Cara Memisahkan Tabel di Word

Ketika ingin menampilkan data, ada banyak orang yang lebih memilih menggunakan tabel. Namun, pernah tidak ketika kamu membuat tabel di word dan ingin memisah atau memecahkannya menjadi dua? Ini namanya adalah split tabel dan cara memisahkan tabel di Word 2010 ini sangat mudah loh.

Tidak hanya di Microsoft Word versi 2010, di Microsoft Word versi yang lainnya juga sangat mudah. Dengan split tabel ini, andaikan kamu sudah terlanjur membuat tabel dengan 8 baris namun ternyata perintahnya harus dua tabel 4 baris – 4 baris, kamu tidak perlu mengulang pembuatan tabel dari awal.

Apalagi kalau tabel tersebut sudah diisi data-data, tentunya mengulang pembuatan tabel dari awal cukup membuang-buang waktu. Dengan adanya cara memisahkan tabel ini, kamu tidak perlu repot sekaligus bisa menghemat waktu dan juga mempercepat pekerjaan.

Cara Memisahkan Tabel di Word dan Tipsnya

Sebelumnya perlu diperhatikan bahwa tabel terdiri atas kolom dan baris. Kolom adalah sebutan untuk bagian tabel yang terdiri atas sejumlah cell dan arahnya ke bawah. Sedangkan baris ialah sebutan untuk bagian tabel yang terdiri atas sejumlah cell dan arahnya ke samping, ke kanan dan ke kiri.

Sementara kotak-kotak kecil yang ada di dalam tabel tempat kamu memasukkan data, itu adalah cell. Cara penyebutan ini perlu diketahui supaya kamu bisa memahami penjelasan berikut dengan lebih mudah. 

1. Cara Memisahkan Tabel di Word dengan Fitur Split Tabel

Sebelumnya perlu diketahui bahwa split itu sendiri adalah salah satu fitur di Microsoft Word yang fungsinya memang untuk memisahkan tabel bagian atas dengan tabel bagian bawah. Untuk cara menggunakan fitur ini sebagai berikut:

  • Buka dokumen Microsoft Word yang berisi tabel dan tabel tersebut ingin kamu pisahkan menjadi dua bagian
  • Kalau sudah, posisikan kursor agar berada di baris dimana tabel akan dipisah. Atau bisa juga dengan memblok baris tersebut
  • Selanjutnya klik Layout kemudian pilih Split Table. Setelah opsi Split Table ini kamu pilih, secara otomatis tabel akan terpisah
Selanjutnya klik Layout kemudian pilih Split Table. Setelah opsi Split Table ini kamu pilih, secara otomatis tabel akan terpisah

Cara ini bisa kamu terapkan berkali-kali pada satu tabel hingga mendapatkan jumlah baris sesuai dengan yang diinginkan. Perlu diketahui bahwa setelah tabel terpisah, maka tabel akan berdiri sendiri.

Baca Juga:  Cara Membuat Titik-Titik Panjang di Word yang Rapi dan Mudah

Artinya, kalau kamu menghapus salah satu tabel, tabel yang lainnya akan tetap ada dengan isi data yang masih sama. Begitu juga dengan ketika kamu mengubah isi dalam salah satu tabel, isi dalam tabel yang lainnya tidak akan terpengaruh.

2. Tips Dalam Memisahkan Tabel di Word

Ketika kamu menggunakan fitur split tabel sesuai dengan yang dijelaskan dalam cara memisahkan tabel di Word 2016 maupun Word versi lainnya di atas, tabel yang bagian bawah akan tidak memiliki keterangan atau judul di masing-masing kolomnya.

Tabel yang seperti ini tentu tampak tidak menarik bukan? Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan langkah-langkah berikut ini tanpa perlu repot harus menggeser atau copy – paste data yang sudah ada.

  • Arahkan kursor ke baris paling atas di tabel yang bawah atau bisa juga membloknya
  • Selanjutnya tinggal klik kanan kemudian pilih Insert
  • Kemudian pilih Insert Rows Above dan kamu akan melihat pada tabel tersebut ada baris baru di bagian atas yang masih kosong
Kemudian pilih Insert Rows Above dan kamu akan melihat pada tabel tersebut ada baris baru di bagian atas yang masih kosong
  • Kalau memang judul setiap kolom sama dengan tabel yang atas, kamu bisa langsung Copy judul tersebut lalu Paste pada baris pertama tabel yang bawah yang masih kosong tadi

Dengan menerapkan cara ini, baik tabel yang atas maupun tabel yang bawah akan sama-sama memiliki judul setelah dipisahkan. Dengan begini, para pembaca masih bisa memahami isi tabel dengan baik.

