Cara Print Poster di Word Sesuai Ukuran dengan Printer Biasa

Membuat poster kini menjadi kebutuhan untuk berbagai keperluan tertentu dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan profesional atau sesuatu penting lainnya. Poster yang telah dibuat pun selanjutnya harus dicetak. Kamu dapat menyimak cara print poster di word dengan menggunakan printer biasa berikut ini.

Poster yang dicetak akan memiliki fungsi sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk promosi, memberikan informasi suatu acara, atau tujuan yang lainnya. Namun tak perlu khawatir dan menganggap jika poster hanya bisa dibuatoleh seorang profesional yang mahir Photoshop tertentu.

Sebagai seorang yang tidak terlalu memahami desain grafis pun tetap dapat membuat dan mencetak sebuah poster hanya dengan menggunakan Microsoft Word. Kamu cukup menyimak dan ikuti beberapa cara di bawah untuk dapat membuat dan mencetak poster menggunakan Word saja.

Cara Print Poster di Word Sesuai Ukuran

Microsoft Word sendiri pada dasarnya telah menyediakan berbagai macam fitur yang dapat kamu gunakan dengan sebaik-baiknya, contohnya adalah untuk membuat sebuah poster di Microsoft Word. Namun sebelum membuat, kamu harus memahami beberapa hal berikut ini.

1. Membuat Poster Secara Manual

Cara yang satu ini dapat digunakan jika kamu lebih suka mendesain dan mengatur poster sesuai dengan keinginan atau tanpa menggunakan template. Membuat poster secara manual pada Microsoft Word pada dasarnya sama dengan membuat gambar atau memasukkan ilustrasi tertentu.

Sebelum mengikuti cara print poster di word, membuat poster dengan ketentuan yang baik akan membantu menghasilkan cetakan poster yang bagus dengan presisi yang pas. Oleh karena itu, kamu dapat mengikuti langkah-langkah membuat sebuah poster secara manual pada Microsoft Word di bawah ini.

  • Buka halaman Word
  • Klik opsi Blank Doument untuk mulai membuat berkas yang baru
  • Pilih menu Page Layout untuk mengatur ukuran halaman dan kertas
  • Klik Size pada tab Page Layout, kemudian tentukan ukuran kertas
Klik Size pada tab Page Layout, kemudian tentukan ukuran kertas
  • Kamu bisa memilih jenis ukuran Letter, Tabloid, maupun A4
  • Ukuran poster yang akan dibuat juga dapat disesuaikan dengan memilih menu More Paper Size
  • Setelah klik More Paper Size, tentukan ukuran yang tepat
  • Kemudian klik orientasi poster yang akan dibuat, landscape maupun portrait tergantung kebutuhan
Kemudian klik orientasi poster yang akan dibuat, landscape maupun portrait tergantung kebutuhan
  • Klik menu Insert dan memilih Text Box
  • Kamu dapat memilih Simple Text Box untuk memasukkan informasi pada poster
  • Lanjutkan untuk membuat judul dan beberapa informasi pada poster yang dibutuhkan
  • Gunakan Word Art jika ingin mengatur tulisan memiliki efek tertentu
Baca Juga:  Cara Memindahkan Halaman di Word ke Word Lain, 100% Rapi!

Cara di atas merupakan langkah dasar untuk mengatur ukuran maupun tata letak dari poster yang akan dibuat. Selain itu, jika kamu akan mulai membuat poster dan memasukkan gambar maka perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pilih menu Insert, lalu pilih Shapes
Pilih menu Insert, lalu pilih Shapes
  • Pilih bentuk atau gunakan tetikus pada posisi sesuai kebutuhan
  • Tambahkan teks atau informasi tertentu
  • Sunting dan atur poster sesuai dengan kebutuhan
  • Klik “Save” jika sudah selesai membuat dan mengedit

Membuat poster secara manual memang sedikit memakan waktu, namun tentu saja hasil yang akan didapatkan mengenai desain dan ukurannya akan sesuai dengan keinginanmu. Sebelum mengetahui cara print di word, kamu juga dapat menggunakan pilihan lain, yaitu membuat poster dengan template.

2. Membuat Poster dengan Template

Selain membuat poster dengan manual seperti cara di atas, kamu juga dapat membuat poster menggunakan template yang tersedia pada Mirosoft Word. Terdapat banyak template yang digunakan dengan berbagai desain.

Cara ini akan memudahkanmu dalam membuat poster di waktu yang mepet namun hasilnya akan tetap terlihat profesional. Lakukan langkah-langkah berikut untuk dapat membuat poster menggunakan template yang tersedia pada Microsoft Word.

