5 Cara Membuat Grafik di Word dengan Berbagai Perangkat

Ingin membuat laporan pekerjaan atau skripsi kamu terlihat lebih menarik dan informatif? Kamu bisa menggunakan grafik untuk menampilkan data dalam laporanmu. Nah, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara membuat grafik di word?

Membuat grafik di word merupakan salah satu skill yang harus kamu miliki, baik sebagai pelajar/ mahasiswa mau pun pekerja kantoran. Untuk bisa memvisualisasikan data ke dalam grafik, kamu perlu memahami pengetahuan dasar tentang grafik terlebih dahulu.

Yuk, pelajari tentang grafik dan cara membuat grafik di word untuk berbagai perangkat dalam artikel ini!

Pengertian Grafik

Cara Membuat Grafik di Word
Sumber: support.microsoft.com

Grafik adalah struktur atau kumpulan data dari beberapa tabel yang divisualisasikan atau direpresentasikan secara grafis. Representasi grafis ini dibentuk oleh simbol-simbol, seperti garis dalam bagan garis, irisan dalam bagan pai/ lingkaran, batang dalam bagan batang, dan lain sebagainya.

Melalui grafik, kamu dapat menunjukkan hubungan suatu informasi  dengan informasi lainnya. Misal, hobi dengan usia, jenis kelamin dengan pekerjaan, dan berbagai informasi lainnya.

Jenis-Jenis Grafik di Microsoft Word

Sejatinya, ada banyak jenis grafik dalam microsoft word, antara lain:

  1. Grafik statistik: grafik yang digunakan untuk visualisasi data dalam bidang statistik.
  2. Grafik logaritma: grafik yang digunakan untuk menggambarkan fungsi logaritma. Biasanya digunakan dalam ilmu matematika.
  3. Grafik trigonometri: grafik yang digunakan untuk menggambarkan fungsi trigonometri, seperti fungsi sinus, cosinus, tangen, cotangen, secan, dan cosecan.
  4. Grafik eksponensial: merupakan grafik dengan bentuk naik turun yang monoton.
  5. Grafik distribusi frekuensi: merupakan grafik yang merepresentasikan data atau informasi dalam tabel distribusi frekuensi.

Dari ke lima jenis grafik di atas, grafik statistik adalah grafik yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Statistik tersebut disajikan dalam bentuk sebagai berikut:

1. Grafik Lingkaran

Data yang menggunakan grafik lingkaran biasanya adalah tabel satu arah. Proporsi data numerik pada diagram lingkaran dibagi-bagi dalam beberapa irisan sesuai kuantitas yang diwakilinya dan ditampilkan dalam persentase. Grafik ini juga disebut sebagai pie chart, karena bentuknya seperti pai yang diiris-iris.

Dulu, grafik lingkaran banyak digunakan dalam bisnis dan media. Namun, kini penggunaannya mulai ditinggalkan. Meski memiliki tampilan yang menarik dan mudah dibaca, tapi grafik lingkaran tidak bisa digunakan untuk membandingkan data dari grafik lingkaran yang berbeda.

2. Grafik Batang

Grafik batang menyajikan data dalam bentuk batang persegi panjang yang tinggi atau panjangnya sesuai dengan kuantitas yang diwakilinya. Grafik ini dapat diposisikan vertikal atau horizontal.

Grafik batang memiliki banyak bentuk, dapat digunakan untuk membuat grafik perbandingan dari berbagai kategori, dan menampilkan lebih banyak informasi. Jadi, tidak heran jika grafik ini kini lebih banyak digunakan dibanding jenis grafik lainnya.

3. Grafik Garis

Pada grafik garis, titik tengah suatu data dengan data lainnya dihubungkan oleh sebuah garis lurus. Grafik ini biasanya digunakan untuk menyajikan data perkembangan sebuah tren dalam kurun waktu tertentu.

Baca Juga:  Cara Download Microsoft Word di Laptop, Mulai Gratis hingga Berbayar, Legal!

4. Grafik Radar

Grafik radar merupakan grafik yang digunakan untuk menampilkan data multivariat. Misal, untuk mengevaluasi kualitas, kuantitas, harga, dan fleksibilitas dari beberapa supplier. Data disajikan dalam grafik radar berupa bagan dua dimensi dari tiga atau lebih variabel yang ingin dievaluasi.

5. Grafik Titik

Cara kerja grafik titik kurang lebih sama dengan grafik garis, yaitu untuk melihat tren. Hanya saja, grafik ini lebih cocok digunakan untuk melihat sebaran data kelompok yang lebih luas.

