Cara Mengatur Ukuran Foto di Word Secara Bersamaan

Menggunakan Microsoft Word memang sangat membantu pekerjaan terkait pembuatan dokumen, termasuk juga dengan menambahkan foto di word. Namun perlu diketahui pula bagaimana cara mengatur ukuran foto di word secara bersamaan dengan mudah.

Pengaturan ukuran foto atau gambar yang kamu inginkan pada Microsoft Word dapat dilakukan dengan mengoptimalkan fitur yang ada. Dengan ini, tulisan atau dokumen yang kamu kerjakan akan terlihat tetap rapi walaupun dengan tambahan foto di dalamnya.

Cara Mengatur Ukuran Foto di Word Agar Sama

Perlu diketahui jika terdapat ukuran foto atau gambar yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. Dalam Microsoft Word sendiri, foto yang dimasukkan dapat diatur besar ukuran maupun tata letaknya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Mengatur ukuran pada Word pada umumnya dapat dilakukan dengan beberapa cara. Simak langkah-langkah di bawah ini untuk lebih jelas lagi mengenai pengaturan ukuran foto mulai dari cara memasukkan foto hingga mengubah ukuran yang diinginkan.

1. Memasukkan Foto pada Dokumen

Langkah pertama sebelum mengubah ukuran foto adalah memasukkan foto yang ingin dicantumkan pada Word dokumen kamu. Lakukan langkah-langkah berikut ini. Caranya sama seperti melampirkan foto pada sebuah dokumen yang bukan hanya berisi tulisan.

  • Buka Microsoft Word terlebih dahulu
  • Pada menu Insert, pilih Pictures
Pada menu Insert, pilih Pictures
  • Cari foto yang akan dimasukkan
  • Klik “Ok”
  • Foto akan muncul pada halaman Word

Foto yang telah dimasukkan dapat segera diatur tata letak, format, maupun ukuran yang diinginkan. Mengenai pengaturan ukuran yang diinginkan, kamu dapat segera melakukan langkah selanjutnya di bawah ini.

2. Mengubah Ukuran Foto

Setelah memasukkan foto yang diinginkan pada dokumen, selanjutnya kamu dapat segera mengubah tata letak, format, maupun ukuran foto yang telah dimasukkan. Simak cara mengatur ukuran foto di word sesuai keinginan dengan mudah.

  • Pada foto yang telah dimasukkan pada halaman Word, klik kanan
  • Pilih fitur Size and Position
Pilih fitur Size and Position
  • Setelah muncul layout, klik pengaturan size
  • Sebelumnya hilangkan centang pada Lock aspect ratio dan juga Relative to original picture
Sebelumnya hilangkan centang pada Lock aspect ratio dan juga Relative to original picture
  • Kemudian masukkan ukuran yang diinginkan pada bagian Height dan juga Width
  • Klik “Ok”
Baca Juga:  Mudah Banget, Ini Cara Membuat Nomor Halaman di Word!

Setelah selesai, foto yang telah dimasukkan sudah memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Selanjutnya kamu juga bisa menyesuaikan lagi foto yang ada agar lebih presisi.

3. Mengatur Ukuran dengan VBA

Kemudian cara mengatur ukuran foto di word selanjutnya yang dapat kamu coba adalah dengan menggunakan VBA atau Visual Basic for Applications. Walaupun terdengar sulit, kenyataannya mengubah ukuran foto dengan VBA akan memberikan hasil yang baik.

Simak langkah-langkah mengubah ukuran foto menggunakan VBA di bawah ini.

  • Pilih foto yang akan diubah ukurannya
  • Tekan secara bersamaan tombol Alt + F11
Tekan secara bersamaan tombol Alt + F11
  • Setelah terbuka halaman Microsoft Visual Basic, klik Modul
  • Salin dan tempel kode VBA ke Modul yang tersedia
  • Klik Run atau tombol F5 untuk menjalankan kodenya

Dengan menggunakan cara di atas, kamu masih belum bisa mengubah ukuran foto secara bersamaan sekaligus. Sehingga harus dilakukan satu per satu dan cukup membuang waktu. Namun tak perlu khawatir, Word selalu menyediakan berbagai fitur yang membantu. Salah satunya dengan Kutools for Word.

4. Mengatur dengan Kutools for Word

Selanjutnya mengenai cara mengatur ukuran foto di word secara bersamaan dengan mudah adalah menggunakan Kutools for Word. Menggunakan cara ini dapat menyingkirkan operasi yang cukup mengganggu dan memakan waktu.