  • Buka Microsoftt Word
  • Pada menu File, pilih New
  • Kemudian isi kolom pencarian dengan mengetik “Poster”
Kemudian isi kolom pencarian dengan mengetik “Poster”
  • Setelah muncul tampilan template, pilih yang sesuai dengan desain postermu
  • Segera membuat poster dengan klik “Create”
  • Kembali ke dokumen awal, template sudah langsung tersedia
  • Ubah judul maupun informasi pada template sesuai dengan poster yang akan dibuat
  • Tambahkan gambar atau ilustrasi jika diperlukan
  • Klik “Save” jika sudah selesai

Menggunakan template untuk membuat poster lebih mudah dan cepat. Terlebih jika kebutuhan akan poster cukup mendadak dan harus dikerjakan dalam waktu yang singkat. Setelah selesai membuat poster, kamu dapat segera menyimak cara print poster di word berikut ini.

Baca Juga:  2 Cara Membuat Cover Buku di Word Secara Manual & Template

3. Mencetak Poster pada Microsoft Word

Setelah menyiapkan dan membuat poster, selanjutnya kamu dapat mencetaknya sesuai dengan yang dibutuhkan. Saat mencetak poster pun harus memperhatikan kertas yang akan dipakai jika hanya menggunakan printer biasa.

Jika hanya menggunaan printer biasa, poster yang dicetak tidak bisa terlalu besar ukurannya karena printer biasa sangat terbatas untuk penggunaan ukuran kertasnya. Selain itu, ketajaman hasil cetakan juga tergantung dengan pemilihan resolusi gambar yang digunakan dalam poster.

Simak langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara print poster di word menggunakan printer biasa.

  • Buka file poster pada Miccrosoft Word
  • Klik menu File pada pojok kiri bagian atas
  • Pilih Print, kamu dapat meninjau hasil dengan melihat Print Preview yang ada di samping
Pilih Print, kamu dapat meninjau hasil dengan melihat Print Preview yang ada di samping
  • Pilih dan Klik “Print” jika sudah sesuai
  • Jumlah copy dapat diisi sesuai dengan kebutuhan dari poster

Setelahnya, poster yang selesai dicetak dapat digunakan sesuai dengan keperluannya. Tetap simpan dan siapkan file poster pada Microsoft Word, sehingga jika sewaktu-waktu akan mencetak kembali kamu tidak perlu membuat dan mengulanginya dari awal.

Jenis-jenis Kertas untuk Poster

Jenis-jenis Kertas untuk Poster

Hal yang perlu diperhatikan sebelum mencetak poster yang sudah dibuat adalah dengan memilih jeniskertas yang akan digunakan. Pemilihan kertas ini sangat penting untuk memberikan hasil cetakan yang sesuai dan bagus.

Jenis Art Carton

Kertas jenis ini merupakan yang paling banyak digunakan pada semua jenis poster. Tekstur kertas jenis Art Carton ini halus serta memberikan efek glossy dengan berbagai tipe ketebalan yang dapat kamu pilih dan sesuaikan sendiri.

Jenis Art Paper

Kertas selanjutnya yang juga sering digunakan untuk mencetak poster adalah jenis Art Paper. Dibanding dengan jenis kertas pertama, jenis ini memiliki ketahanan yang lebih bagus. Teksturnya juga lebih licin dan kokoh dibanding dengan tipe pertama.

Baca Juga:  Cara Membuat Kop Surat di Word yang Praktis dan Mudah

Jenis BW Carton

Bw Carton merupakan kertas yang tampilannya tidak glossy dan tidak memantulkan sinar hingga terlihat lebih redup. Kertas jenis ini cocok digunakan sebagai bahan cetak untuk gambar-gambar pajangan atau lukisan tertentu untuk dekorasi ruangan rumah.

Ivory

Selanjutnya adalah jenis Ivory yang memiliki dua sisi tampilan yang berbeda. Satunya mengkilap seperti jenis Art Carton dan bagian sisi satunya redup. Kelebihannya adalah kamu dapat memilih dua tampilan yang berbeda hanya dalam satu kertas.

Membuat maupun mencetak poster hanya dengan menggunakan Microsoft Word kini dapat dilakukan oleh siapa saja. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Selain itu, membuat dan mencetak poster sendiri akan menghasilkan poster yang sesuai  dengan keinginan.

Setelah mengikuti beberapa cara print poster di word sebelumnya, kamu dapat membuat dan mengatur poster yang akan dicetak dengan cepat dan mudah. Terlebih hanya dengan menggunakanpriter biasa, hasil print poster pun tak kalah kualitasnya.

Leave a Comment