Cara Membuat Buku di Word dengan Layout yang Rapi

Apakah bisa melakukan cara membuat buku di Word? Jawabannya adalah bisa. Selama mengetahui cara efektif untuk membuat buku maka apa saja bisa dilakukan. Menarik bukan? Dengan aplikasi sederhana maka bisa mendapatkan kualitas buku yang baik.

Pasalnya, untuk membuat buku ini kamu harus bisa cara membuat layout buku di Word. Meskipun begitu, kamu akan dimudahkan dengan fitur-fiturnya yang sangat user friendly. Dengan layout ini maka kamu bisa membuat buku yang sederhana namun tetap rapi.

Membuat layout ini bukanlah pekerjaan yang ribet atau rumit jika dilakukan dengan baik. Agar bisa melakukannya dengan baik maka bisa melihat beberapa langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Membuat Buku di Word dengan Menu Page Layout

Agar membuat buku semakin mudah maka kamu bisa membuat layoutnya dulu dengan menggunakan menu Page Layout pada Word. File baru maupun yang lama di Ms Word akan terdapat menu baru yang ada di bagian atas.

Untuk salah satu menu bar tersebut adalah tab Page Layout. Dan disinilah kamu bisa melakukan beberapa pengaturan untuk membuat buku. Buku terdiri dari lembaran-lembaran sehingga agar rapi bisa diatur ukurannya dengan menggunakan pilihan Page Setup, selanjutnya bisa dilihat di bawah ini:

1. Cara Mengatur Ukuran Buku

Layout buku bisa dilakukan dengan melakukan setting pada ukuran kertas. Dengan begitu, nantinya setiap lembar akan memiliki ukuran yang sama untuk satu buku tersebut. Bahkan besar kecilnya buku bisa mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan untuk cetak buku ini.

Biasanya untuk buku akan memiliki ukuran A5 namun tidak menutup kemungkinan jika memiliki banyak ukuran pilihan, seperti:

  • Ukuran A4 (20 x 29 cm)
  • Ukuran A5 (14 x 20 cm)
  • Ukuran B5 (17,5 x 25 cm)
  • Ukuran Unesco (15,5 x 23)
Baca Juga:  Cara Membuat Artikel di Word untuk Koran, Web & Tips Mengeditnya

Yang sebenarnya ukuran tersebut bisa didapatkan secara otomatis di Ms Word dan tidak perlu melakukan penulisan ukuran secara manual. Agar lebih jelas cara membuat ukuran buku yang tepat, yaitu:

  • Pilih tab Page Layout yang terdapat pada menu bar.
Pilih tab Page Layout yang terdapat pada menu bar.
  • Lalu, kamu bisa klik gambar kertas dengan tulisan Size.
  • Nantinya akan ada beberapa pilihan kertas seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa memilih More Paper Size jika ukurannya tidak tersedia di pilihan tersebut.
  • Kotak dialog Page Setup akan muncul dan kamu bisa memasukkan ukuran buku yang inginkan.
Kotak dialog Page Setup akan muncul dan kamu bisa memasukkan ukuran buku yang inginkan.
  • Aturlah lebar buku pada width dan tinggi buku pada height, lalu klik OK.

Setelah perintah OK maka aturan yang sudah diberikan pada lebar dan tinggi buku bisa langsung diaplikasikan. Kamu pasti akan mendapatkan ukuran buku yang sesuai dengan keinginan kamu.

2. Cara Mengatur Margin Buku

Kemudian, kamu bisa mengatur margin pada buku yang ingin dibuat. Margin ini memiliki tujuan untuk mengatur jarak antara tepi luar kertas dengan dokumen yang akan dibuat. Jarak yang diberikan dengan pas ini akan membuat buku terlihat lebih rapi dan enak untuk dibaca.

Banyak pembuat buku profesional yang membuat aturan margin ini sehingga buku bisa terlihat lebih rapi, dan langkah untuk mengatur margin buku ini, adalah:

  • Masih berada di menu Page Layout yang ada di atas menu bar.
  • Lalu, pilihlah Margins pada aturan Page Setup.
Lalu, pilihlah Margins pada aturan Page Setup.
  • Ukuran beberapa margin akan muncul untuk memberikan referensi pada kamu dalam pengaturan margin secara otomatis.
  • Namun, jika tidak cocok dengan keinginan maka bisa klik Custom Margin.
  • Kotak Page Setup akan muncul dan pada Margins bisa diatur untuk Top, Bottom, Inside, dan Outside.
Kotak Page Setup akan muncul dan pada Margins bisa diatur untuk Top, Bottom, Inside, dan Outside.
  • Agar memudahkan dalam pengukuran maka kamu bisa menggunakan satuan cm yang dituliskan secara langsung.
  • Jika ingin melakukan pencetakan buku secara bolak balik maka bisa memilih Mirror Margin.
  • Saat semuanya sudah selesai maka bisa klik OK, dan aturan margin yang dibuat bisa diaplikasikan.
Baca Juga:  Langkah-langkah Cara Membuka Microsoft Word

