Bikin Tampilan Dokumen Makin Menarik, Begini Cara Membuat Cover di Word!

Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang paling populer di berbagai belahan dunia. Platform yang dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 1983 ini digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pekerjaan kantor, pendidikan, bisnis hingga kebutuhan harian lainnya.

Selain memungkinkan kamu untuk mengetik dan membuat dokumen, software ini juga menyediakan beragam fitur yang akan membuat dokumen makin menarik. Berbagai jenis font, animasi, grafik, bagan hingga model 3D dan cover page tersedia di dalamnya.

Apa yang dimaksud dengan cover page pada Microsoft Word? Untuk apa kita menambahkan cover page pada dokumen yang kita kerjakan? Bagaimana cara membuat cover di Word?

Apa Itu Cover Page di Word?

Cara Membuat Cover di Word
Sumber: youtube.com/@AdRealTech

Kalau kamu pernah membeli buku atau majalah, kamu tentu sudah tidak asing dengan bagian sampul depannya. Sampul atau cover ini diletakkan di bagian paling atas dari isi buku atau majalah. Selain untuk memudahkan identifikasi jenis buku/majalah, adanya cover akan melindungi isinya. Sampul juga akan membuat buku atau majalah jadi lebih menarik untuk dilihat. Cover page pada Word memiliki konsep yang kurang lebih sama dengan sampul buku.

Cover page atau halaman sampul di Word adalah bagian dari dokumen yang biasanya diletakkan di awal untuk perkenalan pada orang yang menerimanya. Banyak orang menggunakan cover page saat akan membuat makalah, tugas kuliah hingga skripsi dan karya ilmiah lain. Apa itu cover page?

Cover page adalah halaman yang mengawali sebuah dokumen baik itu berupa surat lamaran pekerjaan, resume, esai formal dan berbagai jenis dokumen lain. Kamu bisa meletakkan cover sesuai dengan tujuan pembuatan dokumen tersebut.

Untuk kebutuhan akademis misalnya, pengguna bisa memasukkan informasi berupa logo instansi, alamat, nama dosen dan berbagai data lainnya untuk membuka atau memperkenalkan isi dokumennya.

Manfaat Cover Page pada Dokumen di Word

Cara Membuat Cover di Word
Sumber: wikigain.com

Tidak semua dokumen Word memerlukan cover page. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, adanya cover akan membantu pengguna dalam berbagai hal. Apa saja manfaat cover pada dokumen Word yang perlu kamu ketahui? 

  • Meng-highlight bagian penting dari dokumen yang dibuat. Manfaat cover page yang pertama adalah untuk mewakili bagian utama yang menjadi highlight dari dokumen tersebut. Pembaca bisa melihat judul dokumen, logo perusahaan, dan informasi tentang file dokumen pada cover yang disertakan
  • Cover adalah bagian pertama yang akan dilihat oleh pembaca. Ketika kamu membuat tampilan dokumenmu menarik dengan cover yang bagus, ini akan membuat orang tertarik untuk membacanya. Ini sangat bermanfaat bagi kamu yang membuat dokumen untuk pengajuan proposal atau hal lain yang membutuhkan persetujuan atasan atau pihak berwenang lainnya
  • Merepresentasikan dokumen sesuai dengan isinya. Menambahkan sampul adalah cara yang bagus untuk merepresentasikan isi dokumenmu. Jika dokumenmu adalah dokumen yang resmi, kamu bisa menambahkan cover dengan kesan yang profesional. Sebaliknya, kalau tujuan pembuatan dokumenmu adalah untuk hal-hal yang kasual, kamu bisa menambahkan sampul yang kasual pula. Dengan sampul yang sesuai, orang bisa mendapatkan gambaran mengenai isi dari dokumenmu
  • Hasil cetak dokumen yang lebih menarik. Jika kamu berniat mencetak dokumen Word-mu dalam bentuk fisik, adanya cover akan membuat hasil cetak jadi lebih menarik. Kamu juga bisa mencetak cover menyerupai sampul buku dengan menggunakan kertas yang lebih tebal untuk hasil yang lebih memuaskan.
Baca Juga:  Nggak Susah Kok, Begini 4 Cara Menghilangkan Background di Word!

