Cara Menampilkan Ruler di Word dan Fungsinya

Menggunakan ruler di Microsoft Word membantu kamu membuat dokumen yang rapi dan mudah dibaca. Namun, tool ini terkadang tidak terlihat dan kamu perlu mengaktifkannya lagi untuk bisa digunakan. Artikel ini akan membahas cara menampilkan ruler di Word dan beberapa cara menggunakannya.  

Fitur Ruler pada Print Layout

Cara Menampilkan Ruler di Word
Sumber : Youtube

Metode pertama yang akan dibahas adalah cara menampilkan ruler di Word pada tampilan Print. Tampilan Print biasanya adalah tampilan bawaan ketika kamu baru membuka program Microsoft Word. Fitur ruler biasanya juga sudah langsung terlihat di sisi kiri dan atas jendela Word kamu. 

Untuk menampilkannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, pastikan tampilan Word-mu ada di Print Layout. Untuk memastikannya, pilih menu tab View dan klik pilihan Print Layout yang berada di sisi kiri pada menu View
  2. Masih di tab View, kamu akan melihat menu Show dengan beberapa pilihan. Klik kotak dengan pilihan Ruler
  3. Ruler akan secara otomatis muncul di sisi atas dan kiri pada tampilan Print Layout.  
  4. Untuk mematikan fungsi Ruler ini, kamu tinggal klik kotak pilihan Ruler lagi.

Ketika fitur Ruler aktif, kamu bisa menggunakan tab dan margin, mengukur ukuran dan penempatan text box, dan ada banyak lagi  

Fitur Ruler pada Draft Layout

Cara Menampilkan Ruler di Word
Sumber : Uvinsa

Fitur ruler juga bisa ditampilkan pada tampilan draft. Hanya saja, pada tampilan ini, Ruler hanya akan muncul di sisi atas saja dan tidak akan terlihat di sisi kiri. Meski demikian, cara kerjanya tetaplah sama.

Berikut ini adalah cara menampilkan ruler di Word pada tampilan Draft:

  1. Pertama, pastikan dokumen kamu berada di tampilan Draft. Untuk memastikannya, pilih menu tab View dan klik pilihan Draft yang berada di kelompok opsi Document Views
  2. Kemudian pada kelompok opsi Show yang juga berada di tab menu View, kamu bisa klik kotak dengan pilihan Ruler
Baca Juga:  Cara Mudah Memotong / Crop Gambar di Microsoft Word

Fungsi Tool Ruler di Word

Cara Menampilkan Ruler di Word
Sumber : Gammafis

Setelah mengetahui cara menampilkan ruler di Word, maka selanjutnya adalah memahami cara menggunakan tool ini dengan maksimal.

1. Mengatur margin pada dokumen

Ketika fungsi ruler sudah tampil di dokumen, kamu akan melihat area pada ruler yang berwarna abu-abu. Area tersebut adalah margin atau batas tepi dokumen kamu, sedangkan area berwarna putih di antara kedua bagian berwarna abu-abu ini adalah halaman yang akan diisi tulisan pada dokumen.

Kamu bisa mengatur margin dengan dua cara mudah seperti berikut ini:

  • Klik dan tarik

Tempatkan tetikus di atas margin yang ingin kamu ubah. Bisa di margin kanan, kiri, atas, atau bawah. Tampilan tetikus kamu akan berubah menjadi panah bermata dua. Kemudian, kamu tinggal perlu klik tetikus dan geser ke kanan-kiri atau atas-bawah untuk mengubah panjang margin. 

  • Opsi margin standard

Cara lainnya adalah dengan masuk ke tab menu Page Layout, klik opsi Margin dan menu drop down akan muncul. Menu ini menampilkan beberapa pilihan margin seperti Normal, Narrow, Moderate, Wide, Mirrored, dan Default

Kalau kamu ingin mengatur sendiri lebar margin, kamu tinggal klik pilihan Custom Margin. Jika ingin memastikan dokumen kamu selanjutnya memiliki margin yang sama, jangan lupa memilih opsi Set As Default.

2. Membuat Indentation Tab

Indentation tab digunakan agar tulisan kamu di dokumen Word lebih terstruktur dan mudah dipahami dengan memisahkan informasi. Berikut ini beberapa cara mengatur indentation tab di Word menggunakan tool Ruler.

  • Left dan Right Indents

Di sisi kiri pada ruler horizontal, kamu akan melihat dua penanda segitiga di atas sebuah kotak kecil. Untuk menentukan titik indent kiri, kamu tinggal menarik yang kotak ke titik yang kamu inginkan pada ruler

Baca Juga:  Cara Membuat Mind Mapping di Word yang Efektif dan Mudah

Cara ini juga menggerakkan tanda berbentuk segitiga. Nantinya, kamu bisa menggunakan tanda segitiga untuk menentukan first line dan hanging indent.

Untuk membuat Right Indent atau indent sebelah kanan, kamu hanya perlu menarik penanda berbentuk segitiga ke titik yang kamu inginkan.

  • First Line dan Hanging Indents

First Line dan Hanging Indents juga bisa sangat membantu tampilan tulisan kamu di Word. Berbagai karya tulis seperti esai dan buku umumnya menggunakan first indent di setiap pargaraf baru. Jadi, kamu sudah tidak perlu lagi mengatur posisi tulisan secara manual.

Untuk membuat first line indents, yang perlu kamu lakukan adalah menarik simbol segitiga bagian atas pada Ruler yang berada di sebelah kiri. Tarik ke kanan ke tempat baris pertama paragraf berada yang kamu inginkan.

Selanjutnya, hanging indent yang sebenarnya merupakan lawan dari first line indent. Dengan menggunakan cara ini, setiap tulisan akan sedikit masuk ke sisi dalam, kecuali baris pertama. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu menarik simbol segitiga bagian bawah pada Ruler yang ada di sebelah kiri. 

3. Membuat tab stops

Tab stop adalah suatu lokasi tempat kursor akan berhenti ketika tombol Tab pada keyboard ditekan. Dengan fungsi ini, kamu bisa menempatkan teks ke lokasi spesifik di dalam dokumen.

Di kotak sebelah kiri, kamu akan melihat ikon tab yang terlihat seperti huruf L. Jika kamu klik kotak tersebut, bentuknya akan berubah-ubah dengan fungsi yang berbeda pula. Secara berurutan fungsinya adalah untuk membuat tab stop kiri, kanan, decimal, dan bar tab stop.

Untuk membuatnya, kamu tinggal klik ikon sampai menemukan jenis yang dibutuhkan, lalu klik pada ruler di tempat yang diinginkan. Kamu juga bisa menariknya ke area yang diperlukan. Untuk menghapus tab stop, kamu hanya perlu mengeklik tab stop yang sudah terpasang lalu menariknya ke bawah atau keluar dari ruler. 

Nah, itulah tadi beberapa cara menampilkan ruler di Word dan beberapa kegunaannya. Agar bisa mengoperasikan Word dengan maksimal, kamu wajib memahami tool ini, ya!

Baca Juga:  Mudah dan Cepat! Ini 6 Cara Mencoret Tulisan di Word

Leave a Comment