Cara Menambah Ukuran Kertas di Word Windows 8, 10 & 11

Word adalah program yang biasa dipakai orang untuk membuat beragam dokumen. Hanya saja, ukuran kertas yang dibutuhkan kadang tidak tersedia. Jangan panik, ada cara menambah ukuran kertas di Word yang dapat kamu lakukan dengan mudah.

Ukuran kertas di Word dibutuhkan ketika kamu akan mencetak dokumen yang dibuat. Kadangkala, ada beberapa keperluan yang membutuhkan ukuran kertas yang tidak biasa. Bagaimana cara mengatur ukuran kertas di Word agar sesuai dengan yang kamu butuhkan?

Cara Menambah Ukuran Kertas di Word

Biasanya orang menggunakan kertas dengan ukuran kwarto atau A4 untuk membuat dokumen, tapi kadangkala perlu juga kertas ukuran F4. Sayangnya, ukuran F4 belum tersedia secara otomatis di Word, jadi kamu harus mengaturnya lebih dulu.

Selain A4, ukuran kertas yan disediakan oleh program Word yaitu Legal, Letter dan A5. Lantas, bagaimana kalau kamu membutuhkan dokumen dengan ukuran kertas A4? Kamu dapat mengaturnya melalui langkah-langkah berikut ini.

1. Cara Mengatur Ukuran Kertas dengan Cepat

Kalau kamu sedang terburu-buru, pengaturan kertas dapat dilakukan dengan cepat menggunakan menu-menu yang sudah ada di Word. Caranya yaitu sebagai berikut :

  • Cari menu “Layout” untuk Windows 2016 dan 2019, sedangkan untuk versi 2007, 2010dan 2013 kamu klik “Page Layout”
  • Lanjutkan pada opsi “Page Setup” dan pilih “Size”
Lanjutkan pada opsi “Page Setup” dan pilih “Size”
  • Lihat pilihan ukuran kertas yang ditampilkan
  • Klik pada ukuran kertas yang diinginkan, misalnya Legal, A4, A5 dan seterusnya.
  • Ukuran kertas otomatis sudah diubah oleh program Word.

2. Cara Mengatur Ukuran Kertas Lewat Menu Custom Size

Bagaimana cara menambah ukuran kertas di Word yang belum tersedia opsinya pada komputer? Kamu dapat mengatur ukuran kertas di Word sesuai kebutuhan dengan custom size. Langkah-langkah mengubah ukuran kertas di Word melalui menu custom size yaitu sebagai berikut.

  • Pengguna Word versi 2016 dan 2019 silahkan klik “Layout”, sedangkan Word 2007, 2010 dan 2013 cari menu “Page Layout”
  • Kemudian pilih “Page Setup” lalu ketuk pada menu “Size”
  • Setelah itu carilah opsi “More Paper Size”
  • Kamu akan melihat tampilan pengaturan di box Page Setup dan klik “Custom Size”
Kamu akan melihat tampilan pengaturan di box Page Setup dan klik “Custom Size”
  • Isikan ukuran lebar kertas pada “Width” dan tingginya pada “Height”. Misalnya, kalau kamu ingin kertas F4 isikan Width 21.59 cm dan Height 33.02 cm.
  • Kalau sudah, selesaikan dengan ketuk tombol “OK”
  • Ukuran kertas sudah disesuaikan dengan pilihan kamu.
Baca Juga:  Cara Membuat Landscape dan Portrait dalam Satu File Word

Cara Menambah Ukuran Kertas di Word Windows 8, 10 dan 11

Lanjutkan dengan memilih “Printer Service Properties”

Cara menambahkan ukuran kertas di Word yang telah dijelaskan di atas, berlaku untuk perangkat yang masih memakai versi lama. Sedangkan untuk Windows dengan versi yang lebih baru yaitu generasi 8, 10 dan 11 cara mengatur ukuran kertas agak berbeda.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengatur ukuran kertas pada Windows 8, 10 dan 11.

  • Ketuk pada menu “Start” lalu “Setting”
  • Pilih “Device” dan lanjutkan di menu “Printers&Scanners”
  • Lanjutkan dengan memilih “Printer Service Properties”
  • Berikan tanda check list atau centang pada “Create a new form”
  • Tuliskan ukuran kertas di kolom “Form name”, contohnya F4.
  • Ketuk di opsi “Metric” dan isikan berapa ukuran kertas yang diinginkan lalu tuliskan pada Width (lebar) dan Height (tinggi)
  • Akhiri dengan menekan “OK”

Cara Membagi Kertas Menjadi Dua Lembar di Word

Selain pertanyaan bagaimana cara menambah ukuran kertas di Word, yang sering ditanyakan juga adalah cara membagi kertas menjadi dua lembar pada Word. Tampilan lembar kerja pada Microsoft Word secara otomatis hanya terdiri dari satu lembar saja.

