Sangat Mudah, Begini Cara Membuat Bagan di Word Lengkap

Kita tentu sudah sering melihat bagan struktur organisasi yang terpampang di berbagai tempat. Misalnya di sekolah, tempat ibadah, kantor pemerintah, dan berbagai instansi lainnya. Ternyata cara membuatnya sangat mudah. Bahkan, bisa menggunakan Microsoft Word. Bagaimana caranya? Artikel ini akan mengulas cara membuat bagan di Word.

Namun, sebelumnya perlu diketahui dulu beberapa hal terkait bagan. Barangkali masih banyak yang belum tahu jenis-jenis bagan. Selain struktur organisasi, ada juga bagan pertandingan, bagan alur kegiatan, bagan rantai makanan, dan sebagainya. Selanjutnya, dari beragam jenis bagan ini, kita bisa menyimpulkan apa itu bagan.

Apa yang Dimaksud dengan Bagan?

Sangat Mudah, Begini Cara Membuat Bagan di Word Lengkap
Sumber: orgcharting.com

Bagan adalah media untuk menyajikan data dalam bentuk yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Dari media ini, kita akan lebih mudah memahami suatu informasi yang disampaikan secara detail.

Coba bayangkan jika struktur organisasi tidak disajikan dalam bentuk bagan seperti yang sering kita lihat, tetapi hanya dalam bentuk tabel. Kita hanya akan mengetahui jabatan dan nama penanggung-jawabnya saja. Sementara dengan bagan, kita akan tahu sampai ke alur koordinasinya. Artinya, bagan menyajikan informasi secara lebih detail atau rinci.

Lantas, bentuk bagan itu seperti apa saja? Secara umum, ada beberapa bentuk bagan. Bentuk-bentuk ini juga akan kita temui ketika mempelajari cara membuat bagan di Word. Misalnya, bagan struktur organisasi seperti yang biasa kita lihat, merupakan bagan berbentuk pohon. Jenis lain dari bagan bentuk ini ialah bagan silsilah keluarga.

Bagan pohon cukup sering dijumpai untuk menyajikan data dalam struktur hierarki. Sementara itu, bentuk bagan lainnya ada bagan piramida, bagan garis, bagan lingkaran, dan sebagainya. Semuanya memiliki fungsi masing-masing, yang secara umum untuk menyajikan suatu informasi beserta rincian alurnya.

Cara Membuat Bagan di Word

Cara Membuat Bagan di Word
Sumber: smartsheet.com

Program aplikasi Microsoft Word atau Word merupakan aplikasi yang multiguna. Kita mungkin menganggap aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk membuat dokumen tulisan (mengetik) di komputer. Namun, ternyata ada banyak fitur lain yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang pekerjaan, salah satunya ialah membuat bagan.

Pada Microsoft Word, fitur yang berguna untuk membuat bagan tersebut bernama SmartArt. Fitur ini menyajikan berbagai bentuk bagan yang bisa dikreasikan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Ada List, Cycle Relationship, Pyramid, Process, Hierarchy, Matrix, serta Picture.

Untuk memahami secara lebih jelas tentang apa itu SmartArt dalam Microsoft Word, kamu bisa langsung saja menyimak langkah-langkah pembuatan bagan dengan Microsoft Word berikut ini.

Tutorial Membuat Bagan di Word dengan SmartArt

Cara membuat bagan di Word menggunakan fitur SmartArt ini sangat mudah untuk dilakukan. Kamu bahkan tidak harus memahami bahasa Inggris, meskipun bagian-bagian dalam fitur ini disampaikan dalam bahasa Inggris. Hal itu karena pada bagian tersebut sudah dilengkapi dengan gambaran ilustrasi bentuk bagan yang bisa dipilih.

Baca Juga:  Cara Membuat Diagram Batang di Word: Nggak Sulit, Kok!

Maka, cukup dengan melakukan beberapa klik saja, bagan di Microsoft Word sudah bisa dibuat. Kamu hanya tinggal mengedit isinya sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini ialah cara membuat bagan di Word secara lengkap!

