Cara Mengubah PDF ke Word Menggunakan PC Desktop dan Smartphone

Microsoft Word adalah aplikasi yang mempunyai fitur lengkap berkaitan dengan pembuatan maupun pengeditan dokumen. Oleh karena itu, banyak orang memilih untuk menggunakan format Word ketika mengedit dokumen. Berkaitan dengan hal ini, tak heran banyak orang yang ingin mengetahui cara mengubah PDF ke Word yang benar. 

Cara mengubah file PDF menjadi Word sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa menemukan berbagai tool online dan offline yang tersedia. Tooltool tersebut bisa pula kamu akses menggunakan perangkat desktop dan mobile. Hanya saja, tidak semuanya mampu memberikan hasil konversi yang memuaskan. 

Permasalahan yang Kerap Muncul saat Konversi PDF ke Word

Cara Mengubah PDF ke Word
Sumber: xelplus.com

Terkait proses konversi file PDF ke Word, terdapat beberapa permasalahan yang kerap terjadi, antara lain adalah: 

1. Permasalahan Font

Tool konversi PDF ke word biasanya menggunakan teknologi optical character recognition (OCR). Teknologi ini bekerja dengan mengenali huruf dan bentuk dan selanjutnya mengubahnya menjadi berbagai jenis font. Hanya saja, tidak semua tool OCR mampu mengenali setiap font. 

Ketika menggunakan font yang umum seperti Times New Roman 12, kamu tidak akan mengalami banyak permasalahan. Namun, lain halnya kalau kamu memakai font yang tidak lazim. Tak menutup kemungkinan hasil konversi tidak akan mampu menampilkan font sesuai file asli. 

2. Kesalahan Penulisan Huruf dan Angka

Selain kesalahan dalam pengenalan font, kamu bisa pula menjumpai error pada huruf dan nomor tertentu. Sebagai contoh, huruf “O” dikenali sebagai angka “0”. Sementara itu, huruf “I” dapat pula disalah artikan sebagai angka “1”. Demikian pula huruf “b” yang bisa diartikan menjadi angka “6”.

Karena kesalahan dalam pengenalan huruf dan angka tertentu, tak heran kalau berkas Word yang dihasilkan jadi berantakan. Alhasil, kamu perlu melakukan pengecekan ulang untuk memeriksa apakah ada kesalahan penulisan atau tidak. 

3. Format Tulisan yang Error

Dalam sebuah dokumen PDF, kamu tentu akan menjumpai pemakaian format tulisan dengan bold, underline atau italics. Penggunaan format tersebut mempunyai tujuan masing-masing. Sebagai contoh, penggunaan huruf bold adalah untuk menonjolkan frasa tertentu dalam sebuah paragraf.

Ketika mencoba cara mengubah PDF ke Word, bisa jadi format yang telah ada di berkas asli tidak muncul secara sempurna. Kalimat yang seharusnya italics, bold, ataupun underline, menjadi kalimat biasa tanpa format khusus. 

4. Paragraf yang Berantakan

Masalah yang kerap terjadi ketika mencoba cara mengubah PDF ke Word adalah tampilan paragraf menjadi berantakan. Jarak antara setiap kolom dan baris pada file PDF kerap terlihat jauh berbeda ketika diubah ke Word. Demikian pula pada pengaturan margin. Kamu pun perlu mengalokasikan waktu cukup banyak untuk mengaturnya kembali menjadi paragraf yang rapi. 

Baca Juga:  Cara Membuat Mind Mapping di Word yang Efektif dan Mudah

5. Tampilan Grafis yang Rusak

Konversi file PDF yang disertai gambar ke Word kerap mengalami permasalahan. Gambar dalam bentuk grafik, ilustrasi, dan visual lain kemungkinan tidak akan terkonversi dengan baik. Dalam berbagai kejadian, kamu akan menjumpai ada bagian gambar yang terpotong atau terlihat memiliki ukuran berbeda. 

