3 Cara Membuat Denah Lokasi di Word dan Excel (Sederhana)

Denah merupakan suatu gambar bersifat keterangan yang fungsinya adalah untuk menunjukkan lokasi tertentu. Sehingga seseorang bisa segera menemukan lokasi tersebut dengan sangat mudah. Ada berbagai cara membuat denah lokasi di Word tanpa proses yang rumit.

Sebenarnya, aplikasi yang lebih tepat untuk membuat denah lokasi adalah Corel Draw, Photoshop, dan aplikasi sejenis lain yang dirancang untuk menggambar. Tapi bagi yang tidak menguasai berbagai aplikasi tersebut, membuat denah menggunakan Word juga bisa memberikan hasil yang bagus.

Dengan bantuan Microsoft Word, pengguna tidak perlu mempelajari caranya menggunakan tools atau alat yang rumit. Cukup gunakan alat yang sederhana serta beberapa langkah yang sangat mudah agar proses pembuatan denah lokasi bisa berlangsung dengan baik dan lancar.

Cara Membuat Denah Lokasi di Word

Microsoft menyediakan berbagai aplikasi yang bisa dipakai untuk membuat dokumen dan membuat denah lokasi. Salah satunya adalah aplikasi terkenal yang digunakan oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia, yaitu Microsoft Word. Pelajari cara menggunakannya untuk membuat denah lokasi.

1. Membuat denah menggunakan Word

Selain Microsoft Word, aplikasi lain dari Microsoft juga bisa digunakan untuk membuat denah lokasi, misalnya aplikasi PowerPoint dan aplikasi Excel. Tapi yang paling mudah adalah membuat denah lokasi dengan memanfaatkan software Microsoft Word.

  • Buka dokumen baru di aplikasi Microsoft Word kemudian pilih tab Layout yang ada di bagian atas, klik Orientation di bagian Page Setup kemudian pilih Landscape. Cara yang pertama ini sangat penting karena bisa memudahkan proses pembuatan denah.
  • Berikutnya masuk ke tab Insert yang ada di bagian atas lalu pilih menu Shapes di bagian Illustrations. Disarankan untuk menggunakan bentuk Rectangle atau Persegi.
  • Gunakan mouse untuk mengklik dan menarik kursor sehingga tercipta bentuk persegi panjang dengan ukuran sesuai kebutuhan atau keinginan.
  • Selanjutnya klik bagian Format kemudian pilih warna dengan mengklik bagian Shapes Style. Buat bentuk persegi secara horizontal atau vertikal sesuai kebutuhan lalu sambungkan dengan bentuk persegi awal.
  • Tambahkan nama jalan dengan mengklik kanan bagian Shapes kemudian memilih Add Text untuk membuat tulisan nama jalan. Berikan nama jalan untuk setiap titik.
  • Langkah selanjutnya dalam menggambar denah lokasi adalah menambahkan ikon pada undangan dengan mengklik Insert kemudian memilih Pictures.
Langkah selanjutnya dalam menggambar denah lokasi adalah menambahkan ikon pada undangan dengan mengklik Insert kemudian memilih Pictures.
  • Jika belum mempunyai ikon, cari dulu ikon yang diperlukan di Google, misalnya ikon rumah dengan format .png agar ikon tersebut tetap tampak transparan.
  • Pilih ikon yang akan ditambahkan kemudian masukkan ke denah yang sudah dibuat. Klik pada ikon tersebut kemudian klik tab Format.
  • Pada bagian Wrap Text, pilih menu in front of text kemudian letakkan ikon di lokasi yang tepat. Ulangi lagi sampai semua ikon diletakkan di posisi yang tepat.
  • Cara membuat denah lokasi di Word yang berikutnya adalah dengan mengklik Insert kemudian memilih Text Box lalu memilih Draw Text Box. Berikan nama pada ikon sehingga denah lokasi akan tampak lebih jelas.
Baca Juga:  Ini Cara Membuat Footnote di Word dengan Benar

Setelah memberikan nama bangunan pada setiap ikon, denah lokasi sederhana sudah siap untuk digunakan. Tinggal selipkan saja di undangan sebelum dicetak agar undangan bisa terlihat lebih profesional meskipun proses pengeditannya menggunakan aplikasi yang sangat sederhana.