Tetapi perlu diingat ya, ketika kamu memilih untuk blok baris yang akan diinsert, sesuaikan sama kebutuhan. Contoh, kamu butuh satu baris lagi di atas sebagai tempat untuk menuliskan judul. Maka, baris yang diblok adalah satu baris saja dan itu juga merupakan baris yang paling atas.

Baca Juga:  Cara Membuat Titik Dua Sejajar di Word Biar Rapi, Gampang Kok!

Kalau kamu blok baris yang kedua, maka baris yang baru ditambahkan akan muncul menjadi baris kedua pula. Artinya, kalau ini kamu lakukan, kamu masih harus memindahkan data yang ada di baris pertama.

Sedangkan kalau kamu blok semua bagian tabel, kemudian klik kanan dan pilih Insert Rows Above, maka Word akan menambahkan baris baru sebanyak baris yang kamu blok. Maka dari itu, pastikan kamu memilih baris yang tepat agar tidak perlu menghapus atau memindahkan data ya.

3. Cara Memisahkan Tabel di Word Menggunakan HP

HP juga bisa kamu pakai untuk mengedit dan mengutak-atik tabel loh. Hanya saja memang Word yang ada di HP fiturnya tidak selengkap Word yang ada di laptop atau komputer. Meskipun demikian, kamu masih bisa memisahkan tabel menggunakan benda kecil satu ini. Caranya sebagai berikut:

  • Blok baris yang ingin kamu pisahkan
  • Kalau menu editing tabel masih belum muncul, coba perhatikan di bagian bawah layar, di sana ada Beranda. Klik pilihan tersebut
  • Selanjutnya pilih Tabel dan kemudian akan muncul berbagai opsi mulai dari Hapus, Sisipkan, Gabung Sel, dan Pisahkan Sel
Selanjutnya pilih Tabel dan kemudian akan muncul berbagai opsi mulai dari Hapus, Sisipkan, Gabung Sel, dan Pisahkan Sel
  • Kalau ingin memisahkan tabel, cukup pilih Pisahkan Sel dan tabel akan langsung terpisah sesuai dengan bagian yang sudah kamu blok sebelumnya.

4. Cara Memisahkan Cell dalam Tabel

Kalau cara di atas adalah cara untuk memisahkan tabel di Word, kali ini adalah cara untuk memisahkan cell yang ada di dalam tabel. Mungkin tabel dengan cell yang terpisah ini jarang kamu temukan atau mungkin tidak kamu butuhkan pada saat ini.

Akan tetapi, mengetahui cara memisahkan cell dalam tabel akan memberikan keuntungan tersendiri. Khususnya ketika kamu mendapatkan tugas harus membagi satu atau beberapa cell menjadi beberapa bagian, kamu tidak akan bingung lagi.

Baca Juga:  4 Cara Membuat Garis di Word dengan Praktis

Untuk  memecah cell menjadi beberapa bagian ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti sebagai berikut:

  • Arahkan kursor pada cell yang ingin dipisah. Atau kalau cellnya lebih dari satu, bisa diblok saja
  • Selanjutnya, klik lagi menu Layout sama seperti sebelumnya
  • Pada kelompok sub menu Merge, di sana ada pilihan Split Cell
  • Tekan Split Cell tersebut sehingga kemudian muncul kotak dialog Split Cell
Tekan Split Cell tersebut sehingga kemudian muncul kotak dialog Split Cell
  • Pada kotak dialog tersebut, bagian Number of Colums dan Number of Rows bisa diisi dengan angka yang sesuai kebutuhan
  • Kalau sudah tinggal tekan OK dan cell-cell yang dimaksud dalam tabel akan langsung terpisah

Kalau Ingin Mengganti Gaya Tabel

Tabel secara umum hadir dalam bentik kotak-kotak. Tetapi sebenarnya kamu bisa mengganti gaya tabel kalau memang diperlukan. Penggantian gaya tabel tentunya akan membuat tabel tampak lebih menarik dibandingkan dengan yang sebelumnya. Adapun cara mengganti gaya tabel ini sebagai berikut:

  • Aktifkan tabel, bisa dengan klik tanda Plus (+) yang ada di pojok kiri atas tabel atau bisa juga dengan hanya menempatkan kursor di dalam tabel
  • Selanjutnya, tinggal klik Design
  • Nantinya secara otomatis berbagai gaya tabel akan muncul dalam kelompok sub menu Table Styles. Pilih salah satu dari beberapa gaya table yang ada. Untuk menampilkan lebih banyak gaya table, bisa dengan cara klik tanda panah yang ke bawah di Table Styles tersebut
Nantinya secara otomatis berbagai gaya tabel akan muncul dalam kelompok sub menu Table Styles

Jadi sekarang sudah bisa kan cara memisahkan tabel di Word? Dengan memiliki pengetahuan ini, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat karena tidak perlu membuat tabel baru dan melakukan penginputan data berulang-ulang. Selamat mencoba.

Leave a Comment