7 Cara Membuat CV di Word Agar Menarik dan Dilirik HRD

Curriculum Vitae (CV) adalah salah satu syarat penting bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Bagian Human Resource Development (HRD) akan menganalisis apakah kamu layak diterima bekerja melalui kualitas CV yang kamu buat. 

Sayangnya, masih banyak pelamar kerja yang beranggapan kalau CV yang isinya panjang dan bertele-tele pasti lolos seleksi. Faktanya, CV seperti ini kebanyakan tidak dilirik. Lantas, bagaimana cara membuat CV di word agar menarik di mata HRD? Artikel kali ini akan membantu kamu.

Apa Itu CV dan Fungsinya?

7 Cara Membuat CV di Word Agar Menarik dan Dilirik HRD
Sumber: pix4free.org

CV disebut juga daftar riwayat hidup atau resume. Ini merupakan dokumen yang meringkas siapa diri kamu yang sebenarnya, apa saja pengalaman, kompetensi, dan pencapaian yang kamu miliki. CV juga harus bisa menggambarkan relevansi antara pencapaian dan pengalaman yang kamu miliki dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar, dan apakah kamu layak untuk menempati posisi tersebut.

Untuk menemukan karyawan yang tepat, perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan akan memanfaatkan kekuatan CV sebagai bahan evaluasi ketat. CV berbobot, ringkas, dan menarik akan memudahkan bagian HRD untuk memilih kandidat yang tepat untuk posisi jabatan yang dikehendaki perusahaan.

7 Tips Membuat CV di Word agar Menarik dan Lolos Seleksi HRD

Cara Membuat CV di Word
Sumber: youtube.com/@POWERPOINTUNIVERSITYINC

Kamu sudah melamar kerja ke sana sini tetapi belum juga lolos seleksi? Bisa jadi kesalahannya ada pada pembuatan CV yang kurang tepat. Tujuh tips berikut ini bisa jadi rekomendasi berguna untukmu. 

1. Pahami Dahulu Isi di Dalam CV

Fresh graduate biasanya masih bingung bagaimana cara membuat CV di word untuk keperluan melamar pekerjaan. Tahap pertama yang perlu kamu lakukan adalah pahami terlebih dahulu apa saja isi di dalam CV.

Biasanya, di dalam sebuah dokumen CV berisi beberapa data yang perlu kamu isi, antara lain:

  • Identitas diri: nama lengkap, nomor telepon, alamat, dan alamat email yang kamu miliki
  • Data pendidikan: jenjang pendidikan terakhir, jurusan yang diambil, serta nilai IPK yang berhasil kamu raih
  • Skill: daftar keterampilan apa saja yang dikuasai
  • Pengalaman: daftar pengalaman kerja yang kamu miliki, dan apa saja penghargaan yang sudah pernah kamu dapatkan
  • Pelatihan: daftar training atau pelatihan apa saja yang sudah pernah kamu ikuti, minimal selama dua atau tiga tahun terakhir
  • Informasi tambahan: apa saja hobi yang kamu kuasai, serta apa saja kelebihan yang kamu miliki yang relevan dengan posisi pekerjaan yang ingin kamu lamar

2. Perhatikan Cara Isi CV yang Benar

Masih berkaitan dengan cara membuat CV di word agar simpel dan menarik, poin kedua adalah perhatikan cara pengisian CV. Isilah CV dengan cara yang benar. Faktanya, banyak pelamar kerja asal-asalan mengisi CV. Tidak sedikit dari mereka yang gagal mendapatkan pekerjaan impian akibat kesalahan dalam mengisi CV.

Baca Juga:  Begini Cara Menghubungkan Mendeley ke Word

Berikut ini beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan:

a. Cara Menambahkan Foto Profil

Agar tampilan CV menjadi menarik dan terlihat profesional, kamu wajib menambahkan foto profil pada CV yang kamu buat. Meskipun terlihat mudah, proses ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Agar CV kamu bisa meyakinkan HRD, perhatikan cara menambahkan foto profil berikut ini:

  • Gunakan Foto Terbaru

Untuk memuluskan langkahmu mendapatkan pekerjaan impian, perhatikan foto yang kamu tambahkan di CV lamaran kerja. Jangan pernah menggunakan foto lama. Sebaliknya, pilihlah foto terbaru. Mengapa hal ini penting? Agar HRD bisa mengenalimu saat akan melakukan wawancara.

