Cara Membuat Mind Mapping di Word yang Efektif dan Mudah

Seiring perkembangan teknologi digital, aplikasi pembuat mind mapping banyak bermunculan, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Namun, tidak semua aplikasi kompatibel dengan perangkat. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan cara membuat mind mapping di Word.

Mengapa menggunakan Word? Pertama, Microsoft Word memiliki berbagai fitur pendukung untuk membuat mind mapping yang keren dan unik. Alasan berikutnya, software ini mudah dioperasikan oleh pemula sekalipun. Kamu pun bisa memasangnya di perangkat apa pun.

Mengenal Mind Mapping

Cara Membuat Mind Mapping di Word
Sumber: lickup.com

Mind mapping merupakan diagram alur nonlinier yang menggambarkan pemikiran seseorang. Biasanya, mind mapping dibuat untuk memudahkan penjelasan sebuah ide dan membantu proses pembelajaran.

Mind mapping juga bisa diartikan sebagai proses memvisualisasikan konsep supaya lebih mudah dipahami. Bentuk mind mapping umumnya berupa diagram berwarna yang saling terhubung. Dalam diagram tersebut terdapat kata, gambar, ataupun visual lain untuk menyajikan ide-ide secara efektif.

Karena efektivitas yang ditawarkan, mind mapping digunakan oleh berbagai kalangan. Mulai dari kalangan anak sekolah, mahasiswa, guru, perusahaan, hingga pihak kepolisian untuk melakukan investigasi.

Lalu, apa sebenarnya tujuan utama membuat mind mapping?

Sebagian orang menggunakan mind mapping untuk mendorong brainstorming. Pasalnya, ketika mind mapping terbentuk, otak otomatis memiliki korelasi antargagasan daripada melihatnya sebagai daftar hierarki. 

Mind mapping juga bertujuan untuk memberikan pemahaman seutuhnya kepada audiens mengenai suatu materi. Dengan mind mapping, audiens pun lebih mudah mengingat hal-hal yang disampaikan oleh seseorang.

Kamu tertarik membuat mind mapping? Sebelum membuat mind mapping, pastikan memahami jenis-jenis mind mapping. Berikut ini daftarnya.

  • Flow Map

Flow map merupakan mind mapping berbentuk alur atau langkah yang digunakan untuk membuat formula kumpulan data. Mind mapping ini juga bisa dipakai sebagai media menjelaskan prosedur, terutama dengan keterangan detail.

  • Bubble Map

Jika kamu ingin menjabarkan ide utama dari sebuah konsep, mind mapping ini bisa digunakan. Bentuk mind mapping tersebut berupa bubble besar dan beberapa dengan ukuran kecil. Biasanya, bubbles kecil untuk menguraikan main idea di bubble besar. 

  • Bridge Map

Kamu bingung menghubungkan beberapa konsep berbeda menjadi satu ide? Bridge map merupakan teknik mind mapping yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Selain itu, bridge map dapat dipakai untuk mengidentifikasi beragam informasi serupa dari gabungan konsep.

  • Tree Map

Tree map adalah mind mapping berbentuk diagram pohon untuk mengelompokkan data atau informasi yang kamu peroleh. Walaupun tree map terlihat kurang rapi daripada jenis mind mapping lain, teknik ini memberikan banyak manfaat.

Kemudian, apa sajakah manfaat membuat mind mapping?

Nah, sebelum mempelajari cara membuat mind mapping di Word, kamu harus mengetahui manfaatnya seperti berikut.

  • Mengasah Kreativitas
Baca Juga:  5 Cara Membuat Grafik di Word dengan Berbagai Perangkat

Dengan membuat mind mapping, kreativitas kamu akan meningkat karena merangsang kerja otak bagian kanan. Semisal, untuk membuat mind mapping yang menarik, kamu harus memikirkan warna dan gambar tertentu.

  • Lebih Produktif

Mind mapping memberikan manfaat utama, yakni memvisualisasikan langkah-langkah yang akan dijalankan. Dengan demikian, kamu dapat melihat beberapa hal untuk diperbaiki dan pencapaiannya.

  • Menghemat Waktu

Mind mapping biasanya digunakan untuk menghemat waktu penelitian suatu konsep atau objek. Selain itu, penelitian yang dilakukan juga lebih jelas dan terarah. 

Cara Membuat Mind Mapping dengan SmartArt

Cara Membuat Mind Mapping di Word
Sumber: edrawmax.com

SmartArt merupakan salah satu tools di Microsoft Word untuk merepresentasikan informasi dan ide secara visual. Dalam tools terdapat berbagai pilihan SmartArt Graphic, seperti cycle, hierarchy, dan relationship. Selain itu, kamu bisa mengubah warna shape yang dipilih sesuai kebutuhan.

