Mudah! Begini Cara Membuat Pangkat di Word!

Dalam operasi matematika, kimia dan fisika, ada berbagai simbol yang perlu kita gunakan. Salah satu dari sekian banyak simbol tersebut, tanda pangkat atau tanda eksponen tentu sudah tidak asing lagi. Dalam keseharian, kita juga kerap menggunakan tanda pangkat misalnya untuk menunjukkan luas rumah atau tanah dalam m2 (meter per segi). Bagi kamu yang ingin membuat dokumen di komputer, penting untuk mengetahui bagaimana cara membuat pangkat di Word.

Cara membuat pangkat di Word bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kita akan membahasnya secara lengkap dalam ulasan berikut ini. Yuk, langsung simak!

Kapan Tanda Pangkat Dibutuhkan?

Cara Membuat Pangkat di Word
Sumber : Pinhome

Dalam operasi perhitungan, tanda pangkat menunjukkan bentuk perkalian antara sebuah angka dengan angka itu sendiri. Bisa dibilang, pangkat adalah tanda perkalian berulang. Jadi kalau kamu menemukan angka dengan angka kecil yang ada di bagian pojoknya, maka itu adalah tanda pangkat. Misalnya 33 yang artinya 3 dikalikan dengan angka 3 sebanyak 3 kali.

Tanda pangkat juga menunjukkan perhitungan kubik, kuadrat dan lain sebagainya. Misalnya untuk menyebutkan luas lahan, volume bak mandi, tong penampung air dan lain sebagainya.

Berbagai Cara Membuat Tanda Pangkat di Word

Membuat tanda pangkat di Microsoft Word bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Membuat Tanda Pangkat dengan Superscript dan Subscript

Cara membuat tanda pangkat yang paling banyak dipakai adalah dengan menggunakan fungsi superscript yang ada dalam Microsoft Word. Superscript dipakai untuk membuat tanda pangkat di atas angka yang dipangkatkan. Adapun caranya adalah:

  • Tulis formula yang ingin dipangkatkan
  • Blok huruf atau angka tersebut. Misalnya x = c4x+3
  • Selanjutnya, blok tulisan yang ingin dijadikan pangkat. Pada contoh ini angkanya adalah 4x+3
  • Di bagian tab Home pada pilihan font, tekan simbol superscript.

Jika superscript digunakan untuk membuat pangkat bawah, subscript dipakai untuk membuat pangkat di bawah angka. Pangkat di bawah angka sering muncul dalam rumus kimia. Seperti simbol kimia air yakni H2O dan lain sebagainya. Cara membuat pangkat bawah dengan subscript adalah sebagai berikut:

  • Ketikkan tulisan (angka atau huruf yang mau dipangkatkan). Misalnya H2O
  • Selanjutnya, blok karakter yang mau dijadikan pangkat. Pada contoh di atas karakter tersebut adalah angka 2 yang berada di antara huruf H dan O
  • Temukan tanda subscript di sebelah tanda superscript kemudian tekan
  • Angka atau huruf berpangkat bawah yang kamu inginkan sudah jadi.
Baca Juga:  Biar Nggak Berantakan Lagi, Ini 4 Cara Merapikan Tulisan di Word

Membuat Tanda Pangkat dengan Keyboard

Cara berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat tanda pangkat bawah di Word adalah dengan menggunakan keyboard. Langkah ini terbilang mudah karena kamu tidak perlu repot-repot mencari fungsi subscript atau superscript. Caranya adalah:

  • Ketikkan huruf atau angka yang ingin dipangkatkan. Misalnya H2O
  • Blok karakter yang ingin dijadikan sebagai tanda bawah. Dalam contoh di atas karakternya adalah angka 2
  • Selanjutnya tekan Ctrl + = di keyboard
  • Tanda pangkat yang kamu inginkan akan muncul.

Kalau saat membuat pangkat kamu melakukan kesalahan, kamu bisa mengembalikan lagi teksnya seperti semula. Cukup dengan menekan tanda Ctrl + spacebar atau menggunakan Ctrl + Shift + = di keyboard. Setelahnya, tulisan akan kembali seperti semula.