  1. Siapkan lembar kerja atau dokumen Microsoft Word. Kamu bisa membuat dokumen baru dengan membuka aplikasi Microsoft Word maupun menggunakan dokumen yang telah dibuat sebelumnya dengan membuka file yang telah disimpan.
  2. Tempatkan kursor pada bagian dokumen yang ingin disisipi bagan. Misal kamu ingin menyisipkan bagan di antara teks yang telah dibuat, maka letakkan saja kursor di antara teks yang dimaksud.
  3. Jika sudah, kamu bisa fokus ke bagian toolbar di Microsoft Word. Bagian ini terletak di atas lembar kerja, berupa ikon dan tulisan yang berisi perintah.
  4. Carilah menu “Insert” pada toolbar tersebut. Pada sebagian besar versi Microsoft Word, menu “Insert” ini terletak pada baris di bawah title bar.
  5. Jika sudah menemukan menu “Insert”, klik menu tersebut. Selanjutnya akan muncul berbagai fitur yang terbagi ke dalam beberapa bagian, seperti Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, serta Symbols
  6. Cara membuat bagan di Word selanjutnya ialah dengan memperhatikan fitur-fitur pada bagian Illustrations. Di sana ada fitur Picture, Clip Art, Shapes, SmartArt, Chart, serta Screenshoot yang masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda.
  7. Nah, untuk membuat bagan, kamu bisa memilih fitur SmartArt dengan melakukan klik pada ikon fitur tersebut.
  8. Jika ikon SmartArt sudah kamu klik, selanjutnya dokumen akan menampilkan jendela baru dengan title Choose a SmartArt Grapics.
  9. Jendela tersebut menampilkan berbagai pilihan bentuk (model) bagan yang bisa dipilih. Daftarnya seperti yang telah disebutkan pada penjelasan bentuk-bentuk bagan dalam fitur SmartArt di atas.
  10. Pilih bentuk bagan yang dibutuhkan untuk melanjutkan cara membuat bagan di Word. Tab “Process” bisa dipilih jika kamu ingin membuat bagan alur, “Circle” untuk bagan seperti rantai makanan, dan lainnya. Misal ingin membuat bagan struktur organisasi, kamu bisa memilih bagan pohon dengan mengeklik pada tabHierarchy”.
  11. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan model bagan Hierarchy. Kamu bisa memilih salah satu sesuai kebutuhan.
  12. Klik model bagan yang ingin digunakan, lalu klik tab “OK”. Otomatis, bagan akan muncul pada lembar kerja di mana kursor berada.
  13. Untuk mengisi bagan tersebut dengan data-data sesuai kebutuhan, kamu bisa klik pada bagian dengan tulisan [Text] dalam bagan tersebut. Tulisan di sana dapat diubah sesuai kebutuhan.
Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Word Not Responding Terus Menerus, Aman!

Itulah cara membuat bagan di Word secara lengkap menggunakan fitur SmartArt. Proses selanjutnya ialah menyempurnakan bagan yang telah dibuat dengan melakukan kegiatan editing. Dalam kegiatan ini, kamu bisa menambahkan berbagai hal yang belum ada pada bagan yang telah dibuat. 

Cara Edit Bagan di Word dengan Mudah

Cara Membuat Bagan di Word
Sumber: edrawmax.com

Untuk mengedit bagan yang telah dibuat dengan fitur SmartArt, secara umum hanya perlu memanfaatkan menu SmartArt Tools yang akan muncul ketika bagan diaktifkan atau diklik. Melalui menu tersebut kamu bisa mengubah warna, garis, dimensi, dan melakukan kreativitas lainnya untuk menyempurnakan bagan sesuai kebutuhan.

Cara Menambahkan Kotak Pada Bagan

Menambahkan kotak pada bagan merupakan rangkaian dari cara membuat bagan di Word yang perlu dilakukan agar bagan menjadi sesuai keperluan. Caranya ialah sebagai berikut!

  1. Klik bagan, lalu posisikan kursor pada salah satu kotak—di mana kotak baru akan ditambahkan di dekatnya.
  2. Klik tabDesign” yang berada pada menu SmartArt Tools. Lalu pilih “Add Shape”.
  3. Kamu bisa langsung klik “Add Shape” tersebut, atau klik tanda panah ke bawah di sebelahnya untuk memilih penempatan kotak baru saat muncul. Ada beberapa pilihan, mulai dari Add Shape After, Add Shape Before, Add Shape Above, Add Shape Below, dan  Add Assistant.
  4. Jika ingin menambahkan kotak yang tidak terhubung dengan garis pada bagan, klik kotak paling atas pada bagan, lalu klik “Add Shape Before”.
  5. Kotak-kotak yang ditambahkan tersebut bisa diubah posisinya dengan meng-highlight kursor pada kotak sampai muncul tanda panah plus, lalu klik, tahan, dan geser ke posisi yang diinginkan.
  6. Untuk menghapus kotak, kamu hanya perlu klik kotak yang akan dihapus, lalu tekan tombol delete pada keyboard.
  7. Masih melanjutkan cara membuat bagan di Word, untuk mengisi kotak baru dengan teks, kamu bisa klik kanan kotak tersebut, lalu pilih “Edit Text”.