Cara Membuat Grafik di Microsoft Word dengan Berbagai Perangkat

Cara Membuat Grafik di Word
Sumber: lifewire.com

Setelah mengetahui seluk beluk tentang grafik, sekarang saatnya kamu belajar cara membuat grafik di word.

Cara Membuat Grafik di Word

Secara umum, membuat grafik di word ini sangat mudah. Kamu bisa langsung mengimpor data dari file excel dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka dokumen yang ingin diberi grafik.
  • Klik pada tab “Insert” dan pilih “Chart”.
  • Pilih bentuk grafik yang ingin kamu gunakan, kemudian klik “OK”.
  • Di bawah grafik yang muncul, akan ada tabel atau spreadsheet dengan keterangan “Chart in Microsoft Word”. Masukkan data yang ingin dibuat grafiknya pada tabel tersebut. Sebagai catatan, yang muncul pada grafik nantinya hanyalah data di kotak biru. Jika kamu ingin mengurangi atau menambah rentang data, klik dan tarik sudut bawah kotak biru secara manual.
  • Jika sudah selesai input data, klik tanda “X” pada sudut kanan atas spreadsheet.

Jika kamu ingin menyesuaikan tampilan grafik yang sudah dibuat, gunakan ikon-ikon di sebelah kanan grafik yang fungsinya sebagai berikut:

  • Chart Elements

Digunakan untuk memformat, menampilkan, menyembunyikan, mengurangi, atau menambahkan unsur-unsur tertentu pada grafik. Misal, menambahkan garis bantu.

  • Chart Filter

Digunakan untuk mengatur atau mengubah data, sesuai kebutuhan masing-masing orang yang melihat grafik tersebut tanpa harus membuat grafik terpisah.

  • Layout Option

Digunakan untuk memilih cara menyesuaikan teks dengan bentuk bagan dalam grafik. Misal, meletakkan grafik di atas teks, di dalam teks, atau di antara teks. Icon layout ini berbentuk tanda (+).

  • Style

Merupakan icon berbentuk kuas yang digunakan untuk mengubah tampilan grafik, misal warna atau temanya.

  • Values

Fitur ini digunakan untuk menambahkan atau mengurangi fitur pada grafik.

Mudah bukan? Namun, cara membuat grafik di word ini bisa berbeda-beda, tergantung perangkat yang kamu gunakan. Oleh karena itu, mari kita bahas lebih lanjut mengenai cara membuat grafik dalam berbagai perangkat.

Cara Membuat Grafik di Word untuk Windows

Cara membuat grafik di Word untuk Windows ini kurang lebih sama dengan langkah membuat grafik di atas. Jika dirangkum, kurang lebih seperti ini:

  • Klik tab “Insert” pada dokumen yang kamu buka, kemudian pilih “Chart
  • Pilih jenis grafik yang diinginkan, klik dua kali pada grafik tersebut
  • Masukkan data pada spreadsheet yang muncul di bawah grafik. 
  • Beri nama kategori dan tutup spreadsheet.
Baca Juga:  Begini Cara Hapus Section Break di Word

Jika ingin mengubah data pada grafik, kamu bisa klik menu “Edit Data” yang ada di sebelah kanan atas. Namun, jika ingin menukar posisi chart pada grafik, pilih menu “Switch Row/ Column”.

Cara Membuat Grafik di Word untuk Macbook

Jika sudah menguasai cara membuat grafik di Word untuk Windows, maka kamu pun bisa membuat grafik versi Macbook dengan mudah. Berikut langkah-langkah membuat grafik di Word versi Macbook:

  • Buka dokumen yang akan digunakan untuk membuat grafik.
  • Klik pada tab menu “Insert”, kemudian pilih ikon “Ilustration” dan klik “Chart”.
  • Jika tidak menemukan ikon “Ilustration” pada versi Word di Macbook, kamu bisa buka tab “Insert”, kemudian klik ikon “Chart”, dan buka “Dialog Window”.
  • Lanjutkan langkah pembuatan grafik seperti pada proses pembuatan grafik di Windows.

Cara Membuat Grafik Menggunakan iPhone atau Android

Pada dasarnya, kamu tidak dapat membuat grafik secara langsung melalui aplikasi Word di iPhone maupun Android. Hanya saja, kamu bisa menggunakan Excel untuk membuat grafik terlebih dahulu, baru kemudian mengcopynya ke dokumen Word. Terlihat ribet, ya? Jangan khawatir, ini mudah kok! Kamu bisa ikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi Excel dan pilih workbook dengan template sesuai data yang kamu inginkan.
  • Block atau soroti grafik yang ingin di-copy, kemudian klik salin.
  • Masuk ke aplikasi Word dan pilih dokumen lama atau baru yang diinginkan, kemudian klik “Tempel”.