Untuk ukuran margin pada buku sebenarnya terdapat ukuran normal yang secara umum digunakan pada buku normal. Untuk top 2.0 cm, bottom 2.0 cm, luar 2.0 cm, dan dalam 2.5 cm. Namun, tetap saja kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu sendiri.

3. Mengatur Besarnya Paragraph Spacing dan Line Spacing

Cara membuat buku di Word juga bisa diatur pada paragraph spacing. Pengaturan ini bisa membuat jarak antar paragraf menjadi lebih rapi dan enak untuk dibaca. Jarak ini membuat buku lebih rapi dan ada ukuran khususnya.

Biasanya pada Microsoft Word tersedia aturan default yaitu untuk after adalah 10 pt dan before 0 pt. Agar lebih rapi sebenarnya untuk spacing after bisa diatur pada 12 – 24 pt.

Selanjutnya adalah pengaturan pada line spacing yang membuat readibility sebuah buku menjadi bagus. Pada line spacing ini bisa memberikan jarak antar baring pada satu paragraf. Umumnya, line spacing ini adalah 1,15 – 1,5 dan bisa disesuaikan sampai dengan 2 yang tergantung pada dokumen yang dibuat.

Cara untuk membuat line spacing ini sendiri sebenarnya cukup mudah, yaitu:

  • Blok terlebih dahulu untuk isian buku jika sudah ada dengan cara CTRL + A.
  • Masuk ke menu Home yang terdapat di bagian menu bar atas.
  • Kemudian, atur besar kecilnya line spacing pada bagian Paragraph dimana submenu untuk mengatur berbagai baris dan paragraf.
Kemudian, atur besar kecilnya line spacing pada bagian Paragraph dimana submenu untuk mengatur berbagai baris dan paragraf.
  • Klik ikon dengan panah atas bawah yang disampingnya ada garis-garis, lalu klik 1,5 contohnya.
  • Dengan begitu, maka semua isian buku yang sudah diblok tadi secara otomatis akan menjadi 1,5.

Tips Penulisan Daftar Isi dan Penomoran Halaman pada Buku

Saat semua pengaturan default pada cara membuat buku di Word dilakukan dengan baik maka selanjutnya adalah memastikan penomoran halaman dan daftar isi. Hal ini memang terlihat sepele namun ternyata sangat bermanfaat jika ada di dalam buku.

Baca Juga:  6 Cara Spasi 1.5 di Word Berbagai Versi 2003, 2016, dll

Untuk bisa menuliskan daftar isi, bisa dilakukan secara otomatis tanpa harus mengetiknya secara manual. Untuk pembuatannya memang membutuhkan ketelitian karena harus mencatat bab dan sub bab. Lebih jelasnya kamu bisa memperhatikan poin-poin di bawah ini:

  • Pastikan bahwa naskah buku yang ditulis sudah selesai dan tidak ada revisi lagi. Meskipun untuk pembuatan buku dengan jumlah puluhan lembar tetap bisa dilakukan dengan mudah.
  • Aturlah halaman pada Insert  Header & Footer  Page Number yang dimulai dari angka 1 atau romawi.
Aturlah halaman pada Insert  Header & Footer  Page Number yang dimulai dari angka 1 atau romawi.
  • Lalu, pada saat menulis bab dan sub bab bisa dibantu dengan menggunakan menu Home dan mengatur pada Styles yaitu Heading, Heading 1, Heading 2, dan lainnya.
  • Setelah semuanya beres maka bisa menuju ke menu Reference Table of Contents  pilihlah desain template daftar isi yang diinginkan.
  • Secara otomatis daftar isi muncul dari buku yang sudah dibuat secara langsung dan tanpa harus mengetikkan satu per satu.

Dengan langkah-langkah cara membuat buku di word menggunakan fiturnya maka layout yang diciptakan akan semakin baik. Dan kamu bisa mempraktekannya agar mendapatkan hasil buku yang maksimal dengan layout yang baik.

Leave a Comment