Sebagai acuan, berikut ini beberapa cara membuat mind mapping di Word dengan SmartARt.

  • Buka Microsoft Word di komputer atau laptop kamu. Kemudian, pilihlah menu “Insert”.
  • Pada menu “Insert” terdapat banyak tools, kamu harus mengeklik SmartArt untuk memulai cara membuat mind mapping di Word.
  • Selanjutnya, pilihlah salah satu SmartArt Graphic. Misalnya, kamu memilih SmartArt Graphic “Relationship”. 
  • Setelah itu, kamu bisa memilih “Radial Cluster” dan klik “OK”. Berikutnya, SmartArt yang terpilih akan ditampilkan di halaman Word.
  • Tahap selanjutnya, kamu bisa menambahkan teks atau gambar sesuai kebutuhan.
  • Terakhir, tambahkan shape jika SmartArt Graphic yang muncul dianggap kurang sempurna. Caranya; tinggal klik “SmartArt Tools Design”, lalu pilih “Add Shape”. Selanjutnya, aturlah tata letak shape tersebut.

Cara Membuat Mind Mapping dengan Template

Cara Membuat Mind Mapping di Word
Sumber: edrawmax.com

Kamu ingin membuat mind mapping tanpa harus memikirkan konsepnya dari awal? Mudah saja; mind mapping kini dapat dibuat hanya dengan mengunduh template dari situs tertentu. Beberapa situs memberikan syarat registrasi akun menggunakan Google atau media sosial milik pengguna. Namun, ada pula situs yang memberikan template secara cuma-cuma.

Contoh situs penyedia template mind mapping yang mewajibkan pengguna terdaftar adalah venngage.com. Meski terlihat ribet, web ini menawarkan lebih dari 40 desain template. Bahkan, kamu bisa mengunduhnya dalam bentuk file selain Word.

Sementara itu, untuk template gratisan dan tanpa register, bisa ditemukan di situs templatelab.com. Kalau ingin mengunduh desainnya, kamu hanya perlu mengeklik “Mind Map Template”, lalu pilih “Download For”.

Ada pula situs template.net yang paling sering digunakan oleh desainer mind mapping. Situs ini gratis dan banyak koleksinya. Sebagai referensi untuk kamu yang ingin membuat mind mapping, berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, bukalah web dengan alamat https://www.template.net/. Lalu, buatlah akun supaya kamu bisa mengakses semua fiturnya.
  • Setelah akun dibuat, masuklah ke situs tersebut. Kemudian, ketik kata kunci “Free Mind Map” di kotak pencarian. Nantinya, muncul koleksi template yang dapat kamu gunakan untuk membuat mind mapping.
  • Langkah ketiga, klik “Download Now” untuk mengunduh template. Selanjutnya, klik “Free Download” dengan opsi “Download ini MS Word”. Lalu, klik menu “Continue Downloading”.
  • Langkah keempat, simpan hasil unduhan dalam format “zip”. Untuk mengekstrak file dalam “zip”, kamu bisa menggunakan perangkat lunak WinZip atau WinRAR.
  • Setelah file diekstrak, kamu bisa mengekliknya untuk ditampilkan di Microsoft Word. Lakukan pengeditan di bagian tertentu supaya sesuai dengan mind mapping yang ingin dibuat, misalnya mengedit gambar dan teks.
Baca Juga:  Tak Perlu Bingung Lagi, Beginilah 3 Cara Memasukkan File PDF ke Word

Cara Membuat Mind Mapping dengan Fitur Shape

Cara Membuat Mind Mapping di Word
Sumber: mindonmap.com

Kebalikan SmartArt yang sudah menyediakan grafis otomatis untuk mind mapping, fitur Shape justru mengasah otak kamu untuk memikirkan bentuknya dari awal. Pasalnya, di fitur Shape hanya tersedia bangun datar, block arrows, dan desain lain secara terpisah. Berarti, kamu harus menggabungkan semua bentuk untuk membuat mind mapping.

Supaya lebih jelas, berikut ini langkah-langkah membuat mind mapping menggunakan Shape.

  • Masukkan Bentuk yang Diinginkan 

Pada tahap ini, kamu bisa mengawali dengan mengeklik “Insert”, kemudian pilih “Shapes”. Nantinya, muncul beberapa pilihan bentuk, seperti rectangles, block arrows, basic shapes, dan flowchart.  

Jika kamu sudah memilih bentuk yang sesuai, klik kiri pada “shape” tersebut. Kemudian, drag pilihan “shape” ke lembar kerja Microsoft Word. Letakkan “shape” terbesar di bagian tengah sebagai penanda ide pokok dari seluruh konsep.