  • Wajah Harus Terlihat Jelas

Hal kedua yang harus kamu perhatikan adalah, pastikan foto yang kamu masukkan dalam CV memperlihatkan seluruh bagian wajah secara jelas. Pastikan foto wajah diambil dari arah depan. Hindari pengambilan foto dari samping, atau wajah yang tertutup rambut. Selain itu, pastikan kedua telinga terlihat dan tidak tertutup. Detail-detail seperti ini sangat ampuh menghasilkan kesan rapi dan bersih pada penampilanmu. 

  • Gunakan Foto Penampilan Formal dan Riasan Alami

Foto profil yang kamu masukkan dalam CV haruslah foto penampilanmu yang formal, dan bukan foto selfie. Formal dalam hal ini, yaitu mengenakan pakaian rapi seperti kemeja berkerah, jas, blouse, atau batik. Hindari foto yang memperlihatkan dirimu mengenakan kaos atau pakaian santai lainnya. Hal ini penting agar HRD bisa menilaimu sebagai seorang pelamar kerja yang profesional, siap, dan serius. 

Khusus untuk para wanita, selain berpakaian formal, pastikan foto profil dirimu lengkap dengan riasan dan tata rambut yang alami, tidak berlebihan. Hal ini penting untuk menciptakan kesan bahwa kamu seorang yang apa adanya.

  • Foto dengan Postur Tegap dan Sopan

Hal penting berikut yang harus kamu perhatikan saat memasukkan foto profil pada CV adalah postur tubuh. Pastikan kamu difoto dengan postur tubuh yang tegap sekaligus sopan. Tidak perlu bergaya yang berlebihan. Tampilah apa adanya tetapi tetap terlihat formal.

  • Perhatikan Ekspresi Wajah

Foto penampilanmu di dalam CV bisa memberikan kesan positif atau negatif di mata HRD. Oleh karena itu, pastikan kamu menampilkan ekspresi wajah yang baik dan positif saat difoto. Kamu bisa memberikan sedikit senyuman dan sorot mata bersemangat. Hindari foto wajah yang terlihat lesu, tidak bersemangat, sedih, dan kesan negatif lainnya. Hal-hal kecil seperti ini punya kekuatan luar biasa apabila kamu memperhatikannya dengan serius.

Baca Juga:  Mudah dan Rapi, Begini Cara Menambah Kolom di Word

b. Susun Daftar Riwayat Hidup dengan Benar

Cara membuat CV di word agar simpel dan menarik berikutnya adalah menyusun daftar riwayat hidup dengan benar. Ini penting karena tidak semua pencari kerja memahaminya dengan baik.

Daftar Riwayat Hidup memuat sejumlah informasi penting, seperti identitas diri, alamat, pengalaman kerja, keterampilan yang dimiliki, serta riwayat pendidikan. Data-data ini penting sebagai bahan pertimbangan HRD untuk menilai calon karyawan.

Sebagai pelamar kerja, kamu diharuskan membuat daftar riwayat hidup yang sederhana dan mudah dipahami HRD. Sayangnya, dalam pembuatan dokumen ini, sebagian besar pelamar kerja zaman sekarang lebih suka menggunakan beragam template yang bisa mereka unduh gratis di internet. Masalahnya, banyak dari template tersebut malah membuat tampilan daftar riwayat hidup menjadi tidak sederhana, terlalu ramai, dan memusingkan HRD saat pertama kali melihatnya. 

Penerapan sistem Applicant Tracking System (ATS) yang kini digunakan banyak perusahaan sebagai standar perekrutan karyawan. Jika tampilan dokumen daftar riwayat hidup terlalu rumit, maka kemungkinan besar lamaranmu akan ditolak sistem. 

c. Cara Menambahkan Skill di Profil CV

Di dalam CV terdapat dua jenis keterampilan (skill) yang harus kamu lampirkan saat melamar pekerjaan. Kedua skill tersebut, yaitu hard skill dan soft skill. Hard skill adalah keahlian terkait teknis pekerjaan tertentu. Sedangkan soft skill adalah keterampilan yang berhubungan dengan kepribadian seorang pelamar kerja.

Ketika kamu hendak menambahkan dua keterampilan tersebut di dalam CV lamaran kerja, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan skill yang kamu tuliskan itu jujur dan bukan hasil karangan. Misalnya kamu mengaku menguasai bahasa asing tertentu, padahal tidak. Jika HRD mengujinya dan kamu ternyata berbohong, sudah bisa dipastikan kamu gagal.
  • Tidak semua keterampilan perlu ditulis. Tulislah keterampilan yang relevan dengan jenis pekerjaan yang kamu lamar.
  • Berikan penjelasan singkat terkait keterampilan-keterampilan yang kamu kuasai tersebut.

