Gimana Cara Menghapus Halaman Kosong di Word? Cus, Simak!

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi yang digunakan secara luas untuk mengolah kata. Tidak hanya oleh pekerja kantoran, software ini juga dimanfaatkan oleh mahasiswa, pelajar bahkan masyarakat umum untuk berbagai kebutuhan.

Ketika mengetik dengan menggunakan Microsoft Word, kamu mungkin akan menemukan sejumlah kendala yang menyebabkan hasil ketikanmu menjadi tidak rapi. Selain tidak sedap dipandang, halaman Word yang tidak rapi akan membuat hasil print tidak memuaskan. Salah satu kendala yang mungkin akan kamu temukan adalah munculnya halaman kosong pada dokumen Word-mu.

Apa yang menyebabkan munculnya halaman kosong pada Word? Bagaimana cara menghapus halaman kosong di Word ini agar hasil ketikan jadi lebih rapi? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Penyebab Munculnya Halaman Kosong pada Word

Cara Menghapus Halaman Kosong di Word
Sumber: wikihow.com

Munculnya halaman kosong pada dokumen Word memang mengganggu. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya saja ada pemisah halaman atau paragraf yang tersembunyi. Kalau halaman kosong ini tetap muncul pada akhir dokumen, kemungkinan penyebabnya sama. 

Fitur akhir paragraf yang tersembunyi juga bisa memunculkan lembar kosong yang jika dibiarkan tentu akan mengganggu.

Berbagai Cara Menghapus Halaman Kosong di Word

Cara Menghapus Halaman Kosong di Word
Sumber: top-password.com

Jika kamu menemukan halaman kosong di Word dan ingin membuat tampilan dokumen menjadi lebih rapi, kamu bisa menghilangkannya. Simak berbagai cara menghapus halaman kosong di Word berikut ini!

Menggunakan “Backspace”

Cara paling mudah dan umum digunakan orang untuk menghapus halaman kosong di Word adalah dengan memanfaatkan tombol “Backspace”. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  • Buka file Word yang ingin kamu benahi. Arahkan kursor ke bagian halaman kosong yang ingin dibuang
  • Pada pojok kanan di bagian bawah halaman tekan tombol “Backspace” sampai halaman kosong hilang. Kamu juga bisa melakukan langkah yang sama dengan menggunakan tombol “Delete” yang terdapat pada keyboard sampai halaman kosongnya terhapus
  • Kalau halaman kosongnya berada pada akhir dokumen, kamu bisa menghapusnya dengan lebih cepat menggunakan tombol “CTRL” + “End” + “Backspace”. Tekan tombol bersamaan maka halaman kosong akan hilang.

Menggunakan Nomor Halaman

Jika file Word yang ingin dibenahi memiliki jumlah halaman yang banyak, kamu mungkin akan kesulitan untuk menemukan halaman kosongnya. Dalam kasus ini, kamu bisa menggunakan nomor halaman untuk menemukan dan menghilangkan halaman kosong dalam file. Langkah-langkahnya adalah:

  • Buka file Word yang ingin diperbaiki
  • Pada tombol keyboard, tekan “CTRL” + “G” bersamaan
  • Selanjutnya, ketik halaman kosong yang ingin kamu hapus di Word
  • Klik “Enter” di keyboard kemudian tekan “Close”
  • Jangan lupa cek halaman kosong yang ingin dihapus. Pastikan kamu tidak salah memilih halaman. Jika sudah benar, tekan “Backspace”
Baca Juga:  Cara Membuat Flowchart di Word, Tidak Susah Kok!

Menggunakan “Navigation Pane”

Selain dengan memanfaatkan nomor halaman, kamu juga bisa menghapus halaman kosong di dalam file Microsoft Word dengan menggunakan “Navigation Pane”. “Navigation Pane” atau tombol navigasi adalah salah satu alat yang bisa memudahkan pengguna Word untuk memilih judul atau halaman yang ingin diedit. Fitur ini juga memungkinkanmu untuk menuju halaman kosong yang ingin dihilangkan.

