6 Cara Membuat Paragraf Menjorok di Word Otomatis & Manual

Paragraf merupakan kumpulan dari beberapa kalimat yang biasanya dicirikan dengan baris pertama yang agak menjorok ke dalam. Ketika seseorang membuat paragraf di aplikasi pengolah kata Microsoft Word, mungkin akan muncul pertanyaan bagaimana ya cara membuat paragraf menjorok di Word?

Pertanyaan ini biasanya diajukan oleh pengguna pemula yang belum begitu familiar dengan berbagai fitur di dalam Microsoft Word. Padahal sebenarnya, cara membuat paragraf menjorok di Ms. Word itu adalah hal yang sangat mudah.

Paragraf yang mejorok ke dalam ini biasa disebut dengan indentasi dan untuk melakukannya, bisa melalui ruler maupun tombol Tab serta shorcut yang ada pada keyboard. Penasaran? Simak informasi berikut ini.

Ragam Cara Membuat Paragraf Menjorok di Word

1. Menggunakan Ruler

Sebelum itu, kamu harus mengetahui cara menampilkan Ruler. Coba perhatikan di bagian atas dokumen Microsoft Word di bawah kumpulan menu-menu, di sana ada angka kecil-kecil secara berurutan seperti penggaris bukan? Itulah yang dinamakan dengan ruler.

Fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat paragraf menjadi menjorok ke dalam. Langkah-langkahnya seperti ini.

  • Tempatkan kursor ke samping kiri huruf pertama di baris pertama paragraf yang ingin dibuat menjorok ke dalam dan klik
Tempatkan kursor ke samping kiri huruf pertama di baris pertama paragraf yang ingin dibuat menjorok ke dalam dan klik
  • Kalau sudah, arahkan kursor ke ruler, lebih tepatnya ke bentuk segitiga bagian kiri ruler tersebut. Perlu diingat, segitiga ini terbagi menjadi dua, dan pastikan kursor mengenai segitiga yang bagian atas, jangan ke tengah dan jangan pula ke bawah
  • Selanjutnya klik segitiga tadi dan tahan, kemudian geser ke arah kanan hingga batas yang diinginkan, lalu lepaskan

Sekali lagi, kalau hanya ingin baris pertama yang menjorok ke dalam, klik segitiga yang bagian atas. Karena kalau sampai keliru bagian bawah yang diklik, maka yang menjorok ke dalam adalah baris kedua hingga baris terakhir paragraf.

Baca Juga:  Cara Membuat Header di Word yang Praktis dan Mudah

Tetapi kalau kamu ingin membuat semua bagian paragraf menjorok ke dalam mulai dari baris pertama hingga baris terakhir, bisa klik langsung kotak yang ada di bawah segitiga. Klik dan tahan kemudian geser ke arah mana saja yang kamu inginkan.

2. Menggunakan Dialog Box Paragraph

Cara membuat paragraf menjorok di Word laptop lainnya ialah dengan menggunakan dialog box Paragraph. Sebagaimana yang sudah diketahui, kotak dialog Paragraph ini terdiri atas berbagai fitur seperti bulleting, numbering, pengaturan rata kanan – kiri paragraf, spasi dan lain sebagainya.

Indentasi atau pengaturan agar paragraf bisa menjorok ke dalam juga ada dalam menu Paragraph ini. Adapun cara memanfaatkannya sebagai berikut:

  • Blok paragraf yang ingin kamu buat menjorok ke dalam
  • Selanjutnya, klik menu Home kemudian fokus pada bagian Paragraph. Di samping kanan tulisan Paragrahp tersebut terdapat tanda panah. Klik tanda panah ini sehingga kotak dialog paragraph bisa muncul
  • Klik Indents and Spacing kemudian pada bagian Indentation pada kolom Before masukkan angka yang diinginkan untuk membuat baris pertama tersebut menjorok ke dalam
Klik Indents and Spacing kemudian pada bagian Indentation pada kolom Before masukkan angka yang diinginkan untuk membuat baris pertama tersebut menjorok ke dalam
  • Lalu pada kolom After bisa diisi dengan angka 0
  • Pada kolom Spesial, di sini ada pilihan bagian mana saja yang ingin kamu buat menjorok ke dalam. Kalau kamu ingin baris pertama yang menjorok ke dalam, bisa pilih First Line kemudian lanjutkan dengan mengisi jaraknya pada bagian By Hanging
  • Klik OK agar pengaturan yang baru saja kamu lakukan tersimpan dan diterapkan pada dokumen yang sedang kamu kerjakan.

3. Menggunakan Tombol Tab

Menggunakan Tombol Tab

Cara membuat paragraf menjorok ke dalam di Word lainnya ialah menggunakan tombol Tab yang ada di keyboard. Tombol ini berada di atas tombol Caps Lock dan memang salah satu fungsinya adalah untuk indentasi pada baris-baris yang dipilih.

