Mudah Banget, Ini Cara Membuat Nomor Halaman di Word!

Membuat nomor halaman di Word secara otomatis mungkin terlihat mudah, tetapi ternyata tidak semua orang mengetahui hal sederhana ini. Inilah mengapa banyak orang yang berburu informasi tentang cara membuat nomor halaman di Word yang mudah dipahami.

Word sendiri merupakan salah satu perangkat lunak milik Microsoft yang fungsi utamanya adalah membuat dokumen berupa tulisan. Word dilengkapi dengan berbagai fitur untuk menulis mulai dari memilih huruf sekaligus warna dan ukuran, memilih ukuran kertas, hingga menambahkan tabel atau grafis.

Sebenarnya, menambahkan nomor halaman juga termasuk fitur di Word. Namun, karena letaknya tidak terlalu terpampang, banyak orang yang kebingungan ketika harus menambahkan halaman pada dokumen yang sedang ditulis. 

Fungsi Nomor Halaman di Word

Cara Membuat Nomor Halaman di Word
Sumber: quora.com

Secara umum, fungsi nomor halaman di Word adalah untuk memudahkan pembaca mencari bagian dokumen yang ingin dilihat berdasarkan daftar isi. Dengan adanya nomor halaman, pembaca tidak perlu membuka semua halaman dan mengeceknya satu per satu untuk menemukan pembahasan yang sedang dicari.

Untuk lebih memahami hal ini, berikut ulasan lengkap tentang sejumlah fungsi nomor halaman:

Memberikan nomor pada halaman:

Fungsi utama dari penomoran halaman adalah memberikan nomor pada halaman. Penomoran halaman tentu akan membuat dokumen terlihat lebih rapi, terstruktur, dan mudah dibaca. Apalagi jika dokumen tersebut berupa buku, makalah, skripsi, dan tesis yang jumlah halamannya cukup banyak.

Mempermudah membuat daftar isi

Selain menomori halaman, fungsi lain dari Page Number adalah untuk memudahkan pembuat dokumen membuat daftar isi yang mencakup judul bab dan sub bab. Dengan adanya nomor halaman, kita tidak perlu repot menghitung setiap lembar dokumen. Mengingat keberadaan daftar isi dalam suatu dokumen cukup krusial, keberadaan Page Number atau nomor halaman tentu tidak kalah penting.

Mempermudah pencarian judul tertentu

Terakhir, fungsi nomor halaman adalah untuk memudahkan pembaca menemukan judul dan sub bab tertentu di suatu dokumen. Sebagaimana yang sempat dibahas sebelumnya, Page Number akan membuat kita lebih mudah menemukan pembahasan yang dicari tanpa repot membuka satu persatu halaman pada dokumen.

Seperti yang disebutkan di atas, nomor halaman pada Word biasanya dibutuhkan pada dokumen dengan jumlah halaman lebih dari 10 seperti buku atau makalah. Membuat nomor halaman mungkin bisa dilakukan secara manual di Word, tetapi ketika dicetak, peletakan nomor satu halaman dengan lainnya pasti tidak sama.

Apalagi jika kita menggunakan format angka selain latin seperti angka Romawi atau angka Arab. Inilah mengapa Word memiliki fitur menambahkan nomor halaman secara otomatis untuk memudahkan proses tersebut. 

Baca Juga:  Cara Print Hitam Putih di Word untuk Segala Jenis Printer

Tidak hanya memastikan posisi nomor di setiap halaman presisi, fitur ini juga bisa diaplikasikan pada setiap halaman secara langsung sehingga kita tidak perlu menomori setiap halaman satu per satu.

Fitur sederhana tetapi penting pada Word ini juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan halaman sesuai keinginan. Misalnya, menambahkan halaman berangka romawi sebelum halaman utama yang menggunakan angka latin, meletakkan nomor halaman di bagian yang tidak biasa (di pinggir atau tengah atas dokumen), dan masih banyak lagi.

Jika sudah mengetahui cara membuat nomor halaman di Word secara otomatis, kita tidak perlu repot lagi ketika membuat sebuah dokumen. Pekerjaan tentu bisa dengan cepat diselesaikan. Fitur ini juga sangat penting bagi pelajar dan mahasiswa yang hampir setiap hari mendapatkan tugas untuk membuat karya ilmiah atau jurnal.

