Cara Membuat Rumus di Word Sederhana Saja, Kok!

Bagi kamu yang harus menyelesaikan tugas-tugas terkait angka dan perhitungan, tentunya tidak asing lagi dengan Microsoft Excel atau yang disebut juga MS Excel. Data yang telah diolah, disajikan secara cepat serta akurat oleh MS Excel. Namun, tahukah kamu bahwa pekerjaan tersebut juga dapat diambil alih oleh Microsoft Word? Nah, artikel ini akan membahas cara membuat rumus di Word dengan mudah dan sederhana.

Sebagai salah satu bagian dari Microsoft Office, baik MS Excel maupun MS Word merupakan aplikasi pengolah kata dan angka terkemuka. Terutama untuk pembuatan informasi yang bersifat kuantitatif yang di antaranya adalah angka, diagram, dan tabel, ternyata kamu juga bisa mengandalkan MS Word! 

Tak bisa dimungkiri, banyak orang lebih suka menggunakan dokumen Word. Salah satu alasannya adalah karena tampilan lembar kerja (worksheet) pada MS Word merupakan sebuah halaman kosong berwarna putih bersih. Sementara itu, tampilan lembar kerja MS Excel berupa baris dan kolom tabel.

Nah, jadi, bagaimana cara menuliskan rumus pada MS Word? Simak terus hingga bagian akhir dari artikel ini, ya! 

Pentingnya Membuat Rumus di Microsoft Word 

Cara Membuat Rumus di Word
Sumber: youtube.com/@BJB0001

Cara membuat rumus di Word akan sangat dibutuhkan pada saat-saat tertentu, misalnya saat kamu hendak membuat soal-soal hitungan fisika dan matematika. Jika kamu adalah seorang dosen, guru, atau pelajar maupun mahasiswa yang harus bekerja dengan angka-angka, simbol, dan rumus, terkadang tampilan layar MS Excel bisa tampak lebih rumit dibandingkan dengan tampilan MS Word. Itulah mengapa artikel ini ditulis. 

Ya, penulisan rumus kini juga dapat dikerjakan di MS Word. Tepatnya, mulai pada MS Office 2007 hingga MS Office 2019 yang terbaru, rumus-rumus di MS Excel dapat pula diaplikasikan di MS Word. Bahkan, mulai dari MS Word 2013, kamu juga bisa membuat rumus matematika yang lebih kompleks, seperti rumus perhitungan diameter lingkaran atau ‘phi’ (dengan simbol π) dan rumus logaritma (alog b = c). 

Selain untuk perhitungan rumus dan logika secara otomatis, seperti pada MS Excel, MS Word juga berkapasitas untuk mengerjakan:

  • Penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pencarian nilai rata-rata
  • Daftar hadir dan daftar nilai
  • Penyajian data dan laporan keuangan
  • Mengonversikan kurs mata uang secara rapi dan akurat
  • Penyajian data statistik dalam tampilan tabel dan beragam jenis diagram (diagram batang, lingkaran, serta garis) 

Kenali Equation: Fitur untuk Menuliskan Rumus dan Simbol pada Word

Cara Membuat Rumus di Word
Sumber: addintools.com

Sebelum kita tiba pada pembahasan cara membuat rumus di Word, pahami dulu fitur Equation. Kamu bisa menemukan fitur ini pada menu Insert di MS Word, tepatnya pada layar komputer bagian sudut kanan atas. Opsi menu Equation berada tepat di atas menu Symbol (Ω) dan bersimbolkan π. 

Baca Juga:  4 Cara Membuat Nomor Halaman di Word Tanpa Cover

Dengan menekan menu ‘π Equation’ pada tab Insert, kamu akan secara otomatis dibawa pada sederet pilihan rumus perhitungan dalam matematika maupun fisika. Di antaranya rumus pecahan, rumus Pitagoras, rumus keliling lingkaran, dan masih banyak lagi. 

Nah, fitur Equation tersebut dapat berguna bagi kamu untuk menambahkan rumus-rumus pada dokumen MS Word. Kamu pun bahkan dapat menyisipkan beragam simbol pada dokumen perhitungan yang sedang dikerjakan. 

Selain itu, berkat fitur Equation, banyak rumus yang rumit dapat dipecahkan secara efisien karena ada banyak rumus dan simbol yang tidak ditampilkan pada keyboard. Hanya dengan memilih tab Insert > Equation atau menekan tombol shortcut alt + = secara bersamaan pada layar, kamu akan dapat menambahkan dan mengedit rumus yang diinginkan.

