5 Cara Menggabungkan Tabel di Word

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan cara menggabungkan sel satu dengan sel lainnya dalam sebuah tabel, baik dalam kesamaan baris maupun kolom. Namun, tahukah kamu bahwa ada pula cara menggabungkan tabel di Word? 

Menggabungkan tabel memang relatif cukup jarang penggunaannya, tetapi ada kalanya kamu butuh melakukannya. Cara ini pun tentu lebih praktis saat kamu harus menggabungkan data dari dua tabel berbeda dan mengedit seperlunya dibandingkan harus membuat baris dan kolom baru pada tabel utama dan memindahkan satu per satu isi tabel pendukung. 

Cara Menggabungkan Tabel di Word

Cara Menggabungkan Tabel di Word
Sumber : Youtube

Word hadir dengan berbagai fitur dan alternatif yang membuat pekerjaan penggunanya jauh lebih mudah. Karena itulah, hingga kini sulit menemukan aplikasi pengolah data lainnya yang memberi kenyamanan seperti Word. 

Cara menggabungkan tabel di Word misalnya, bisa kamu lakukan dengan beberapa cara. Mulai dari langkah manual menggunakan menu pada Ribbon hingga klik kanan dan shortcut pada keyboard, berikut adalah cara untuk menggabungkan tabel pads Microsoft Word. 

Menggunakan Menu Tools

Ini adalah cara standar untuk menggabungkan dua tabel terpisah. Kamu bisa menggunakan cara ini di berbagai versi Microsoft Word.

  1. Siapkan tabel mana saja yang akan kamu satukan.
  2. Blok seluruh tabel yang akan dijadikan satu.
  3. Klik Table Tools pada bar , lalu klik Layout.
  4. Gabungkan seluruh sel baris dan kolom pada dua atau lebih tabel yang akan disatukan menggunakan opsi Merge Cells.
  5. Selesai.

Menggunakan Perintah Merge Table

Kalau mau lebih praktis, ada shortcut yang bisa kamu pakai untuk menggunakan perintah Merge Table lewat beberapa langkah mudah berikut ini.

  1. Pilih tabel kedua dengan cara mengklik tanda panah empat arah yang berada di sisi kiri atas tabel.
  2. Tekan tombol CTRL + X untuk Windows atau COMMAND + X untuk Mac pada keyboard untuk melakukan perintah cut.
  3. Klik bagian kanan di awal baris bawah Tabel 1 untuk menampilkan menu.
  4. Klik Paste Options. 
  5. Pilih opsi yang paling cocok untuk kebutuhanmu: Keep Original Table Formatting jika kamu ingin menggunakan format pada tabel tersebut atau Merge Table jika ingin menyatukan tabel.
  6. Selesai.
Baca Juga:  Tidak Perlu Bingung! Ini Cara Menghapus Garis Tabel di Word

Menggunakan Klik Kanan

Cara menggabungkan tabel di Word ini tidak kalah praktis. Kamu bisa menggunakan klik kanan pada mouse atau trackpad sesuai setting yang sudah kamu sesuaikan pada laptop masing-masing.

  1. Blok seluruh bagian yang ingin kamu satukan.
  2. Klik kanan pada mouse atau klik trackpad pada Mac dengan dua jari untuk menampilkan beberapa pintasan perintah.
  3. Pilih Merge Cells untuk menyatukan kedua tabel.
  4. Selesai.

Menggunakan Delete

Cara ini bisa kamu gunakan jika ada jarak atau spasi di antara kedua tabel yang berdekatan secara cepat. Penggabungan ini pun tidak akan mengubah format tabel.

  1. Tempatkan kursor atau blok bagian spasi di antara dua tabel.
  2. Klik tombol Delete pada keyboard.
  3. Selesai.

Namun jika ada teks di antara kedua tabel tersebut, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut. 

  1. Jika teks tidak digunakan, hapus menggunakan tombol Delete seperti biasa.
  2. Jika teks tersebut digunakan, copy dan paste terlebih dahulu teks tersebut ke bagian halaman kerja lain yang kosong.
  3. Hapus jarak antara kedua tabel menggunakan tombol Delete seperti di atas.

Menggunakan Kombinasi Tombol pada Keyboard

Kalau kamu lebih suka melakukan segala sesuatu dengan shortcut menggunakan tombol di keyboard, maka cara ini mungkin paling cocok buatmu. 