Lalu, bagaimana langkah-langkah menambahkan nomor halaman di dokumen Word?

Cara Membuat Nomor Halaman Di Word

Cara Membuat Nomor Halaman di Word
Sumber: askalibrarian.csuohio.edu

Untuk menambahkan nomor halaman di Word secara otomatis, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Sebagai informasi, berikut ulasan lengkapnya!

Versi 2010

Word merupakan perangkat lunak yang memiliki beberapa versi. Setiap versi punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari versi yang ada, kebanyakan komputer atau laptop menggunakan versi 2010. Meskipun tidak terlalu modern, versi ini yang paling kompatibel dengan berbagai jenis prosesor.

Inilah mengapa pembahasan tentang cara membuat nomor halaman di Word versi 2010 termasuk banyak dibutuhkan. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  1. Pertama, buka file dokumen pada aplikasi Microsoft Word di PC atau laptop
  2. Kedua, pilih menu Insert di toolbar bagian atas halaman file yang tadi dibuka, setelah itu klik kiri pada menu Header and Footer
  3. Ketiga, setelah menu Header and Footer terbuka akan muncul kotak pilihan Insert Header and Footer dan opsi Page Number. Klik pilihan tersebut
  4. Keempat, begitu diklik pada layar akan muncul 6 opsi lain yaitu Top of Page (bagian atas dokumen), Bottom of Page (bagian bawah dokumen), Page Margins, Current Position, Format Page Number dan Remove Page Number. Pilihlah salah satu opsi agar nomor halaman bisa ditambahkan pada Word secara otomatis
  5. Untuk memilih letak nomor halaman yang diinginkan, kita bisa mengklik opsi Top of Page atau Bottom of Page. Untuk mengatur format nomor halaman, pilih Format Page Number, dan jika ingin menghapus nomor yang terlanjur ditambahkan tetapi tidak sesuai, pilih Remove Page Number
  6. Terakhir, jika sudah memilih opsi yang diinginkan selanjutnya tutup menu Header and Footer lalu lihat hasilnya. Jika belum sesuai, kita bisa menyuntingnya kembali. Jika sudah pas, klik menu Save atau Save As untuk menyimpan dokumen tersebut
Baca Juga:  Pemula Juga Bisa! Cara Membuat Stempel Hanya Pakai Word

Bagaimana, cukup mudah kan cara membuat nomor halaman di Word versi 2010 di atas? Cara ini juga bisa diaplikasikan pada Word 2010 yang ter-install di Linux. Untuk pengguna komputer Mac, langkah-langkah penomoran halaman di Word versi 2010 sedikit berbeda, yaitu:

  1. Pertama, buka halaman yang ingin diedit di Word pada komputer Mac kamu
  2. Kedua, pilih menu Header and Footer
  3. Ketiga, pilih Insert lalu Page Number setelah itu pilih model nomor halaman yang diinginkan
  4. Tidak lama, nomor halaman pun akan teraplikasikan di halaman Word yang sedang diedit

Bagi yang ingin menggunakan kode Field untuk menambahkan halaman di dokumen Word pada komputer Mac, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan yaitu:

  1. Pertama, klik dua kali pada menu Header and Footer lalu pilih menu Field
  2. Kedua, pilih Page pada daftar Field Name lalu klik OK
  3. Ketiga, ubah format penomoran dengan memilih Header Footer, Page Number, Allignment, lalu klik OK
  4. Keempat, tutup menu Header and Footer dan hasil penomoran halaman pun bisa terlihat di dokumen Word yang sedang disunting

Sebelum menutup halaman dokumen, pastikan untuk menyimpan dulu hasil edit supaya apa yang telah dilakukan tidak sia-sia. Cara membuat nomor halaman di Word versi 2010 di komputer Mac ini bisa diterapkan di hampir semua komputer Mac kamu. 