Cara Ubah Garis Bagan Jadi Putus-Putus

Selain menambahkan kotak, editing lain yang sering dilakukan untuk menyempurnakan bagan ialah mengubah garis penghubung antarbagian bagan menjadi putus-putus. Dalam struktur organisasi, keberadaan garis putus-putus ini memiliki makna yang berbeda dengan garis lurus.

Jika garis lurus berarti pemegang jabatan pada kotak atas bisa memberi perintah pada kotak di bawahnya, maka kotak yang dihubungkan garis putus-putus hanya dapat saling berkoordinasi meskipun berada di posisi atas dan bawah. Nah, berikut ini adalah cara membuat bagan di Word part mengubah garis pada bagan menjadi putus-putus.

  1. Klik garis bagan yang akan diubah.
  2. Pilih tab “Format” pada menu SmartArt Tools.
  3. Klik “Shape Outline”. Di sana akan ada beberapa pilihan, kamu bisa klik “Dashes” dan pilih model garis putus-putus sesuai keinginan.
  4. Garis bagan pun otomatis akan menjadi putus-putus.
Baca Juga:  Cara Mudah Memotong / Crop Gambar di Microsoft Word

Cara Menambahkan Gambar Pada Bagan

Jika kamu ingin membuat bagan dengan gambar, harusnya sejak langkah awal cara membuat bagan di Word ini kamu sudah memilih model bagan yang bisa disisipi gambar. Namun, jika sudah telanjur, jangan khawatir, kamu tidak harus membuatnya dari awal. Ada upaya yang bisa dilakukan untuk mengubah model bagan menjadi bisa disisipi gambar.

  1. Aktifkan atau klik bagan.
  2. Pilih tab “Design” pada menu SmartArt Tools.
  3. Klik panah ke bawah pada bagian Layouts untuk memilih model bagan yang bisa disisipi gambar.
  4. Arahkan kursor pada pilihan model bagan tersebut (tanpa mengekliknya) untuk melihat nama-nama dari model bagan.
  5. Jika menemukan model bagan bernama Circle Picture Hierarchy, maka klik model tersebut. Itu adalah salah satu model bagan yang bisa disisipi gambar pada setiap bagiannya.
  6. Secara otomatis, bagan yang dibuat akan berubah. Cara membuat bagan di Word part mengubah model bagan menjadi bisa disisipi gambar pun telah berhasil dilakukan.
  7. Selanjutnya, untuk menambahkan gambar, kamu hanya perlu klik ikon picture (gambar) pada bagan tersebut, setelah itu akan muncul jendela penyimpanan. Pilih gambar yang akan kamu masukkan, lalu klik Insert. Gambar pun otomatis muncul pada bagan.

Alternatif Cara Membuat Bagan di Word

Cara Membuat Bagan di Word
Sumber: extendoffice.com

Selain menggunakan fitur SmartArt seperti yang telah diterangkan di atas, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat bagan di Microsoft Word. Cara ini bisa disebut sebagai cara alternatif atau manual. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Klik “Insert” pada toolbar, lalu pilih “Shapes”. Pilih bentuk shape yang diinginkan, misal kotak.
  2. Arahkan kursor ke lembar kerja yang akan disisipi bagan, lalu klik sekali. Shape pun akan muncul. Buat beberapa shape dan posisikan sesuai kebutuhan bagan.
  3. Cara membuat bagan di Word selanjutnya adalah dengan menghubungkan shape dengan garis. Kamu bisa lakukan langkah yang sama seperti saat membuat shape tadi, tetapi memilih bentuk garis.
  4. Tekan dan tahan kursor, lalu buat garis sesuai kebutuhan. Lakukan hingga semua shape terhubung dengan garis dan menjadi bagan yang utuh.
  5. Untuk menambahkan teks, kamu bisa klik kanan pada shape, lalu pilih “Add Text”.

Itulah beberapa cara membuat bagan di Word secara mudah, lengkap dengan cara mengeditnya. Apa pun kebutuhan baganmu, Microsoft Word melalui fitur SmartArt, dapat menyediakannya. Jika memang tidak ada, kamu tetap bisa membuat bagan tersebut secara manual. Selamat mencoba!

Leave a Comment