3 Cara Mengubah Huruf Kapital Menjadi Huruf Kecil di Word

Saat ini, sepertinya Microsoft Word masih menjadi primadona di dunia kerja. Mulai dari siswa hingga orang kantoran, semua membutuhkannya. Software ini memberikan banyak kemudahan bagi para penggunanya. Bahkan, kamu bisa tahu cara mengubah huruf kapital menjadi huruf kecil di Word.

Mengapa Harus Mengubah Huruf Kapital Menjadi Huruf Kecil?

Cara Mengubah Huruf Kapital Menjadi Huruf Kecil di Word
Sumber : Coldeja

Mengubah huruf kapital menjadi huruf kecil sudah merupakan kewajiban tak tertulis dalam dunia komunikasi non-verbal. Bayangkan, rasanya seperti mendengar orang berteriak saat membaca pesan dengan huruf kapital semua. Lain cerita bila huruf-huruf kapital dalam sebuah tulisan dimaksudkan untuk menandai satu tempat atau penekanan pada kata. 

Untuk lebih mudahnya, ada fitur change case bila ingin mengganti huruf hapital menjadi huruf kecil. Bahkan, bila ingin mengembalikan huruf kecil ke huruf besar, fitur change case juga bisa digunakan.

Tidak hanya untuk surat-menyurat dan mengirim email, perbedaan fungsi huruf kapital dan huruf kecil juga sangat penting saat menulis cerita atau karya ilmiah. Huruf kapital (terutama setelah tanda titik pada kalimat sebelumnya) menjadi penanda awal dari sebuah kalimat. Jangan sampai terjadi salah paham gara-gara salah menggunakan huruf kapital dan huruf kecil.

Nah, bagaimana cara mengubah huruf kapital menjadi huruf kecil di Word? Untuk mewujudkannya, ada beberapa cara yang bisa dicoba.

3 Cara Mengubah Huruf Kapital Menjadi Huruf Kecil :

Cara Mengubah Huruf Kapital Menjadi Huruf Kecil di Word
Sumber : Leskompi

Penasaran dengan cara mengubah huruf kapital menjadi huruf kecil di Word? Mungkin kamu sudah mengetahui setidaknya salah satu trik untuk melakukannya. Bila selama ini mungkin hanya tahu satu cara, sekarang tidak lagi. 

Ternyata tiga cara di bawah ini yang bisa dicoba:

1. Gunakan pintasan keyboard

Gunakan pintasan keyboard sesuai kadar kenyamanan masing-masing. Ada tiga metode untuk menggunakan pintasan keyboard:

  • Shift + F3

Dengan metode pemakaian tombol Shift + F3, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Blok teks yang ingin diganti. Kamu bisa melakukannya sesuai kebutuhan. Misalnya: blok satu kata, sebaris kalimat, maupun satu paragraf.
  • Tekan tombol Shift dan F3 bersama-sama.
  • Hasilnya, huruf besar (kapital) akan berubah menjadi huruf kecil semua.
  • Ctrl + Shift + A

Bila memilih metode penggunaan tombol Ctrl + Shift + A, berikut langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Blok teks yang ingin diganti. Sama seperti metode sebelumnya, pilih teks yang mau diblok sesuai kebutuhan. Contoh: satu kata, sebaris kalimat, atau satu paragraf.
  • Tekan tombol Ctrl, Shift, dan A secara bersamaan.
  • Teks yang diganti pun berubah menjadi huruf kecil semua.
  • Ctrl + Shift + >

Dengan metode pemakaian tombol Ctrl + Shift + >, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Sama seperti dua metode sebelumnya, blok teks yang ingin diganti sesuai kebutuhan. Kamu bisa blok satu atau beberapa kata, sebaris kalimat, hingga satu paragraf bila mau.
  • Tekan tombol Ctrl + Shift + > secara bersamaan.
  • Bila ingin mengganti huruf kecil menjadi huruf kapital, tombol terakhir diganti dengan yang sebaliknya ( < ). Sisanya masih menggunakan langkah-langkah yang sama. Mudah sekali, bukan?
Baca Juga:  Cara Membuat Rumus di Word Sederhana Saja, Kok!

Silakan coba ketiga cara ini dan lihat hasilnya. Semua huruf kapital berubah menjadi huruf kecil semua di Microsoft Word, bukan? Bila ingin mengubahnya kembali menjadi huruf kapital, kamu tahu yang harus dilakukan.

2. Gunakan change case pada toolbar

Kamu juga bisa menggunakan metode ini sebagai cara mengubah huruf kapital menjadi huruf kecil di Word. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Sama seperti metode sebelumnya, blok teks yang ingin diganti sesuai kebutuhan.
  • Klik menu Home.
  • Klik tombol Change case berupa logo Aa.
  • Kamu akan melihat pilihan-pilihan ini: Sentence case, lowercase, uppercase, toggle case, serta Capitalize each word. Semuanya punya fungsi masing-masing, yaitu:
  • Sentence case: mengganti teks menjadi huruf besar pada awal kalimat saja.
  • Lowercase: mengganti semua huruf menjadi huruf kecil.
  • Uppercase: mengganti semua huruf menjadi huruf besar.
  • Toggle case: fitur ini mengganti teks menjadi huruf kecil pada tiap awal kata.
  • Capitalize each word: sesuai namanya, fitur ini mengganti teks menjadi huruf besar pada tiap awal kata.

Untuk mengganti huruf kapital menjadi huruf kecil, pilihlah fitur Lowercase. Ingat, sesudah selesai memakainya, jangan lupa menekan tombol yang sama untuk menonaktifkan fitur tersebut.

3. Nonaktifkan caps lock

Merasa ribet dengan metode-metode di atas? Gunakan saja cara sejuta umat. Nonaktifkan Caps lock dengan menekan tombol itu di sebelah kiri keyboard, tepatnya di bawah tombol Tab dan di atas tombol Shift. 

Beberapa merk komputer mempunyai semacam lampu kecil pada tombol tersebut. Misalnya: laptop Lenovo. Bila kamu menekan tombol Caps lock dan lampunya menyala, berarti kamu tengah mengaktifkan Caps lock. Huruf-huruf yang diketik otomatis akan menjadi huruf kapital semua.

Baca Juga:  Cara Menampilkan Ruler di Word dan Fungsinya

Namun, bila kamu menekan tombol yang sama lagi dan lampunya mati, berarti kamu telah menonaktifkan Caps lock. Untuk komputer yang tombolnya tidak seperti ini, mau tidak mau kamu harus mengecek dengan mengetikkan huruf-huruf pada layar di Word.

Selain di Word, kamu juga bisa menggunakan cara ini di Microsoft Office 365. Intinya, cara ini paling mudah diingat oleh banyak orang. Kamu mungkin sudah sekian kali melakukannya sebelum membaca artikel ini.

Kesimpulan:

Dari semua cara mengubah huruf kapital menjadi huruf kecil di Word, mana yang paling benar? Tidak ada yang paling benar. Semua tergantung dengan kenyamanan masing-masing. Yang pasti, kamu bisa mendapatkan huruf kecil sesuai keinginan kamu saat mengerjakan apa pun di Microsoft Word.

Leave a Comment