6 Cara Membuat Tabel di Word Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Menambahkan tabel pada dokumen bisa mempermudah penyajian data. Dengan begitu, data akan lebih mudah disampaikan dan dipahami oleh pembaca. Namun, tidak semua orang tahu bahwa ternyata ada beberapa cara membuat tabel di Word, lho!

Agar kamu bisa menghemat waktu saat membuat dokumen, yuk, cari tahu beberapa cara membuat tabel berikut ini!

Menggunakan Kursor untuk Menentukan Jumlah Sel

Cara Membuat Tabel di Word
Sumber : Klik Mania

Jika kamu hanya perlu membuat tabel sederhana di dalam dokumen di Microsoft Word, maka metode ini bisa jadi pilihan. 

  • Pertama, letakkan kursor tepat di tempat kamu membutuhkan tabel.
  • Selanjutnya, pada barisan menu yang ada di deretan paling atas, klik menu “Insert” dan klik “Table”.
  • Menu drop-down akan muncul tepat di bawahnya. Pada menu ini, kamu akan melihat deretan sel tabel. Kamu hanya perlu menggerakkan kursor ke deretan sel tersebut untuk menentukan jumlah kolom atau baris yang kamu butuhkan. 
  • Kalau kamu sudah tahu jumlah kolom dan baris yang dibutuhkan, lalu tinggal klik saja pada mouse dan tabel dengan jumlah baris dan kolom yang sesuai akan muncul.

Metode ini adalah yang termudah dan tercepat untuk membuat tabel dengan ukuran kecil. Hanya saja, maksimal ukuran tabel yang dihasilkan adalah 8×10. Selain itu, kamu perlu mengatur ukurannya secara manual.

Pakai Opsi “Insert Table

Cara Membuat Tabel di Word
Sumber : Kompas

Metode kedua ini hampir mirip dengan langkah di atas. Hanya saja, kamu bisa membuat tabel dengan jumlah baris dan kolom yang lebih banyak secara otomatis.

  • Langkah pertama ini sama dengan langkah pertama dan kedua pada metode di atas.
  • Selanjutnya, pilih menu “Insert Table” pada menu drop-down yang muncul di bawah menu “Table”. 
  • Sebuah kotak dialog “Insert Table” akan muncul. Di sini, kamu bisa memilih jumlah kolom dan baris yang dibutuhkan pada kotak “Number of columns” dan “Number of rows”.
  • Selanjutnya, pada bagian “AutoFit behavior”, kamu akan menemukan tiga pilihan tambahan. Pilihan “Fixed column width” adalah untuk menentukan lebar kolom. Selanjutnya, pilihan “AutoFit to contents” adalah agar lebar kolom berubah sesuai dengan data yang dimasukkan, sedangkan “AutoFit to window” adalah agar luas tabel sesuai dengan ukuran dokumen. 
  • Setelah semua lengkap, klik “OK” dan tabel dengan jumlah kolom dan baris yang ditentukan akan otomatis muncul.
Baca Juga:  Lelah Mengetik dengan Jari? Coba deh Cara Mengetik dengan Suara di Word!

Keuntungan metode ini adalah kamu bisa membuat tabel dengan ukuran yang kamu mau secara otomatis. Kamu bahkan bisa mengatur ukuran sel secara tepat. Namun, terkadang perkiraan ukuran yang salah membuat kamu harus mengatur tabel secara manual. 

Menggambar Tabel Secara Manual

Cara Membuat Tabel di Word
Sumber : Youtube

Cara membuat tabel di Word selanjutnya juga mudah dilakukan. 

  • Langkah pertama sama dengan langkah pertama dan kedua pada metode membuat tabel menggunakan kursor di atas. 
  • Langkah berikutnya, pilih menu “Draw Table”
  • Selanjutnya, kursor kamu akan berubah menjadi pena. Nah, kamu bisa mengeklik dan tarik kursor untuk membuat tabel dengan ukuran, jumlah kolom, maupun baris sesuai yang diinginkan. 
  • Setelah selesai, kamu hanya perlu klik dua kali di area di luar tabel untuk keluar dari mode menggambar tabel.