Membuat Tanda Pangkat dengan “Symbol”

Microsoft Word juga memungkinkanmu memasukkan simbol khusus termasuk tanda pangkat lewat dialog “Symbol”. Cara membuka dialog “Symbol” tergantung pada versi Word yang kamu pakai:

  • Di Word 2007 atau yang lebih baru, kamu bisa menggunakan interface ribbon, kemudian klik pada tombol “Symbol” (tanda yang menampilkan aksara Yunani omega). Pilih “More Symbols” pada bagian bawah menu popup simbol yang umum digunakan untuk menampilkan dialog Symbol
  • Pada Word 2003 dan versi yang lebih lama, pilih “Symbol” dari menu “Insert”.

Selanjutnya, pilih font yang ingin kamu tampilkan pangkatnya. Biasanya, pengguna ingin menampilkan pangkat dengan font yang sama dengan teks lainnya sehingga kamu bisa membuat pengaturan ke “Normal Text” di dropdown font

Kalau ingin memakai font yang berbeda, klik tombol panah di bawah sebelah kanan dropdown dan pilih font yang kamu inginkan dari daftar. Perlu diketahui bahwa tidak semua font menyertakan angka atau huruf superscripts. Kalau font untuk teks utama tidak mendukung eksponen yang ingin kamu gunakan, kamu harus menggunakan font lain yang mendukung eksponen/pangkat.

Baca Juga:  Cara Mudah Memotong / Crop Gambar di Microsoft Word

Pilih eksponen yang ingin ditampilkan. Kamu bisa menggulir ke eksponen menggunakan bilah gulir atau scroll bar yang ada di sebelah kanan karakter. Bisa juga dengan memilih salah sau dari opsi menu Subset dropdown: “Latin-1 Supplement” atau “Latin-1” saja. Bisa juga dengan memilih superscript atau subscript. Eksponen numerik yang tersedia adalah 1, 2 dan 3 sedangkan “n” superscript tersedia untuk mewakili variabel eksponen. Klik pada karakter superscript untuk memilihnya.

Selanjutnya, klik tombol “Insert” di bagian bahwa dialog “Symbol”. Ini akan menutup dialog dan memasukkan eksponen pilihanmu ke dalam teks pada titik kursormu.

Membuat Tanda Pangkat dengan “Equation Editor”

Cara membuat pangkat di Word dengan menggunakan “Equation Editor” hanya bisa dilakukan dengan versi 2007 ke atas. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  • Buka “Equation Editor”. Klik tombol “Equation” (yang menampilkan aksara Yunani pi) di bagian “Symbol” pada ribbon tab “Insert”. Pilih opsi “Insert New Equation” di bagian bawah menu dropdown. Kamu bisa membuka editor dari dokumen baru atau dokumen yang sudah ada tapi “Equation Editor” hanya tersedia dalam Word yang berbasis format XML, . doc atau .dotx
  • Pilih opsi “Script” di bagian “Structure” di tab “Design”. Tombol opsi ini menampilkan “e” yang dipangkatkan “x”. Mengklik tombol opsi menampilkan menu dropdown yang berlabel “Subscripts and Superscripts” dan “Common Subscripts and Superscripts”
  • Pilih opsi pertama di bawah “Subscripts and Superscripts”. Opsi ini menampilkan kotak persegi panjang garis putus-putus yang lebih besar dengan kotak persegi panjang yang lebih kecil dan terangkat pada sebelah kanan. Memilih opsi ini akan memunculkan kotak yang sama pada kotak bidang “Equation” di halaman dokumen
  • Masukkan angka atau variabel yang ingin dipangkatkan. Masukkan nilai basis di kotak yang lebih besar di sebelah kiri dengan menggunakan keyboard. Kalau kamu memasukkan huruf sebagai variabel, maka secara otomatis huruf tersebut akan ditampilkan miring/italic
  • Masukkan angka atau variabel untuk pangkat atau eksponen di kotak yang lebih kecil di sebelah kanan dengan menggunakan keyboard. Kalau kamu memasukkan huruf sebagai variabelnya, maka secara otomatis akan ditampilkan dalam bentuk huruf miring/italic.

Itulah berbagai cara membuat pangkat di Word yang perlu kamu ketahui. Semoga dengan membaca artikel ini, kamu bisa mengetik dokumen di Microsoft Word dengan lebih mudah, ya!

Baca Juga:  Cara Membuat Diagram Batang di Word: Nggak Sulit, Kok!

Leave a Comment