Cara Menambah Font di Word, Agar Lebih Variatif!

Bosan dengan font itu-itu saja yang ada di Word? Sudah tahu belum, kalau ada cara menambah font di Word yang bisa kamu lakukan? Kamu pun jadi bebas memilih dan menggunakan font di luar bawaan Word sehingga menghasilkan dokumen yang tidak monoton.

Oh ya, cara menambah font di Word ini juga sekaligus akan menambah font pada aplikasi Office lainnya, lho. Dalam kata lain, cukup satu kali kerja, kamu bisa menggunakan font tambahan tersebut di aplikasi Office lain dalam laptop atau komputermu.

Pentingnya Font untuk Dokumen (H2)

Cara Menambah Font di Word
Sumber : Rocket Stock

Seperti tulisan tangan, font pada Word juga mempunyai karakternya masing-masing. Oleh sebab itu, tiap font pun akan memberi kesan tersendiri pada pembacanya.

Kamu bisa melihat contohnya dengan mudah. Saat membuat laporan resmi, kamu akan menggunakan beberapa font yang netral dan formal pula seperti Times New Roman, Arial, dan sebagainya alih-alih COmic Sans MS, Lucida Handwriting, dan beberapa font lain yang terlalu “bergaya”, bukan?

Di samping itu, kamu juga memperhatikan bagaimana font pada logo berbagai brand. COACH misalnya—apa yang akan kamu pikirkan jika brand ini mengganti font pada logonya dengan jenis font Comic Sans MS? Pun sebaliknya, apa yang kamu pikirkan jika font pada logo Nickelodeon berubah menjadi Arial?

Dari sini, kamu tentu bisa melihat bagaimana peran font untuk sebuah dokumen bahkan brand. Selain memberi kesan yang tepat sehingga memicu engagement dengan pembaca atau target sasaran, font yang tepat juga akan membuat pembaca menikmati tulisan dengan lebih nyaman dan jelas.

Cara Menambah Font di Word 

Cara Menambah Font di Word
Sumber : Youtube

Asyiknya, font baru terus bermunculan sehingga membuat teks pada komputer monoton dengan gaya itu-itu saja. Kamu pun bisa menambahkan font-font apik lainnya pada aplikasi Word di laptop atau komputermu dengan mudah.

Baca Juga:  4 Cara Membuat Bingkai di Word Agar Halaman Tampak Rapi

Cara menambah font di Word yang pertama adalah dengan mengunduh terlebih dahulu berkas atau file font yang kamu inginkan. Kamu bisa memperoleh file ini di berbagai situs, antara lain:

  • Abstract Fonts
  • Google Fonts
  • 1001 Fonts
  • Dafont
  • FontsSpace

File tersebut biasanya dalam format .zip. Karena itu setelah terunduh, kamu perlu mengekstraknya terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa lanjutkan menginstalnya.

Cara Menambah Font di Word Versi Windows

Untuk kamu yang menggunakan Windows, ada beberapa perbedaan saat menginstal font baru pada masing-masing versi Windows. Berikut langkah-langkah selengkapnya.

  1. Pastikan file font yang akan kamu gunakan tersimpan di foder C:WindowsFonts. Jika hasil download masih belum berada di folder ini, pindahkan file hasil ekstrak tersebut ke folder C:Windows Fonts.
  2. Sistem Windows secara otomatis akan menginstal font.
  3. Untuk mengecek font (preview), kamu bisa melakukannya lewat beberapa alternatif berikut:
  • Buka folder font → klik kanan pada mouse → klik Preview
  • Untuk Windows 7 dan 10, pilih Control Panel → Font
  • Untuk Windows 8.1, pilih Control Panel → Personalize → Font
  • Selanjutnya, kamu bisa langsung mengecek di daftar font pada Microsoft Word

Cara Menambah Font di Word Versi Mac

Untuk kamu pengguna Mac, cara menambah font di Word memang cukup berbeda dari Windows. Namun tenang saja, langkah-langkahnya sama mudahnya dan tidak memerlukan waktu lama.

