4 Cara Membuat Kurva di Word Laptop dan Android (HP)

Biasanya, ketika membuat laporan, data akan ditampilkan dalam bentuk kurva. Kehadiran kurva ini akan membuat laporan jadi lebih menarik. Sedangkan laporan itu sendiri umumnya dikerjakan menggunakan Microsoft Word. Pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat kurva di Word?

Jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya sangat mudah. Sebab, pembuatan kurva itu sendiri tidaklah sulit. Kurva juga tidak hanya bisa dibuat menggunakan Microsoft Excel, tetapi juga bisa dibuat menggunakan Microsoft Word.

Microsoft Word itu sendiri memang merupakan aplikasi pengolah kata. Meskipun demikian, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan melalui aplikasi atau software yang satu ini. Khusus mengenai cara membuat kurva di Word 2010 atau di versi yang lebih tinggi lagi, informasinya sebagai berikut:

Beragam Cara Membuat Kurva di Word

1. Membuat Kurva Melalui Menu Insert

Insert merupakan salah satu menu yang akan membantu mempermudah pekerjaan dalam mengolah kata atau kalimat. Menu insert ini sendiri, merupakan menu yang fungsinya adalah untuk memasukkan atau menyisipkan objek, bisa berupa gambar, tulisan maupun yang lainnya.

Dalam menu Insert ini sendiri terdapat sub menu dengan fungsi masing-masing. Diantara sub menu tersebut ialah Blank Page, Cover Page, Page Break, Picture, Table, Clip Art, Shapes, SmartArt, dan Chart. Nah, sub menu Chart inilah yang akan digunakan untuk membuat grafik, Diagram atau kurva.

Dalam sub menu Chart ini, ada berbagai pilihan untuk pembuatan grafik dan kurva. Sedangkan untuk pembuatan kurva di Microsoft Word dengan cara ini sebagai berikut:

  • Pilih menu Insert
  • Selanjutnya, klik ikon Chart dan nantinya akan muncul kotak dialog Insert Chart yang isinya pilihan model grafik dan kurva
  • Untuk membuat kurva, pilih Line dan nantinya akan muncul beberapa model kurva di sebelah kanan layar. Silahkan pilih kurva yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu
Untuk membuat kurva, pilih Line
  • Setelah memilih grafik, nanti kamu akan melihat adanya Spreadsheet atau Excel dengan ukuran yang kecil. Namun, halaman ini fungsinya untuk mengisi data-data yang ingin ditampilkan pada grafik. Akan tetapi, jangan heran kalau spreadsheet tersebut berisi data secara default, nantinya kamu tinggal memasukkan data-data yang diinginkan
  • Apabila data yang ingin kamu tampilkan jumlahnya cukup banyak, kamu bisa menambah Excel tersebut. Caranya ialah dengan klik dua kali saja bagian menu bar di halaman Excel itu tadi atau bisa juga dengan memilih ikon kecil yang bergambar logo Microsoft Excel
  • Setelah Spreadsheet tersebut selesai diisi, kurva akan langsung memunculkan data sesuai dengan yang kamu masukkan tadi
  • Lanjutkan dengan mengatur tampilan kurva, di sini ada pilihan
Lanjutkan dengan mengatur tampilan kurva, di sini ada pilihan
  • Layout Options untuk mengatur posisi grafik, misalnya apakah berada di dalam teks, di antara teks maupun di belakang teks
  • Chart Elements untuk mengatur maupun menambah elemen grafik serta unsur tambahan yang lainnya
  • Style untuk mengubah bentuk kurva, warna maupun hal-hal lain yang berkaitan dengan penampilan kurva
  • Values untuk menambah maupun menghilangkan kategori pada kurva
  • Pastikan kembali pengaturan kurva yang sudah kamu lakukan tadi dan jangan lupa simpan dokumen ini secara berkala
  • Agar isi kurva bisa dipahami dengan mudah, berikan judul dengan cara klik Title lalu masukkan judul yang diinginkan.
Baca Juga:  6 Cara Membuat Tabel di Word Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Silahkan kamu atur sendiri bagaimana tampilan kurvanya nanti. Jangan lupa untuk menyimpan hasil kerja kamu secara berkala agar ketika laptop atau PC yang kamu gunakan mati tiba-tiba, pengaturan yang sedari tadi kamu lakukan tidak hilang.

2. Cara Membuat Kurva di Word Android

Dibandingkan dengan menggunakan laptop, membuat kurva di Android sedikit lebih rumit. Namun ini hanya karena masalah luas layar Handphone Android yang cenderung terbatas. Selain itu, fitur yang ada dalam Microsoft Word di HP tidak selengkap seperti yang ada di laptop atau di PC.