  • Masukkan Tulisan

Jika semua “shape” sudah diletakkan di lembar kerja, mulailah memasukkan tulisan. Cara menambahkan tulisan, yakni dengan mengeklik kanan objek, lalu pilih “Add Text”. Dengan tools ini, kamu bisa mengubah jenis huruf, warna, dan ukurannya.

  • Masukkan Ikon

Selain menambahkan teks, kamu bisa memasukkan ikon atau gambar ke “shape” yang sudah ditata. Ikon tersebut dapat diambil dari koleksi Word atau mengunduhnya dari situs internet. Untuk menyisipkan ikon, gunakan tools “Icon” pada menu “Insert”. Supaya mudah dalam mencari, gunakan kata kunci.

  • Sisipkan Warna Baru, lalu Hubungkan

Pada tahap ini, kamu sudah memiliki mind mapping keren yang dilengkapi teks dan gambar. Agar daya tariknya maksimal, ubahlah warna mind mapping. Jika memungkinkan, buatlah warna berbeda di tiap “shape”.

Setelah menentukan warna, hubungkan tiap “shape” dengan lines. Fitur ini terdapat di tools “Shapes” bagian paling atas. Untuk menggambar garisnya, kamu hanya perlu menarik “shape”, lalu drag hingga ke objek yang dituju.

  • Tambahkan Efek 3D Model
Baca Juga:  Cara Membuat Surat di Word Biar Terlihat Profesional

Biasanya, mind mapping divisualisasikan dalam bentuk dua dimensi. Artinya, pengguna hanya bisa melihat dari sisi depan. Jadi, bagi yang ingin melihat semua sisi, pastikan membuat mind mapping dengan efek 3D model. 

Untuk menambahkan efek 3D model, buka kembali tab “Insert”. Kemudian, pilihlah menu “3D Model”. Selanjutnya, kamu harus mengetik kata kunci supaya mendapatkan gambar sesuai tulisan.

  • Sisipkan Gambar Custom

Gambar yang disisipkan masih kurang sempurna? Tenang saja; kamu bisa mengunggah gambar dari komputer. Caranya; buka tab “Insert”, lalu klik “Pictures”. Setelah itu, klik “This Device”. 

Tidak hanya mengunggah gambar dari internet, kamu pun bisa menyisipkan ikon dari situs ternama, seperti Freepik. Jika ingin ikon lebih premium, pengguna harus membayar untuk situs Freepik.

  • Deskripsikan Garis Penghubung

Ketika kamu membuat deskripsi atau turunan, pastinya membuat objek baru yang lebih kecil. Supaya lebih mudah dalam membacanya, uraikan garis penghubung antara “shape”.

Cara Membuat Mind Mapping dengan Fitur Picture

Fitur Picture bisa digunakan untuk membuat mind mapping dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, bukalah software Microsoft Word, kemudian pilih “Blank Document”.
  • Kedua, ubahlah lembar kerja di Word dari portrait menjadi landscape di tab “Page Layout” menu “Orientation”.
  • Langkah ketiga, pilihlah “Insert”, lalu klik tools “Picture”. Selanjutnya, kamu bisa memilih gambar dari komputer atau Google Drive. 
  • Berikutnya, masukkan gambar satu per satu ke lembar kerja. Kemudian, hubungkan setiap gambar dengan lines di fitur “Shape”. Supaya lines melekat di objek pertama dan seterusnya, pastikan melakukan drag and drop dengan benar.
  • Langkah selanjutnya, jika ingin mengubah warna, efek garis, dan ukuran, pilihlah lines yang dituju, lalu buka pengaturan di ikon “shape styles”. 
  • Terakhir, mind mapping yang sudah sempurna, bisa diunduh dalam bentuk file Word, JPEG, maupun pdf. Kamu hanya perlu mengubahnya dengan menggunakan menu “File”, kemudian “Save As”. Pada tab “Save As Type”, pilihlah salah satu format file, misalnya PDF dan XPS.

Demikian uraian tentang cara membuat mind mapping di Word dengan SmartArt, Shape, template, dan Picture. Semua cara tersebut sebenarnya mudah dan cepat jika kamu menguasainya. Meski pada beberapa versi Microsoft Word ada fitur berbeda, langkah-langkahnya tidak berbeda jauh dari yang dijelaskan di artikel ini.  

Jadi, bebaskan kreativitas kamu dengan membuat mind mapping di Microsoft Word dan tunjukkan ide-ide cemerlang yang mampu mengubah dunia.

Leave a Comment