Bikin Dokumen Rapi dan Gampang dibaca, Ini Dia Cara Mengatur Spasi di Word

Sedang mencari tahu bagaimana cara mengatur spasi di Word? Kamu datang ke artikel yang tepat! Artikel ini akan memberimu informasi mengenai cara mengatur spasi di Microsoft Word melalui berbagai cara—mulai dari cara standar (pakai toolbar) hingga menggunakan shortcut.

Mengapa, sih, kamu perlu belajar cara mengatur spasi di Word? Mengatur spasi akan membuat dokumen yang kamu susun jadi lebih rapi dan mudah dibaca. Pasalnya, spasi dapat memberikan jarak antarbaris yang cukup sehingga mata bisa membaca dokumen dengan lebih nyaman.

Selain spasi antarbaris, Word juga menyediakan fitur spasi antarhuruf. Nah, untuk mengetahui bagaimana cara mengatur spasi antarbaris dan antarhuruf di Word, pastikan membaca artikel ini hingga tuntas, ya!

Apa Itu Spasi Antarbaris?

Cara Mengatur Spasi di Word
Sumber: businessinsider.com

Spasi antarbaris dapat didefinisikan sebagai jarak antara satu baris teks dan baris teks lainnya dalam sebuah dokumen Word. 

Mungkin kamu sudah pernah mendengar istilah spasi tunggal dan spasi ganda. Nah, inilah yang dimaksud dengan spasi antar baris. Spasi tunggal berarti jarak antar baris sama dengan tinggi satu baris, sedangkan spasi ganda berarti jarak antar baris sama dengan tinggi dua baris.

Makin besar spasi antarbaris yang digunakan, makin renggang juga teks yang ditampilkan dalam dokumen. Teks juga jadi lebih mudah dibaca karena mata tidak terganggu dengan keberadaan baris teks lain. 

Ketika kamu mengetik di Word tanpa pengaturan apa pun, secara default Word akan mengatur 1,08 pt sebagai spasi antarbaris. Nah, kalau kamu ingin memperbesar spasi tersebut, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa melakukannya melalui shortcut atau melalui pengaturan di menu bar

Beberapa Pilihan Spasi Antarbaris

Cara Mengatur Spasi di Word
Sumber: support.microsoft.com

Ada beberapa pilihan spasi antarbaris yang sering digunakan di Word, yaitu:

  • Spasi tunggal

Spasi tunggal berarti spasi yang ukurannya 1,0. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, ini berarti jarak antara dua baris teks sama dengan ketinggian satu baris teks. 

  • Spasi ganda

Spasi ganda berarti spasi yang ukurannya 2,0. Dibandingkan dengan spasi tunggal, tentunya jarak antara dua baris teks pada pengaturan spasi ganda jadi lebih besar. Jarak antarbaris sama dengan tinggi dua baris teks.

  • Spasi 1,5

Dengan ukuran spasi 1,5, ini berarti besarnya jarak antara dua baris sama dengan tinggi 1,5 baris teks. 

  • Spasi 2,5

Dengan ukuran spasi 2,5, ini berarti besarnya jarak antara dua baris sama dengan tinggi 2,5 baris teks. Dibandingkan ukuran spasi lainnya, spasi 2,5 ini cukup jarang digunakan untuk mengatur ukuran spasi sebuah dokumen.

  • Spasi 3,0 

Selain keempat ukuran spasi di atas, ada juga ukuran spasi 3,0. Dengan ukuran spasi ini, artinya jarak antara dua baris sama dengan ketinggian 3 baris teks. 

Baca Juga:  2 Cara Mengecilkan Tabel Di Word dan Tips Merapikannya

Cara Mengatur Spasi Antarbaris

Cara Mengatur Spasi di Word
Sumber: techonthenet.com

Apakah susah mengatur spasi antar baris? Tidak sama sekali, kok! Cara mengatur spasi di Word bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat baik melalui shortcut maupun melalui pengaturan yang ada di toolbar.

Bagaimana caranya? Yuk, kita bahas satu per satu!

Mengatur spasi antarbaris melalui toolbar

Berikut ini adalah cara mengatur spasi di Word dengan menggunakan toolbar.