Tapi, kalau kamu membutuhkan tampilan dengan dua lembar kertas pada Word, dapat mengaturnya dengan cara berikut ini.

  • Cari tab “Page Layout”
  • Selanjutnya akan ditampilkan “Page Setup”
  • Lalu selanjutnya kamu klik pada “Margin”
Lalu selanjutnya kamu klik pada “Margin”
  • Setelah ditampilkan opsi “Orientation” kamu klik “Landscape” atau “Potrait”
  • Jika sudah muncul menu “Pages”, silahkan isi “Multiple Pages”
  • Tuliskan “2 pages per sheet” pada kolom tersebut.
Tuliskan “2 pages per sheet” pada kolom tersebut.
  • Selesaikan dengan klik pada “OK”

Membagi tampilan kertas kerja di Word menjadi dua dengan cara di atas dapat disesuaikan ukuran kertas yang dipakai. Misalnya, kamu menggunakan kertas F4, maka lembaran kertas yang ditampilkan juga akan menyesuaikan dengan ukuran tersebut.

Baca Juga:  Cara Mengubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar di Word, Cepat!

Sedangkan posisi kertas juga akan menyesuaikan orientasi yang sudah dipilih sebelumnya, yaitu landscape atau potrait. Jika kamu memilih landscape maka kertas kerja akan ditampilkan dua lembar dengan posisi horizontal, atas dan bawah

Sementara, kalau opsi orientasi yang kamu gunakan potrait, maka kertas kerja posisinya dua lembar vertikal, kiri dan kanan.

Macam-Macam Ukuran Kertas di Word

Macam-Macam Ukuran Kertas di Word

Agar bisa memahami cara menambah ukuran kertas di Word, kamu harus tahu lebih dulu ada berapa jenis ukuran kertas di Word tersebut. Ukuran kertas di Word yang sering digunakan orang untuk membuat dokumen terdiri dari :

1. Letter

Ukuran kertas letter yaitu 215,9 x 279,4 milimeter (mm) atau 8,5 x 11 inci. Kertas letter paling sering dipakai untuk dokumen yang berhubungan dengan surat menyurat. Ukuran letter ini termasuk kelompok US Paper Size atau ukuran kertas yang berlaku di Amerika Serikat.

Ukuran letter ini oleh masyarakat Indonesia lebih dikenal sebagai kertas kuarto atau quarto, yang dikodekan dengan huruf Q, pada kemasan kertas.

Berapa ukuran kertas legal di Word? Ukuran kertas legal adalah 215,9 x 355,6 mm atau setara dengan 8,5 x 14 inci. Pada umumnya, kertas legal ini dipakai untuk mencetak karya ilmiah seperti skripsi, proposal, ijazah dan majalah.

3. Folio (F4)

Kalau kamu sering mendengar istilah kertas folio maka itu sebenarnya sama saja dengan ukuran kertas F4. Nama lain kertas F4 ini adalah metric foolscap, dengan ukuran 210 x 330 mm atau sama dengan 8,5 x 13 inci.

Kebanyakan orang di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia, lebih sering memakai ukuran F4 ini untuk formulir, membuat laporan kerja, lembar soal dan sebagainya.

Baca Juga:  2 Cara Mengubah Inchi ke cm di Word 2007, 2013, 2016, 2019

4. A3

Kertas A3 lebih sering dipakai oleh mereka yang bergerak di bidang arsitektur untuk mencetak gambar desain. Ukuran kertas A3 ini dapat dibilang besarnya dua kali lipat kertas A4. Ukuran A3 mempunyai dimensi 297 x 420 mm atau 11,69 x 16,54 inci.

Selain untuk mencetak gambar arsitektur dan grafis, kertas A3 juga dipakai pada selebaran, poster, poster dan sejenisnya.

5. A4

Inilah kertas yang paling populer ukurannya di Word. Kertas A4 memiliki ukuran 210 x 297 mm atau 8,27 x 11,69 mm. Penggunaannya sangat luas, yaitu dokumen pada kantor-kantor, sekolah, kampus, perusahaan dan lain-lain.

Cara menambah ukuran kertas di Word tidak membutuhkan alat atau tool tambahan, kamu cukup memakai menu yang sudah tersedia pada program tersebut. Setidaknya ada empat cara untuk mengatur ukuran kertas pada Word dengan waktu yang relatif cepat.

Leave a Comment