Adapun cara menghapus halaman kosong di Word dengan menggunakan “Navigation Pane” adalah sebagai berikut:

  • Buka file Word yang ingin diedit
  • Klik opsi “View” di menu bar Microsoft Word kemudian beri tanda ceklis pada “Navigation Pane”. Menu ini berada dalam kelompok “Show”
  • Selanjutnya, “Navigation Pane akan terlihat pada sebelah kiri layar. Kamu bisa memilih sub menu “Pages” setelahnya.
  • Pindahkan kursor ke bagian halaman yang ingin dihapus lalu tekan tombol “Backspace”.

Menggunakan “Paragraph Mark”

Kalau kamu sering mengetik dengan menggunakan Microsoft Word, kamu tentu tidak asing lagi dengan “Paraghraph Mark”. Fitur ini sangat memudahkan karena bisa membantu kamu merapikan lembar kerja Word agar tampak lebih rapi. Salah satu masalah yang bisa diatasi dengan menggunakan “Paragraph Mark” adalah untuk menghilangkan halaman kosong di Word yang mengganggu.

“Paragraph Mark” secara khusus bisa kamu gunakan untuk menghilangkan halaman kosong yang berada pada akhir dokumen. Adapun caranya adalah sebagai berikut”

  • Buka file Word yang ingin kamu hilangkan halaman kosongnya
  • Pada menu “Paragraph” tekan ikon “Paragraph Mark”. Ikon ini berada pada menu “Home” yang ada di bar Microsoft Word
  • Selanjutnya simbol-simbol yang sebelumnya tidak ada di halaman akhir dokumen akan muncul
  • Klik kemudian sorot semua simbol itu kemudian tekan tombol “Delete” atau “Backspace” pada keyboard. Mudah sekali, bukan?

Untuk memastikan halaman yang kosong sudah benar terhapus, kamu bisa menyimpan file tersebut kemudian buka kembali. Cek apakah halaman kosong sudah benar-benar hilang atau belum.

Menyimpan File Word ke Dalam Format PDF

Selain dengan menggunakan “Paragraph Mark”, halaman yang kosong di halaman terakhir file Word ternyata juga bisa dihilangkan dengan cara menyimpan file ke dalam format PDF. Untuk menggunakan cara ini, kamu harus memastikan software Microsoft Word yang kamu mendukung fungsi ini. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  • Klik menu “File” dan pilih “Save As”. Kalau dalam file kamu masih ada halaman kosong di bagian akhir dokumen setelah kamu memperbaiki halaman akhir yang tersembunyi, kamu bisa menghilangkan halaman terakhir saat menyimpan dokumen ke dalam format PDF.
  • Perlu diingat bahwa fungsi ini hanya bisa digunakan pada Word versi desktop. Kamu tidak bisa menggunakan cara ini dengan ponsel atau versi web karena tidak memungkinkanmu memilih halaman mana yang akan disertakan ke dalam file PDF.
  • Kalau file kamu tersinkronisasi ke OneDrive, kamu tidak akan menemukan menu “Save As”. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih untuk menekan tombol “Save As Copy”.
  • Kalau kamu menginginkan hasil akhir file-nya tetap dalam format dokumen Microsoft Word, kamu bisa mengonversi file PDF-nya menjadi format Word lagi setelah kamu menghilangkan halaman kosongnya.
  • Selanjutnya, pilih PDF sebagai format file yang akan disimpan. Tergantung pada versi Word kamu, menunya mungkin berada di pojok kanan atas halaman atau di menu “Save As Type” di bagian bawah.
  • Pada beberapa versi Microsoft Word, kamu tidak akan menemukan opsi penyimpanan file ke PDF di menu “Save As”. Kamu bisa menemukan fitur serupa pada menu “Export”. Dalam menu tersebut kamu juga bisa mengubah file ke format lainnya.
  • Selanjutnya klik “Option” atau opsi “More”. Kamu akan menemukan salah satu dari dua fungsi ini di dekat menu tempat kamu memilih PDF.
  • Klik opsi yang berada di samping “Pages” ini memungkinkanmu untuk memilih halaman mana saja yang akan disertakan pada file PDF akhirnya nanti.
  • Pada kolom yang tersedia, masukkan rentang halaman, minus halaman terakhir. Ketikkan angka “1” pada kotak “From” dan halaman asli terakhir (sebelum halaman kosong) ke dalam kotak “To”.
  • Klik “OK” kemudian simpan dokumen. Cara ini akan membuat file Word kamu tersimpan ke dalam format PDF dengan halaman kosong di bagian akhir yang sudah hilang.
Baca Juga:  2 Cara Membuat Name Tag di Word Manual & Otomatis