Menggunakan metode ini, kamu tidak perlu mengatur lebar dan tinggi kolom. Namun, metode ini bisa menghabiskan banyak waktu jika kamu perlu tabel berukuran besar.

Baca Juga : 4 Cara Membuat Garis di Word dengan Praktis

Memasukkan Spreadsheet dari Excel

Cara Membuat Tabel di Word
Sumber : Smartsheet

Cara membuat tabel di Word selanjutnya adalah dengan memanfaatkan Excel. 

  • Langkah pertamanya masih sama seperti metode lain di atas, yaitu ikuti langkah 1 dan 2 pada metode pertama di atas.
  • Selanjutnya, pada menu drop-down yang muncul, pilih “Excel Spreadsheet”
  • Kemudian, sebuah jendela Excel akan muncul dan kamu bisa menulis data yang dibutuhkan langsung ke dalam sheet tersebut.
  • Setelah selesai, kamu hanya perlu mengeklik area di luar sheet untuk kembali ke tampilan jendela dokumen Word

Menggunakan metode ini, kamu bisa menggunakan tabel Excel yang sudah tersedia. Namun, untuk bisa memanfaatkannya dengan maksimal, kamu perlu paham cara kerja Excel.

Baca Juga:  Mudah dan Cepat! Ini 6 Cara Mencoret Tulisan di Word

Pilih Tabel dari Menu “Quick Tables”

Cara Membuat Tabel di Word
Sumber : Smart Office

Metode ini termasuk cara membuat tabel di Word yang paling cepat sekaligus paling menarik. 

  • Langkah pertamanya tetap sama dengan metode sebelumnya.
  • Kali ini, pada menu drop-down Table, kamu pilih “Quick Tables”.
  • Selanjutnya, pilih template tabel yang sudah tersedia sesuai dengan kebutuhanmu,
  • Kemudian, hapus data yang ada pada template dan kamu bisa mengisinya dengan datamu sendiri.
  • Kalau kamu membutuhkan tambahan kolom atau baris, kamu hanya perlu blok deretan baris atau kolom yang ingin diberi tambahan, kemudian klik kanan.
  • Menu drop-down akan muncul, dan pilih menu ”Insert”, lalu pilih apakah kamu ingin menambahkan kolom, baris, atau sel. 

Metode ini bisa membantu kamu menghasilkan tabel yang cantik dengan cepat. Namun, kamu akan perlu banyak waktu untuk mengubahnya agar sesuai dengan kebutuhanmu. 

Menggunakan Kunci Tab

Metode terakhir adalah menggunakan kunci “Tab” yang terbilang sangat mudah. Caranya hanyalah dengan membuat deretan tanda tambah dan kurang. 

  • Pertama, tempatkan kursor di area yang kamu inginkan.
  • Kemudian, ketik deretan tanda tambah dan kurang. Ingat, tanda tambah harus selalu berada di ujung baris untuk bisa membuat tabel. Bayangkan tanda tambah sebagai sudut tabel, dan tanda kurang sebagai garis horizontal pada tabel. 
  • Selanjutnya, tekan enter dan kolom akan otomatis muncul.
  • Untuk menambah deretan baris, kamu hanya perlu menempatkan kursor pada baris sel paling ujung kanan, kemudian tekan tombol Tab. Lakukan beberapa kali sampai mendapatkan jumlah baris yang diinginkan. 

Kelebihan metode ini adalah kamu bisa membuat barisan sel dengan ukuran sama sebanyak apa pun dengan cepat. Akan tetapi, kamu harus mengaktifkan fungsi “AutoFormat” untuk tabel terlebih dahulu pada program Word.

Baca Juga:  Simpel, Ini Beberapa Cara Membuat Ceklis di Word

Nah, itulah tadi beberapa cara membuat tabel di Word beserta beberapa kelebihan dan kekurangannya. Metode mana yang menurutmu paling mudah?

Leave a Comment