2 Cara Mengecilkan Tabel Di Word dan Tips Merapikannya

Microsoft Word adalah salah satu aplikasi pengolah data yang cukup populer. Selain membuat dokumen berisi tulisan, kamu juga bisa memasukkan data dengan tabel di Word. Tentu untuk mengoptimalkan hasilnya, kamu perlu tahu cara mengecilkan tabel di Word.

Alasannya, terkadang data dalam tabel terlalu banyak sehingga bisa memakan tempat di lembar kerja. Secara estetika juga hasilnya bisa kurang memuaskan. Selain itu, ketika kamu membuat tabel, biasanya sistem secara otomatis akan membuat ukuran standar.

Nah, terkadang tabel terlalu besar karena isinya ringkas. Dalam ulasan kali ini kami akan berbagi mengenai cara mengecilkan tabel di Word sekaligus tips merapikannya.

Cara Mengecilkan Tabel di Word

Cara Mengecilkan Tabel Di Word
Sumber : Youtube

Pada dasarnya, mengecilkan tabel di Word tidak sesulit yang kamu bayangkan. Kuncinya adalah tahu cara dan tipsnya. Setidaknya, ada 2 cara yang bisa kamu praktikkan untuk mengecilkan tabel di Word. Apa saja caranya?

1. Menggunakan Menu Cell Size

Ketika membuat tabel di Word, kamu bisa menyesuaikan ukuran tabel sesuai isinya. Ini bisa kamu tempuh dengan memanfaatkan fitur AutoFit pada menu Cell Size.

Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pilih tabel yang ingin kamu kecilkan ukurannya. Kamu juga bisa blok tabel sebelum menerapkan cara ini.
  • Secara otomatis, menu Table Tools akan muncul di toolbar. Pilih menu Layout.
  • Di menu Layout ini, kamu akan menemukan cukup banyak submenu, seperti Table, Draw, Rows & Columns, Merge, Cell Size, Alignment, hingga Data. 
  • Pilih submenu Cell Size dan klik opsi AutoFit yang ada di bagian paling bawah. 
  • Ketika kamu memilih opsi ini, layar akan memunculkan 3 pilihan untuk merapikan tabel, yakni AutoFit Contents, AutoFit Window, dan juga Fixed Column Width. 
  • Pilih AutoFit Contents dan secara otomatis ukuran tabel yang kamu buat akan menyesuaikan bentuknya dengan isi tabel itu sendiri.
Baca Juga:  Bikin Dokumen Rapi dan Gampang dibaca, Ini Dia Cara Mengatur Spasi di Word

Cara mengecilkan tabel di Word yang pertama ini lebih sesuai untuk kamu yang memiliki tabel dengan isi yang ringkas. Alasannya, ketika isi tabel terlalu banyak maka besarnya tabel tidak akan terlalu banyak perbedaan.

2. Ubah Ukuran Baris dan Kolom Secara Manual

Cara kedua ini bisa kamu tempuh untuk mengecilkan ukuran tabel di Word secara manual. Tidak perlu khawatir! Meski statusnya manual, caranya tidak terlalu ribet kok.

Kamu bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Cara kedua ini membutuhkan eksistensi Ruler untuk mengecilkan kolom. Jika lembar kerja Word kamu belum memunculkan Ruler, pilih menu View > klik submenu Show > Checkbox Ruler.
  • Setelah Ruler muncul, kamu bisa pilih bagian tabel yang ingin diatur ukurannya. 
  • Untuk mengubah ukuran kolom, tarik atau drag tanda pada Horizontal Ruler yang terletak di atas Border kanan kolom.
  • Kamu juga bisa mengubah ukuran baris kolom dengan menarik tanda pada Vertical Ruler di sebelah kiri Border bawah baris. Tarik tanda untuk menyesuaikan tinggi baris sesuai keinginan kamu.

Apakah cara ini bisa diaplikasikan untuk seluruh tabel secara langsung?

Sayangnya tidak. Misal, ketika kamu blok seluruh tabel dan mencoba menarik Vertical Ruler, titik yang berubah adalah lebar Cell bukan kolom.

Tips Merapikan Tabel di Word

Cara Mengecilkan Tabel Di Word
Sumber : Youtube

Tidak hanya mengecilkan tabel, kamu juga bisa merapikan tabel sesuai dengan isi atau konten yang dibuat. Tentunya, selain memanfaatkan dua cara yang sudah kami bahas di atas, kamu juga bisa menerapkan tips merapikan tabel di Word berikut ini ya!

1. Rapikan dengan Table Properties

Kamu bisa banget merapikan tabel yang kamu buat di Word dengan beberapa klik saja. Salah satunya adalah dengan menggunakan Table Properties. Simak caranya di sini:

  • Pastikan tabel kamu sudah selesai dibuat. Blok seluruh tabel dan klik kanan di bagian tabel mana saja.
  • Muncul beberapa menu, pilih Table Properties yang terletak di bagian bawah.
  • Di opsi ini kamu bisa mengatur ukuran tabel melalui menu Table > Alignment atau Row, Column, dan juga Cell.
  • Untuk opsi Alignment, kamu bisa pilih tata letak sesuai dengan keinginan mulai dari Left, Right, dan Center.
Baca Juga:  Cara Membuat Surat di Word Biar Terlihat Profesional

Tabel yang rapi akan membuat tampilan dokumen lebih menarik dan proporsional. Jangan ragu untuk mencoba cara ini agar tabel tidak terlihat asal-asalan dibuat ya!

2. Atur Posisi Tabel

Posisi tabel juga bisa memengaruhi kerapian dokumen atau tabel itu sendiri. Karena itu, kamu perlu meluangkan waktu lebih untuk mengubah posisi tabel agar lebih rapi.

Setidaknya ada dua cara yang bisa kamu tempuh, yakni:

  • Pertama, tarik atau drag langsung tabel ke posisi yang diinginkan. Caranya mudah, cari ikon berbentuk mata angin yang terlihat seperti tanda plus (+) di ujung tabel. Tarik ikon tersebut ke posisi yang diinginkan agar tabel berpindah.
  • Kedua, kamu bisa memindahkan tabel ke posisi tengah agar terlihat rapi dan proporsional. Caranya dengan blok seluruh tabel dan lakukan shortcut CTRL+E atau pilih menu Paragraph > Center di toolbar.

Cara pertama lebih fleksibel karena kamu bisa memilih posisi mana pun yang tersedia di dalam lembar kerja atau dokumen. Sementara itu, cara kedua hanya bisa dilakukan jika kamu ingin memosisikan tabel di tengah dokumen.

Fitur-fitur dalam Microsoft Word di atas akan memudahkan kamu membuat tabel yang rapi dan proporsional. Pilih saja salah satu cara yang paling sesuai dengan kondisi tabel yang kamu buat. 

Atau jika memungkinkan, kamu juga dapat mencoba satu per satu cara mengecilkan tabel di Word tadi untuk melihat mana yang menawarkan hasil terbaik. Selamat mencoba!

Leave a Comment