Cara Membuat Grafik di Word secara Online

Kamu bisa membuat grafik secara online menggunakan Microsoft Word versi web gratis. Hanya saja, data yang bisa dibuat atau diedit hanyalah dokumen lama. Kamu tidak bisa membuat grafik dengan dokumen baru. Untuk cara pembuatannya sendiri sama seperti cara membuat grafik di Word secara online melalui Windows.

Cara Mengatur Tampilan Grafik di Microsoft Word

Cara Membuat Grafik di Word

Saat membuat grafik di Word, terkadang ada beberapa bagian yang tidak sesuai atau tampilannya perlu diatur. Nah, berikut beberapa tips mengatur grafik sesuai kebutuhan.

Mengubah jenis grafik

Jika kamu merasa grafik yang dibuat sebelumnya kurang cocok, kamu bisa mengubahnya dengan jenis grafik yang lain. Sebagai contoh, kamu ingin mengubah grafik batang menjadi grafik garis, begini caranya:

  • Pilih grafik yang ingin diubah dalam dokumen Word.
  • Tab menu akan muncul di bagian atas dokumen. Pilih tab “Design”, kemudian klik “Change Chart Type”.
  • Pilih grafik pengganti yang kamu inginkan, kemudian klik “OK”.
  • Grafik baru yang kamu pilih akan muncul.
Baca Juga:  3 Cara Menghilangkan Garis Biru di Word, Praktis dan Cepat!

Memutar data baris dan kolom data

Jika kamu ingin mengubah cara mengelompokkan data pada grafik, maka kamu bisa memutar atau menukar posisi baris dan kolom pada data spreadsheet. Begini caranya:

  • Pilih grafik yang ingin kamu ubah cara pengelompokan datanya.
  • Muncul tab menu pada bagian atas, pilih tab “Design”. Kemudian klik “Edit Data” pada kelompok data.
  • Klik grafik untuk memilih ulang grafik yang hendak dibuat, kemudian pilih perintah “Switch Row/ Column”.
  • Posisi baris dan kolom berhasil ditukar.

Mengubah letak grafik

Mengubah letak grafik akan mempengaruhi susunan beberapa elemen, seperti judul, label, dan beberapa elemen lainnya. Oleh karena itu, ketika mengubah tata letak grafik, kamu juga perlu mempertimbangkan tata letak elemen-elemen dalam grafik. Berikut langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengubah letak grafik:

  • Pilih grafik yang ingin diubah tata letaknya.
  • Pilih perintah “Quick Layout” pada tab menu yang muncul di atas dokumen.
  • Muncul menu drop-down, pilih layout atau tata letak grafik yang kamu inginkan.
  • Grafik berhasil diperbaharui sesuai layout yang kamu pilih.

Apabila kamu tidak menemukan tata letak grafik yang diinginkan, kamu bisa mengaturnya atau menambah elemen grafik sendiri. Pilih perintah “Add Chart Element” pada menu tab “Design”. Tambahkan title axes, gridlines, dan elemen grafik lainnya sesuai kebutuhan. Klik pada area elemen untuk mengisi placeholder atau judul grafik/ axes.

Mengubah gaya grafik

Ingin mengubah desain, tampilan, warna, gaya, dan unsur-unsur lainnya dalam grafik? Lakukan langkah berikut:

  • Buka dokumen dan pilih grafik yang ingin diubah tampilannya.
  • Pilih tab menu “Design”, kemudian klik panah drop-down more yang ada di “Chart Styles”.
  • Pilih gaya atau style grafik baru yang kamu inginkan.
  • Tampilan grafik yang baru pun berhasil diterapkan.

Selain cara di atas, kamu juga bisa menggunakan cara kustomisasi yang lebih cepat. Caranya, gunakan shortcut atau ikon yang ada di sebelah kanan grafik. Kamu bisa menyesuaikan elemen, layout, warna atau tema desain grafik, hingga memfilter data yang bisa dilihat oleh orang-orang tertentu.

Nah, demikian cara membuat grafik di word yang bisa kamu pelajari dan dipraktekkan sendiri di berbagai perangkat. Ingin tahu tips dan fitur Word lainnya? Kamu bisa belajar di Microsoftword.id. Kunjungi websitenya sekarang juga dan dapatkan ilmu tentang Microsoft Word yang kamu butuhkan!

1 thought on “5 Cara Membuat Grafik di Word dengan Berbagai Perangkat”

Leave a Comment