  1. Pertama, buat selection terlebih dahulu. Caranya adalah dengan memblok teks yang ingin diatur spasinya. Kamu bisa membuat selection dengan menggunakan kursor maupun perintah keyboard (Ctrl+A untuk menyeleksi semua teks, atau Shift+arrow button untuk menyeleksi sebagian saja.
  2. Sesudah kamu menyeleksi teks yang ingin diatur spasinya, klik tab Home.
  3. Pada section Paragraph, klik ikon Line and Paragraph Spacing. Lokasi ikon ini berada satu baris dengan ikon perataan teks, seperti Align Left, Align Right, Justified, dan Center.
  4. Menu drop-down akan ditampilkan. Pilihan spasi antarbaris yang tersedia, antara lain spasi tunggal (1,0), spasi ganda (2,0), spasi 1,15, spasi 1,5, spasi 2,5, dan spasi 3,0. Klik pada ukuran spasi yang kamu inginkan.

Mengatur spasi melalui menu Line and Spacing Options

Cara mengatur spasi di Word lainnya adalah dengan melalui menu Line and Spacing Options. Untuk mengatur spasi antarbaris di Word dengan cara ini, berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.

  1. Pertama, buat selection terlebih dahulu seperti ketika kamu mengatur spasi dengan menggunakan toolbar. Gunakan kursor atau gunakan perintah keyboard untuk membuat selection. Contoh perintah keyboard yang bisa kamu gunakan adalah Ctrl+A dan Shift+arrow.
  2. Klik ikon Line and Paragraph Spacing sebagaimana ketika kamu ingin mengatur spasi dengan toolbar. 
  3. Setelah mengeklik ikon tersebut, drop-down menu akan ditampilkan. 
  4. Pilih ‘Line Spacing Options’ yang ada di bawah pengaturan spasi 3.0.
  5. Setelah itu, window Line Spacing Options akan terbuka.
  6. Pada tab Indents and Spacing, temukan tulisan ‘Line spacing’.
  7. Klik menu drop-down yang tersedia. Kamu akan menemukan beberapa pilihan spacing, seperti Single, 1.5 lines, Double, At least, Exactly, dan Multiple. Selain pilihan spacing tersebut, kamu juga akan menjumpai kotak ‘At:’ di sebelahnya. 

Penjelasan untuk masing-masing pilihan spacing tersebut adalah sebagai berikut:

  • Single

Pilihan ini bisa kamu pilih jika ingin menggunakan spasi tunggal (spasi 1). 

  • 1,5 lines

Pilihan spasi ini bisa digunakan kalau kamu ingin menggunakan spasi 1,5 pt. Jenis spasi ini bisa digunakan jika kamu ingin spasi yang lebih besar daripada spasi tunggal, tetapi lebih kecil daripada spasi ganda (double).

  • Double
Baca Juga:  Mudah dan Rapi, Begini Cara Menambah Kolom di Word

Pilihan ini bisa kamu pilih jika ingin menggunakan spasi ganda (spasi 2).

  • At least

Pilihan ini bisa kamu gunakan untuk menentukan jarak spasi minimal yang ingin diterapkan.

  • Exactly

Jika kamu menggunakan spacing ini, jarak antarbaris diukur dalam satuan point (pt). Misalnya, kalau kamu memasukkan spacing exactly 12 pt, maka jarak antar baris sama dengan ketinggian karakter berukuran 12 pt.

  • Multiple

Spasi ini bisa digunakan kalau kamu ingin mengatur spasi dengan besaran yang tidak ada dalam pilihan tersebut. Misalnya, kamu ingin mengatur spasi 3.0. Nah, kamu bisa  mengisikan 3.0 di kotak ‘At’. Demikian pula sebaliknya, kamu bisa mengisikan 0.5 jika ingin membuat ukuran spasi yang lebih kecil dibandingkan spasi tunggal.

Mengatur spasi antarbaris menggunakan shortcut

Mengatur spasi antarbaris juga bisa menggunakan shortcut. Cara untuk mengatur spasi dengan menggunakan shortcut juga cukup mudah. Begini caranya:

  • Spasi tunggal (single)

Untuk membuat dokumen dengan spasi tunggal:

  1. Blok teks yang ingin kamu atur spasinya. Kamu bisa menekan Ctrl+A jika ingin memblok semua teks dalam dokumen. Kamu juga bisa menggunakan Shift+arrow jika ingin memblok sebagian teks saja.
  2. Tekan Ctrl+1.
  3. Pengaturan selesai. Teks akan diubah dengan spasi tunggal.
  • Spasi 1.5

Untuk membuat dokumen dengan spasi 1.5:

  1. Lakukan blok pada teks. Kamu bisa menekan Ctrl+A jika ingin memblok semua teks dalam dokumen tersebut. Selain itu, kamu bisa menggunakan Shift+arrow jika ingin memblok sebagian teks saja.
  2. Tekan Ctrl+5.
  3. Pengaturan selesai. Teks akan diubah dengan spasi 1.5.
  • Spasi ganda (2.0)

Untuk membuat dokumen dengan spasi ganda (2.0 atau double):

  1. Blok teks yang ingin kamu atur spasinya. Kamu bisa menekan Ctrl+A jika ingin memblok semua teks dalam dokumen. Kamu juga bisa menggunakan Shift+arrow jika ingin memblok sebagian teksnya saja.
  2. Tekan Ctrl+2.
  3. Pengaturan selesai. Teks dokumen akan diubah dengan spasi ganda.