  1. Pastikan kamu sudah menambahkan aplikasi Font Book terlebih dahulu pada Mac.
  2. Pilih file font yang kamu inginkan.
  3. Buka Preview Window dengan cara mengklik dua kali pada mouse atau touchpad.
  4. Ekstrak terlebih dahulu file font.
  5. Di bagian bawah Preview Window, klik Install Font untuk membuka Font Book.
  6. Jika kamu menggunakan Office versi 2011, lakukan drag and drop file font tersebut menggunakan mouse atau touchpad ke Windows Office Compatible (ada di sisi kiri Font Book).
  7. Restart Mac, font secara otomatis akan muncul di Word dan beberapa aplikasi Office lainnya pada Mac.
Baca Juga:  Sangat Mudah, Begini Cara Membuat Bagan di Word Lengkap

Cara Mengubah Default Font di Word 

Cara Menambah Font di Word
Sumber : Winpoin

Selain menambahkan font baru, Word juga memungkinkanmu mengubah pengaturan default font, lho. Seperti contoh, jika selama ini Calibri jadi font default saat kamu membuka Word, maka kamu bisa menggantinya dengan font lain yang biasa kamu gunakan. Dengan begitu, setiap membuka Word, kamu tidak perlu lagi mengubah font.

Cara Mengubah Default Font di Word untuk Windows

  1. Buka Word.
  2. Pada menu Home, pilih Font Dialog Box Launcher.
  3. Pilih font dan ukuran yang ingin kamu jadikan sebagai default.
  4. Pilih Select As Default.
  5. Kamu bisa memilih This Document Only jika hanya ingin mengubah default pada dokumen ini atau All documents based on the Normal template jika ingin mengganti seterusnya.
  6. Klik OK dua kali.

Cara Mengubah Default Font di Word untuk Mac

  1. Buka Word.
  2. Pada menu Format → klik Font → klik Font. Jika ingin lebih cepat, kamu bisa menggunakan shortcut pada keyboard Command + D.
  3. Pilih font dan ukuran yang ingin kamu jadikan default.
  4. Klik Default → klik Yes.
  5. Klik OK.

Rekomendasi Font Terbaik untuk Dokumen Resmi

Ada sangat banyak font yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dokumen atau teks yang akan dikerjakan. Sayangnya, biasanya pilihan yang digunakan untuk membuat dokumen resmi masih terbatas itu-itu saja.

Kalau kamu ingin mencoba suasana baru tanpa menghilangkan kesan formal dan elegan pada tulisan, beberapa font berikut bisa kamu coba.

1. Georgia

Ini adalah alternatif terbaik untuk kamu yang menyukai Times New Roman, tetapi dengan model sedikit berbeda. Font ini cukup ramping dan rapi, tetapi dengan lebar sedikit lebih besar sehingga membuat tulisan jadi lebih besar. 

Baca Juga:  4 Cara Menghapus Comment Di Word

2. Garamond

Ada banyak versi Garamond yang bisa kamu temui, tetapi yang paling populer adalah font Garamond yang dirancang oleh Robert Slimbach untuk Adobe. Karakter Garamond sangatlah kuat dan memberi kesan yang anggun dan elegan, dengan kelebaran yang cukup sehingga membuat pembaca mudah untuk menikmati jenis font ini.

3. Helvetica Neue

Font yang satu ini lebih cocok jika kamu ingin font dengan jarak yang cukup lebar—tetapi tidak berlebihan—antara satu huruf dengan huruf lainnya dalam satu kata. Helvetica Neue mempunyai desain neo-grotesque alias realis yang dipengaruhi sangat kuat oleh jenis huruf pada abad ke-19, Akzidenz-Grotesk.

4. Cambria

Kalau ingin tulisan yang rapi, tetapi cukup kasual dengan tetap memperlihatkan kesan akademik, Cambria bisa jadi pilihan. Font ini pun ternyata memang didesain untuk mendukung tulisan-tulisan akademik.

5. Aviner

Satu lagi rekomendasi font untuk keperluan dokumen resmi, tetapi memberi kesan santai dan kasual yang tidak berlebihan adalah Aviner. Jenis huruf sans-serif geometris ini memiliki ukuran huruf yang lebih lebar dibandingkan Times New Roman sehingga dapat memberi ruang baca yang cukup lega untuk mata pembaca.

Nah, itulah cara menambah font di Microsoft Word yang bisa kamu lakukan, baik di Windows maupun Mac. Semoga membantu!

Leave a Comment