4 Cara Membuat Layout di Word dengan Berbagai Tools Bawaan

Pelajari cara membuat layout di Word jika kamu berencana untuk membuat desain suatu buku atau jurnal. Desain buku yang menarik mampu membuat pandangan para pembaca luluh dan tidak ingin berhenti membaca. Makanya, penting untuk mempelajari caranya menggunakan Microsoft Word.

Microsoft Word berisi berbagai fitur dan alat yang bisa membantu kamu menulis buku dengan layout dan desain terbaik. Membuat buku menggunakan Microsoft Word bisa dilakukan dengan sangat mudah kalau kamu sudah memahami fungsi dari berbagai fitur dan alat yang ada di dalamnya.

Salah satunya adalah fitur layout yang bisa membuat tampilan buku yang kamu buat menjadi berbeda dan lebih menarik. Apa itu layout dan bagaimana cara memanfaatkannya dalam proses pembuatan buku? Cari tahu selengkapnya mengenai penggunaan layout di halaman ini.

Mengenal Menu Layout di Microsoft Word

Layout merupakan salah satu tab yang ada di dalam Microsoft Word. Bagian ini terdiri dari banyak menu yang semuanya bisa dimanfaatkan untuk mengubah tampilan dokumen yang kamu buat. Ada tiga bagian di dalam tab Layout yang mengandung berbagai alat.

1. Page Setup

Page Setup

Bagian dari Layout yang berisi berbagai ikon perintah yang bisa digunakan untuk mengubah pengaturan format kertas, misalnya mengubah jenis kertas, tampilan, dan ukuran kertas. Agar bisa memahami cara membuat layout di Word, pahami berbagai alat di bagian Page Setup.

FiturFungsi
MarginMengatur ukuran kertas di bagian bawah, atas, kanan, dan kiri.
OrientationMengatur orientasi kertas, bisa landscape atau portrait.
ColumnsMengubah kolom teks, bisa satu kolom, dua, atau lebih.
SizeMemilih ukuran kertas, bisa A4, F4, dan sebagainya.
BreaksMenghentikan paragraf dan membuat halaman baru.
HyphenationMemberikan tanda hubung untuk teks, baik secara otomatis maupun manual.
Line numberMenambahkan nomor urut di masing-masing baris teks pada lembar kerja.

2. Paragraph

Paragraph

Bagian lain dari menu Layout pada Microsoft Word 2010 adalah Paragraph yang berisi berbagai menu yang memungkinkan kamu untuk mengedit paragraf dalam suatu lembar kerja.

Baca Juga:  4 Cara Memindahkan PPT ke Word dengan Rapi & Cepat
FiturFungsi
Indent RightMengatur paragraf agar rata ke arah kanan.
Indent LeftMengatur paragraf agar rata ke arah kiri.
Spacing AfterMengatur jarak antar paragraf atau spacing antar paragraf.
Spacing BeforeMengatur jarak atau spasi antara teks atas dan bawah dalam suatu paragraf.

3. Arrange

Arrange

Cara membuat layout di Word berikutnya adalah memahami fungsi dari menu Arrange. Arrange sendiri merupakan sebuah bagian dalam Layout yang fungsinya adalah mengatur letak objek gambar dalam suatu dokumen.

FiturFungsi
RotateMemutar gambar atau objek dalam lembar kerja.
GroupMengelompokkan beberapa objek sekaligus agar bisa dimodifikasi bersamaan.
AlignMengubah atau mengatur posisi objek yang dipilih dalam suatu lembar kerja.
Selection PaneMengelola objek dengan cara mengurutkan ulang, mengelompokkan atau memisahkan, menyembunyikan atau menampilkan
Send BackwardMemindahkan objek terpilih ke belakang objek lain.
Bring ForwardMembawa objek terpilih ke depan salah satu objek lain.
Wrap TextMengatur perataan tulisan dengan suatu gambar atau objek.
PositionMengatur tata letak suatu objek atau gambar di suatu lembar kerja.

Membuat Layout Buku di Microsoft Word

Untuk membuat sebuah buku hanya dengan menggunakan Microsoft Word, kamu wajib mempelajari caranya menggunakan berbagai fitur yang sudah dijelaskan sebelumnya. Di bawah ini adalah beberapa cara membuat buku dengan memanfaatkan bagian Layout dari Microsoft Word.

1. Mengatur ukuran buku

Saat akan membuat suatu buku, pastikan untuk mengatur dulu ukurannya sehingga nantinya bisa langsung dicetak sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Misalnya kalau kamu akan membuat buku berukuran A5, ikuti beberapa cara berikut ini.