Cara Mengubah PDF ke Word Secara Offline Tanpa Harus Merusak Format Tulisan

Cara Mengubah PDF ke Word
Sumber: youtube.com/@Gadgets360

Cara mengubah PDF ke Word secara rapi tanpa harus merusak format sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa melakukannya cukup dengan menggunakan aplikasi yang biasanya telah terinstal di perangkat komputer, yaitu: 

1. Microsoft Word

Metode pertama yang bisa kamu praktikkan dengan sangat mudah adalah menggunakan aplikasi Microsoft Word. Langkah-langkah konversi file dari PDF ke Word melalui aplikasi buatan Microsoft ini sangat mudah. Kamu bisa menyelesaikannya dalam hitungan detik dan hasil dokumen akan terlihat memiliki format yang sama dengan berkas asli. 

Cara mengubah PDF ke Word via Microsoft Word bisa kamu lakukan dengan 2 metode, yaitu: 

Text from File

Cara pertama adalah dengan memanfaatkan fitur Text From File di Microsoft Word. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Jalankan aplikasi Microsoft Word di komputer
  2. Buka opsi tab Insert > Object > Text from File
  3. Selanjutnya, kamu tinggal membuka file PDF yang ingin dikonversi
  4. Aplikasi Microsoft Word pun akan menampilkan file PDF
  5. Untuk mengubahnya menjadi format Word, kamu bisa menyimpan berkas tersebut dengan format docx

Open File

Kalau kamu menggunakan aplikasi Microsoft Word terbaru, tersedia cara mengubah PDF ke Word yang lebih mudah. Kamu hanya perlu membuka file PDF yang ingin dikonversi lewat aplikasi Microsoft Word. 

Selanjutnya, aplikasi akan menampilkan isi dari file PDF yang ingin kamu ubah. Kamu pun tinggal menyimpan file tersebut sehingga menjadi format Word. 

Klik Kanan

Untuk pilihan cara yang lebih praktis, kamu bisa memanfaatkan fitur klik kanan. Langkah-langkahnya sederhana, yakni:

  1. Buka folder tempat penyimpanan file PDF
  2. Klik kanan pada file PDF
  3. Pilih opsi Open With dan tekan Microsoft Word
  4. Aplikasi Microsoft Word akan menampilkan notifikasi yang menginformasikan adanya proses konversi file PDF. Klik OK untuk mengubah file tersebut menjadi Word
  5. Selanjutnya, simpan file hasil konversi dengan ekstensi docx atau format file Microsoft Word

2. Adobe Acrobat

Selain menggunakan Microsoft Word, ada pula alternatif mengubah PDF ke Word offline dengan memakai aplikasi Adobe Acrobat. Aplikasi ini memiliki fungsi utama untuk membuka berkas PDF. Namun, kamu bisa pula menjadikannya sebagai solusi cara mengubah PDF ke Word. 

Baca Juga:  Ganti Kata dengan Cepat, Ini Cara Replace di Word

Adobe Acrobat menyediakan fitur lengkap yang bisa membantu kamu dalam mengolah file dengan format PDF. Selain bisa mengubah PDF ke Word, software ini bisa pula kamu pakai untuk keperluan lain, termasuk di antaranya adalah:

  1. Konversi PDF ke PPT
  2. Konversi PDF ke JPG
  3. Konversi PDF ke Excel
  4. Tanda tangan dokumen PDF secara elektronik
  5. Konversi Word ke PDF
  6. Konversi PPT ke PDF
  7. Konversi Excel ke PDF
  8. Dan banyak lagi yang lain

Untuk melakukan konversi PDF ke Word via Adobe Acrobat, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

  1. Jalankan aplikasi Adobe Acrobat di komputer. Kalau belum mempunyai aplikasi ini, kamu bisa menginstalnya dulu
  2. Kalau Adobe Acrobat sudah terinstal, buka file PDF yang ingin kamu ubah menjadi dokumen Word
  3. Klik pada menu File and Export
  4. Pilih format “Microsoft Word Document”  
  5. Klik Settings lalu buka Layout Settings. Terdapat dua pilihan di situ. Untuk mempertahankan layout file hasil konversi, pilih opsi “Retain Page Layout”
  6. Kalau file PDF yang kamu ubah mempunyai gambar, centang opsi Include Images dan klik OK 
  7. File PDF sudah berhasil dikonversi menjadi format sesuai aplikasi Microsoft Word dengan tampilan sesuai berkas asli

Cara Mengubah PDF ke Word Secara Online Tanpa Merusak Format Tulisan

Cara Mengubah PDF ke Word
Sumber: play.google.com

Selain menggunakan teknik offline, kamu bisa pula melakukan konversi file dari format PDF ke Word secara online. Dalam proses konversi secara online, kamu bisa melakukannya dari mana saja dan menggunakan berbagai perangkat. Selain itu, kamu tidak perlu menginstal aplikasi tertentu. 

