Cara Menghapus Tabel di Word Jika Tidak Dibutuhkan

Tabel memiliki peran sangat penting dalam sebuah dokumen. Fitur ini memiliki fungsi bermacam-macam, tetapi pengguna Microsoft Word tidak bisa terhindar dari kebutuhan untuk menghapus tabel karena suatu hal. Masalahnya, beberapa pengguna masih belum mengetahui cara menghapus tabel di Word dengan benar.

Salah satu hal yang mengharuskan penulis menghapus tabel yang sudah dibuat adalah informasi yang kurang cocok dengan tabel. Saat membuat tabel, kamu mungkin berpikir kalau sebuah informasi mungkin akan terlihat bagus jika disajikan dalam tabel. Namun, ternyata tabel tersebut menyebabkan ketidakjelasan informasi sehingga harus dihapus.

Apa Kegunaan Tabel di Word?

Cara Menghapus Tabel di Word
Sumber : Youtube

Sebelum membahas cara menghapus tabel di Word, kamu perlu memahami fungsi dari tabel untuk sebuah dokumen. Tabel digunakan untuk mengelompokkan informasi dengan singkat dan jelas. Dengan menggunakan tabel, dokumen dapat terlihat lebih menarik untuk dibaca dan juga dapat mempercepat waktu membaca.

– Pengelompokan Informasi

Karena tabel tersusun dari sejumlah baris dan kolom, data atau informasi yang akan ditulis dapat tersusun dengan rapi sesuai dengan klasifikasi yang diinginkan. Kamu dapat menggunakan satu kolom untuk satu kelompok data dan kolom lain untuk kelompok berikutnya.

– Kemudahan Pemahaman Dokumen

Tabel memungkinkan sebuah data pada dokumen terlihat lebih jelas dan singkat. Pembaca akan lebih tertarik untuk membaca sebuah informasi menggunakan tabel daripada harus membaca tulisan yang panjang. Oleh karena itu, pembaca tentu akan lebih mudah untuk memahami dokumen tersebut.

– Efisiensi Waktu

Membaca sebuah dokumen penting dapat memakan waktu yang mungkin tidak sedikit. Karena tabel menyajikan informasi yang lebih singkat dan mudah dipahami, waktu yang digunakan pembaca untuk membaca dokumen tersebut akan berkurang secara signifikan.

Baca Juga:  7 Cara Membuka Word yang Terkunci dengan Mudah dan Cepat

Cara Menghapus Tabel di Word Sesuai Kebutuhan

Cara Menghapus Tabel di Word
Sumber : Youtube

Saat menulis dokumen yang mengandung tabel, terkadang akan ada kesalahan yang mengharuskan penulis untuk menghapus tabel tersebut. Jika kesalahan terletak pada tulisan, tombol “backspace” atau “delete” pada keyboard dapat digunakan, tetapi tombol tersebut mungkin tidak efektif untuk tabel.

Inilah cara menghapus tabel di Word!

Cara Menghapus Tabel  Secara Keseluruhan

Ketika ada kesalahan, terkadang tidak hanya tabel yang perlu dihapus, tetapi juga isi yang ada di dalamnya. Daripada harus menghapus satu per satu, menghilangkan tabel sekaligus dengan seluruh isinya dapat dilakukan dengan dua cara.

Cara menghapus tabel di Word secara keseluruhan yang pertama adalah dengan menggunakan tanda “+” yang terletak di ujung kiri atas tabel.

  • Klik tanda “+” pada tabel yang akan dihapus.
  • Akan muncul jendela kecil yang berisi berbagai opsi.
  • Pilih opsi “Delete” atau “Hapus” kemudian klik “Delete Table” atau “Hapus Tabel.”

Di beberapa kasus, jendela kecil tidak muncul setelah tanda “+” diklik atau tidak ada opsi “Delete” pada jendela tersebut. Jika itu yang terjadi, kamu bisa menggunakan cara selanjutnya yaitu dengan memblok tabel.

  • Blok keseluruhan tabel yang akan dihilangkan.
  • Setelah itu, klik tab “Layout” atau “Tata Letak” yang ada di bagian atas Microsoft Word.
  • Terdapat opsi “Delete” seperti cara sebelumnya, dan pilihan “Delete Table” dapat dipilih.

Untuk cara kedua ini, kamu juga bisa klik kanan pada tabel yang sudah diblok untuk langsung memunculkan pilihan “Delete Table” atau “Hapus Tabel.”

Menghilangkan Salah Satu Baris Atau Kolom Pada Tabel

Salah satu hal yang cukup sering terjadi saat membuat tabel adalah jumlah baris atau kolom yang terlalu banyak. Jika itu terjadi, kamu tidak perlu menghapus seluruh tabel dan mengulangi pembuatan dari awal karena ada cara menghapus tabel di Word dengan lebih efisien.

Baca Juga:  4 Cara Menyatukan File Word Tanpa Copy Paste, Yuk Simak!

Berikut adalah langkah-langkah menghilangkan baris tertentu pada tabel:

  • Hampir sama dengan cara kedua untuk penghapusan seluruh tabel, langkah pertama menghapus salah satu baris adalah memblok baris tersebut.
  • Setelah baris diblok, akan muncul jendela kecil dengan opsi “Delete” atau “Hapus.”
  • Klik opsi tersebut, lalu pilih “Delete Rows” atau “Hapus Baris.”
  • Jika opsi “Delete” tidak ada di jendela kecil yang muncul, buka opsi tersebut pada tab “Layout” atau “Tata Letak” dan pilih “Delete Rows.”

Selanjutnya, untuk menghapus kelebihan kolom, langkah yang harus kamu lakukan sama dengan cara menghapus salah satu baris. Perbedaan terletak pada pilihan “Delete Columns” atau “Hapus Kolom” yang diklik. Kesimpulannya “Delete Rows” untuk menghapus baris, sedangkan “Delete Columns” untuk menghapus kolom.

Menghapus Tabel di Word Tanpa Menghilangkan Tulisan di Dalamnya

Terkadang tabel hanya diperlukan untuk kerapian tulisan pada dokumen. Dengan hal ini, tabel perlu dihilangkan, tetapi isi yang ada di dalamnya harus tetap ada dan berada di posisi yang sama. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara menghapus tabel di Word dengan tidak menghilangkan tulisan di dalamnya.

Berikut adalah langkah-langkah menghapus tabel tanpa harus menghilangkan isi tabel:

  • Arahkan kursor pada tabel yang akan dihapus dan klik di sembarang tempat pada tabel tersebut.
  • Kemudian, buka tab “Layout” atau “Tata Letak” di bagian atas Microsoft Word.
  • Terdapat pilihan “Convert to Text” atau “Konversi ke Text” di bagian kanan tab, klik pilihan tersebut.
  • Akan muncul jendela kecil. Pilihlah “Tabs” lalu klik “OK”
  • Tabel akan langsung hilang, tetapi tulisan yang ada di dalamnya tetap di posisi yang sama.

Meskipun tidak sesimpel menghapus tulisan atau gambar yang dapat dihilangkan dengan tombol “backspace” atau “delete” pada keyboard komputer atau laptop, menghilangkan tabel tidak sesulit yang kamu kira. Kamu hanya perlu mengikuti cara menghapus tabel di Word yang ada, dan masalahmu akan hilang.

Baca Juga:  4 Cara Menengahkan Tulisan di Tabel Word dan Solusi Jika Eror

Leave a Comment