4 Cara Mengurutkan Daftar Pustaka di Word, Otomatis & Manual!

Daftar pustaka merupakan bagian dan komponen paling penting dalam sebuah dokumen. Daftar pustaka adalah rangkuman sumber materi dokumen sehingga harus dibuat rapi dan berurutan. Dengan demikian dibutuhkan cara mengurutkan daftar pustaka di Word dengan mudah dan cepat.

Banyak pengguna Word dan aplikasi dokumen lainnya kesulitan dan tidak memahami bagaimana cara yang tepat untuk membuat daftar pustaka menjadi lebih rapi. Padahal, daftar pustaka adalah salah satu elemen penting dalam pembuatan dokumen.

Pentingnya daftar pustaka tersebut seharusnya menjadikan pengguna Microsoft Word lebih paham untuk mengatur daftar pustaka. Agar lebih mengerti terkait hal tersebut, di bawah ini sudah dirangkum beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurutkan daftar pustaka di Word.

Cara Mengurutkan Daftar Pustaka di Word dengan Mudah

Cara di bawah ini adalah cara paling utama sebelum membuat daftar pustaka. Dengan cara tersebut nantinya sumber referensi dokumen akan diurutkan secara otomotasi sehingga pengguna akan lebih mudah dalam mengatur dan menyusun daftar pustaka.

1. Cara Mengurutkan Daftar Pustaka di Word Secara Umum

Langkah dan cara mudah mengatur dan mengurutkan daftar pustaka di aplikasi Word adalah sebagai berikut.

  • Awali dengan nama belakang penulis buku (referensi) atau nama pengarang kemudian diikuti dengan nama depannya.
  • Selanjutnya tambahkan tahun terbit buku yang dibuat di dalam kurung, lalu akhiri dengan tanda titik.
  • Setelah itu, tuliskan tempat atau lokasi buku tersebut diterbitkan dan diikuti dengan nama instansi penerbit tersebut yang didahului dengan tanda titik dua di depannya.
  • Lanjutkan dengan mengurutkan daftar pustaka secara alfabet, yaitu sesuai dengan urutan abjad (mulai dari A sampai Z)
Lanjutkan dengan mengurutkan daftar pustaka secara alfabet, yaitu sesuai dengan urutan abjad (mulai dari A sampai Z) cara mengurutkan daftar pustaka di word

Beberapa cara di atas adalah cara manual paling umum dalam membuat dan mengurutkan daftar pustaka. Selanjutnya juga ada cara yang lebih mudah dan lebih praktis yang bisa kamu gunakan berikut ini.

Baca Juga:  Cara Membuat Leaflet di Word yang Mudah dan Menarik

2. Cara Mengurutkan Daftar Pustaka Sesuai Abjad dengan Tools Word

Apabila seluruh data daftar pustaka sudah diketik sesuai dengan format, maka kamu nantinya akan sedikit pusing saat memeriksa apakah daftar pustaka sudah sesuai abjad atau belum. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa ikuti cara di bawah ini.

  • Buka file atau dokumen yang sudah berisi daftar pustaka di Micorosoft Word.
  • Blok semua bagian daftar pustaka yang ingin kamu urutkan sesuai abjad, pastikan seluruh huruf dan tanda bacanya sudah terblok.
  • Tekan tools yang mempunyai simbol hurus A di bawahnya huruf Z dengan bentuk panah ke bawah.
  • Selanjutnya akan muncul tab Sort Text lalu kamu bisa pilih short by Paragraph, dan untuk menu type kamu atur dengan Text dan Ascending.
Selanjutnya akan muncul tab Sort Text lalu kamu bisa pilih short by Paragraph, dan untuk menu type kamu atur dengan Text dan Ascending.
  • Lalu klik tombol OK dan daftar pustaka yang kamu buat sudah sesuai dengan abjad.

Langkah – langkah di atas hanya bisa digunakan jika kamu menuliskan daftar pustaka secara manual. Apabila kamu gunakan cara yang lebih gampang dan otomatis, kamu bisa ikuti dua cara di bawah ini yang sudah dirancang untuk membuat daftar pustaka secara otomatis.

3. Cara Mengurutkan Daftar Pustaka di Word dengan Tools References

Cara berikut ini adalah membuat daftar pustaka menggunakan Tools References di aplikasi Microsoft Word. Tools ini sudah dirancang untuk membantu dalam menyusun daftar pustaka agar lebuh teratur dan rapi. Langkah – langkah membuat daftar pustaka tersebut adalah sebagai berikut.