Cara Membuat Rumus di Word dengan Cepat dan Mudah 

Cara Membuat Rumus di Word
Sumber: wikihow.com

Jika kamu sudah mengenal fitur Equation, kini kamu bisa mempelajari cara membuat rumus di Word dengan mudah. Sebelumnya, perlu diingat bahwa aplikasi MS Word lebih disarankan untuk dibuka pada PC (personal computer) atau laptop. MS Word versi mobile sangat berbeda meski tersedia pula fitur Equation. Bedanya, pada versi PC, kamu akan dapat menambahkan rumus dengan lebih leluasa.  

Berikut ini langkah-langkah untuk kamu dalam menambahkan rumus yang diinginkan pada dokumen Word-mu:

  1. Pertama, hal yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka MS Word di PC atau laptopmu. 
  2. MS Word versi tahun 2007 atau yang terbaru pun telah didukung fitur Equation sehingga kamu bebas memilih MS Word versi yang kompatibel dengan komputermu. 
  3. Bukalah file yang sedang kamu kerjakan untuk memulainya. Jika kamu baru akan membuka dokumen baru, pilih New atau Blank Document, atau tekan ctrl + n sebagai shortcut (tombol jalan pintas) akses ke file baru.
  4. MS Word pun akan memunculkan sebuah lembar kerja pada layar komputermu. 
  5. Pada toolbar, pilihlah tab atau menu Insert yang terletak di antara menu Home dan Draw. Lalu, klik fitur ‘π Equation.’
  6. Selain cara di atas, kamu juga bisa mengakses fitur Equation dengan menekan shortcut alt + = secara sekaligus. 
  7. Pada bagian Equation Tools, pilih rumus yang kamu perlukan. Contohnya, pembagian, perkalian, perhitungan integral, perhitungan matriks, operasi logaritma, dan masih banyak lagi. 
  8. Bila ingin menambahkan simbol, kamu dapat memilih berbagai simbol pada menu ‘Ω Symbol.’ 
  9. Sementara itu, kamu bisa menemukan elemen-elemen lainnya dengan mudah pada menu Structures. 
  10. Berikutnya, hal yang perlu kamu lakukan dalam cara membuat rumus di Word, klik berbagai varian rumus dan simbol, serta komponen lain yang dibutuhkan. 
  11. Sisipkan rumus yang diinginkan pada kolom ‘Type equation here.’ Misalnya, rumus pecahan desimal 25 = 0,4. Rumus pecahan dapat ditemukan pada Equation Tools dengan nama menu Fraction. 
  12. Klik tab Design untuk menemukan simbol rumus yang akurat.
  13. Ketiklah angka yang diinginkan dalam proses kalkulasi dengan cara menekan tombol angka pada keyboard laptop atau komputer. 
  14. Kerjakan proses penambahan rumus, angka, dan simbol ini secara teliti sehingga hasil perhitungannya pun sesuai dengan ekspektasi. 
  15. Jika sudah selesai, simpan file pekerjaan tersebut dengan cara mengeklik menu Save atau menekan tombol ctrl + S secara bersamaan. 
Baca Juga:  Ingin Model Halaman yang Bervariasi? Inilah 5 Cara Membuat Halaman di Word

Cara Membuat Rumus di Word secara Manual

Cara Membuat Rumus di Word
Sumber: msofficeforums.com

Adapun beberapa cara membuat rumus di Word yang sederhana secara manual seperti pada perkalian, pembagian, penambahan, pengurangan, dan lainnya. Di bawah ini adalah langkah-langkahnya beserta contohnya:

Rumus Penambahan dan Pengurangan

Jika kamu hendak menambahkan rumus penambahan maupun pengurangan secara manual atau sederhana, ketikkan saja tanda tambah (+), minus (-), sama dengan (=), serta angka-angkanya dalam kotak ‘Type equation here.’ Contohnya, 3 + 3 = 6.

Rumus Pembagian

Dalam menuliskan rumus pembagian, terdapat dua cara yang dapat dilakukan, yakni:

  • Gunakan simbol pembagian yang dapat ditemukan pada tab Design. Contohnya, 35 : 7 = 5. 
  • Pilih menu Fraction (pecahan) pada tab Design atau Equation Tools. Contohnya, 105=2. 

