Cara Menjumlahkan Angka di Word Secara Otomatis dan Manual

Biasanya, catatan bendahara atau akuntan menggunakan Microsoft Excel. Dalam Excel, mereka dapat menjumlahkan angka dengan mudah. Excel mempunyai beberapa operasi matematika yang bisa digunakan. Namun, bagaimana cara menjumlahkan di Word bila harus menggunakan Microsoft Word?

Ternyata kita tidak perlu selalu menggunakan Microsoft Word untuk menjumlahkan angka. Ada rumus matematika yang juga bisa digunakan di sana, sehingga kamu tidak perlu lagi menghitung secara manual. Bahkan, kamu juga tidak perlu mengandalkan kalkulator sebagai bantuan.

Tentu saja, rumus matematika dalam Microsoft Word berbeda dengan rumus yang ada pada Microsoft Excel. Bila masih pemula, ini saatnya kamu mengetahui cara menghitung angka, meskipun tidak memakai Excel.

Cara Menjumlahkan Angka di Microsoft Word Secara Otomatis:

Cara Menjumlahkan di Word
Sumber : Youtube

Biasanya, kita menggunakan Microsoft Word untuk mengetik naskah. Misalnya: cerpen, esai, karya ilmiah, dan masih banyak lagi. Bila tidak terpikirkan atau sedang tidak membutuhkannya, kita mungkin tidak akan mencari tahu bahwa ternyata, menjumlahkan angka juga memungkinkan di Microsoft Word.

Jadi, bagaimana cara menjumlahkan di Word? Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buka tabel

Untuk dapat membuka tabel, akses dulu Microsoft Word. Buat tabel serta arahkan kursor ke kolom yang mau dijumlahkan.

Untuk pembuatan tabel, klik Tab Menu Insert. Pada menu Tabel, sesuaikanlah jumlah kolom dan baris yang ingin dibuat. Jangan lupa, siapkan juga data-data yang mau dijumlahkan.

Arahkan kursor pada kolom yang sudah terisi total penjumlahannya. Sesudah itu, barulah beralih pada Quick Parts.

2. Pilih Quick Parts

Untuk bisa memilih Quick Parts, masuklah dulu ke menu Insert. Sesudah memilih Quick Parts, silakan klik Field.

3. Pilih rumus pada Field

Fungsi kotak Field adalah memilih kategori yang dibutuhkan untuk mengubah teks atau dokumen yang sedang dikerjakan. Karena ingin menjumlahkan angka di Microsoft Word, pilihlah =(Formula) sebagai Field Names.

4. Tekan tombol Formula

Saat kursor berada di atas logo =(Formula), tombol Formula akan muncul di sebelah kanan. Tekanlah tombol tersebut sebelum mengklik OK pada kotak Field.

5. Jangan lupa pakai tanda ‘sama dengan’ ( = )

Berikutnya, mari membuat rumus penjumlahan. Rumus yang akan dipakai adalah =(SUM)ABOVE. Jangan lupa pakai tanda ‘sama dengan’ ( = ) untuk kelengkapan rumus. Tanda ini bermanfaat untuk melakukan penjumlahan angka yang ada pada Microsoft Word.

Baca Juga:  Cara Membuat Leaflet di Word yang Mudah dan Menarik

Dengan Number Format, atur saja dengan format ##0 bila angkanya masih ratusan. Bila angkanya sudah mencapai ribuan, pakai format #,##0. Sesudahnya, silakan klik tombol OK.

6. Cek hasilnya

Hasil penghitungan angka dengan Microsoft Word dapat dilihat pada bagian bawah kanan kolom tabel. Rumus tersebut berhasil menghitung angka tanpa perlu memakai Excel maupun kalkulator.

Nah, ternyata cara menjumlahkan di Word sangat memungkinkan dan mudah bagi para pemula. Tidak ada lagi cerita keribetan saat harus melakukan copy-paste dari data di Microsoft Excel ke Microsoft Word. Strategi di atas juga berhasil menghemat waktumu bekerja di depan komputer.

Cara Menjumlahkan Angka di Microsoft Word Secara Manual:

Cara Menjumlahkan di Word
Sumber : Youtube

Namun, bila ternyata cara menjumlahkan di Word di atas terasa agak rumit, kamu juga  bisa memakai metode manual. Caranya seperti ini:

  1. Buka dokumen Microsoft Word.
  2. Buat tabel di word, demi kemudahan perhitungan.
  3. Pilih menu Tab Insert.
  4. Pilih lagi menu pada Tabel.
  5. Cocokkan jumlah baris serta kolom yang ingin dibuat.
  6. Pilih satu sel saja untuk melakukan penjumlahan angka di Microsoft Word.
  7. Pilih fitur Formula.
  8. Pada kolom tersebut, ketiklah rumus. Misalnya: =a2+b2. Artinya, angka pada sel A2 dan sel B2 akan dijumlahkan.
  9. Tekan tombol OK.
  10. Setelah itu, lakukan hal serupa untuk sel di bawah sesuai dengan urutan yang ada.
  11. Angka yang mau dihitung sudah dijumlahkan semua di dalam tabel.

Cara ini memang terbilang sedikit lebih lama daripada cara pertama. Keuntungannya, kamu akan lebih teliti memeriksa setiap hitungan. Tidak akan ada yang terlewat sedikit pun.

Tentu saja, setiap cara ada sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Bila sudah terbiasa bekerja cepat, silakan pilih cara menjumlahkan di Word yang pertama. Bila masih pemula atau sedang santai, boleh saja memakai cara manual.

Baca Juga:  Ini Cara Membuat Kolom Tanda Tangan di Word dengan Rapi

Hal-hal yang Perlu Diingat Saat Melakukan Penghitungan di Microsoft Word:

Inilah beberapa ikon yang harus dipahami sebelum melakukan penghitungan di Microsoft Word:

– Fx

Logo fx adalah logo untuk membuat rumus pada Microsoft Word.

=SUM(ABOVE)

Rumus ini digunakan untuk menambahkan angka pada kolom atas sel tempat target hitungan kamu berada.

=SUM(LEFT)

Rumus ini digunakan untuk menambahkan angka pada kolom samping kiri sel tempat target hitungan kamu berada.

=SUM(BELOW).

Rumus ini digunakan untuk menambahkan angka pada kolom bawah sel tempat target hitungan kamu berada.

=SUM(RIGHT).

Rumus ini digunakan untuk menambahkan angka pada kolom kanan sel tempat target hitungan kamu berada.

Bila ingin memakai cara ini, kamu juga bisa menekan tombol F9 untuk melihat hasil dari perubahan angka yang kamu inginkan.

Kesimpulan

Ternyata, ada banyak cara menjumlahkan di Word yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Terlebih lagi, bila kita belum punya keperluan untuk menghitung angka sebagai bagian dari pekerjaan kita.

Namun, tidak ada salahnya mempelajari metode-metode yang belum pernah kita pakai. Bukan berarti kita harus menguasai banyak hal sekaligus dalam waktu secepat mungkin. Meskipun belum tentu akan memakainya, siapa tahu di masa depan nanti kita akan memerlukannya.

Bagi yang sudah pernah mencoba semua metodenya, mana cara menjumlahkan di Word yang menurut kamu paling mudah untuk dilakukan?

Leave a Comment