  • Siapkan semua data yang dibutuhan untuk melengkapi daftar pustaka seperti nama pengarang hingga nama tempat penerbitan buku atau referensi tersebut.
  • Buka halaman baru di aplikasi Word dan tuliskan judul “Daftar Pustaka”. Atur rata tengah dengan menekan tombol Ctrl+E melalui keyboard.
  • Masukkan referensi dengan menekan Tools References yang ada dalam menu Word di bagian atas.
Masukkan referensi dengan menekan Tools References yang ada dalam menu Word di bagian atas.
  • Selanjutnya pilih Manage Sources dan tekan tombol New, lalu tab Source Manager akan muncul.
  • Apabila referensi berasal dari banyak sumber baik offline dan online, maka kamu bisa langsung menekan pilihan Type of Source untuk memasukkan judul buku atau referensi tersebut (jurnal, artikel, buku, website dan masih banyak lagi).
  • Isi seluruh kolom sesuai dengan informasi yang diminta. Jika semua kolom sudah diisi dengan benar maka kamu bisa tekan tombol OK.
  • Pada bagian kolom Author, pisahkan dengan tanda titik koma (;) apabila pengarang berjumlah lebih dari satu orang.
  • Untuk memasukkan sumber kepustakaan lainnya maka ulangi langkah ke 4 hingga 6. Seluruh referensi yang sudah dimasukkan akan muncul dalam Master List.
Untuk memasukkan sumber kepustakaan lainnya maka ulangi langkah ke 4 hingga 6. Seluruh referensi yang sudah dimasukkan akan muncul dalam Master List. cara mengurutkan daftar pustaka di word
  • Pengurutan tersebut harus kamu pastikan dengan pengurutan list terpilih dengan nama Sort by Author.
  • Saat semua sumber referensi berhasil diinput, kamu bisa menekan tombol pilihan Bibliography dan dilanjutkan dengan Insert Bibliography dari menu References yang berguna untuk menampilkan daftar pustaka pada halaman Word.
  • Kemudian hapus tulisan Bibliography dan ubah jenis dan ukuran font jika terlihat sangat kecil.
  • Apabila dirasa ada yang terlupa dan ingin menambahkan referensi atau mengedit data yang sudah dimasukkan, maka ulangi langkah nomor 4.
  • Untuk melakukan update data seperti menghapus atau menambah referensi, maka daftar pustaka tersebut harus dihapus terlebih dahulu agar tidak mempunyai dua nama yang sama.
  • Kemudian kamu masukkan kembali daftar pustaka tersebut menggunakan langkah nomor 10.
Baca Juga:  Gimana Cara Menghilangkan Garis Merah di Word? Simpel, Kok!

Tools References adalah tools khusus yang disediakan oleh MS Word sebagai alat untuk membuat daftar pustaka. Tools ini sangat berguna untuk membuat daftar pustaka berjumlah banyak dan sulit diketik satu-satu dengan cara manual di atas.

4. Cara Mengurutkan Daftar Pustaka di Word Sesuai Abjad secara Alternatif

Mengurutkan daftar pustaka sesuai dengan abjad bisa dilakukan dengan cara di bawah ini. Cara seperti ini bisa kamu lakukan jika menuliskan daftar pustaka dengan mengikuti langkah pada judul nomor 3 di atas.

  • Blok bagian daftar pustaka dan ubah menjadi bentuk tabel dengan memilih pilihan menu pada Table yaitu Convert Text to Table.
  • Dalam kotak dialog Number of Columns, isi dengan 1 dan pilih menu Paragraphs pada bagian Separate Text at untuk membuat daftar pustaka dipisahkan menjadi barisnya masing – masing.
Dalam kotak dialog Number of Columns, isi dengan 1 dan pilih menu Paragraphs pada bagian Separate Text at untuk membuat daftar pustaka dipisahkan menjadi barisnya masing – masing.
  • Pada bagian Number of Rows, akan ditampilkan jumlah referensi yang ada dalam daftar pustaka.
  • Daftar pustaka yang sudah masuk dalam tabel selanjutnya diblok dan diurutkan dengan menekan tombol Sort pada menu Home. Kemudian pilih Ascending yang berarti pengurutan abjad mulai dari A sampai Z.
  • Setelah itu kamu bisa tekan tombol OK di bagian bawah tab.
  • Selanjutnya kita harus menghilangkan garis tabel dengan cara menekan tombol Borders dan pilih menu No Borders.
Selanjutnya kita harus menghilangkan garis tabel dengan cara menekan tombol Borders dan pilih menu No Borders.
  • Agar susunan daftar pustaka lebih rapi dan teratur kamu bisa menggunakan menu Page Layout.
  • Daftar pustaka sudah siap diatur dan dibuat menjadi lebih rapi.

Penggunaan cara seperti ini merupakan fitur otomatis yang ada dalam aplikasi Microsoft Word. Kamu cukup memasukkan data referensi dan nantinya sistem di MS Word akan mengatur tatanan dan format daftar pustaka secara otomatis berdasarkan format daftar pustaka tertentu.

Baca Juga:  2 Cara Membuat Name Tag di Word Manual & Otomatis

Penutup

Cara mengurutkan daftar pustaka di Word tersebut adalah cara paling mudah dan simple dalam mengatur daftar pustaka. Nantinya kamu akan lebih gampang dalam melihat daftar referensi karena sudah diurutkan menurut abjad dan format yang sesuai.

Jika tampilan daftar pustaka masih belum berurutan dan tidak rapi, kamu dan para pembaca akan kesullitan dalam memeriksa daftar pustaka tersebut. Apalagi daftar pustaka sangat penting bagi sebuah dokumen sebagai sumber rujukan dokumen tersebut.

Leave a Comment