Simak langkah-langkah berikut ini untuk mengubah ukuran foto menggunakan Kutools pada Microsoft Word.

  • Klik menu Kutools Plus, pilih Resize
Klik menu Kutools Plus, pilih Resize
  • Pilih salah satu dari presentase yang ad ajika kamu ingin mengubah semua foto
  • Jika kamu ingin mengubah ke ukuran yang sama dengan foto yang dipilih, maka pilih Ubah ukuran gambar dengan pilihan
  • Selesai, semua foto akan memiliki ukuran yang sama

Dengan menggunakan cara yang satu ini, kamu akan menghemat lebih banyak waktu karena lebih efisien. Selain itu, ukuran foto pun menjadi seragam dan tidak harus diubah satu per satu. Sehingga semua foto yang ada pada dokumen akan memiliki ukuran yang sama.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Mewarnai Tabel di Word? Simak 4 Cara Berikut!

5. Mengatur Posisi Foto di Word

Setelah mengubah foto dengan ukuran yang pas dan sesuai dengan kebutuhan, kamu juga harus mengatur posisi atau tata letak untuk foto yang dimasukkan pada dokumen Word milikmu. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatur tata letak dari foto yang telah dimasukkan.

  • Klik foto yang akan diatur
  • Pada menu Picture Format atau Format Gambar silahkan pilih “Potition”
Pada menu Picture Format atau Format Gambar silahkan pilih “Potition”
  • Pilih dan klik pada posisi atau letak yang diinginkan
  • Klik “Ok”

Mengatur posisi atau tata letak sebuah foto pada Microsoft Word juga penting dilakukan. Hal ini merupakan proses lanjutan setelah mengatur ukuran foto agar komposisi tulisan dan juga gambar dapat tertata rapi. Kamu juga bisa menggunakan cara mengatur posisi dengan Wrap Text.

Cara mengatur posisi dengan Wrap Text terdapat banyak pilihan. Kamu tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan dan juga harus disesuaikan dengan teks atau tulisan pada Word.

Standar Internasional Ukuran Foto

Standar Internasional Ukuran Foto

Selain mengetahui cara mengatur ukuran foto di word di atas, kamu juga perlu mengetahui standar untuk ukuran foto yang digunakan dalam berbagai keperluan. Umumnya ukuran foto yang sering digunakan dalam dunia profesional adalah 2×3, 3×4, maupun 4×6.

Pengaturan standar ukuran foto internasional ini didasarkan atas kebutuhan ukuran foto yang paling banyak digunakan. Seperti penggunaan foto untuk dokuemn penting tertentu, maupun persyaratan lamaran kerja dan yang lainnya.

1. Ukuran Foto 2×3

Ukuran yang satu ini sering digunakan untuk keperluan atau persyaratan yang sifatnya formal. Ukuran 2×3 memiliki height: 2,7 cm dan width: 2 cm. Selain itu, ukuran ini memiliki pixel 72 DPI sekitar 61x 79 pixel. Kamu bisa lebih mudah menggunakan pengaturan ini melalui Word versi 2010 sampai yang terbaru.

Baca Juga:  Cara Membuat Flowchart di Word, Tidak Susah Kok!

2. Ukuran Foto 3×4

Mengenai cara mengatur ukuran foto di word dengan ukuran 3×4 ini merupakan standar ukuran yang paling banyak digunakan. Baik untuk pembuatan dokumen penting ataupun dokumen dan persyaratan yang lainnya.

Ukuran 3×4 ini memiliki height: 3,8 cm dan width: 2,8 cm. Selain itu, ukuran 3×4 ini memiliki pixel 71 DPI sekitar 79 x 108 pixel. Ukuran ini menjadi ukuran foto standar yang paling umum dan banyak digunakan.

3. Ukuran Foto 4×6

Selanjutnya adalah ukuran 4×6 yang merupakan standar ukuran foto yang memiliki height: 5,6 cm dan width: 3,8 cm. Ukuran yang satu ini menjadi ukuran paling besar di antara kedua ukuran foto sebelumnya. Ukuran 4×6 ini memiliki pixel 72 DPI sekitar 108 x 158 pixel.

Setelah mengetahui cara mengatur ukuran foto di word dengan mengikuti langkah-langkah di atas, selanjutnya kamu bisa membuat dokumen atau melakukan pekerjaan pada Microsoft Word dengan lebih optimal lagi. Kini mengatur atau mengubah ukuran foto pun menjadi lebih mudah dan cepat.

Leave a Comment