Namun sebenarnya, prosedur pembuatan kurva di Word handphone ini cukup sederhana. Nah, untuk cara membuat kurva di Word Android selengkapnya sebagai berikut:

  • Pastikan bahwa aplikasi Word serta Excel terinstall di handphone Android yang kamu gunakan
  • Kalau sudah, langsung jalankan aplikasi Excel
  • Selanjutnya, buka dokumen baru lalu masukkan berbagai data yang ingin kamu tampilkan dalam kurva
  • Jika sudah, langsung blok data-data yang kamu masukkan tadi. Selanjutnya pilih Insert kemudian pilih Chart
Jika sudah, langsung blok data-data yang kamu masukkan tadi. Selanjutnya pilih Insert kemudian pilih Chart
  • Lanjutkan dengan memilih model kurva yang kamu mau. Setelah model kurva yang dipilih ini diklik, maka kurva akan muncul secara otomatis dalam lembar kerja di aplikasi Excel yang digunakan. Lakukan berbagai modifikasi sesuai kebutuhan dan sesuai keinginan
  • Klik kurva tersebut kemudian pilih Copy
  • Selanjutnya, buka aplikasi Microsoft Word
  • Buka lembar kerja yang akan menjadi tempat diletakkannya kurva. Tekan agak lama di Microsoft Word tersebut sehingga kemudian akan muncul pilihan untuk Paste. Klik Paste tersebut dan grafik akan langsung muncul di dokumen Microsoft Word

Sekali lagi, jangan lupa untuk menyimpan hasil pengaturan yang kamu lakukan. Sebab kalau tidak, grafik yang sudah kamu kerjakan tadi bisa menghilang.

Baca Juga:  3 Cara Membuat Huruf Besar di Word Awal Paragraf & Kata Tertentu

3. Memindahkan Grafik dari Microsoft Excel ke Microsoft Word

Ketika bekerja dengan angka-angka, biasanya seseorang akan menggunakan Microsoft Excel. Sedangkan jika menyusun laporan atau mengerjakan hal lainnya yang berhubungan dengan kata dan kalimat, yang akan digunakan adalah Microsoft Word.

Ketika bekerja menggunakan Microsoft Excel, sebenarnya kamu bisa langsung membuat grafiknya di sana. Nanti kalau grafik ini sudah selesai, tinggal dipindahkan saja ke Microsoft Word. Caranya kurang lebih sama dengan cara nomor dua di atas, namun untuk lengkapnya bisa perhatikan poin-poin berikut:

  • Jalankan Microsoft Excel yang ada grafiknya
  • Klik grafik tersebut kemudian klik tombol Ctrl + C pada keyboard
  • Selanjutnya, buka Microsoft Word sebagai tempat untuk meletakkan grafik. Di sini kamu bisa arahkan kursor ke bagian yang diinginkan lalu tekan Ctrl + V atau bisa juga dengan klik kanan dan pilih Paste. Dengan begini, kurva akan langsung muncul di Microsoft Word
Selanjutnya, buka Microsoft Word sebagai tempat untuk meletakkan grafik. Di sini kamu bisa arahkan kursor ke bagian yang diinginkan lalu tekan Ctrl + V
  • Kalau sudah, perhatikan kurva tersebut khawatir kalau-kalau ada yang berubah. Jika memang sudah sesuai, langsung simpan supaya perubahan ini tidak hilang kalau laptop mati tiba-tiba.

Tetapi kalau kamu masih ingin melakukan perbaikan pada grafik, langsung lakukan saja di Microsoft Word, tidak perlu kembali ke Microsoft Excel. Caranya ialah dengan klik Design pada menu bar di atas lalu klik Edit Data. Dengan demikian, tabel data yang dijadikan grafik akan muncul seketika.

4. Kalau Ingin Mengubah Jenis Kurva

Seperti yang sudah disampaikan, Microsoft Word dan Microsoft Excel menyediakan beberapa model dan jenis kurva sekaligus. Dengan kata lain, kamu memiliki beberapa pilihan untuk membuat penampilan data menjadi lebih menarik lagi.

Namun, jika setelah dibuat ternyata jenis kurva dan modelnya membuat kamu merasa kurang puas, kamu bisa loh mengubahnya. Caranya seperti ini:

  • Klik dua kali di area kurva yang sudah dibuat untuk mengaktifkannya
  • Selanjutnya klik Chart Toolbar kemudian pilih jenis kurva lain yang diinginkan
Selanjutnya klik Chart Toolbar kemudian pilih jenis kurva lain yang diinginkan
  • Klik jenis dan model kurva baru yang dipilih kemudian klik OK
Baca Juga:  6 Cara Membuat Derajat di Word pada Windows & Mac

Sederhana sekali bukan cara membuat kurva di Word? Sekarang tinggal kamu praktekkan saja. Perlu diketahui juga bahwa sebaiknya kurva ini dibuat sebaik dan seindah mungkin supaya orang-orang tidak malas membacanya.

Namun jangan hanya memperhatikan penampilan kurva, pastikan bahwa data yang ditampilkan mudah dimengerti dan tidak membingungkan. Selamat mencoba.

Leave a Comment