Rumus Perkalian

Dalam penulisan rumus perkalian secara manual, jangan pernah mengetik huruf x pada keyboard. Pasalnya, tombol huruf x tersebut digunakan untuk mengetikkan variabel x. Hal yang benar dilakukan adalah memilih simbol pada tab Design atau menu Equation Tools. Contohnya, 2 5 = 10. 

Rumus Pangkat

Jika kamu memerlukan rumus pangkat, gunakan saja menu Script dalam tab Design atau Equation Tools. Cukup dengan mengeklik sebuah template pangkat, maka kamu dapat menambahkan variabel atau angka dalam kotak kecil yang tersedia. Contohnya, 102 = 100. 

Rumus Akar Pangkat

Jika kamu perlu membuat rumus akar pangkat, pilihlah menu Radical pada tab Equation Tools. Seperti pada jenis rumus lainnya, kamu hanya perlu menambahkan satu template rumus akar pangkat saja sebelum menambahkan variabel dan angka dalam kotak-kotak kecil yang disediakan. Sebagai contoh, 81 = 9.

Cara Mengedit Rumus pada Microsoft Word 

Saat kamu perlu mengedit atau menyunting rumus yang telah ditambahkan sebelumnya, kamu bisa melakukannya sesuai prosedur singkat di bawah ini:

  1. Pindahkan kursor ke rumus yang hendak diedit, kemudian klik kiri dua kali saja.  
  2. Lalu, kamu akan diarahkan kepada pilihan menu  Equation Tool. 
  3. Pada fitur Equation Tool, kamu dapat memilih beberapa metode untuk menyunting rumus. 
  4. Lakukan proses pengeditan secara mendetail untuk meminimalkan kesalahan. 
  5. Setelah proses selesai, kamu dapat lanjut mengubah atau mengedit rumus-rumus lainnya.
Baca Juga:  Cara Membuat Kotak di Word Agar Hasilnya Bagus

Selain cara menyunting rumus pada MS Word, terdapat pula cara membuat rumus di Word tanpa fitur Equation. Langkah-langkahnya sederhana saja, seperti dijabarkan di bawah ini:

  1. Bukalah MS Word.
  2. Aktifkan fitur AutoFormat dengan mengeklik tab File pada sudut kiri atas layar dan pilih Options.
  3. Ketika kotak popup Word Options terbuka, pilih opsi Proofing di bagian kiri kotak tersebut.
  4. Lalu, klik AutoCorrect Options. Maka, muncullah kotak popup AutoCorrect.
  5. Klik pilihan AutoFormat As You Type pada kotak popup tersebut sebelum memberikan tanda centang pada bagian ‘Fractions (1/2) with fraction character (½),’ misalnya. Kemudian, klik OK.
  6. Setelah kotak popup tertutup, kamu dapat menambahkan pecahan dengan cara memasukkan angka pembilang diikuti oleh tanda ‘per’ (/) serta bilangan penyebut tanpa spasi.
  7. Jika pecahan sudah dimasukkan, tekanlah tombol spasi. Dengan demikian, tulisan pun akan tampil dalam format pecahan, secara otomatis.

Demikian artikel yang membahas serba-serbi cara membuat rumus di Word. Semoga kamu dapat memahami penyampaian informasinya dengan mudah dan lancar. Terdapat beragam rumus dan simbol yang bisa diakses pada fitur Equation di MS Word. Dari mulai yang sederhana seperti Fraction (2) hingga yang kompleks seperti Matrix  (1 0 0 0 1 0 0 0 1 ). 

Kesimpulannya, jika kamu memerlukan pembahasan rumus matematika dan fisika pada dokumen Word, kamu bisa menggunakan menu Equation. Namun, sekali lagi, semua tergantung pada pilihan kenyamanan masing-masing. 

Masih banyak orang yang lebih memilih dokumen MS Excel (.xlsx) untuk mengerjakan soal-soal perhitungan logika seperti di atas. Hal itu karena tampilan lembar kerjanya yang berbentuk tabel besar sehingga memudahkan pekerjaan.

Nah, bagaimana, sudah jelas kan artikel mengenai cara membuat rumus di Word ini? Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait penambahan rumus logika di Microsoft Word, kunjungi situs web Microsoftword.id, ya! Temukan banyak informasi berguna seputar pengolahan kata dan komputer di sana.

Leave a Comment