Cara Membuat Diagram Batang di Word: Nggak Sulit, Kok!

Menulis tugas, laporan, atau hasil penelitian di Word biasanya membutuhkan diagram batang. Nggak usah bingung kalau kamu harus melakukannya. Cara membuat diagram batang di Word nggak sulit; kamu bahkan bisa berkreasi dengan beragam bentuk, jumlah grafik batang, dan warna.

Selain membuat diagram langsung di Word, kamu bisa belajar mengelola data untuk mengganti detail diagram atau bahkan menggabungkan dua jenis diagram. Ikuti cara membuat diagram batang di Word berikut biar dokumenmu semakin keren!

Cara Membuat Diagram Batang 2D di Word 

Cara Membuat Diagram Batang di Word
Sumber: wikihow.com

Pengguna Word nggak perlu susah-susah membuka program berbeda karena sudah ada pilihan menu untuk membuat diagram. Jika kamu “hanya” perlu membuat diagram batang standar 2D, inilah langkah-langkahnya.

1. Buka Menu Diagram

Buka Word lalu klik menu Insert di bagian atas. Temukan tombol Chart dan klik untuk mulai memilih bentuk diagram.

2. Pilih Diagram Batang

Setelah menekan Chart, kamu akan melihat kotak terpisah berisi daftar bentuk-bentuk diagram. Pilih Column untuk diagram batang, pilih bentuk yang kamu inginkan, lalu tekan OK.

3. Isi Detail Data Sesuai Kebutuhan

Kamu akan melihat baris dan kolom Excel berisi data default, lengkap dengan diagram pilihanmu sebagai latar belakang. Ganti dengan detail data milikmu sendiri untuk mulai membuat diagram. Diagram akan berubah setiap kali kamu memasukkan rincian data.

Cara Membuat Diagram Batang 3D 

Cara Membuat Diagram Batang di Word
Sumber: youtube.com/@CreativeVenus

Diagram batang 3D terkadang diperlukan untuk menyajikan data yang lebih kompleks. Untungnya, cara membuat diagram batang di Word versi 3D sangat mudah. Kamu tinggal memilih Insert > Chart > Column (seperti di langkah-langkah sebelumnya), lalu pilih bentuk diagram 3D.

Bagaimana jika kamu sudah terlanjur membuat diagram batang 2D?

Jangan khawatir: caranya mudah banget! Inilah langkah-langkah mengubah diagram batang 2D kamu menjadi 3D tanpa harus membuat diagram baru.

Baca Juga:  Lelah Mengetik dengan Jari? Coba deh Cara Mengetik dengan Suara di Word!

1. Klik Kanan di Diagram 

Arahkan kursor ke atas diagram yang sudah jadi, di area mana saja. Klik kanan untuk memunculkan menu, lalu pilih Change Series Chart Type. Kamu akan kembali melihat menu bentuk-bentuk diagram.

2. Pilih Diagram 3D

Pilih Column untuk diagram bentuk batang. Kamu akan melihat beberapa jenis diagram 3D seperti Clustered Column dan Stacked Column. Pilih satu sesuai kebutuhan, lalu klik OK. Kamu akan melihat diagram 2D berubah menjadi 3D.

3. Modifikasi Bentuk Diagram

Setelah diagram 3D jadi, kamu bisa memodifikasi bentuknya. Klik kanan pada diagram, lalu pilih Format Data Series. Kamu akan melihat pilihan untuk mengubah bentuk dan ketebalan diagram.

4. Ubah Posisi Diagram

Gunakan fungsi rotasi untuk memutar diagram batang ke posisi yang kamu inginkan. Klik kanan di atas diagram, lalu pilih 3-D Rotation. Masukkan angka derajat kemiringan untuk masing-masing elemen diagram (angka 0 berarti semua bagian diagram tampak lurus).

Cara Memperbarui Data Diagram Batang 

Cara Membuat Diagram Batang di Word
Sumber: howtogeek.com

Setelah belajar cara membuat diagram batang di Word, saatnya mengetahui bagaimana memperbarui atau mengubah data-datanya sesuai kebutuhanmu. 

Inilah beberapa cara melakukannya:

1. Mengubah Judul Diagram

Klik judul diagram sampai kamu melihat kotak teks, lalu ketik nama baru yang kamu inginkan. 

Cara lainnya: klik diagram sampai kamu melihat menu modifikasi tabel di bagian atas Word. Pilih Layout > Chart Title untuk mulai mengubah judul diagram.

