaktifkan fungsi backup, kamu bisa melacak dokumen terakhir yang kamu garap sebelum sempat disimpan. File cadangan ini tersimpan dengan ekstensi “.wbk” di bagian belakang namanya.

Baca Juga:  Cara Membuat Daftar Pustaka di Word dan Kaidah Penulisan yang Tepat

Caranya? Kunjungi dua lokasi ini untuk melacak file terakhir kamu (ganti kata UserName dengan username kamu sendiri):

  • C:\Users<UserName>\AppData\Roaming\Microsoft\Word
  • C:\Users<UserName>\AppData\Local\Microsoft\Office\UnsavedFiles

Setelah masuk ke lokasi ini, pilih Start, ketik .wbk di kotak Search, lalu tekan Enter. Jika file kamu ada di sana, biasanya di namanya ada tulisan Backup of.

Lacak Temporary File 

Cara Mengembalikan Word
Sumber: social.technet.microsoft.com

Temporary file adalah file yang sengaja dibuat oleh sistem demi menghemat memori tanpa menghilangkan data. Bagian belakangnya memiliki ekstensi “.tmp”. Kamu bisa coba melacak dokumen terakhir yang kamu modifikasi.

Begini cara mengembalikan Word yang belum tersimpan dengan memanfaatkan pencarian temporary file.

1. Klik Start untuk Mulai Mencari

Klik tombol Start, lalu ketik .tmp di kotak Search. Jika kamu pengguna Windows 8, ketik .asd. Tekan Enter.

2. Jelajahi File lewat Tab Documents

Setelah deretan nama keluar, temukan file terakhir yang kamu garap. Cocokkan dengan informasi tanggal dan jam terakhir kamu mengedit dokumen tersebut. Jika tidak menemukan file dengan ekstensi .tmd, coba temukan file yang bagian depan namanya bersimbol tilde (~ ).

3. Buka File di Word

Buka program Word. Klik File > Open > Folders.

Cari lokasi temporary file yang tadi sudah kamu temukan, lalu pilih All Files di kotak Explorer. Buka file .tmp tersebut di Word.

Tips Biar File Kamu Nggak Gampang Kehapus 

Setelah belajar cara mengembalikan Word yang belum tersimpan, saatnya kamu mencegah agar kejadian tersebut tidak terulang. Inilah langkah-langkah mencegah agar dokumen Word kamu tidak hilang atau terhapus.

1. Klik Save Secara Berkala

Siapa yang sering malas menyimpan dokumen ketika mulai bekerja dengan Word? Langkah yang terlihat sederhana ini bisa menyelamatkan dokumenmu, lho! Ketika kamu mulai menulis, cukup klik File > Save As, lalu simpan file di folder mana saja (jangan lupa dinamai!).

Baca Juga:  Begini Cara Cek Typo di Word, Gampang!

Setelah menyimpan file, kamu bisa bekerja sambil menekan tombol Save atau Ctrl+S secara berkala, misalnya setiap 10 hingga 15 menit. Dengan begini, versi terbaru dari dokumenmu akan selalu tersimpan dengan aman.

2. Nyalakan Fitur Autosave

Nggak mau repot menekan Save secara manual? Nyalakan fitur Autosave di Windows atau Mac kamu. Autosave secara otomatis menyimpan versi terbaru datamu setiap beberapa menit sesuai pengaturanmu. Cara mengembalikan Word yang belum tersimpan pun jadi semakin mudah.

Cara mengaktifkan Autosave di Windows: buka Word, klik File > Options > Save.

Untuk pengguna Mac: buka Word, klik File > Preferences > Save. Centang kotak Save AutoRecover Info.

3. Aktifkan Fungsi Cloud Sync

Cloud sync menghubungkan dokumen yang sedang kamu kerjakan dengan tempat penyimpanan eksternal (cloud). Jika datamu hilang, kamu masih punya cadangannya di cloud tersebut. Windows dan Mac memiliki OneDrive dan iCloud yang bisa kamu sambungkan dengan dokumen.

Kamu juga bisa menghubungkan Word dengan cloud lain seperti Dropbox dan Drive. Dropbox versi Business memiliki Office add-in yang bisa kamu sambungkan langsung dengan program Office di perangkatmu.

4. Gunakan Software untuk Memulihkan Data

Tahukah kamu kalau ada software yang berfungsi memulihkan data (data recovery)? Cara mengembalikan Word yang belum tersimpan menggunakan software ini cukup mudah setelah kamu mengunduhnya ke perangkat. 

Biasanya, software ini melakukan proses pemindaian (scan) untuk menemukan file yang terhapus. Kamu bisa menyimpan ulang atau memulihkan file yang terdeteksi. Contoh software untuk memulihkan data ini antara lain Disk Drill, Repairmyword, WordFIX, dan Wondershare Repairit.

Tips Agar Word Tidak Mengalami Crashing

Lagi asyik mengetik di Word, tahu-tahu crashing? Hal ini bisa menyebabkan dokumen kamu hilang, mengalami error, atau tidak tersimpan sempurna. Setelah belajar cara mengembalikan Word yang belum tersimpan, ada baiknya kamu mencegah Word agar tidak sering crashing.

Inilah beberapa caranya.

Baca Juga:  Biar Nggak Berantakan Lagi, Ini 4 Cara Merapikan Tulisan di Word

1. Hapus Add-in

Hindari terlalu banyak memasang fitur tambahan lewat add-in. Mereka bisa menginterupsi fungsi Word kamu dan membuatnya crashing. Untuk menghapus yang tidak perlu, klik File > Options > Add ins > Go. Hapus tanda centang di kotak kecil di samping add-in yang tidak kamu perlukan, lalu klik OK.

2. Rajin Update Office

Office yang jarang diperbarui bisa crashing. Biasanya, perangkat Windows punya fitur update otomatis yang jadwalnya bisa kamu atur sendiri. Setiap kali kamu melihat notifikasi update, pastikan untuk me-restart perangkat dan tunggu dengan sabar sampai proses selesai.

Atau, kamu bisa lakukan update secara manual. Caranya, buka Word, lalu klik File > Accounts > Update options > Update now.

3. Lakukan Quick Repair

Office punya pilihan Quick Repair yang bisa kamu nyalakan secara manual untuk memperbaiki masalah teknis kecil. Caranya sebagai berikut:

  • Klik Win+R
  • Ketik “control” di kotak Run, lalu tekan Enter
  • Pilih Control Panel > Programs and features
  • Klik nama Microsoft Office di daftar program, pilih Change > Yes
  • Pilih Quick Repair atau Online Repair sesuai kebutuhan, lalu tekan perintah Repair

Kesimpulan

Kehilangan dokumen Word yang belum sempat tersimpan sangat menyusahkan, apalagi kalau tulisanmu penting. Jangan sampai kamu kehilangan waktu dan energi yang berharga hanya untuk menulis ulang dokumenmu! Gunakan cara mengembalikan Word yang belum tersimpan di atas agar kamu bisa menyelamatkan dokumenmu.

Leave a Comment