Untuk jarak spacing lainnya, tidak ada shortcut keyboard yang bisa digunakan. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan cara lain yang sudah disebutkan sebelumnya. Khusus pengguna Mac, kamu cukup mengganti tombol Ctrl dengan tombol Command.  Bagaimana, mudah, bukan?

Spasi Antar Huruf, Apa Itu?

Cara Mengatur Spasi di Word
Sumber: computerhope.com

Selain spasi antarbaris, kamu juga bisa menjumpai spasi antar huruf. Apa yang dimaksud dengan spasi antarhuruf?

Sesuai dengan namanya, spasi antarhuruf merupakan jenis pengaturan yang mengatur jarak antar huruf dalam teks dokumen. Jenisnya ada dua, yaitu expanded dan condensed.

Dalam jenis spacing ini, kamu akan menggunakan satuan point (pt.). Makin besar angka yang digunakan, makin renggang pula jarak teks pada jenis spacing expanded. Demikian pula sebaliknya. Dengan angka yang makin besar, makin rapat pula jarak antarhuruf pada jenis spacing condensed.


Pilihan Spasi Antarhuruf

Sebagaimana sudah disebutkan, ada dua jenis spasi antarhuruf yang bisa kamu terapkan terhadap teks di dokumenmu.  Dua jenis spasi antarhuruf tersebut adalah expanded spacing dan condensed spacing

  • Expanded spacing merupakan spacing yang digunakan untuk memperlebar jarak antarhuruf. Dengan menggunakan expanded spacing, jarak antarkarakter jadi lebih renggang.
  • Condensed spacing merupakan kebalikan dari expanded spacing. Artinya, condensed spacing merupakan jenis spacing yang digunakan untuk mempersempit jarak antarhuruf. Dengan demikian, jarak antarhuruf jadi makin rapat. 
Baca Juga:  3 Cara Mencari Kata di Word, Cepat dan Mudah!

Supaya tidak bingung, berikut ini adalah contoh penulisan kalimat yang ditulis menggunakan normal spacing, expanded spacing, dan condensed spacing.

Normal spacing : Bapak/Ibu yang terhormat,

Expanded spacing (2 pt.) : Bapak/Ibu yang terhormat,

Condensed spacing (-2 pt.) : Bapak/Ibu yang terhormat,

Bagaimana, perbedaannya bisa dengan jelas terlihat, bukan?

Cara Mengatur Spasi Antarhuruf

Bagaimana cara mengatur spasi di Word untuk spasi antarhuruf? Caranya juga mudah, kok.

  1. Pilih teks yang mau kamu atur spasi antarhurufnya. 
  2. Di tab Home, temukan tanda panah kecil yang ada di bagian ujung kanan bawah bagian menu Font. Klik tanda panah tersebut.
  3. Setelah kamu klik tanda panah tersebut, sebuah window akan muncul. 
  4. Pastikan tab Advanced aktif. Jika belum, aktifkan tab Advanced terlebih dahulu. 
  5. Selanjutnya, klik menu drop-down yang ada di sebelah tulisan Spacing. Kamu bisa pilih salah satu di antara ketiga pilihan yang tersedia: Normal, Expanded, atau Condensed.
  6. Misalnya, kamu ingin membuat teks yang dipilih memiliki jarak antarhuruf yang renggang maka pilihan Expanded yang perlu kamu pilih.
  7. Selanjutnya, kamu tinggal mengisikan seberapa renggang jarak antarhuruf yang kamu inginkan di kotak ‘By’. Misalnya: 2 pt (makin besar angkanya, makin renggang jarak antarhurufnya). 
  8. Setelah mengatur berapa jarak antarhuruf yang kamu inginkan, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah mengonfirmasi pengaturan tersebut. Cukup klik OK di bagian bawah window. Teks yang kamu pilih akan diatur spasinya. 

Nah, itulah penjelasan mengenai cara mengatur spasi di Word—baik spasi antarbaris maupun spasi antarhuruf. Sangat mudah, bukan? Semoga penjelasan di atas dapat memberikan insight untuk kamu, ya!

Leave a Comment