2. Membuat denah menggunakan Excel

Aplikasi lain dari Microsoft yang bisa digunakan untuk membuat denah lokasi adalah Excel. Software yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat denah rumah atau denah ruangan. Cara untuk menggunakannya juga sangat mudah, yaitu dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Jalankan aplikasi Microsoft Excel lalu buka halaman kosong baru. Kemudian tekan tombol Ctrl dan tombol A secara bersamaan untuk memilih semua kolom di lembar tersebut.
  • Klik pada menu Format yang terdapat di tab Home, lebih tepatnya di bagian Cells. Pilih Row Height lalu masukkan angka 9 di kolom yang tersedia. Klik Format sekali lagi tapi pilih menu Column Width kemudian masukkan angka 1.
Klik pada menu Format yang terdapat di tab Home
  • Selanjutnya buat jalan dengan memilih beberapa kolom kemudian menambahkan border di bagian atas dan bawah atau kanan dan kiri. Ulangi langkah ini sampai semua jalan berhasil di buat.
  • Untuk menambahkan ikon, klik menu Insert di bagian atas kemudian pilih Illustrations untuk membuka beberapa menu, kemudian klik Icons dan tunggu sampai jendela icon muncul.
  • Cari ikon yang diinginkan dengan mengetik ikon di bagian pencarian. Atau bisa juga dengan memilih kategori ikon di sebelah kiri dan mengklik ikon yang diinginkan di sebelah kanan.
Cari ikon yang diinginkan dengan mengetik ikon di bagian pencarian. Atau bisa juga dengan memilih kategori ikon di sebelah kiri dan mengklik ikon yang diinginkan di sebelah kanan.
  • Cara membuat denah lokasi di Word yang berikutnya adalah dengan mengklik Insert untuk memasukkan semua ikon yang sudah dipilih ke sheet denah lokasi.
  • Setelah semua ikon muncul di sheet, sesuaikan ukuran dan posisinya di tepi jalan yang sudah dibuat.
  • Tuliskan nama jalan dengan cara memilih beberapa kolom di bagian jalan kemudian mengklik Merge & Center di bagian Alignment. Ketikkan nama jalan di bagian tengahnya. Ulangi sampai semua jalan selesai dinamai.
  • Gunakan cara yang sama seperti di atas untuk memberi nama atau keterangan pada setiap ikon bangunan atau ikon lainnya.
Baca Juga:  Ketahui Cara Mengatur Margin di Word agar Tulisanmu Lebih Rapi

Setelah selesai membuat denah dengan menggunakan Excel, saatnya untuk membuat denah dengan Word atau memindahkannya ke aplikasi Word. Bagaimana caranya?

3. Memindahkan denah dari Excel ke Word

Cara membuat denah lokasi di Word yang satu ini berhubungan dengan cara yang kedua. Jika denah lokasi sudah selesai dibuat di aplikasi Microsoft Excel, ikuti semua langkah di bawah ini untuk memindahkannya ke aplikasi Microsoft Word.

  • Pilih seluruh bagian denah lokasi yang sudah selesai dibuat melalui aplikasi Microsoft Word. Kemudian salin dengan menekan tombol Ctrl dan tombol C di keyboard atau dengan mengklik ikon Copy di bagian Clipboard.
  • Buka aplikasi Microsoft Word tapi jangan langsung menempelkan denah lokasi jika tidak ingin hasilnya berantakan. Sebaliknya, klik menu drop down di bagian Paste yang ada di menu Clipboard.
Buka aplikasi Microsoft Word tapi jangan langsung menempelkan denah lokasi jika tidak ingin hasilnya berantakan. Sebaliknya, klik menu drop down di bagian Paste yang ada di menu Clipboard.
  • Di bagian Paste options, pilih Picture sehingga denah yang tadi disalin akan muncul sebagai gambar dan bukan tabel.

Denah lokasi yang sudah selesai dibuat tadi bisa segera digunakan dan diselipkan ke undangan. Selanjutnya, undangan pun bisa segera dicetak lengkap dengan denah dan bisa segera dibagikan. Cara yang ketiga ini akan menghasilkan denah yang lebih bagus dan berkualitas.

Ikon yang dihasilkan oleh aplikasi Excel mempunyai tampilan yang sederhana tapi bisa menggambarkan bangunan atau gedung dengan sangat jelas. Bentuk jalan juga lebih mudah dibuat di aplikasi Excel dan nama jalan bisa ditulis menyesuaikan bentuk jalan (vertikal atau horizontal).

Ada banyak cara membuat denah lokasi di Word baik secara langsung atau dengan bantuan aplikasi lainnya. Selain menggunakan aplikasi Word, kamu juga bisa membuat denah dengan menggunakan Excel, maupun aplikasi yang khusus dirancang untuk membuat denah dan gambar.

Baca Juga:  3 Cara Membuat Tanda Panah di Word (Lurus, Melengkung, dll)

Misalnya, kamu bisa memakai aplikasi Corel Draw yang menyediakan banyak sekali tools yang bisa mempermudah proses pembuatan denah dengan tampilan yang lebih profesional.

Leave a Comment