Membuat Nomor Halaman yang Berbeda

Beberapa dokumen seperti skripsi, tesis, dan jurnal biasanya menggunakan halaman berbeda di bagian awal dan bagian utama dokumen. Ada yang terletak di bagian tengah halaman untuk halaman pertama bab, kemudian tepi kanan atas atau bawah untuk halaman setelah cover

Terlihat rumit, sebenarnya hal ini bisa dilakukan secara otomatis di Word dengan mudah.  Sebagai referensi, berikut langkah-langkah membuat nomor halaman yang berbeda:

  1. Pertama, buka dokumen yang sedang dikerjakan
  2. Kedua, pilih menu Insert pada toolbar di bagian atas dokumen
  3. Ketiga, pilih menu Header and Footer lalu pilih fitur Page Number
  4. Keempat, pilih Bottom of Page. Untuk nomor halaman di bagian bawah tengah dokumen, selanjutnya klik opsi Plain number 2
  5. Kelima, klik dan centang menu Different First Page dan pilih Edit Header halaman kedua, Page Number, terakhir klik Top of Page untuk mengubah nomor halaman selanjutnya kembali ke bagian kanan.

Setelah mengaplikasikan langkah di atas, pastikan dokumen telah disimpan dengan mengklik menu Save atau Save As. Namun, sebelumnya cek dulu apakah nomor halaman sudah sesuai karena dalam sejumlah kasus terjadi eror pada cara membuat nomor halaman di Word  di atas.

Baca Juga:  2 Cara Membuat Tulisan Melengkung Di Word

Membuat Nomor Halaman dengan Angka Romawi

Beberapa dokumen biasanya menggunakan angka romawi sebagai nomor halaman. Untuk membuatnya secara otomatis di Word, langkah yang harus diikuti cukup mudah. Berikut beberapa tahapan membuat nomor halaman menggunakan angka romawi:

  1. Pertama, buka dokumen yang akan disunting
  2. Kedua, klik menu Insert pada toolbar bagian atas Word
  3. Ketiga, pilih menu Page Numbers kemudian akan muncul halaman Page Number Format. Ubah formatnya menjadi “i, ii, iii.” 
  4. Keempat, pastikan halaman pertama dimulai dengan angka satu romawi dengan mengubah format “ Start At:” menjadi “Start At: I”
  5. Setelah itu klik OK dan lihat perubahan yang dibuat. Jika dirasa sudah pas, klik Save atau Save As untuk menyimpan dokumen

Selain angka romawi, cara ini juga berlaku untuk angka lain jika kamu ingin membuat halaman dengan angka selain latin.

Membuat Nomor Halaman Tanpa Cover

Beberapa universitas ada yang menerapkan aturan bagian cover atau sampul skripsi dan tesis tidak menggunakan halaman. Meskipun kelihatannya sepele, nyatanya tidak semua orang tahu bahwa membuat nomor halaman tanpa mengikutsertakan bagian cover bisa dilakukan secara mudah di Word.

Akhirnya mereka membuat dua file dokumen berbeda yang salah satunya berisi cover saja. Jadi saat mencetak dokumen yang dibutuhkan, terjadi dua kali pencetakan dari dua file dokumen berbeda. Walaupun solutif, cara ini tentu tidak cukup efisien, karena kita harus menggabungkan file word yang berbeda. Daripada membuat dua file berbeda, ikuti cara membuat nomor halaman di Word tanpa menomori bagian cover secara otomatis.

Adapun langkah-langkahnya adalah:

  1. Pertama, buka halaman yang ingin disunting atau edit
  2. Kedua, klik menu Insert lalu pilih Page Number
  3. Ketiga, pilih menu Bottom of Page dan pilih Plain Number 2. Tidak lama kita akan melihat seluruh halaman dokumen terisi dengan nomor halaman termasuk bagian cover-nya
  4. Keempat, kembali buka menu Insert, lalu pilih Footer dan klik Edit Footer
  5. Kelima, beri tkamu centang pada opsi Different First Page. Begitu diaplikasikan, kembali keluar menu dan Kamu akan melihat bahwa sampul dokumen sudah tidak memiliki nomor halaman lagi
  6. Apabila ingin halaman cover dinomori 0 dan halaman berikutnya 1, maka setelah langkah yang kedua pilih Format Page Number lalu isi menu Start At dengan angka 0

Bagaimana, cara di atas jauh lebih efisien dan mempersingkat waktu bukan? Itulah ulasan tentang cara membuat nomor halaman di Word dengan mudah dan praktis. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment