Begini Cara Hapus Section Break di Word

Ingin merapikan dokumen Word kamu? Pastikan kamu tahu cara hapus section break di Word. Section break berfungsi mengubah tampilan dokumen agar rapi atau sesuai dengan desain layout halaman yang kamu rencanakan. Menghapus section break butuh ketelitian agar dokumen kamu tidak berantakan.

Section Break Itu Apa? 

Cara Hapus Section Break di Word
Sumber: business.tutsplus.com

Section break adalah pemisah bagian-bagian tulisan dalam satu halaman dokumen Microsoft Word. Fungsinya adalah menciptakan layout unik sesuai kebutuhan pada halaman-halaman tertentu. Kamu bisa mengatur agar format dokumen tampil berurutan di setiap halaman atau pada halaman tertentu saja.

Word memiliki beberapa pilihan section break, yaitu:

  • Next Page
  • Continuous
  • Odd Page
  • Even Page

Next Page

Ketika kamu memilih Next Page, dokumen yang kamu kerjakan akan “terputus” dan berlanjut ke halaman baru. Section break jenis ini biasanya digunakan untuk memulai bab baru sehingga kamu tidak perlu memencet Enter berkali-kali, terutama jika dokumen yang kamu kerjakan cukup tebal.

Continuous

Section break jenis Continuous menyelipkan jeda di dokumen yang sedang kamu tulis. Akan tetapi, bagian berikutnya akan berlanjut di halaman yang sama. Section break jenis ini kamu gunakan untuk menciptakan bagian-bagian teks dengan format berbeda dalam satu halaman.

Odd Page

Odd Page berarti halaman ganjil. Ketika kamu menerapkan section break ini, dokumenmu akan berlanjut di halaman ganjil setelah jeda.

Even Page

Even Page mirip dengan Odd Page, tetapi dokumenmu berlanjut di halaman genap setelah jeda.

Setelah menerapkan section break, kamu mungkin merasa tidak puas atau tidak lagi memerlukannya. Pastikan kamu tahu cara menghapusnya agar dokumenmu selalu terlihat rapi. Bagian berikutnya akan menjelaskan beberapa cara hapus section break di Word.

Cara Dasar Hapus Section Break di Dokumen Word

Cara Hapus Section Break di Word
Sumber: youtube.com/@DavidsTutorials

Ketika menghapus section break, bagian dokumen yang tadinya terpisah akan kembali menyatu. Jika kedua bagian dokumen tersebut memiliki format berbeda, penggabungan keduanya otomatis mengikuti format terakhir yang kamu buat.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Garis Tepi di Word & Memunculkannya Lagi

Jika kamu hanya perlu menghapus satu section break, ikuti langkah-langkah cara hapus section break di Word berikut.

1. Matikan Fungsi Track Changes

Track Changes adalah fitur yang melacak setiap perubahan pada teks. Kamu tidak bisa menghapus section break ketika fungsi pelacakan ini menyala. Temukan fitur ini pada Review > Track Changes untuk mematikannya.

2. Munculkan Section Break

Pastikan kamu bisa melihat penanda section break berupa garis dan teks. Pilih Home > Show/Hide Paragraph mark untuk memunculkan section break.

3. Hapus Section Break secara Manual

Tempatkan kursor di belakang section break, lalu tekan Delete.

Setelah mengikuti cara hapus section break di Word ini, kamu akan melihat dokumenmu menyatu, dan formatnya mengikuti format terbaru.

Cara Hapus Beberapa Section Break Sekaligus 

Cara Hapus Section Break di Word
Sumber: business.tutsplus.com

Bagaimana jika kamu membuat banyak section break di dokumen Word? Menghapus mereka satu-persatu pasti melelahkan dan boros waktu. Tenang saja, ada cara untuk menghapus beberapa atau bahkan semua section break sekaligus.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus beberapa atau semua section break di satu dokumen.

1. Pilih Home

Tekan Home jika tombol di tab Word kamu belum berada di posisi ini.

2. Pilih Replace lalu More

Tekan Replace untuk memunculkan kotak Find and Replace. Jika kotaknya sudah muncul, tekan tombol More >> di kiri bawah. 

3. Pilih Special > Section Break

Setelah menekan More >>, kamu akan melihat tombol pilihan tambahan seperti Format dan Special. Tekan Special untuk memunculkan menu dropdown dan pilih Section Break 

(PENTING: pastikan kotak Replace with kosong. Jika ada tulisan di sana, hapus dulu sebelum lanjut).