Ada beberapa metode cara mengubah PDF ke Word secara online yang bisa kamu coba, antara lain: 

1. Menggunakan Google Drive

Kamu mungkin mengenal Google Drive sebagai layanan penyimpanan berbasis awan gratis dari Google. Kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan berbagai jenis file dan mengaksesnya dari mana saja. Kapasitasnya juga sangat besar, mencapai 15 GB. 

Namun, tahukah kamu kalau Google Drive juga bisa menjadi solusi untuk cara mengubah PDF ke Word. Tahapan yang perlu kamu ikuti untuk melakukannya juga sangat mudah, yakni sebagai berikut: 

  1. Siapkan berkas PDF yang ingin kamu ubah ke format Word
  2. Sediakan koneksi internet yang andal. Kamu bisa menggunakan jaringan internet WiFi di rumah atau memakai smartphone
  3. Buka aplikasi Google Drive di smartphone atau akses halaman Google Drive menggunakan aplikasi browser
  4. Unggah file PDF yang ada di smartphone atau komputer ke Google Drive
  5. Kalau file PDF sudah terunggah ke Google Drive, buka file tersebut
  6. Kamu akan mendapati file terbuka di Google Docs. Dalam tahapan ini, proses konversi file dari PDF ke Word sudah selesai. Kamu tinggal menutup Google Docs dan hasil konversi file PDF sudah tersimpan di Google Drive
Baca Juga:  Nggak Sulit, Ini Cara Menghilangkan Header di Word

2. Tool Konverter PDF ke Word

Selain menggunakan Google Drive, kamu bisa pula memanfaatkan tool konverter PDF ke Word di internet. Berbeda dengan Google Drive, tooltool tersebut mempunyai fungsi secara khusus sebagai solusi cara mengubah PDF ke Word.  Beberapa tool tersebut antara lain adalah:

  1. Small PDF
  2. I Love PDF
  3. PDF to DOC
  4. SodaPDF

Kamu bisa memilih salah satu dari berbagai opsi tool konverter PDF ke Word tersebut. Sebagai contoh, kamu memilih Small PDF yang layanannya bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu bisa mengakses Small PDF melalui website atau menggunakan aplikasi di smartphone

Fitur yang bisa kamu temukan di Small PFD sangat banyak. Selain konversi PDF ke Word, tool ini bisa pula melakukan perintah kebalikannya seperti mengubah PDF ke Word, juga dapat membantu kamu untuk mengompres file PDF, menggabungkan beberapa file PDF, mengedit PDF, dan banyak lagi yang lain. 

Cara mengubah PDF ke Word menggunakan tool online Small PDF sangat mudah. Kamu bisa melakukannya tanpa perlu registrasi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

  1. Buka halaman website Small PDF
  2. Klik pada pilihan PDF ke Word
  3. Untuk melakukan konversi file, kamu bisa menekan tombol Pilih File. Cara lain, kamu bisa menyeret file menggunakan mouse ke kotak biru yang ada di layar
  4. Selanjutnya, sistem akan melakukan pemindaian secara otomatis
  5. Di layar, kamu akan menemukan opsi cara penggunaan Small PDF, yakni tanpa OCR dan dengan OCR. Opsi dengan OCR menawarkan fitur lebih canggih karena bisa memindai gambar. Sebagai catatan, opsi dengan OCR hanya bisa kamu dapatkan ketika mempunyai paket berlangganan premium di Small PDF. Pilih salah satu
  6. Sistem akan memulai proses konversi. Tunggu sampai selesai
  7. Kalau proses konversi sudah selesai, kamu bisa mengunduh file dengan format docx

Nah, itulah berbagai pilihan cara mengubah PDF ke Word yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa memilih untuk melakukannya secara online maupun offline.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya.

Leave a Comment