4 Cara Membuat Garis di Word dengan Praktis

Membuat garis tidak hanya diperlukan untuk mempercantik dokumen Word, tetapi terkadang penting juga untuk memperjelas pesan yang ingin disampaikan. Misalnya, untuk membuat bagan atau diagram yang memperjelas isi. Namun, tahukah kamu cara membuat garis di Word?

Membuat garis di perangkat lunak ini sebenarnya tidaklah terlalu susah. Bahkan, ada empat cara yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan yang menurut kamu paling mudah. 

Selain membuat garis, artikel ini juga akan menyediakan cara untuk mengubah format, bentuk, atau warna garis. Jadi, dokumen kamu akan tampak lebih menarik dan makin mudah dipahami pembaca.

Menggunakan Keyboard

Cara Membuat Garis di Word
Sumber : Voi

Cara membuat garis di Word yang pertama cukup sederhana karena kamu hanya perlu menggunakan tombol yang ada pada keyboard. Tombol yang berbeda akan memberikan hasil garis yang berbeda pula. Nah, simak baik-baik perbedaannya berikut ini, ya!

1. Strip/hyphen (—)

Tekan tombol strip atau hyphen tiga kali, kemudian teken Enter. Cara ini akan menghasilkan garis lurus di dokumen kamu.

2. Garis bawah/underscore (___)

Letakkan tiga tanda garis bawah atau underscore, kemudian tekan Enter. Maka, yang muncul adalah garis lurus yang lebih tebal.

3. Sama dengan (===)

Masukkan tiga simbol sama dengan, kemudian tekan Enter. Cara ini akan menghasilkan garis ganda.

4. Simbol hash (###)

Jika kamu memasukkan tiga simbol hash dan menekan Enter, maka yang dihasilkan adalah garis rangkap tiga dengan garis tebal di bagian tengahnya.

5. Simbol asterisk (***)

Untuk membuat garis putus-putus atau titik-titik, maka yang kamu perlukan adalah tiga simbol asterisk, kemudian tekan Enter.

6. Simbol tildes (~~~)

Menariknya lagi, kamu ternyata juga bisa membuat garis bergelombang di Microsoft Word hanya dengan menggunakan tiga simbol tildes. Cukup ketik simbol tersebut kemudian tekan Enter.

Baca Juga:  Bikin Dokumen Rapi dan Gampang dibaca, Ini Dia Cara Mengatur Spasi di Word

Enam cara di atas bisa membantumu membuat garis dengan sangat cepat dan akurat. Jika kamu hanya perlu membuat garis horizontal sederhana di sepanjang dokumen, maka cara inilah yang paling tepat.

Baca Juga : 6 Cara Membuat Tabel di Word Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Menggunakan Insert Line

Cara Membuat Garis di Word
Sumber : Wikihow

Pada dokumen Word, garis biasanya ditambahkan untuk menghias heading atau subheading. Fungsinya adalah membuatnya tampak lebih menarik serta membantu memisahkan dokumen menjadi beberapa bagian yang dibutuhkan.

Selain menggunakan fungsi tombol keyboard di atas, cara membuat garis di Word yang tidak kalah praktis lainnya adalah dengan menggunakan insert line. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama, letakkan kursor pada area heading atau tempat kamu ingin menempatkan garis, lalu klik tab Home
  2. Selanjutnya, pilih kelompok tool Paragraph, dan klik menu drop down untuk border. Pilih Bottom Border untuk menambahkan garis di bawah Heading. Jika ingin menambahkan garis di atas Heading, maka pilih Top Border

Menggunakan Tool Horizontal Line

Cara Membuat Garis di Word
Sumber : Youtube

Word memiliki tool Horizontal Line yang memang digunakan unntuk membuat garis. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat garis lurus tersebut.

  1. Pertama, tempatkan kursor pada document Word di posisi yang kamu inginkan. Kemudian, pilih menu tab Home. Menu Home ini biasanya sudah otomatis terpilih karena berada di posisi paling ujung kiri. Namun, jika kamu sebelumnya sudah membuka fungsi tab lainnya, pastikan untuk kembali ke tab Home kembali.
  2. Selanjutnya, pilih kelompok tab Paragraph dan klik menu drop down Border dan pilih Horizontal Line
  3. Sebuah garis horizontal akan muncul di dokumen Word kamu. 

Tool ini biasanya memang memunculkan garis horizontal biasa. Namun, jangan khawatir, kamu juga bisa mengubah tampilan atau style garis tersebut sesuai keinginan.

Baca Juga:  4 Cara Memutar Gambar di Word dalam Hitungan Menit

Untuk mengubah tampilannya, klik dua kali pada garis tersebut dan sebuah kotak dialog bernama Format Horizontal Line akan muncul. Di kotak ini, kamu bisaa memilih ketebalan, tinggi, warna, dan posisi garis. 

Menggunakan Menu Shapes

Cara Membuat Garis di Word
Sumber : Panduan Microsoft Office

Cara membuat garis di Word selanjutnya adalah dengan menggunakan menu Shapes. Metode ini termasuk yang paling dasar karena pada dasarnya kamu menggambar garis di dalam dokumen Word. 

Menu Shapes punya banyak pilihan tool untuk menggambar garis. Salah satu contohnya adalah membuat garis dengan mata panah pada salah satu atau kedua ujungnya. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah mengubah tampilan dan warna garis tersebut.

Berikut ini panduan membuat garis menggunakan menu Shapes:

  1. Posisikan kursor di area yang diinginkan, kemudian pilih tab menu Insert
  2. Selanjutnya, klik panah drop down Shape yang ada di kelompok Illustration. Kamu akan melihat banyak pilihan bentuk di menu ini. Namun, untuk membuat garis, kamu perlu memilih menu Lines dan pilih salah satu bentuk yang dibutuhkan.
  3. Di dalam dokumen klik bentuk yang kamu pilih, kemudian tari di area yang diinginkan dengan oanjang sesuai kebutuhan.
  4. Garis lurus sudah terbentuk!

Setelah garis sudah terbentuk, kamu bisa mengubah format atau gaya garis dengan cara berikut ini: 

  1. Pertama, pilih dulu garis yang formatnya ingin kamu ubah. Selanjutnya, klik tab Format yang biasanya akan muncul di opsi tab paling kanan.
  2. Di tab ini, kamu bisa mengubah warna, gaya, dan bahkan menambahkan efek pada garis yang dipilih. 

Garis yang dibuat melalui menu Shapes lebih mudah diatur panjangnya. Akan tetapi, akan sulit membuat garis lurus begitu saja dengan metode ini. Kamu bisa menekan tombol Shift sambil menarik garis jika ingin membuat garis yang benar-benar lurus baik secara vertikal maupun horizontal.

Baca Juga:  2 Cara Membuat Struktur Organisasi di Word, Gampang Banget!

Nah, itulah tadi empat cara membuat garis di Word yang cukup sederhana dan mudah dibuat. Tidak sekadar membuat garis lurus, mengubah warna, bentuk, format, dan posisi garis juga bisa dengan mudah dilakukan dengan tool Format yang sudah tersedia.

Leave a Comment