  1. Pastikan jarak antara tabel satu dengan lainnya berdekatan.
  2. Blok seluruh tabel yang akan kamu gabungkan.
  3. Tekan tombol Shift + Alt + tanda panah atas (↑ ) pada keyboard secara bersamaan. Cara ini untuk menggabungkan sebuah tabel dengan tabel yang berada di atasnya.
  4. Tekan tombol Shift + Alt + tanda panah bawah (↓) pada keyboard secara bersamaan. Cara ini untuk menggabungkan sebuah tabel dengan tabel yang berada di bagian bawah.
  5. Selesai.
Baca Juga:  Begini Cara Menghubungkan Mendeley ke Word

Perbedaan Merge, Wrap, dan Split

Cara Menggabungkan Tabel di Word
Sumber : Youtube

Selain cara menggabungkan tabel di Word, kamu juga perlu memahami beberapa perintah lain terkait tabel yang kerap digunakan. Selain Merge, kamu biasanya akan menemukan perintah Wrap dan Split pada pengolahan tabel.

Apa yang menjadi perbedaan ketiganya?

Merge 

Perintah ini berfungsi untuk menggabungkan sel-sel pada tabel. Seperti contoh, kamu memiliki tabel dengan total kolom sebanyak 5 kolom. Namun, pada baris pertama tabel, kamu hanya menggunakannya untuk membuat judul atau penamaan tabel tersebut. 

Jika tidak menggunakan Merge, maka baris pertama tersebut akan tetap terbagi ke dalam 5 kolom sehingga membuat tabel menjadi kurang ideal. Sebaliknya jika menggunakan Merge, kamu akan menghilangkan batas-batas antarkolom pada baris satu. Dalam kata lain, baris satu hanya akan menjadi satu kolom.

Wrap

Wrap Text adalah perintah untuk membuat tulisan di dalam sebuah sel menjadi padat sehingga lebih rapi sesuai lebar kolom.

Misal, kamu membuat sebuah tabel dengan tiga kolom. Saat mengetikkan teks panjang pada kolom pertama, secara otomatis lebar kolom kedua dan ketiga ikut berubah menjadi lebih sempit. Akibatnya, proporsi ketiga kolom tersebut tidak seimbang.

Dengan menggunakan perintah Wrap Text, teks dalam tiap sel akan secara otomatis menyesuaikan lebar sebuah sel. Jika terlalu panjang, teks akan bergerak turun sehingga membuat teks lebih panjang alih-alih melebar ke samping.

Split

Seperti namanya, perintah ini mempunyai fungsi untuk membagi sebuah sel ke dalam beberapa sel. Perintah ini juga bisa kamu lakukan jika sudah terlanjur melakukan Merge, tetapi ternyata kamu kembali membutuhkan sel tersebut dibuat dalam beberapa sel terpisah.

Split bisa digunakan untuk membagi sebuah sel ke dalam beberapa baris maupun kolom. Kamu bisa mengaturnya dengan mudah sesuai kebutuhan.

Baca Juga:  Ini Cara Membuat Logo di Word, Tanpa Aplikasi Lain!

Mengedit Tabel

Cara Menggabungkan Tabel di Word
Sumber : Kabel Kusut

Setelah mengatur bagian dasar sebuah tabel, kamu bisa mempercantik tabel melalui berbagai tools lain yang sudah disediakan pula oleh Word.

Secara default Word membuat sebuah tabel dengan garis yang sama tebal baik pada sisi dalam maupun luar tabel. Tiap sel pun dibatasi oleh garis. Namun tenang saja, kamu bisa mengubahnya menjadi lebih ciamik.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Aktifkan tabel atau sel yang akan kamu edit membloknya.
  2. Pilih menu Table Design.
  3. Pilih tanda panah ke bawah kecil di bagian Borders.
  4. Pilih jenis border yang sesuai kebutuhanmu.
  5. Selesai.

Di samping itu, kamu juga bisa mengatur lebih lanjut, seperti ketebalan dan warna garis dengan cara berikut.

  1. Aktifkan tabel atau sel yang akan kamu edit membloknya.
  2. Pilih menu Table Design.
  3. Pilih tanda panah ke bawah kecil di bagian Borders.
  4. Pilih Borders and Shading.
  5. Pada kotak Width di bagian bawah, pilih ketebalan atau jenis garis yang kamu butuhkan.
  6. Pada kotak Color, pilih warna untuk garis yang kamu butuhkan.
  7. Klik OK.
  8. Selesai.

Itulah cara menggabungkan tabel di Word dan langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat tampilan tabel jadi lebih menarik sesuai kebutuhan. Temukan berbagai informasi menarik lainnya tentang tips mengoptimalkan Microsoft Word hanya di Microsoftword.id.

Leave a Comment