3. Perhatikan Pemilihan Kata

Poin ketiga yang harus diperhatikan terkait cara membuat CV di word agar simpel dan menarik, yaitu memperhatikan pemilihan kata yang digunakan. Sebagai pelamar kerja, kamu diwajibkan memilih dengan saksama kata-kata yang akan kamu gunakan di dalam CV.

Mengapa pemilihan kata ini penting? Kata-kata yang kamu gunakan akan sangat memengaruhi penilaian HRD tentang dirimu. Oleh karena itu, gunakanlah kata-kata yang powerful.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan kata “pekerja kreatif” ketika mendeskripsikan tentang dirimu di dalam CV. Hindari penggunaan kata “seorang pekerja keras” untuk menggambarkan siapa dirimu. Memilih kata “pekerja kreatif” ampuh menghasilkan kesan positif di mata HRD. Kamu akan dinilai sebagai pribadi dengan banyak ide kreatif yang sangat dibutuhkan untuk mengembangkan perusahaan ke depan.

Baca Juga:  Cara Membuat Paragraf di Word Untuk Memulai Tulisanmu

4. Perhatikan Penulisan dan Tata Bahasa 

Tips atau cara membuat CV di word agar sukses dilirik HRD berikutnya adalah, memerhatikan dengan teliti penggunaan tata bahasa. Sebagai pelamar kerja, kamu tentu tidak ingin gagal diterima bekerja hanya karena isi CV banyak typo dan salah tata bahasa.

Untuk mencegah terjadi kesalahan seperti ini, pastikan kamu membaca kembali isi CV yang telah dibuat secara teliti. Jika diperlukan, lakukan pengecekan ini sebanyak dua atau tiga kali. Kamu juga bisa meminta bantuan seorang teman untuk ikut melakukan pengecekan bersamamu.

5. Jangan Gunakan Font yang Tidak Profesional

Pemilihan font untuk CV terdengar sepele, tetapi berpotensi membuatmu gagal diterima bekerja jika tidak diperhatikan dengan serius. Membuat CV menggunakan font yang sembarangan dan sulit dibaca akan merepotkan HRD. Akibatnya, mereka tidak tertarik untuk membaca CV buatanmu.

Gunakan font formal seperti Times New Roman, Calibri, atau Arial. Penggunaan font jenis ini akan membuat tampilan CV terlihat lebih profesional. Selain itu, pilihlah ukuran font yang pas, misalnya ukuran 12. Ukuran font yang tepat akan membuat CV lebih mudah dibaca.

6. Lengkapi dengan Keyword Relevan

Cara membuat CV di word selanjutnya agar menarik di mata HRD adalah melengkapi isi CV dengan keyword yang relevan. Sebagai pelamar kerja, kamu tidak hanya diminta memasukkan berbagai pengalaman relevan, tetapi lebih bagus lagi jika CV dilengkapi keyword yang relevan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Sebagai contoh, posisi jabatan yang kamu lamar adalah SEO Specialist. Kamu bisa menambahkan beberapa keyword pendukung, seperti content writer, SEM, SEO, dan lain sebagainya.

7. Jangan Lupa Cantumkan Nomor Kontak Aktif

Isi CV sudah bagus, tetapi lupa mencantumkan nomor kontak yang aktif bisa membuat kamu gagal diterima bekerja. Padahal, mencantumkan nomor kontak yang aktif akan sangat membantu HRD untuk menghubungimu pada saat kamu lolos ke tahap selanjutnya.

Untuk mencegah hal seperti ini terjadi, pastikan kamu melengkapi CV dengan nomor handphone dan alamat email yang masih aktif. 

Selain menguasai cara membuat CV di word agar menarik dan sukses dilirik HRD, kamu juga perlu mengasah kepercayaan diri, kemampuan berkomunikasi serta berbagai soft skill penting lainnya yang berguna di dunia kerja kompetitif saat ini.

Nah, demikian cara membuat CV di word yang bisa kamu pelajari dan dipraktekkan sendiri di berbagai perangkat. Ingin tahu tips dan fitur Word lainnya? Kamu bisa belajar di Microsoftword.id. Kunjungi websitenya sekarang juga dan dapatkan ilmu tentang Microsoft Word yang kamu butuhkan!

Leave a Comment