2. Mengubah Label Garis X dan Y

Untuk mengubah label pada garis X dan Y, klik diagram sampai kamu melihat menu modifikasi tabel di bagian atas Word. Pilih Layout > Axis Titles, lalu mulailah mengisi label garis vertikal dan horizontal sesuai kebutuhan.

Baca Juga:  Cara Menambah Ukuran Kertas di Word Windows 8, 10 & 11

3. Memperbarui Detail Data

Kamu bisa memperbarui atau mengubah detail data secara langsung lewat diagram.

Caranya, klik kanan pada bagian diagram yang datanya hendak kamu rubah sampai muncul tabel. Ganti informasi pada tabel tersebut sesuai kebutuhan, lalu klik Enter.

4. Memunculkan dan Menghilangkan Kategori Diagram

Terkadang, kamu mungkin harus memunculkan dan menghilangkan kategori yang terlihat di diagram (bukan menghapus!). Hal ini biasanya karena kamu harus membuat beberapa versi dari diagram yang sama tanpa harus menghapus data pentingnya.

Caranya, klik kanan pada diagram, lalu pilih Select Data. Hilangkan tanda centang untuk menghilangkan kategori diagram, atau centang kotak yang kosong untuk memunculkannya. Klik OK.

Cara Ubah Warna Diagram Batang 

Cara Membuat Diagram Batang di Word
Sumber: howtogeek.com

Setelah mengetahui cara membuat diagram batang di Word, kamu mungkin kurang puas dengan tampilannya. Coba ubah warnanya agar diagram kamu lebih menonjol dan visualisasi datanya lebih menarik!

Langkahnya mudah banget. Klik bagian diagram yang mau kamu ubah, lalu klik Chart Styles > Color. Setelah itu, kamu tinggal klik warna yang kamu inginkan. Hasilnya akan langsung terlihat di diagram kamu.

Butuh Kombinasi Diagram? Begini Cara Buatnya 

Setelah tahu cara membuat diagram batang di Word, kamu mungkin merasa satu jenis diagram tidak cukup. Kamu bisa, lho, memadukan dua macam diagram untuk menjelaskan data-datamu dengan lebih baik!

Contoh diagram kombinasi adalah diagram batang dengan garis yang membandingkan dua jenis informasi. Misalnya, diagram batang menunjukkan jumlah produk yang terjual setiap tahun, sedangkan diagram garis menunjukkan harga rata-rata produk tersebut.

Sebelum membuat diagram kombinasi, kamu harus sudah punya diagram utuh. Jika belum ada, coba ikuti cara membuat diagram batang di Word di bagian pertama artikel ini. Jika kamu sudah punya diagram, ikuti langkah-langkah berikut untuk menciptakan diagram kombinasi.

Baca Juga:  4 Cara Translate di Word Tanpa Translator

1. Klik Kanan pada Diagram

Munculkan pilihan untuk mengganti bentuk diagram dengan klik kanan pada diagram yang sudah jadi. Pilih Change Chart Type di menu. Kamu akan melihat kotak dialog baru berisi daftar bentuk diagram.

2. Pilih Diagram Kombinasi

Geser ke bagian bawah daftar bentuk diagram sampai kamu melihat nama Combo (kombinasi). Klik untuk melihat pilihanmu.

3. Modifikasi Data Diagram

Setelah memilih bentuk diagram kombinasi, kamu akan mendapat pilihan modifikasi label dan bentuk diagram kedua. Pilihan tersebut diberi kode warna agar kamu bisa membedakan data-data diagram pertama dan kedua. Modifikasi sesuai kebutuhanmu lalu klik OK.

Kamu akan melihat diagrammu berganti rupa secara otomatis.

Cara Membuat Template Diagram Kamu

Apakah kamu harus membuat diagram serupa untuk keperluan lain di masa depan? Nggak perlu repot membuatnya dari awal. Kamu bisa menyimpan diagram kamu sebagai template agar nanti kamu bisa menggunakan format yang sama.

Cukup klik kanan pada diagram kamu, lalu pilih Save As Template. Beri nama apa saja yang kamu butuhkan di kotak nama File, lalu simpan. Template diagram yang sama pun siap untuk kamu gunakan lagi di masa depan.

Penutup

Membuat diagram adalah keahlian yang wajib kamu miliki untuk menulis di dokumen Word secara profesional. Diagram batang adalah salah satu diagram paling umum, dan menguasai cara membuat diagram batang di Word bakal bikin kamu terlihat kompeten.

Yuk, ikuti cara-cara di atas agar dokumen Word kamu semakin keren, ilmiah, dan profesional!

Leave a Comment