Lalu bagaimana caranya mengubah kembali file PDF ini ke dalam format Word seperti semula? Kamu bisa mengonversinya dengan beberapa cara:

Mengkonversi Secara Online

Ada banyak situs di internet yang bisa kamu gunakan untuk mengubah file PDF menjadi Word. Kamu tinggal mengakses situs-situs tersebut dan mengunggah file yang ingin dikonversi. Setelah proses konversi selesai, file Word-nya tinggal kamu unduh ke komputermu.

Menggunakan Microsoft Word

Kamu juga bisa mengubah kembali file PDF menjadi Word dengan menggunakan aplikasi Word. Caranya adalah:

  • Temukan versi PDF dari dokumen awal yang sudah kamu hilangkan halaman kosongnya.
  • Klik kanan di file tersebut kemudian pilih “Open With”. Menu lainnya akan muncul di sebelah kanan. Pilih “Word” atau “Microsoft Word”.
  • Kamu akan dimintai persetujuan untuk mengonversi file PDF tersebut ke Word. Tekan “OK” untuk menyetujuinya.
  • Setelah itu, versi Word akan terbuka dan kamu bisa mengeditnya lagi jika dibutuhkan atau langsung menyimpan lagi filenya ke dalam format Word seperti semula.

Jangan lupa untuk memastikan kembali tidak ada halaman kosong yang tidak perlu pada file tersebut, ya!

Cara Menghapus Halaman Kosong yang Sudah Page Break di Word

Microsoft Word memiliki banyak sekali fitur yang sebaiknya dipahami dengan baik oleh penggunanya. Salah satu fitur tersebut adalah “Page Break”. “Page Break” sendiri disediakan oleh Microsoft Word untuk membuat halaman kosong baru pada file Word. Fitur ini memang tersembunyi tapi kamu bisa menemukannya lewat menu “Paragraph Mark”.

Jika kamu sudah menggunakan “Page Break” dan halaman kosong muncul, kamu bisa menghapusnya dengan menggunakan cara sebagai berikut:

  • Temukan file Word yang ingin kamu edit. Buka file lalu klik ikon “Paragraph Mark” yang berada pada bagian “Home” di menu bar
  • Selanjutnya pada halaman “Page Break” klik sebanyak dua kali untuk melakukan seleksi secara otomatis
  • Terakhir, tekan “Delete” atau “Backspace” yang ada di keyboard.
  • Simpan kembali file tersebut kemudian tutup dan buka kembali untuk memastikan apakah lembar yang kosong tersebut sudah benar-benar hilang atau belum.
Baca Juga:  Cara Print Hitam Putih di Word untuk Segala Jenis Printer

Cara Menghapus Halaman Kosong di Word Lewat Ponsel

Meski kebanyakan orang mengakses Microsoft Word lewat PC maupun komputer, saat ini kita juga bisa mengaksesnya lewat perangkat mobile seperti ponsel atau tablet. Kalau kamu kebetulan sedang tidak berada di depan komputer tetapi ingin menghapus halaman kosong, kamu bisa melakukannya lewat smartphone Android. Adapun caranya adalah:

  • Buka aplikasi Google Play Store yang ada di ponsel Android kamu.
  • Unduh dan instal aplikasi Microsoft Word.
  • Jalankan aplikasi Microsoft Word di ponselmu kemudian buka dokumen yang ingin kamu hapus bagian halaman kosongnya.
  • Temukan bagian yang kosong di dalam file. Klik kemudian tahan di bagian halaman yang kosong. Blok semua bagian yang kosong termasuk halaman dan baris yang terdapat pada halaman tersebut.
  • Apabila sudah selesai, tekan “Delete” pada keyboard.

Setelah mengikuti semua langkah-langkah di atas maka halaman kosong yang dimaksud akan terhapus. Ternyata cukup mudah bukan menghilangkan halaman kosong di Word dengan menggunakan ponsel?

Itulah beberapa cara menghapus halaman kosong di Word yang bisa kamu aplikasikan baik dengan menggunakan komputer atau ponsel. Selamat mencoba!

Leave a Comment