4. Find Next dan Replace untuk Menghilangkan Section Break

Tekan Find Next dan pilih section break yang ingin kamu hilangkan. Jika sudah semua, baru tekan tombol Replace

Baca Juga:  Cara Menggabungkan File Word? Simak 3 Cara Berikut!

Jika ingin menghilangkan semua sekaligus, cukup tekan Replace All. Mudah, bukan?

Cara Hapus Section Break di Google Docs 

Cara Hapus Section Break di Word
Sumber: youtube.com/@Ancoris

Cara hapus section break di Word di atas berguna jika kamu menggunakan aplikasi. Akan tetapi, bagaimana jika kamu menulis di Google Docs?

Pengguna Google Docs versi 2019 ke atas bisa langsung menyelipkan section break ke dokumen selama pengerjaan. Ini berarti kamu juga bisa menghapus section break langsung di Docs.

Inilah langkah-langkahnya.

1. Munculkan Section Break

Pastikan kamu bisa melihat section break sebelum menghapusnya. Caranya, pilih menu View > Show Section.

2. Tempatkan Kursor di Belakang Section Break

Letakkan kursor tepat di belakang section break yang akan kamu hapus. Saat ini, pengguna hanya bisa menghapus satu section break setiap kalinya ketika menggunakan Google Docs.

3. Klik Fn dan Delete

Tekan tombol Fn dan Delete secara bersamaan untuk menghilangkan section break. Cara ini manjur untuk pengguna Google Docs di Mac. Pengguna PC biasanya cukup menekan Delete, tetapi kamu bisa mencoba metode Fn + Delete.

Section Break Nggak Mau Hilang, Gimana Solusinya? 

Walau sudah mengikuti cara hapus section break di Word dengan teliti, kamu bisa saja gagal. Ada beberapa kemungkinan mengapa section break menolak hilang. Inilah beberapa kemungkinan penyebab dan solusinya.

Track Changes Masih Menyala

Track Changes mencatat setiap perubahan yang kamu lakukan terhadap dokumen sehingga kamu tidak bisa begitu saja menghapus section break. Matikan Track Changes dengan cara memilih Review > Track Changes > Off.

Section Break Terkunci

Section break bisa “terkunci” (locked) jika kamu memilih mode Continuous lalu menyalakan fitur Restrict Editing. Fitur tersebut mencegah pengguna seenaknya mengubah dokumen secara manual. Untuk mematikannya, pilih Review > Restrict Editing, lalu matikan fungsi tersebut.

Baca Juga:  Sangat Mudah, Begini Cara Membuat Bagan di Word Lengkap

Halaman Kosong yang Tidak Diinginkan Muncul

Terkadang, kamu tidak hanya butuh cara hapus section break di Word. Ketika mengaktifkan section break, kamu mungkin mendapat halaman kosong baru yang menimbulkan jeda mengganggu di dokumenmu. Halaman kosong ini bisa keras kepala. Untungnya, ada beberapa cara menghilangkannya.

Cara pertama, cukup gunakan fungsi Backspace. Terus tekan Backspace sampai kursormu mencapai bagian atas sampai halaman kosong tersebut hilang. Metode ini bisa kamu lakukan jika halaman kosong tersebut hanya selembar.

Cara kedua, pilih View > Navigation Pane > Pages di menu Word. Beri tanda centang di kotak kecil di sebelah halaman kosong dokumenmu. Tekan Delete untuk menghilangkan halaman yang dicentang. Metode ini lebih cocok untuk menghilangkan beberapa halaman kosong sekaligus.

Penutup

Section break bermanfaat dalam membuat desain layout yang bervariasi untuk proyek tulisanmu. Akan tetapi, jika kamu tidak hati-hati dalam memodifikasi dan menghapusnya, tampilan dokumenmu bisa berantakan. Memahami cara hapus section break di Word tidak sulit, dan kamu bisa merapikan dokumenmu dengan mudah, seberapa pun tebalnya.

Semua metode di atas berfungsi untuk sebagian besar komputer PC, Mac, dan Chromebook, terutama yang menggunakan Word atau Docs baru. Kalaupun ada perbedaan, biasanya hanya di langkah-langkah navigasi di setiap menu, tetapi fitur yang digunakan tetap sama.

Nggak usah bingung dan mulailah mencoba berbagai cara hapus section break di Word ini!

Leave a Comment