Baca Juga:  Cara Memindahkan Halaman di Word ke Word Lain, 100% Rapi!

Untuk melakukan cara ini, kamu hanya perlu meletakkan kursor di samping kiri huruf pertama baris pertama paragraf dan klik. Setelah itu tinggal klik Tab dan secara otomatis paragraf akan menjorok ke dalam.

Kalau dengan satu kali klik tombol Tab kamu merasa kurang, klik lagi tombol tersebut sampai kamu mendapatkan jarak sesuai dengan yang diinginkan. Tetapi biasanya, kalau klik yang ketiga kali, baris kedua dan baris terakhir paragraf akan ikut menjorok ke dalam.

4. Menggunakan Klik Kanan Mouse atau Touchpad

Kalau menggunakan tombol Tab, maka kamu harus melakukannya pada setiap paragraf satu per satu. Tentunya cara ini kurang praktis kalau paragraf yang ingin kamu atur indentasinya jumlahnya lumayan banyak.

Sebagai gantinya, coba deh praktekkan cara membuat paragraf menjorok di Word otomatis dengan menggunakan mouce atau touchpad berikut ini.

  • Blok semua paragraf yang ingin kamu atur indentasinya
  • Selanjutnya, klik kanan di bagian mana saja yang kamu blok tadi lalu pilih Paragraph
Selanjutnya, klik kanan di bagian mana saja yang kamu blok tadi lalu pilih Paragraph
  • Dari sini kemudian akan muncul kotak dialog Paragraph.
  • Klik Indents and Spacing kemudian pada bagian Indentation pada kolom Before masukkan angka yang diinginkan untuk membuat baris pertama tersebut menjorok ke dalam
  • Lalu pada kolom After bisa diisi dengan angka 0
  • Pada kolom Spesial, di sini ada pilihan bagian mana saja yang ingin kamu buat menjorok ke dalam. Kalau kamu hanya ingin baris pertama yang menjorok ke dalam, bisa pilih First Line kemudian lanjutkan dengan mengisi jaraknya pada bagian By Hanging
  • Klik OK agar pengaturan yang baru saja kamu lakukan tersimpan dan diterapkan pada dokumen yang sedang kamu kerjakan dan lihatlah bagaimana hasilnya

5. Menggunakan Increase Indent untuk Membuat Semua Bagian Paragraf Menjorok ke Dalam

Kalau cara membuat paragraf menjorok di Word kali ini, bisa kamu ikuti jika ingin membuat paragraf keseluruhan mulai dari baris pertama hingga baris terakhir menjorok ke dalam. Dengan kata lain, ini adalah opsi yang bisa kamu pilih selain dengan menggunakan ruler.

Baca Juga:  Cara Membuat Kop Surat di Word yang Praktis dan Mudah

Biasanya, semua paragraf dibuat menjorok ke dalam sebagai pertanda bahwasanya paragraf tersebut merupakan kutipan langsung. Adapun untuk cara melakukannya sebagai berikut:

  • Klik atau bisa juga blok paragraf yang ingin kamu buat menjorok ke dalam
  • Selanjutnya perhatikan menu Home bagian Paragraph lagi
  • Di samping bulleting, numbering dan multilevel list, terdapat Decrease Indent dan Increase Indent, silahkan kamu pilih yang Increase Indent
Di samping bulleting, numbering dan multilevel list, terdapat Decrease Indent dan Increase Indent, silahkan kamu pilih yang Increase Indent

Setelah melakukan langkah ketiga di atas, paragraf akan menjorok secara otomatis. Biasanya jaraknya sekitar 0,5 inci atau 1,27 cm dari margin yang sudah ditetapkan. Nah, nanti kalau kamu ingin mengembalikan paragraf ke posisi semula yang tidak menjorok, bisa pilih Decrease Indent.

6. Menggunakan Tombol Spasi

Menggunakan Tombol Spasi

Sebenarnya, tombol spasi yang biasa kamu gunakan untuk mengatur jarak antar kata juga bisa dimanfaatkan untuk membuat paragraf menjadi menjorok ke dalam. Caranya kamu hanya perlu menekan tombol spasi tersebut hingga baris pertama paragraf menjorok sesuai dengan yang diinginkan.

Akan tetapi, dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya, cara ini jauh lebih ribet dan lebih lama. Sehingga kalau kamu ingin lebih cepat, sebaiknya gunakan cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya saja.

Bagaimana? Cara membuat paragraf menjorok di Word terbukti sangat mudah bukan? Kamu tinggal pilih saja cara mana yang ingin kamu praktekkan dan jangan lupa untuk selalu simpan file secara berkala agar perubahan-perubahan yang kamu lakukan tidak hilang.

Untuk cara menyimpannya sendiri bisa dengan klik Ctrl + S atau bisa juga dengan menggunakan menu File kemudian pilih Save. Selesai.

Leave a Comment