  • Buka dokumen buku yang akan di edit kemudian klik tab Layout di bagian atas Microsoft Word. Arahkan kursor ke bagian Page Setup lalu klik menu Size.
Buka dokumen buku yang akan di edit kemudian klik tab Layout di bagian atas Microsoft Word. Arahkan kursor ke bagian Page Setup lalu klik menu Size.
  • Daftar ukuran buku akan muncul, lengkap dengan keterangan atau informasi ukurannya, langsung klik saja ukuran A5.
Baca Juga:  Cara Membuat Daftar Isi di Word, Manual dan Otomatis

Kalau kamu ingin menggunakan ukuran yang lain tapi ukuran tersebut tidak ada dalam daftar, cara membuat layout di Word adalah dengan mengklik More Paper Sizes di bagian bawah menu Size. Kamu bisa mengatur ukuran panjang dan lebarnya di tab Paper.

2. Mengatur margin buku

Margin merupakan jarak antara bagian tepi luar kertas dengan bagian tulisan suatu dokumen. Fungsinya adalah menyediakan jarak yang tepat sehingga buku akan lebih nyaman dibaca. Buku juga akan terlihat lebih profesional dan rapi. Cara mengatur margin cukup mudah, dengan mengikuti beberapa langkah ini.

  • Buka dokumen buku kemudian klik menu Layout dan arahkan kursor ke bagian Page Setup. Tapi kali ini klik menu Margins.
  • Akan muncul keterangan lengkap margin beserta ukurannya. Jika margin yang kamu inginkan tidak muncul, klik menu Custom Margins.
Akan muncul keterangan lengkap margin beserta ukurannya. Jika margin yang kamu inginkan tidak muncul, klik menu Custom Margins.
  • Buku akan dicetak secara bolak-balik sehingga pastikan untuk memilih menu Mirror Margins pada bagian Pages.
  • Margin dalam merupakan bagian yang dekat dengan jilid buku dan margin luar merupakan bagian luar buku. Atur margin atas dan bawah juga.
  • Ukuran normal margin buku adalah 2,5cm untuk bagian dalam dan 2cm untuk bagian atas, bawah, dan luar. Bagian dalam lebih lebar karena akan terpotong selama proses penjilidan.

Setelah bagian layout Word berubah, khususnya bagian margin, lanjutkan dengan mengubah jarak antar paragraf atau spacing agar buku tampak lebih rapi.

3. Cara membuat layout di Word bagian spacing

Cara membuat layout di Word bagian spacing

Paragraph spacing merupakan bagian yang wajib diatur agar setiap paragraf mempunyai jarak yang sama sehingga dokumen akan menjadi lebih rapi. Untuk mengubah jarak antar paragraf, ubah nilai spacing di bagian After kemudian sesuaikan dengan Line Spacing.

Baca Juga:  Simpel tapi Pasti: Ini Dia 5 Cara Mengubah Word ke PDF

Agar buku yang dibuat tampak lebih rapi, atur jarak atau spacing afternya antara 12 hingga 24 pt. Pastikan semua paragraf mempunyai jarak yang sama.

4. Mengatur printing buku bolak-balik

Mengatur printing buku bolak-balik

Setelah selesai mengatur dan menulis buku menggunakan Microsoft Word, kamu perlu mempersiapkan layout buku agar siap untuk dicetak. Proses mencetak buku tidak sama dengan proses cetak dokumen biasa karena buku wajib dicetak secara bolak-balik.

Untuk mengubah pengaturan sebelum mencetak, tekan tombol Ctrl dan tombol P bersamaan. Setelah itu klik bagian properties dan segera ubah pengaturan menjadi print on both sides, double-side printing, atau two-side printing, sesuai dengan pengaturan setiap printer yang digunakan.

Setelah memilih layout printing, segera klik OK dan dokumen pun akan dicetak sesuai dengan layout yang sudah diubah sebelumnya. Sayangnya, proses percetakan bolak-balik secara otomatis hanya bisa dilakukan dengan mesin cetak khusus.

Cara membuat layout di Word wajib dipahami dengan benar agar setiap penulis bisa mencetak buku dengan desain dan layout yang terbaik. Desain dan layout yang bagus akan sangat mempengaruhi ketertarikan para pembaca dan menggugah pembaca untuk melanjutkan membaca sampai ke akhir.

Pelajari semua langkah di halaman ini dan fungsi dari semua fitur menu Layout di Microsoft Word agar bisa membuat buku dengan layout terbaik.

Leave a Comment