Itu dia berbagai manfaat penggunaan cover Word untuk pembuatan dokumen.

4 Langkah Membuat Cover Page di Word

Cara Membuat Cover di Word
Sumber: wikigain.com

Cara membuat cover di Word sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa menggunakan template yang sudah disertakan dalam aplikasi. Bisa juga dengan menggunakan gambar atau teks custom sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu. Kalau kamu sudah terbiasa menggunakan aplikasi ini untuk mengetik, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini!

Buka Dokumen yang Ingin Kamu Beri Cover

Kalau kamu sudah membuat dokumen, kamu bisa membukanya lewat komputer atau laptop. Namun, kalau dokumennya baru akan dibuat, kamu bisa buka aplikasi Word kemudian membuat dokumen baru. Caranya adalah dengan membuka tab “File” lalu mengekliknya.

Selanjutnya, kamu bisa memilih opsi “Save As” dari menu penyimpanan dokumen yang muncul. Pertimbangkan untuk memberi nama dokumen dengan sesuatu yang mudah kamu ingat atau menyimpannya di drive atau folder tertentu supaya kamu tidak susah menemukannya lagi nanti.

Arahkan Navigasi ke Menu Editing dan Setting

Arahkan kursor ke tab “Insert” yang ada di tab menu Microsoft Word kemudian klik di atasnya. Ketika menunya sudah muncul, klik pada opsi “Pages”. Menu lain akan muncul dan kamu bisa memilih opsi “Cover Pages”. Beberapa pilihan desain akan muncul termasuk beberapa templat cover yang bisa diatur ulang sesuai kebutuhan. Klik pada templat pilihanmu untuk menambahkannya ke dokumen.

Lengkapi Informasi pada Cover Dokumenmu

Kalau kamu sudah memilih templat yang tersedia, kamu tinggal menghapus dan mengubah teks yang ada di dalamnya. Kamu bisa memasukkan berbagai informasi yang dibutuhkan di halaman sampul. Contoh informasinya antara lain adalah:

  • Namamu
  • Nama sekolah/kampusmu
  • Nomor induk siswa atau mahasiswa
  • Nama kelasmu.
Baca Juga:  Begini Cara Menghubungkan Mendeley ke Word

Untuk kebutuhan laporan pekerjaan, informasi seperti judul laporan, nama perusahaan, nama manajer serta tanggal pembuatan dokumen bisa disertakan pada cover.

“Save” Dokumen

Setelah memastikan semua informasi yang ingin kamu masukkan lengkap dan akurat, kamu bisa menyimpan dokumen. Pada area kiri Microsoft Word di layar, arahkan kursor ke tab “File” sekali lagi kemudian simpan halaman cover sebagai dokumen baru dengan cara mengeklik “Save As”. Pilih lokasi penyimpanan kemudian sertakan nama file kamu kamu inginkan.

Kalau dokumen yang kamu beri cover adalah file yang sudah ada sebelumnya, kamu cukup memilih opsi “Save” saja untuk memperbarui versi sebelumnya dengan penambahan cover. Kamu juga bisa memilih untuk mengaktifkan fitur “Autosave” untuk menyimpan file secara otomatis.

Fitur ini ada di menu editing dan setting pada bagian atas halaman Microsoft Word. Dengan mengaktifkan fitur ini, secara otomatis dokumen akan tersimpan saat kamu membuat perubahan. Ternyata membuat cover dengan fitur template di Word sangat mudah, ya?

Cara Membuat Cover di Word Secara Custom

Cara Membuat Cover di Word
Sumber: makeuseof.com

Bagaimana jika kamu ingin membuat sendiri cover dokumenmu karena tidak ada yang cocok dengan template? Kamu bisa berkreasi dan membuat cover secara custom sesuai dengan keinginanmu. Adapun caranya adalah:

  • Kamu bisa menambahkan teks atau gambar pada lembar dengan cara yang cukup mudah
  • Highlight/sorot konten tersebut dengan mengeklik salah satu sisinya. Kemudian, drag kursor ke konten yang ingin kamu sertakan dalam dokumen
  • Klik “Insert”. Kemudian, pilih “Pages” dan selanjutnya klik pada opsi “Cover Page”
  • Pilih “Save Selection to Cover Page Gallery”, opsi baru yang muncul ketika kamu meng-highlight bagian dari dokumenmu
  • Pada menu “Create New Building Block”, tambahkan nama unik lalu sesuaikan pengaturan sesuai dengan kebutuhan. Kebanyakan orang membiarkan sebagian besar pengaturannya dalam opsi default
  • Klik “OK” untuk menambahkan konten ke galeri halamanmu
  • Tutup dokumen tanpa perlu menyimpannya terlebih dahulu. Ketika pesan pop up menanyakan apakah kamu ingin menyimpan perubahan ke “Building Blocks.dotx”, pilih “Save” untuk menyimpannya
  • Buka dokumen yang ingin kamu beri cover dengan mengeklik dua kali pada ikon file
  • Klik “Insert”. Lalu, “Pages”. Kemudian, pilih “Cover Page”
  • Temukan cover custom yang sudah kamu buat dalam galeri, pilih untuk dimasukkan ke dalam dokumenmu
  • Cover custom sudah muncul di dokumenmu.

Pembuatan cover custom ini memungkinkanmu untuk berkreasi membuat sampul sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu.

Cara Menghapus Cover di Word

Jika setelah menambahkan cover ternyata kamu berubah pikiran dan ingin membuang halaman tersebut, kamu bisa menghapusnya. Caranya adalah:

  • Klik tab “Insert”
  • Pilih opsi “Pages”
  • Selanjutnya tekan pilihan “Cover Page”
  • Tekan opsi “Remove Current Cover Page” yang berada di bawah opsi page style

Dengan langkah-langkah di atas, cover yang ada di dokumenmu akan terhapus. Kalau kamu ingin menggantinya dengan cover yang lain, kamu bisa mengikuti lagi langkah-langkah membuat cover di Word yang sudah dijelaskan di atas. Akan tetapi, jika tidak, kamu bisa langsung menyimpan perubahan pada dokumen dengan menekan tombol “Save” yang ada di sisi kiri halaman Word.

Baca Juga:  5 Cara Membuat Per di Word, Mudah dan Cepat

Tips Membuat Cover di Word

Membuat cover di Microsoft Word ternyata tidak sulit, bukan? Meski begitu, ada beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan saat akan membuat cover di Word. Apa saja?

  • Simpan dokumen ketika kamu membuat cover. Kalau kamu belum mengaktifkan fitur “Autosave” di Word, kamu harus menyimpan dokumen dengan menekan tombol “Save” secara berkala. Ini akan memastikan pembaruan yang kamu buat tersimpan secara relevan dan akurat. Kamu juga tidak perlu khawatir perubahan yang kamu buat hilang begitu saja
  • Gunakan elemen desain yang simpel. Saat membuat cover dokumen, kamu mungkin merasa perlu menambahkan gambar yang menarik agar tampilannya lebih catchy. Akan tetapi, jangan sampai niatmu ini membuat cover jadi kehilangan fungsinya. Agar dokumen mudah dibaca, ada baiknya kamu membuat cover dengan elemen desain yang sederhana. Menggunakan elemen simpel, seperti teks berwarna hitam dan font Times New Roman atau Arial berukuran 12, akan membantu manajer atau dosenmu membaca dokumen yang kamu kirimkan
  • Koreksi ulang dokumen. Sebelum mengirimkannya, jangan lupa untuk melakukan proofreading dengan membaca ulang semua tulisan yang tertera di cover. Pastikan tidak ada salah ketik atau ada informasi yang belum dimasukkan. Kamu juga bisa meminta teman atau anggota keluarga untuk memeriksa jika ada kesalahan
  • Simpan dokumen dalam berbagai format. Kamu bisa menyimpan dokumen ke dalam berbagai format sehingga kamu bisa mengirimkan atau mengunggahnya lewat email dalam format apa saja yang dibutuhkan dan mudah diakses. Misalnya saja, kamu bisa menyimpan file ke dalam format PDF.

Setelah membaca penjelasan mengenai cara membuat cover di Word di atas, kamu tentu tidak bingung lagi, bukan? Semoga informasi mengenai pengertian cover, manfaat serta cara pembuatan cover ini bisa membantumu membuat dokumen Word yang menarik dan fungsional.

Leave a Comment